Berita Utama

Visa Akan Menggandeng 10 Juta Usaha Kecil di Asia Pasifik dalam Program Global melalui Perdagangan Digital

Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, hari ini mengumumkan komitmen untuk mendukung 10 juta usaha kecil di seluruh Asia Pasifik dalam upaya untuk memulihkan bisnis komunitas lokal setelah pandemi COVID-19.

Visa memperkenalkan serangkaian program dan solusi untuk membantu mendorong efisiensi dan penjualan usaha kecil dan menengah (UKM), melalui penerimaan dan pembayaran secara digital, untuk menjawab tantangan kebutuhan pembayaran nontunai yang meningkat – baik secara online maupun pembelanjaan langsung di toko.

Visa juga membentuk Visa Economic Empowerment Institute (VEEI) yang berfokus pada masalah ekonomi dan sosial, termasuk tantangan yang dihadapi UKM akibat pandemi, dan memperkecil kesenjangan ras dan gender.

Komitmen angka 10 juta di Asia Pasifik ini adalah bagian dari program global Visa dalam mendukung 50 juta usaha kecil di seluruh dunia. UKM akan memainkan peran penting dalam membantu pemulihan masyarakat – bisnis UKM mencakup lebih dari setengah jumlah pekerja global dan termasuk yang paling terdampak oleh pandemi ini. Di Asia Pasifik, UKM menyumbang lebih dari 90 persen bisnis dan mempekerjakan 50 persen tenaga kerja.

Selain dampak ekonomi, COVID-19 telah mempercepat laju perdagangan digital. Hal ini bisa dilihat dari orang-orang yang mencari cara baru untuk membayar tanpa menyentuh terminal, hingga melesatnya pembelanjaan di eCommerce yang disebabkan naiknya belanja online dari rumah. Di Asia Pasifik, 41% konsumen melakukan lima atau lebih transaksi eCommerce dalam tiga bulan terakhir. Tiga perempat konsumen di wilayah tersebut mengatakan mereka akan tetap menggunakan pembayaran digital dan tidak kembali ke uang tunai, bahkan nanti setelah pandemi global mereda.

“Perdagangan di seluruh Asia Pasifik semakin beralih ke digital setelah adanya COVID-19, dari semakin banyak orang memesan barang-barang kebutuhan secara online hingga naiknya kebutuhan untuk moda pembayaran secara tatap muka yang aman, tanpa bersentuhan,” kata Chris Clark, presiden regional Visa untuk Asia Pasifik. “Peran Visa sebagai jaringan pembayaran membuat kami dapat membantu UKM beradaptasi dengan cara-cara baru mengelola dan mengembangkan bisnis mereka, serta memastikan bahwa para pelaku usaha penting ini dapat pulih.”

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia mengatakan, “Di Indonesia, Visa berkomitmen penuh untuk mendukung agenda pemerintah dalam memberdayakan UKM, seperti yang selama ini kami lakukan melalui program “Ibu Berbagi Bijak” sejak 2017, di mana kami berfokus pada edukasi keuangan perempuan, dan secara khusus sudah mulai menjangkau UKM yang dikelola oleh perempuan mulai tahun lalu. Kami juga sedang dalam tahap awal bekerja sama dengan Gojek untuk membantu UKM melalui program pengembangan kemampuan digital, yang bertujuan untuk meningkatkan peluang pertumbuhan ekonomi mereka dalam periode yang penuh tantangan ini.”

Untuk membantu UKM, Visa memulai dengan berfokus pada empat bidang strategis untuk mendorong perdagangan secara digital dan pertumbuhan ekonomi, dengan secara berkelanjutan menciptakan produk dan layanan seiring dengan kebutuhan wirausaha yang berubah seiring waktu. Bidang-bidang ini meliputi:

  • Memberdayakan bisnis yang fokus pada digital: Visa telah membangun pusat-pusat sumber daya online yang sekarang tersedia di lebih dari 20 negara dan wilayah, menyediakan sarana, penawaran bermitra, dan informasi tentang cara memulai, menjalankan, dan menumbuhkan usaha kecil berbasis digital. Visa bekerja sama dengan platform eCommerce terkemuka seperti Shopify dan Boutir untuk membantu usaha lokal mulai berbisnis online. Visa akan memperluas kemitraan globalnya dengan IFundWomen ke Asia Pasifik, memberikan hibah dan pelatihan digital untuk usaha kecil milik perempuan di India.
  • Mendorong pembayaran digital: Mengadopsi teknologi pembayaran nirsentuh yang mudah diterapkan – baik secara waktu maupun lingkup – sangat penting untuk memfasilitasi perdagangan yang lebih cepat dan lebih aman. Visa akan memperkenalkan penerimaan pembayaran digital berbiaya rendah, termasuk solusi yang tidak memerlukan sistem point-of-sale (menyimpan terminal pemroses pembayaran di toko) dan memungkinkan ponsel pedagang untuk menjadi terminal pembayaran. Visa dan para mitra telah meluncurkan solusi tap to phone di Malaysia, dengan semakin banyak pasar Asia Pasifik seperti Australia, Hong Kong, India, Taiwan, dan Vietnam segera menyusul. Visa juga mendukung UKM untuk melakukan pembayaran business-to-business (B2B) secara digital. Dengan digitalisasi pembayaran antarbisnis melalui penggunaan Visa Business Card, UKM dapat merekonsiliasi keuangan mereka dan merasakan manfaat dari efisiensi bisnis dan data analitik, serta mengelola modal kerja mereka secara efektif. Visa telah memberikan penawaran khusus bagi mitra UKM yang menggunakan kartu bisnis ini, yang mencakup akses ke platform akuntansi cloud, pemasaran digital, dan kursus-kursus profesional.
  • Memberikan insentif atas dukungan terhadap lingkungan sekitar: Kemitraan Visa mendorong konsumen untuk berbelanja secara lokal dan mengingatkan mereka bahwa di mana Anda berbelanja itu penting. Upaya Visa lewat Back to Business Project – sarana online yang membantu konsumen mengidentifikasi peluang bisnis yang mungkin terbuka setelah pandemi atau bencana alam – kini sudah dapat diakses di Australia, Selandia Baru, dan AS, dan akan terus berkembang secara global. Visa juga telah meluncurkan inisiatif baru ‘Where You Shop Matters’ di Australia dan Selandia Baru yang memberdayakan para wirausahawan lokal sekaligus mendorong konsumen untuk mendukung UKM. Visa akan memperluas inisiatif ini ke pasar-pasar Asia Pasifik lainnya seperti Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura dan Vietnam.
  • Mengembangkan kontribusi dan kebijakan: Selain ragam inisiatif yang tengah berjalan, Visa mengumumkan pembentukan Visa Economic Empowerment Institute. Lembaga baru ini terdiri dari para ahli dan mitra Visa yang akan membantu mengatasi ragam masalah mendasar, memberikan wawasan bagi pertumbuhan UKM, dan memperkecil kesenjangan ras dan gender. Proyek-proyek utama dalam enam bulan ke depan akan berfokus membahas sejumlah topik seperti pemulihan dan ketahanan pasca krisis, mobilitas perkotaan, memperkecil kesenjangan dalam mencapai kesetaraan, dan seputar pergeseran status pekerja di dalam gig economy.

Pengumuman ini menyusul komitmen global sebelumnya dari Visa Foundation pada bulan April, untuk menyediakan 210 juta dolar AS dana bantuan COVID-19 untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang dari komunitas bisnis kecil dan mikro selama lima tahun ke depan.

Sebagai roda penggerak perdagangan yang terpercaya, Visa berkomitmen untuk memanfaatkan jaringan globalnya untuk membantu dunia beradaptasi, membangun kembali, dan membuat semua orang kembali menjalankan usahanya.

