Universitas Pembangunan Jaya

Tut Wuri Handayani di Era Revolusi Industri 4.0 (Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional)

Pada tanggal 2 Mei, Ki Hadjar Dewantara merintis sekolah untuk kaum pribumi agar bisa setara dengan penjajah Belanda. Saat ini, musuh terbesar bukan lagi penjajah, melainkan kesempatan pendidikan yang tidak merata. Seperti kita ketahui pendidikan merupakan aktivitas pemberian ilmu dari seorang pendidik kepada pelajar. Tujuannya untuk membantu  mengembangkan potensi diri yang ia miliki sehingga muncul sebuah perubahan positif, serta memberikan kesempatan masa depan yang lebih baik pada individu tersebut.

Menurut data BPS dilansir dari Katadata, meskipun masih rendah, Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2011 yaitu sekitar 18.06%, meningkat pada tahun 2012 menjadi sekitar 18.85%. Terus meningkat pada tahun 2013 menjadi 23.06%, tahun 2014 dengan 25.76%, tahun 2015 meningkat menjadi 25.26% dan akan terus meningkat disetiap tahunnya dengan target pemerintah yang menargetkan APK akan mencapai 60-70% pada tahun 2045.

Akan tetapi dikutip dari Deutsche Welledi Negara ASEAN, Indonesia menduduki peringkat lima dari 10 negara dan sedangkan berdasarkan peringkat di seluruh dunia, saat ini Indonesia berada di posisi 108 di dunia. Indonesia saat ini masih kalah dibandingkan dengan negara-negara tetangganya seperti Malaysia, Singapura maupun Brunei Darussalam.

Data menunjukkan bahwa meskipun tingkat partisipasi pendidikan di Indonesia terus meningkat, mutu pendidikan yang didapatkan oleh setiap pelajar masih belum setara. Padahal, penyediaan kualitas pendidikan yang baik merupakan kunci menciptakan generasi berkualitas.

Rendahnya kualitas pendidikan dapat disebabkan oleh berbagai kendala. Salah satunya karena metode pembelajaran yang kurang sesuai untuk pelajar.Di Indonesia saat ini masih populer dengan pembelajaran konvensional atau yaitu pembelajaran yang dilakukan didalam kelas sehingga pelajar masih terbatas oleh dimensi ruang dan waktu untuk menjalankan kegiatan pembelajaran.

Pendidikan konvensional yang memaksa pelajarnya terikat dengan ruang dan waktu tersebut dinilai tidak efisien. Perkembangan zaman saat ini mendorong individu bergerak  cepat dan lincah dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Oleh karena itu, blended learning menjadi salah satu alternatif untuk memecah kebutuhan ini.

Blended learning adalah metode pendidikan yang mengkombinasikan aktivitas pembelajaran tatap muka yang biasanya dilaksanakan di kelas beserta pembelajaran dalam jejaring (online learning), baik secara independen maupun kolaborasi. Dapat dilihat bahwa blended learning mengoptimalkan kemajuan teknologi yang menjadi ciri Revolusi Industri 4.0.

Simak video tentang blended learning berikut ini:

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=fym4DXFBnRw[/embedyt]

Berbeda dengan pembelajaran konvensional dan pembelajaran online dimana peserta pembelajaran tersebut hanya terbatas pada mahasiswa di lingkup institusi tersebut, peserta pembelajaran blended learning juga bisa berasal dari lingkup luar seperti karyawan kantor. Seorang karyawan yang mayoritas menghabiskan waktunya untuk bekerja dikantor saat weekday, tetap dapat mempelajari pengetahuan baru di weekend dengan mengikuti pembelajaran blended learning.

Baca Juga: Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

Di sisi lain, perlu diperhatikan, karyawan yang menjalani hari-hari yang padat dengan berbagai jenis kegiatan kantor, perlu memiliki sikap yang bijak dan disiplin dalam mengatur waktu dan pola belajar selama mengikuti blended learning. Seorang mahasiswa yang gagal dalam melakukan self-regulation (pengaturan diri) akan berdampak terhadap perilaku penundaan (prokrastinasi), dan berujung pada gagalnya proses pembelajaran blended learning itu sendiri.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja, Mengapa Tidak?

