Jum. Des 13th, 2019

Trend Cashless: Apakah bisa kita nikmati di Pasar Modern Bintaro?

Tangerang selatan merupakan salah satu wilayah Indonesia yang memiliki banyak pasar berkonsep modern. Pasar semacam itu disebut sebagai pasar modern. Salah satunya adalah  Pasar Modern Bintaro yang ada di kawasan Bintaro sektor 7. Saat ini pun sedang dibangun Pasar Modern Bintaro II.

Meskipun citra pasar modern masih dekat dengan citra pasar tradisional, konsep “modern” yang dilekatkan pada pasar modern mampu sedikit mengubah persepsi negatifmasyarakat akan keberadaannya.

Dari aspek lingkungan fisik, pasar moderen yang lebih nyaman dan kerap lebih luas dibanding pasar tradisional mengubah perilaku konsumen. Banyak orang mulai beralih berbelanja ke pasar moderen yang dianggap lebih nyaman karena memiliki keragaman barang atau produk yang ditawarkan. Pasar modern membuat orang mengalami one-stop shopping experience. Harus diakui bahwa ada hal –hal yang juga masih serupa dengan pasar tradisional.

Salah salah bentuk modernisasi pasar adalah dengan tersedianya teknologi sistem pembayaran non tunai. Penggunaan  kartu debit/kredit bahkan aplikasi digital seperti T-Cash, OVO, GrabPay, Dana, bahkan dengan M-banking selayaknya mendapat tempat dalam kancah transaksi jual-beli di pasar moderen jika ingin dinilai sebagai  menerapkan prinsip modernitas.

Baca Juga: https://www.idntimes.com/business/economy/linda/belanja-di-pasar-tradisional-ini-bisa-gunakan-uang-digital-1/full

Baca Juga:

https://www.liputan6.com/tekno/read/3378754/t-cash-kini-bisa-dipakai-untuk-bayar-belanjaan-di-pasar-modern-bintaro

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3414907/ovo-targetkan-20-juta-pengguna-aplikasi-pembayaran-tahun-ini?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Ftag%2Ftransaksi-nontunai

https://marketing.co.id/e-money-pasar-indonesia-dikuasai-the-big-three/

Dengan adanya kemudahan pada sistem pembayaran, konsumen tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar. Saat ini sudah ada beberapa pasar modern di Jakarta yang memberlakukan pembayaran non tunai. Contohnya adalah salah satu pasar di bilangan Jakarta Barat. Wawancara dengan konsumen membuktikan bahwa pembayaran secara cashless, cenderung menguntungkan. Mereka tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar dan terkadang mendapatkan keuntungan cash back. Mereka juga tidak perlu bingung mencari uang kecil atau menerima uang kembalian.  Di negara lain di Asia seperti di India metode ini sudah diterapkan. Simak videonya di https://www.youtube.com/watch?v=pzEJCV_N84o

Bahkan di Cina, pembayaran dengan metode cashless ini menjadi hal yang sangat biasa bahkan di pasar tradisional.Oleh karena itu diperlukan sosialisasi bagi para penjual atau pengelola pasar mengenai pentingnya pengunaan metode ini. Akan sangat bermanfaat jika para pedagang mulai membuka diri terhadap penggunaan sistem pembayaran ini.

BACA JUGA  Mempertahankan Komitmen Pernikahan Seumur Hidup

Kemudahan ini pada dasarnya dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Konsumen yang merasa nyaman dan dimudahkan akan menikmati pengalaman berbelanja dan akan datang kembali untuk melakukan pembelian ulang. Di satu sisi kita juga harus tetap waspada terhadap penggunaan cashless, yaitu bila terjadi error atau kesalahan pada sistem, ataupun pencurian secara digital.

Teknologi pada dasarnya diciptakan untuk membantu manusia, tentu saja bila digunakan dengan bijaksana. Dalam hal ini mekanisme mengenai metode cashless, keuntungan yang didapat oleh penjual dan pembeli, dan hal-hal lain memang perlu disosialisasikan dan diketahui oleh kedua belah pihak. Selamat mencoba!

Tim Penulis:

Yohanes Totok Suyoto, Dosen Prodi Manajemen & Clara Moningka, Dosen Prodi Psikologi
Universitas Pembangunan Jaya

Referensi:

  • Das, A. & Agarwal, R. (2010). Cashless Payment System in India. A Roadmap Technical Report 20103.
  • Patel, B. & Amin, U. (2012). Plastic Money: RoadmayTowards CashLessSociety. Paripex Indian journal Of Research, Vol. 1, No. 11, ISSN-2250-1991.4.
  • Babita Singla,B. & Bansal, M. (2015). Consumers Behavior Towards DebitCard Payment Mode While Shopping At Retail Stores. International Journal of Engineering Sciences, December 2015, Vol. 16 ISSN: 2229-6913 (Print), ISSN: 2320-03325.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan