Universitas Pembangunan Jaya

Tut Wuri Handayani di Era Revolusi Industri 4.0 (Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional)

Pada tanggal 2 Mei, Ki Hadjar Dewantara merintis sekolah untuk kaum pribumi agar bisa setara dengan penjajah Belanda. Saat ini, musuh terbesar bukan lagi penjajah, melainkan kesempatan pendidikan yang tidak merata. Seperti kita ketahui pendidikan merupakan aktivitas pemberian ilmu dari seorang pendidik kepada pelajar. Tujuannya untuk membantu  mengembangkan potensi diri yang ia miliki sehingga muncul sebuah perubahan positif, serta memberikan kesempatan masa depan yang lebih baik pada individu tersebut.

Menurut data BPS dilansir dari Katadata, meskipun masih rendah, Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2011 yaitu sekitar 18.06%, meningkat pada tahun 2012 menjadi sekitar 18.85%. Terus meningkat pada tahun 2013 menjadi 23.06%, tahun 2014 dengan 25.76%, tahun 2015 meningkat menjadi 25.26% dan akan terus meningkat disetiap tahunnya dengan target pemerintah yang menargetkan APK akan mencapai 60-70% pada tahun 2045.

Akan tetapi dikutip dari Deutsche Welledi Negara ASEAN, Indonesia menduduki peringkat lima dari 10 negara dan sedangkan berdasarkan peringkat di seluruh dunia, saat ini Indonesia berada di posisi 108 di dunia. Indonesia saat ini masih kalah dibandingkan dengan negara-negara tetangganya seperti Malaysia, Singapura maupun Brunei Darussalam.

Data menunjukkan bahwa meskipun tingkat partisipasi pendidikan di Indonesia terus meningkat, mutu pendidikan yang didapatkan oleh setiap pelajar masih belum setara. Padahal, penyediaan kualitas pendidikan yang baik merupakan kunci menciptakan generasi berkualitas.

Rendahnya kualitas pendidikan dapat disebabkan oleh berbagai kendala. Salah satunya karena metode pembelajaran yang kurang sesuai untuk pelajar.Di Indonesia saat ini masih populer dengan pembelajaran konvensional atau yaitu pembelajaran yang dilakukan didalam kelas sehingga pelajar masih terbatas oleh dimensi ruang dan waktu untuk menjalankan kegiatan pembelajaran.

Pendidikan konvensional yang memaksa pelajarnya terikat dengan ruang dan waktu tersebut dinilai tidak efisien. Perkembangan zaman saat ini mendorong individu bergerak  cepat dan lincah dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Oleh karena itu, blended learning menjadi salah satu alternatif untuk memecah kebutuhan ini.

Blended learning adalah metode pendidikan yang mengkombinasikan aktivitas pembelajaran tatap muka yang biasanya dilaksanakan di kelas beserta pembelajaran dalam jejaring (online learning), baik secara independen maupun kolaborasi. Dapat dilihat bahwa blended learning mengoptimalkan kemajuan teknologi yang menjadi ciri Revolusi Industri 4.0.

Simak video tentang blended learning berikut ini:

Berbeda dengan pembelajaran konvensional dan pembelajaran online dimana peserta pembelajaran tersebut hanya terbatas pada mahasiswa di lingkup institusi tersebut, peserta pembelajaran blended learning juga bisa berasal dari lingkup luar seperti karyawan kantor. Seorang karyawan yang mayoritas menghabiskan waktunya untuk bekerja dikantor saat weekday, tetap dapat mempelajari pengetahuan baru di weekend dengan mengikuti pembelajaran blended learning.

Baca Juga: Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

Di sisi lain, perlu diperhatikan, karyawan yang menjalani hari-hari yang padat dengan berbagai jenis kegiatan kantor, perlu memiliki sikap yang bijak dan disiplin dalam mengatur waktu dan pola belajar selama mengikuti blended learning. Seorang mahasiswa yang gagal dalam melakukan self-regulation (pengaturan diri) akan berdampak terhadap perilaku penundaan (prokrastinasi), dan berujung pada gagalnya proses pembelajaran blended learning itu sendiri.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja, Mengapa Tidak?