(AB)

 

Baca Juga

  • AirAsia Adakan Kulineran Santan Bersama Rumah Belajar Saab Shares

    AirAsia Adakan Kulineran Santan Bersama Rumah Belajar Saab Shares

    Sebagai rangkaian dari perayaan kesuksesan mengangkut 600 juta penumpang, AirAsia mengadakan acara Kulineran Santan bersama pemenang dari kompetisi 600M Stories di Indonesia, yaitu Saab Shares yang merupakan yayasan sosial yang didirikan pada tahun 2014 oleh kakak-beradik Sabrina Bensawan dan Elena Bensawan dan berfokus pada bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan wanita yang tersebar di 6 provinsi […]
  • Perluas Jaringan Kantor, Cashlez Aktif Realisasi Strategi Akuisisi dan Pelayanan

    Perluas Jaringan Kantor, Cashlez Aktif Realisasi Strategi Akuisisi dan Pelayanan

    Perusahaan Payment Gateway Indonesia, Cashlez, semakin memperkuat keberadaannya di kancah solusi pembayaran. Tepat pada tanggal 16 Juni 2019, Cashlez meresmikan jaringan kantor baru di kawasan Puri Mutiara, Sunter Agung, Jakarta Utara yang dilakukan secara simbolis oleh Chief Executive Officer (CEO) Cashlez – Teddy Tee bersama dengan Chief Revenue Officer (CRO) Cashlez – Tan Leny Yonathan […]
  • Jangan Kalap di Late Night Sale?

    Jangan Kalap di Late Night Sale?

    Menjelang akhir tahun seperti ini banyak mal yang akan menggelar midnight atau late night sale. Nah, gimana caranya agar tidak kalap belanja? Riset Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai program diskon yang ingin dikunjungi. Dengan melakukan riset ini Anda bisa tahu produk apa saja yang diberikan potongan harga, dan berapa kisaran harga yang […]
  • Ingin bisa masak? Yuk, Datang ke Gramedia BSD World Sabtu ini

    Ingin bisa masak? Yuk, Datang ke Gramedia BSD World Sabtu ini

    Bagi calon pengantin wanita seringkali merasa panik karena menjelang pernikahannya belum bisa memasak di dapur. Apa kata calon mertua dan calon suami? Kini kekhawatiran ini bisa teratasi bila Anda mau serius belajar. Gimana caranya? Gramedia baru saja menerbitkan sebuah buku yang dapat menjadi panduan bagi semua orang agar bisa memasak. Pengarangnya adalah Heni Maria. Buku […]
  • GoFood Mempercepat Transformasi Digital UMKM untuk Bangkit dari Pandemi

    GoFood Mempercepat Transformasi Digital UMKM untuk Bangkit dari Pandemi

    Solusi bisnis yang komprehensif telah ditawarkan GoFood, layanan pesan-antar makanan terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara, bagi para UMKM untuk bangkit dan menumbuhkan bisnisnya di tengah situasi pandemi. Tidak hanya untuk merchant yang sudah tergabung dalam ekosistem, solusi lengkap GoFood dan Gojek juga mempercepat UMKM lainnya untuk “go-online.” Terlengkap di industri, solusi ini terdiri dari […]
  • Prudential Indonesia Lanjutkan Implementasi Kurikulum Cha-Ching di Jakarta

    Prudential Indonesia Lanjutkan Implementasi Kurikulum Cha-Ching di Jakarta

    Setelah sebelumnya sukses meningkatkan literasi keuangan pada siswa Sekolah Dasar di Sidoarjo, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kini melanjutkan pengenalan Kurikulum “Cha-Ching” pada instansi pendidikan di Jabodetabek, untuk membantu menanamkan keterampilan pengelolaan uang dasar, khususnya pada anak-anak berusia antara 7 hingga 12 tahun. Kegiatan ini sejalan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) nomor 76 […]
  • Dukung Upaya Pemerintah Dalam Penyediaan Tes Laboratorium Untuk Covid-19, Prodia Lakukan Pemeriksaan PCR

    Dukung Upaya Pemerintah Dalam Penyediaan Tes Laboratorium Untuk Covid-19, Prodia Lakukan Pemeriksaan PCR

    Memenuhi kebutuhan tes laboratorium COVID-19 yang semakin meningkat, dan setelah melakukan persiapan dan perijinan, PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode saham: PRDA) siap menyediakan pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP sesuai dengan protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO). Pemeriksaan […]
  • Menu Masakan Rumahan, Lapaknya Cah Pacitan di Prasmanan Djawa