Self-regulation merupakan kemampuan mengembangkan, mengimplementasikan, dan secara fleksibel mempertahankan perilaku yang direncanakan untuk mencapai tujuan seseorang. Terdapat 3 faktor yang dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan self-regulationyaitu: individu, perilaku dan lingkungan. Diperlukan dukungan sosial sebagai persepsi atau pengalaman seorang bahwa ada individu lain yang mencintai dan memperhatikan dirinya, menghargai dan mengganggapnya bernilai. Juga penting menjadi bagian kelompok sosial tertentu yang saling berbagi dukungan dan tanggung jawab.

Wawancara yang dilakukan oleh penulis pada 2 mahasiswa blended learning mendapatkan bahwa mereka pada awalnya merasa sangat kesulitan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran blended learning. Kegiatan kantor yang cukup banyak pada weekday harus kemudian dilanjutkan dengan mengikuti pembelajaran blended learning di weekend.

Salah satu hal yang menurut mereka paling sulit untuk seimbang adalah di satu sisi mereka dituntut mengerjakan tugas kantor dengan baik. Di sisi lain mereka harus meluangkan waktu untuk menyimak presentasi atau video dari pembelajaran blended learning dan kemudian harus dapat mengerjakan tugas yang diberikan serta mengumpulkannya tepat sesuai deadline yang diberikan oleh dosennya.

Ketika ditanya apa alasan yang membuat mereka untuk tetap memiliki kekuatan untuk tetap dapat melaksanakan pendidikan blended learning, keduanya menjawab karena mereka sudah memiliki rencana dan tujuan yang sangat kuat sehingga mereka tetap semangat untuk mengikuti blended learning.

Selain hal tersebut, keduanya juga melanjutkan mereka masih bisa semangat dikarenakan keduanya mendapat dukungan dan semangat dari orang-orang terdekatnya khususnya dukungan yang sangat kuat dari keluarganya masing-masing.

Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial memiliki dampak pada self-regulation yang memampukan para peserta blended learning untuk menempuh proses belajar mengajar. Kesuksesan seseorang menempuh pendidikan memang butuh dukungan dari banyak pihak yang bermakna bagi dirinya.

Kembali ke Ki Hajar Dewantara yang disebutkan di awal tulisan, Taman Siswa puluhan tahun pun sudah. Hal tersebut tercermin pada prinsip tut wuri handayani – yaitu memberikan dorongan dan arahan. Prinsip tersebut masih relevan di era industri dalam pola pembelajaran blended learning.

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Penulis:

Fawwaz Akhmad Dienullah dan Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo
Program Studi Psikologi Fakultas Humaniora dan Bisnis
Universitas Pembangunan Jaya

Referensi

Adicondro N. dan Purnamasari A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal. 8(1):17-27. p-ISSN 1693-7236 e-ISSN 2598-6368. diakses melalui http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/issue/view/58

anonim. (2017). Rangking Pendidikan Negara-negara ASEAN. Diakses melalui https://www.dw.com/id/rangking-pendidikan-negara-negara-asean/g-37594464

anonim. (2018). Meski Masih Rendah, Angka Partisipasi Perguruan Tinggi Menunjukkan Peningkatan. diakses melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/13/meski-masih-rendah-partisipasi-perguruan-tinggi-menunjukkan-peningkatan

Aprianti I. (2012). Hubungan Antara Perceived social support Dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama Di Universitas Indonesia. Skripsi. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20320186-S-Indah%20Aprianti.pdf

Brown, J. M., Miller, W. R., dan Lawendowski, L. A. (1999). The Self-regulation Questionnaire. In L. VandeCreek, and T. L. Jackson (Eds.), Innovations in clinical practice: A source book (Vol. 17, pp.281-289). Sarasota, FL: Professional Resource Press.