Self-regulation merupakan kemampuan mengembangkan, mengimplementasikan, dan secara fleksibel mempertahankan perilaku yang direncanakan untuk mencapai tujuan seseorang. Terdapat 3 faktor yang dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan self-regulationyaitu: individu, perilaku dan lingkungan. Diperlukan dukungan sosial sebagai persepsi atau pengalaman seorang bahwa ada individu lain yang mencintai dan memperhatikan dirinya, menghargai dan mengganggapnya bernilai. Juga penting menjadi bagian kelompok sosial tertentu yang saling berbagi dukungan dan tanggung jawab.

Wawancara yang dilakukan oleh penulis pada 2 mahasiswa blended learning mendapatkan bahwa mereka pada awalnya merasa sangat kesulitan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran blended learning. Kegiatan kantor yang cukup banyak pada weekday harus kemudian dilanjutkan dengan mengikuti pembelajaran blended learning di weekend.

Salah satu hal yang menurut mereka paling sulit untuk seimbang adalah di satu sisi mereka dituntut mengerjakan tugas kantor dengan baik. Di sisi lain mereka harus meluangkan waktu untuk menyimak presentasi atau video dari pembelajaran blended learning dan kemudian harus dapat mengerjakan tugas yang diberikan serta mengumpulkannya tepat sesuai deadline yang diberikan oleh dosennya.

Ketika ditanya apa alasan yang membuat mereka untuk tetap memiliki kekuatan untuk tetap dapat melaksanakan pendidikan blended learning, keduanya menjawab karena mereka sudah memiliki rencana dan tujuan yang sangat kuat sehingga mereka tetap semangat untuk mengikuti blended learning.

Selain hal tersebut, keduanya juga melanjutkan mereka masih bisa semangat dikarenakan keduanya mendapat dukungan dan semangat dari orang-orang terdekatnya khususnya dukungan yang sangat kuat dari keluarganya masing-masing.

Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial memiliki dampak pada self-regulation yang memampukan para peserta blended learning untuk menempuh proses belajar mengajar. Kesuksesan seseorang menempuh pendidikan memang butuh dukungan dari banyak pihak yang bermakna bagi dirinya.

Kembali ke Ki Hajar Dewantara yang disebutkan di awal tulisan, Taman Siswa puluhan tahun pun sudah. Hal tersebut tercermin pada prinsip tut wuri handayani – yaitu memberikan dorongan dan arahan. Prinsip tersebut masih relevan di era industri dalam pola pembelajaran blended learning.

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Penulis:

Fawwaz Akhmad Dienullah dan Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo
Program Studi Psikologi Fakultas Humaniora dan Bisnis
Universitas Pembangunan Jaya

Referensi

Adicondro N. dan Purnamasari A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal. 8(1):17-27. p-ISSN 1693-7236 e-ISSN 2598-6368. diakses melalui http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/issue/view/58

anonim. (2017). Rangking Pendidikan Negara-negara ASEAN. Diakses melalui https://www.dw.com/id/rangking-pendidikan-negara-negara-asean/g-37594464

anonim. (2018). Meski Masih Rendah, Angka Partisipasi Perguruan Tinggi Menunjukkan Peningkatan. diakses melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/13/meski-masih-rendah-partisipasi-perguruan-tinggi-menunjukkan-peningkatan

Aprianti I. (2012). Hubungan Antara Perceived social support Dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama Di Universitas Indonesia. Skripsi. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20320186-S-Indah%20Aprianti.pdf

Brown, J. M., Miller, W. R., dan Lawendowski, L. A. (1999). The Self-regulation Questionnaire. In L. VandeCreek, and T. L. Jackson (Eds.), Innovations in clinical practice: A source book (Vol. 17, pp.281-289). Sarasota, FL: Professional Resource Press.