    Menu Masakan Rumahan, Lapaknya Cah Pacitan di Prasmanan Djawa

    Perasaan senasib sepenanggungan di kalangan perantau asal satu daerah, seringkali bisa membuat suatu usaha menjadi lebih cepat berkembang. Hal inilah yang dirasakan oleh Aris, pemilik Prasmanan Djawa, sebuah gerai kuliner di Culture Kitchen, Bintaro Sektor 9. Aris yang berasal dari Pacitan melihat peluang banyak orang Pacitan yang merantau ke Jakarta dan daerah-daerah sekitarnya sering mengalami […]
  • Vivo Y15, Smartphone vivo Terbaru dengan Kapasitas Baterai Besar dan Tiga Kamera Belakang

    Vivo Y15, Smartphone vivo Terbaru dengan Kapasitas Baterai Besar dan Tiga Kamera Belakang

    Segmen entry-level masih menjadi pasar yang aktif digarap oleh vivo, salah satunya dengan membawa vivo seri Y. Smartphone Y-Series terbaru vivo, yaitu Y15 secara resmi meluncur dengan harga Rp2.499.000 pada Jumat, 26 Juli 2019. Setelah sebelumnya tersedia dalam varian 3GB, vivo Y15 hadir dengan rangkaian fitur unggulan seperti: kapasitas baterai super besar 5000mAh, AI Triple […]
  • Dukung Pariwisata Labuan Bajo, Menteri Rini Resmikan Kapal Wisata Komodo dan Dermaga Pulau Rinca

    Dukung Pariwisata Labuan Bajo, Menteri Rini Resmikan Kapal Wisata Komodo dan Dermaga Pulau Rinca

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno meresmikan Kapal Motor Penumpang (KMP) Komodo dan Dermaga Pulau Rinca di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (7/12/2018). Kehadiran KMP Komodo dan Dermaga Pulau Rinca diharapkan bisa mendukung kemajuan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Dengan hadirnya KMP Komodo yang dikelola […]
  • Kurangi Berbelanja Secara Impulsif

    Kurangi Berbelanja Secara Impulsif

    Saat ini berbelanja bukan hanya kegiatan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga untuk melepaskan kepenatan dan stres. Berbagai macam barang yang ditawarkan dengan berbagai potongan harga membuat individu tergiur untuk berbelanja. Tren belanja saat ini juga berubah. Bila pada awalnya kita cenderung berbelanja di toko fisik, namun sejalan dengan perkembangan teknologi berbelanja bisa dilakukan secara online.Berdasarkan […]
  • 5 Hal Ini Bikin Kopdar Komunitas Pecinta Roda Dua di Sore Hore Vol IV Makin Ramai

    5 Hal Ini Bikin Kopdar Komunitas Pecinta Roda Dua di Sore Hore Vol IV Makin Ramai

    KASKUS telah menggelar SORE HORE Vol IV bertemakan Pesta Pora Roda Dua pada akhir pekan lalu, 30 – 31 Maret 2019 di Arkadia Green Park, Jakarta. Dilaksanakan selama 2 (dua) hari, event ini menjadi ajang kopi darat bagi puluhan komunitas pecinta motor yang berdomisili di Jabodetabek hingga luar kota. Para pecinta roda dua yang hadir […]
  • Martabak Erwin Bintaro, Martabak Enak Tidak Perlu Mahal

    Martabak Erwin Bintaro, Martabak Enak Tidak Perlu Mahal

    INFOBINTARO (IB) – Cari cemilan di kawasan Bintaro ada banyak banget. Sebelumnya, coba, deh, tentukan menu yang kamu mau, lalu cari tempat yang paling enak. Misalkan, kamu pingin martabak telur atau martabak manis yang terenak di Bintaro. Nah,Martabak Erwin Bintaro. Bisa menjadi pilihanmu! Malah harus banget jadi pilihan kamu dan sahabat. Ini Rahasia Kelezatan Martabak […]
  • Kemitraan Strategis HOOQ & IM3 Ooredoo Berikan Penawaran Istimewa untuk Pecinta Film di Indonesia