SoerjoatmodjoG. W. L (2019).  Self-Regulation dan Blended Learning. Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara (KPIN) diakses melalui http://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/378-self-regulation

Baca Juga

  • Shopee Bekerja Sama dengan CJ ENM Menghadirkan KCON, Festival Budaya Korea Terbesar di Dunia untuk Pertama Kalinya

    Shopee Bekerja Sama dengan CJ ENM Menghadirkan KCON, Festival Budaya Korea Terbesar di Dunia untuk Pertama Kalinya

    Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, bekerjasama dengan perusahaan hiburan dan gaya hidup terkemuka di Asia, CJ ENM untuk membawa KCON, festival budaya Korea terbesar di dunia secara online untuk pertama kalinya. KCON adalah acara tahunan yang sangat dinanti-nantikan bagi para penggemar Kpop, memasuki tahun ke sembilannya dalam membawa pengalaman budaya Korea […]
  • FWD Luncurkan FWD Elite Signature di Insead untuk Kembangkan Agen Kelas Dunia

    FWD Luncurkan FWD Elite Signature di Insead untuk Kembangkan Agen Kelas Dunia

    FWD Group (“FWD”) baru-baru ini mengumumkan peluncuran FWD Elite Signature di Program INSEAD, sebuah platform pengembangan pertama di industri asuransi untuk para agency leaders guna mentransformasi generasi salesforce FWD berikutnya dalam dunia yang terhubung secara digital. Kemitraan multi-tahunan dengan INSEAD, sekolah bisnis terkemuka di dunia, menyediakan program pelatihan kepemimpinan dan eksekutif yang unik secara intensif […]
  • Bukalapak Perluas Cakupan Bukamart Hingga Menjangkau 90 Kota di Indonesia

    Bukalapak Perluas Cakupan Bukamart Hingga Menjangkau 90 Kota di Indonesia

    Pola hidup tatanan baru (new normal) telah menjadikan belanja online sebagai salah satu pilihan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, termasuk kebutuhan sehari – hari. Hal ini tercatat di data Bukalapak bahwa semenjak pandemi hingga sekarang, kebutuhan pokok dan sehari – hari kerap menjadi kategori yang diminati oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Di awal masa pandemi pada […]
  • Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

    Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

    Sejak kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19 meningkat, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di Tokopedia melonjak signifikan. Riset internal Tokopedia menunjukkan produk yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyatakan, “Belanja online memang dapat […]
  • Waspadai Resiko-Resiko Obesitas dan Cara Pencegahannya

    Waspadai Resiko-Resiko Obesitas dan Cara Pencegahannya

    Dalam kehidupan sehari-hari sering kita melihat seorang kakek atau nenek yang memanjakan sang cucu. Semua yang diminta sang cucu dikabulkan termasuk membeli makanan apa saja yang diinginkan. Nantinya sang anak dapat menderita sesak nafas, tidak bisa beraktivitas seperti anak normal lainnya karena ia menderita obesitas atau kegemukan. Anak yang gemuk memiliki andil orang tua di […]
  • ShopBack Shopfest 2019 Catat Nilai Transaksi Terbesar Selama Tiga Tahun Penyelenggaraan di Indonesia

    ShopBack Shopfest 2019 Catat Nilai Transaksi Terbesar Selama Tiga Tahun Penyelenggaraan di Indonesia

    ShopBack ShopFest 2019, festival belanja online akhir tahun dari ShopBack mencatat peningkatan nilai transaksi hingga lebih dari enam kali lipat dibanding tahun lalu. Ini merupakan nilai transaksi tertinggi yang dicapai ShopBack selama tiga tahun penyelenggaraan ShopBack ShopFest di Indonesia. ShopBack ShopFest adalah festival belanja online yang diselenggarakan oleh ShopBack selama empat bulan, dari September hingga […]
  • Oppo Resmi Luncurkan F9 dengan Desain Warna Gradasi dan Teknologi VOOC Flash Charge

    Oppo Resmi Luncurkan F9 dengan Desain Warna Gradasi dan Teknologi VOOC Flash Charge

    OPPO Indonesia hari ini resmi meluncurkan OPPO F9 dengan teknologi VOOC Flash Charge, Waterdrop Fullscreen, dan kamera utama ganda. Perangkat yang mampu mendefinisikan ulang keunggulan perangkat seri F ini hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Sunrise Red dan Twilight Blue. Konsumen dapat mulai melakukan pre-order OPPO F9 mulai tanggal 23 hingga 30 Agustus 2018 dengan […]
  • Indosat Ooredoo Raih Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2020 Regional Edition Kategori Corporate Excellence Award