SoerjoatmodjoG. W. L (2019).  Self-Regulation dan Blended Learning. Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara (KPIN) diakses melalui http://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/378-self-regulation

Baca Juga

  • Hari Jantung Sedunia: Lima Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

    Hari Jantung Sedunia: Lima Kiat Menjaga Kesehatan Jantung

    Tanggal 29 September, setiap tahunnya, seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Tahun ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI memperingati Hari Jantung Sedunia dengan melakukan kampanye dan promosi pentingnya cek kardiovaskular secara berkala untuk kesehatan jantung. Hingga saat ini, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu […]
  • Gak Balik Kampung? Idul Fitri di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Gak Balik Kampung? Idul Fitri di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Hari Raya Idul Fitri bagi banyak orang menjadi momen membahagiakan dengan mudik dan bertemu keluarga besar. Mudik menjadi tradisi unik yang melekat dengan Idul Fitri, menjadi sebuah budaya ritual batiniah melepas rindu dengan kampung halaman dan kerabat. Namun bagi sebagian masyarakat urban lainnya, mudik mungkin tidak bisa dijalani setiap tahunnya. Hotel Santika Premiere Bintaro menghadirkan […]
  • Ayam Bakar Tanpa Kecap? Ada, di Kedai Dago Gado

    Ayam Bakar Tanpa Kecap? Ada, di Kedai Dago Gado

    Ayam bakar selalu selalu disajikan dengan sambal yang dicampur kecap. Adanya kecap sudah dianggap sebuah keharusan dalam menyantap ayam bakar, karena pedasnya sambal dinetralisir dengan manisnya kecap. Bercampurnya aroma kecap dengan sambal juga diyakini akan semakin menaikkan selera makan. Tapi ada hal yang berbeda dengan ayam bakar di Kedai Dago Gado, kecap sama sekali tidak digunakan […]
  • Goodyear Kembangkan Konsep Ban Pintar untuk Mengoptimalkan Pengurangan Jarak Henti

    Goodyear Kembangkan Konsep Ban Pintar untuk Mengoptimalkan Pengurangan Jarak Henti

    Melalui inovasi teknologi terbarunya yang selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara, Goodyear berhasil mengembangkan konsep ban pintar yang telah teruji sejauh 4,8 juta kilometer dari data uji cobanya di medan jalan. Goodyear menanam keeping sensor yang mampu “berbicara” dan terhubung antara kendaraan dan medan jalan, serta mengukur karakteristik ban tersebut sehingga dapat mengkalkulasikan potensi dari […]
  • Press Release : Giant Manado Secara Permanen Tidak Akan Menjual Daging Anjing Lagi

    Press Release : Giant Manado Secara Permanen Tidak Akan Menjual Daging Anjing Lagi

    Berkaitan dengan informasi yang tersebar di media sosial terkait penjualan daging anjing di Giant Ekstra cabang Manado yang beralamat di Jl. AA Maramis Lingkungan IV Kairagi, Mapanget, Manado, GIANT sebagai salah satu unit bisnis dari PT. Hero Supermarket Tbk (HERO Group) memberikan pernyataan resmi bahwa Giant Ekstra Manado AA Maramis secara resmi tidak akan menjual […]
  • Foto : Asyiknya Nongkrong di Weko Coffee

    Foto : Asyiknya Nongkrong di Weko Coffee

    Weko Coffee merupakan sebuah coffee shop yang baru buka di Bintaro Sektor 3. Terletak di Jl. Bintaro Utama 3 No. 27 di seberang Waroeng Special Sambal, Weko Coffee dikelola kakak beradik Lenna dan Dennis. Weko Coffee menawarkan berbagai pilihan kopi yang nikmat dan suasana yang nyaman. Mau tau? Simak berbagai foto berikut.   TagsBerita Terkait:Foto : […]
  • Lazada Gandeng Gosend untuk Layanan Antar Segera (Instant Delivery)

    Lazada Gandeng Gosend untuk Layanan Antar Segera (Instant Delivery)

    Lazada umumkan kerjasama eksklusif dengan GoJek untuk layanan antar segera GoSend dan luncurkan kampanye “Belanja Hemat, Kirim Cepat” mulai tanggal 14 Mei 2020. Layanan antar segera dengan GoSend sudah aktif sejak bulan lalu yang diutamakan untuk layanan antar bahan makanan segar, salah satu kebutuhan penting di saat PSBB. Monika Rudijono, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia, […]
  • B. Braun Indonesia Kirimkan 170 Ribu Masker Ke Seluruh Rumah Sakit COVID-19 Indonesia