    Kemitraan Strategis HOOQ & IM3 Ooredoo Berikan Penawaran Istimewa untuk Pecinta Film di Indonesia

    HOOQ, layanan video-on-demand pertama dan terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Indosat Ooredoo, melalui IM3 Ooredoo. Penyedia layanan streaming video dan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia ini bekerjasama memberikan penawaran istimewa untuk para pelanggannya, guna menyajikan berbagai konten film dan serial berkualitas dari Indonesia, Asia, dan juga Hollywood. Para penikmat film […]
  • Tokopedia Bisa Diakses Tanpa Kuota Internet Selama Ramadan

    Tokopedia Bisa Diakses Tanpa Kuota Internet Selama Ramadan

    Tokopedia mengumumkan kerja sama dengan sejumlah operator seluler, yaitu Telkomsel, XL Axiata dan Hutchison Tri (3). Kemitraan ini memungkinkan masyarakat mengakses produk kebutuhan di tengah pandemi melalui Tokopedia tanpa memotong kuota internet, terutama selama bulan Ramadan. “Melalui inisiatif ini, masyarakat dari seluruh kalangan, bahkan yang tidak memiliki kuota internet, bisa merasakan kemudahan bertransaksi online dalam […]
  • Sari Rendang Bukan Rendang Biasa

    Sari Rendang Bukan Rendang Biasa

    Tahun 2016 situs berita CNN mengumumkan rendang khas Indonesia sebagai makanan nomor satu terenak di dunia. Pada tahun 2017 CNN kembali merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial Facebook.  Hasilnya, rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama. ” Rendang is the best,” tulis seorang voter, Kamal F Chaniago. Voter […]
  • Steak Jadi Pilihan Menarik Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro

    Steak Jadi Pilihan Menarik Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro

    INFO BINTARO (IB) – Holycow Steakhouse by Chef Afit hadir untuk memanjakan lidah para pencinta kuliner di Bintaro. Rasa dan kelezatan dagingnya pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi dan membuat tempat makan ini selalu kebanjiran pengunjung. Holycow Steakhouse Magnet Baru untuk Kuliner di Bintaro Holycow Steakhouse by Chef Afit mempunyai beberapa daging pilihan. Ada sirloin […]
  • Maxstream Rilis Serial dengan Fitur Interaktif Pertama di Indonesia, Cerita Kamu

    Maxstream Rilis Serial dengan Fitur Interaktif Pertama di Indonesia, Cerita Kamu

    MAXstream Original kembali merilis konten serial terbaru yang berjudul Cerita Kamu. Berbeda dari konten yang lain, serial komedi romantis ini menghadirkan sebuah fitur interaktif yang diberi nama ‘Cerita Kamu’ dimana penonton disajikan berbagai pilihan untuk menentukan alur cerita hingga akhir kisahnya. Cerita Kamu terdiri dari tujuh episode dengan judul yang berbeda di setiap episodenya dan […]
  • Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) 2019 Sajikan Ragam Vendor Terlengkap bagi Calon Pengantin

    Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) 2019 Sajikan Ragam Vendor Terlengkap bagi Calon Pengantin

    Awal tahun menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan pernikahan, dimana para vendor berlomba menampilkan tren terbaru dan menghadirkan inspirasi menarik bagi calon pengantin. Karenanya, Weddingku dan Dyandra Promosindo yang sudah berpengalaman 15 tahun menyelenggarakan pameran pernikahan pun menggelar Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) pada 25 – 27 Januari 2019. IDWF 2019 yang mengusung tema Dreamy diharapkan […]
  • Cari Roti Cane di Bintaro? Ke Mie Aceh Benerr Meriaah di Culture Kitchen Saja

    Cari Roti Cane di Bintaro? Ke Mie Aceh Benerr Meriaah di Culture Kitchen Saja

    Roti cane atau canai adalah sejenis roti pipih (flatbread) dengan pengaruh India, yang banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Malaysia atau di rumah makan Aceh di Indonesia. Di Singapura, roti seperti ini dinamai roti prata. Bentuk dan bahannya mirip dengan kerala porotta. Roti ini sangat pipih karena […]

Tinggalkan Balasan