    Indosat Ooredoo Raih Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2020 Regional Edition Kategori Corporate Excellence Award

    Indosat Ooredoo memenangkan Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2020 Regional Edition untuk kategori Corporate Excellence in Telecommunications & ICT Industry. Indosat Ooredoo diberikan penghargaan APEA karena dianggap telah menunjukkan mobilisasi sumber daya yang efektif dan kemampuan organisasi untuk memberikan hasil bisnis yang konsisten; sambil tetap selaras dengan tujuan organisasi. President Director & CEO Indosat Ooredoo, […]
  • Pemenang Lomba Menggambar dan Mewarnai DNA Store

    Pemenang Lomba Menggambar dan Mewarnai DNA Store

    DNA Store sebuah fashion store yang memproduksi dan memasarkan brand-brand besutan sendiri seperti Dazzle and Angel dan Barbecue mengadakan lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak di outletnya di Jl. Bintaro Utama 1 No. 16, Bintaro Sektor 1, Jakarta Selatan. Lomba yang telah berlangsung pada tanggal 14 & 15 Mei 2016, serta sesi terakhir yang akan […]
  • BRI Gandeng Mercedes-Benz, Berikan Penawaran Bunga Murah KKB BRI

    BRI Gandeng Mercedes-Benz, Berikan Penawaran Bunga Murah KKB BRI

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk selalu berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan bagi nasabahnya, baik melalui produk simpanan maupun pembiayaan pinjaman. Sebagai tindak lanjut dari komitmen tersebut, kali ini PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk bersama PT Mercedes Benz Distribution Indonesia menandatangani komitmen kerja sama strategis pemasaran mobil Mercedes-Benz melalui Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BRI.  Acara […]
  • Nikmatnya Steak ala Sous-Vide di Meat Compiler

    Nikmatnya Steak ala Sous-Vide di Meat Compiler

    Umumnya orang memahami steak dibuat dengan cara memanggang daging selama beberapa waktu di atas bara api. Memang cara inilah yang lazim digunakan di berbagai belahan bumi untuk membuat steak selama berabad-abad. Namun, pemanggangan (grilled) ini seringkali menghasilkan steak yang tidak merata tingkat kematangannya. Bisa terjadi pada bagian permukaannya terlalu matang,yang ditunjukkan dengan warna coklat tua kehitaman, […]
  • Gepuk Si Nyonyah, Gepuk Lezat Harga Bersahabat

    Gepuk Si Nyonyah, Gepuk Lezat Harga Bersahabat

    Gepuk alias empal merupakan masakan khas asal Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi, Daging sapi dipotong segi empat tipis yang diiris searah dengan serat daging, kemudian direbus dengan kuah bumbu sampai empuk (diungkep), kemudian di pukul-pukul hingga agak empuk baru digoreng dengan sedikit minyak hingga berwarna kecokelatan. Rasanya agak manis. Cara penyajiannya dengan nasi putih […]
  • Menyongsong Era Digital, Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) Siap Digelar

    Menyongsong Era Digital, Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) Siap Digelar

    Sejalan dengan perkembangan di digital ekonomi yang sudah masuk ke semua industri, maka kegiatan pengadaan barang & jasa di Indonesia juga sudah bergerak memasuki e-marketplace (digital-procurement). Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) adalah pameran & konferensi dunia pengadaan barang dan jasa, yang akan berlangsung pada tanggal 6-8 November 2019 di Jakarta Convention Center […]
  • Apresiasi Kampus Bikin Ventilator, Kemenperin Dorong Kerja Sama Industri

    Apresiasi Kampus Bikin Ventilator, Kemenperin Dorong Kerja Sama Industri

    Kementerian Perindustrian memandang sejumlah perguruan tinggi di Indonesia memiliki kesiapan dan kemampuan untuk memproduksi alat kesehatan seperti ventilator atau alat bantu pernapasan. Produksi ventilator ini menjadi salah satu hal penting saat ini karena dibutuhkan dalam cukup banyak sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19. “Kami mendapat laporan, tim dari perguruan tinggi sudah memiliki mitra dalam upaya memproduksi […]
  • Komunitas Bintaro BMX, Membangun Kebersamaan Dengan Sepeda BMX