    B. Braun Indonesia Kirimkan 170 Ribu Masker Ke Seluruh Rumah Sakit COVID-19 Indonesia

    B. Braun Indonesia mengirimkan donasi 170,000 masker untuk membantu tenaga kesehatan menghadapi pandemi COVID-19. Donasi ini didistribusikan ke lebih dari 30 Rumah Sakit khusus COVID-19 di seluruh Indonesia. Pengiriman dilakukan dari lokasi penyimpanan, langsung ke Rumah Sakit tujuan mulai dari Kamis, 2 April 2020. President Director B. Braun Indonesia, Rainer Ruppel, menjelaskan bahwa donasi ini […]
  • Perayaan Harmanas Ketiga, Kopi Kenangan Resmikan Kenangan Academy

    Perayaan Harmanas Ketiga, Kopi Kenangan Resmikan Kenangan Academy

    Peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan merayakan bulan Agustus 2020 sebagai Hari Mantan Nasional (HARMANAS) ketiga, menandakan ulang tahun ketiga operasionalnya, dengan serangkaian kegiatan aktivasi konsumen yang ditutup dengan peresmian sebuah pusat pelatihan bernama Kenangan Academy. Pada rangkaian perayaan HARMANAS ke-3 yang berlangsung sepanjang bulan Agustus 2020 yang bertajuk “Terima Kasih Mantan”, Kopi Kenangan mengajak konsumen […]
  • Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, GoPay Ajak Masyarakat Bagikan Harapannya Sekaligus Donasi di GoPay Feed

    Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, GoPay Ajak Masyarakat Bagikan Harapannya Sekaligus Donasi di GoPay Feed

    Sudah tujuh bulan pandemi global COVID-19 memberikan dampak dan perubahan bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani keseharian. Di tengah kondisi ketidakpastian dan penuh kecemasan memasuki penghujung 2020, masyarakat berupaya terus bertahan menjaga semangat menghadapi sisa tahun. Setidaknya hal tersebut terangkum lewat tagar #2021Wishes yang sempat ramai di jagat maya sepanjang akhir pekan lalu. Masyarakat dan sejumlah […]
  • All New NMAX 155, Motor Indonesia Pertama Connected dengan Pengendara

    All New NMAX 155, Motor Indonesia Pertama Connected dengan Pengendara

    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menghadirkan kejutan menjelang akhir tahun 2019 ini dengan menghadirkan All New Nmax 155. Diluncurkan di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Senin 2 Desember 2019, hadirnya salah satu line up kategori MAXI Yamaha itu sudah sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Launching akbar produk sensasional ini turut dikawal rider kelas dunia Maverick Vinales […]
  • Pertemuan Pemimpin ASEAN dan ASEAN-BAC Dukung Penguatan Ekonomi Digital

    Pertemuan Pemimpin ASEAN dan ASEAN-BAC Dukung Penguatan Ekonomi Digital

    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan, Indonesia bersama Pemimpin ASEAN lainnya menyambut baik rekomendasi ASEAN-BAC untuk pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19, terutama mengenai penguatan kerja sama ekonomi digital. Hal tersebut disampaikan Mendag Agus usai mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mewakili Presiden RI dalam pertemuan ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) secara […]
  • Lagi! Pembukaan dan Peresmian Cabang Baru Mobilkamu di Tangerang!

    Lagi! Pembukaan dan Peresmian Cabang Baru Mobilkamu di Tangerang!