    Komunitas Bintaro BMX, Membangun Kebersamaan Dengan Sepeda BMX

    Bagi Anda yang pada era tahun 80-an masih berusia anak-anak sampai dengan remaja, tentunya Anda kenal sekali dengan sepeda BMX. BMX yang merupakan singkatan dari Bicycle Moto-Cross merupakan sepeda yang memiliki struktur kokoh, berstang tinggi dan lingkar roda yang berukuran medium. Penggunaan sepeda yang diperuntukkan untuk melakukan balap sepeda off-road dan atraksi freestyle ini begitu […]
  • Beneran Tambah Seru! Pop Mie Hadir Pake Nasi Jawab Wish List Masyarakat Indonesia

    Beneran Tambah Seru! Pop Mie Hadir Pake Nasi Jawab Wish List Masyarakat Indonesia

    Untuk pertama kalinya di Indonesia, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood CBP) menghadirkan inovasi terkini yang menjawab keinginan konsumen dalam memberikan perpaduan menarik antara mi dengan nasi pada lini brand mi instan cup asli Indonesia, melalui Pop Mie PaNas ‘Pake Nasi’. Produk Pop Mie PaNas dihadirkan untuk memperkaya pengalaman yang lebih seru, unik serta […]
  • Buah Hati Belum Bisa Baca Tulis? Kursus Baca Tulis di Mopi Arinda Saja

    Buah Hati Belum Bisa Baca Tulis? Kursus Baca Tulis di Mopi Arinda Saja

    Bila buah hati Anda akan segera masuk ke SD namun belum bisa baca tulis, tentunya Anda sebagai orang tua akan merasa kuatir. Seperti kita ketahui, persyaratan utama seorang anak bisa diterima di SD adalah sudah bisa baca tulis secara lancar. Dalam sistem pendidikan kita dinyatakan bahwa semua bentuk kegiatan pendidikan di Taman Kanak-Kanak harus disesuaikan dengan […]
  • Perhatikan Pertumbuhan Anak Anda Sejak Dini

    Perhatikan Pertumbuhan Anak Anda Sejak Dini

    Pada hari Minggu, 13 Agustus lalu Bintaro Woman Children Clinic (BWCC), sebuah klinik bagi ibu dan anak di Bintaro Sektor 9 menggelar seminar setengah hari yang bertajuk SMART PARENTS, SMART KIDS “How to Optimize Your Child’s Growth dan Development” di Griya CIMB Niaga, Bintaro Sektor 7. Ada sekitar 40 peserta yang hadir, terdiri dari pasangan suami […]
  • 7 Runners Berjuang Bagi Pendidikan Anak Kurang Mampu di Bintaro

    7 Runners Berjuang Bagi Pendidikan Anak Kurang Mampu di Bintaro

    Berawal dari minat yang sama dalam berolahraga lari, 7 orang yang bersahabat, yaitu Adi Riyadi, Aryo Widiwardhono, Bara Mustika, Denny Fikiri, Dewi Yahya, Diana Fikri dan Yoli Joenis yang sama-sama tinggal di wilayah Bintaro menginisiasi berdirinya kelompok 7 Runners. Ke-7 sahabat ini pun memiliki kesamaan dalam hal kepedulian terhadap pendidikan bagi anak-anak tidak mampu di wilayah sekitar […]
  • Sambut Akhir Tahun 2019, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Program Live More with Travel

    Sambut Akhir Tahun 2019, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Program Live More with Travel

    Menyambut akhir tahun 2019, PT Piaggio Indonesia mengajak Anda untuk merayakan libur akhir tahun dengan bertualang mengendarai Piaggio atau Vespa favorit Anda. Melalui program menarik yang ditawarkan PT Piaggio Indonesia, bertemakan “Live More with Travel” bagi pelanggan dan pecinta Piaggio dan Vespa. Program “Live More with Travel” memberikan penawaran menarik untuk Anda yang ingin memiliki […]

Tinggalkan Balasan