    PT. Mobilkamu Group Indonesia kembali melakukan pengembangan dan juga perluasan jaringan nya. Pada tanggal 16 Maret 2019 PT. Mobilkamu Group Indonesia menyelenggarakan kembali acara peresmian kantor cabang baru lainnya yang sekarang berada di area Tangerang yang tepatnya berada di Ciputat – Tangerang Selatan. Kantor Mobilkamu di Ciputat sebenarnya merupakan kantor cabang pertama Mobilkamu di seluruh […]
  • Vivo V15 Semakin Mantap untuk Mobile Gaming

    Vivo V15 Semakin Mantap untuk Mobile Gaming

    Sejalan dengan perkembangan industri mobile game dan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), produsen smartphone terus melakukan pembaruan untuk menghadirkan fitur maupun memaksimalkan performa pada smartphone bagi pengguna saat bermain game. Vivo dengan V15 Series pun membawa fitur khusus Game Mode 5.0 yang bukan hanya meminimalisir gangguan eksternal seperti panggilan telepon atau notifikasi media sosial, namun […]
  • Cegah Penyebaran Virus Corona Baru, Klikdokter Luncurkan Fitur Periksa Risiko Covid-19 Gratis

    Cegah Penyebaran Virus Corona Baru, Klikdokter Luncurkan Fitur Periksa Risiko Covid-19 Gratis

    PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usahanya KlikDokter, telah ditunjuk pemerintah melalui Kementerian Kesehatan untuk  membantu mengedukasi masyarakat tentang informasi yang benar terkait COVID-19, salah satunya melalui layanan digital fitur pemeriksaan risiko COVID-19 secara gratis.  Layanan digital fitur pemeriksaan risiko COVID-19 ini diluncurkan terkait dengan pandemi global COVID-19. Saat ini terjadi peningkatan jumlah kasus […]
  • Generational Gap: Bagaimana Cara Mengatasinya?

    Generational Gap: Bagaimana Cara Mengatasinya?

    Perusahaan saat ini banyak didominasi oleh karyawan yang memiliki latar belakang generasi X (kelahiran tahun 1961 – 1980) dan generasi Y (kelahiran tahun 1981 – 2000). Kenapa, sih, orang-orang ini dikelompokkan berdasarkan generasi? Istilah pengelompokkan generasi ini terjadi karena perilaku yang serupa akibat pengalaman peristiwa kehidupan yang serupa pula (Kupperschmidt dalam Kian & Yussof, 2012). […]
  • TIKI Luncurkan Tiki Jemput Antar Layanan City Courier dengan Harga Super Hemat

    TIKI Luncurkan Tiki Jemput Antar Layanan City Courier dengan Harga Super Hemat

    PT. Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, secara resmi mengumumkan peluncuran produk terbarunya TIKI Jemput Antar (PUTAR) yang menawarkan pilihan pengiriman secara instan untuk wilayah pengantaran dalam kota yang sering disebut dengan istilah city courier. Pada tahap awal peluncurannya, TIKI PUTAR baru akan berlaku untuk pengiriman dari dan ke wilayah […]
  • Tantangan Orang Tua Hadapi Era New Normal

    Tantangan Orang Tua Hadapi Era New Normal

    Rencana penerapan kebijakan tatanan normal baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan para orang tua dan keluarga menyesuaikan cara pengasuhan dengan kondisi saat ini. Sebab menurut Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Lenny N Rosalin orang tua menghadapi sejumlah tantangan dalam pengasuhan di masa pandemi Covid-19. “Orang tua […]
  • Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

    Daimler Commercial Vehicles Indonesia Tetap Membuka Jaringan Layanan Servis untuk Pelanggan

    PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) dan PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) berkomitmen untuk selalu menjaga bisnis pelanggan kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia tetap berjalan, dengan aktif menyediakan jaringan layanan servis dan pasokan suku cadang selama situasi darurat wabah COVID-19 di Indonesia. DCVI dan DCVMI memantau setiap perkembangan situasi dengan seksama, termasuk kesehatan […]
  • Transisi Normal Baru, Traveloka Hadirkan Solusi Inovatif untuk Bantu Mitra dalam Proses Pemulihan Covid-19

    Transisi Normal Baru, Traveloka Hadirkan Solusi Inovatif untuk Bantu Mitra dalam Proses Pemulihan Covid-19

    Sebagai perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka kembali menghadirkan solusi atas tantangan yang dihadapi oleh mitra dan konsumen di masa transisi menuju normal baru melalui pemanfaatan teknologi. Sejalan dengan semangat #JalanBersama yang diinisiasi oleh Traveloka guna berkontribusi aktif untuk membantu mitra maupun pengguna dalam menanggulangi situasi […]

Tinggalkan Balasan