Etalase

Tren Kenaikan Harga Emas Diprediksi Berlanjut, Investasi Secara Mudah dan Aman lewat DANA eMAS Bisa Jadi Pilihan

Awal tahun kerap menjadi momentum tepat bagi masyarakat untuk mengatur kembali keuangan pribadi maupun keluarga. Di tengah pandemi yang belum mereda, masyarakat ditantang untuk makin bijak dalam mengatur pengeluaran dan memanfaatkan peluang berinvestasi.

Bagi masyarakat yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah saja dan punya dana lebih karena bonus atau tabungan tidak terpakai untuk liburan, ini bisa jadi waktu yang tepat untuk berinvestasi.  Daripada uang bonus tersebut menguap begitu saja untuk hal-hal yang tidak perlu, alangkah lebih baik jika digunakan untuk investasi masa depan.

Lalu, investasi apakah yang menguntungkan, mudah dilakukan dan aman? Jika melihat kondisi saat ini dan prospek ke depan, maka investasi emas bisa menjadi pilihan.

Emas disebut sebagai instrumen safe haven karena dianggap sebagai investasi paling aman dan bisa menjadi alat lindung nilai di saat krisis. Hal itu karena nilainya yang relatif stabil dan bersifat likuid, atau mudah dijual-belikan.

Tidak heran, sejak pandemi merebak banyak investor dan juga bank sentral berbagai negara yang memborong logam mulia tersebut, sehingga harganya terus meroket. Di Indonesia saja, harga emas Aneka Tambang sepanjang tahun ini telah naik lebih dari 25%.

Claudia Kolonas, CEO dan Co-Founder Pluang mengatakan investasi emas sangat menjanjikan karena tren kenaikan harga emas diprediksi masih akan berlanjut. Hal itu berdasarkan proyeksi dari sejumlah ekonom maupun analis.

“Bahkan, analis Goldman Sachs memproyeksikan harga emas tahun depan bisa mencapai U$2.300 per troy ounce, yang berarti potensi keuntungan lebih dari 20% dari sekarang.  Ini saat yang tepat, terlebih dengan adanya berbagai aplikasi dan platform digital yang menawarkan investasi emas secara mudah dan aman,” ujarnya.

Memahami kebutuhan dan peluang terkait dengan investasi emas, Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan, DANA telah mengembangkan fitur DANA eMAS sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin menabung atau berinvestasi emas secara mudah, aman dan terjangkau.

“Lewat fitur DANA eMAS di dompet digital DANA, pengguna bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp 10.000 secara langsung tanpa biaya tambahan,” terang Vince. “Dengan berinvestasi emas lewat DANA eMAS, masyarakat tidak perlu repot-repot untuk melakukan transaksi yang mengharuskan adanya pertemuan fisik dengan penjual. Cukup dari rumah dan lewat dompet digital DANA yang terpasang di smartphonenya.”

Selain turut mendorong budaya menabung dan berinvestasi secara aman, mudah, dan berorientasi pada prospek jangka panjang, kehadiran fitur DANA eMAS adalah wujud komitmen kuat DANA dalam turut meningkatkan inklusi keuangan di kalangan masyarakat serta makin memasyarakatkan manfaat teknologi digital untuk produktivitas, kompetensi, efektivitas dan gaya hidup yang makin baik.

Terkait dengan investasi emas ini, masyarakat tak perlu khawatir sebab semua transaksi tercatat di lembaga otoritas yang berwenang, yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Selain itu, emas fisik yang disimpan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Nah, untuk masyarakat yang ingin meraih keuntungan dengan mulai berinvestasi emas, berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan agar investasi semakin menguntungkan.

1.    Jangka Panjang

Emas merupakan instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang, atau lebih dari 5 tahun. Dalam setahun terakhir kenaikan harga emas begitu tinggi, meski di tengah situasi pandemi. Karena sifatnya sebagai aset safe haven, emas dinilai lebih cocok untuk investasi jangka panjang.

2.    Memantau Harga Secara Berkala

Meski harga emas relatif stabil dan aman, bukan berarti kita tidak perlu memantau pergerakan harga emas.  Apalagi di era digital ini memantau pergerakan harga emas bisa dilakukan lewat aplikasi smartphone.

Dengan memantau pergerakan harga emas secara berkala, kita akan memiliki kemampuan memprediksi harga ke depan. Apabila sudah memiliki cukup pengetahuan untuk meningkatkan keuntungan dari investasi emas, kita bisa membeli emas ketika harganya sedang turun dan menjual kembali ketika harga sedang naik.

3.    Pilih Lembaga Investasi yang Terpercaya
Jika kamu berencana untuk investasi emas, pastikan lembaga investasi tersebut terdaftar dan berlisensi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal tersebut karena investasi emas termasuk dalam produk investasi berjangka.

4.    Sesuaikan Kemampuan Finansial dan Target Investasi

Investasi berkaitan erat dengan komitmen, apalagi jika tujuan investasinya adalah jangka panjang. Jadi sebaiknya tetapkan jumlah minimal investasi. Misalnya 0,5 gram atau sekitar Rp 500.000 per bulan.

Sebelum menetapkan target tersebut, perhatikan kemampuan keuangan. Apabila setiap bulan sudah memiliki surplus, maka kelebihan dana dapat dialokasikan untuk investasi. Kita juga harus punya dana cadangan darurat yang memadai sebelum berinvestasi. Paling tidak, ada tabungan dana darurat sebesar 6-12 bulan pengeluaran untuk menutupi pengeluaran tak terduga.

5.    Memulai Investasi Emas Secara Digital

Untuk mulai berinvestasi emas, kini kita tidak perlu lagi harus punya modal yang besar. Dengan adanya investasi emas digital, kita bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau sekitar Rp 10.000 saja.

Kita juga tidak perlu repot datang ke toko atau gerai resmi penjualan logam mulia karena transaksi jual-beli bisa dilakukan secara real-time menggunakan aplikasi digital melalui smartphone. Hal ini juga sesuai untuk menghindari kontak fisik di saat pandemi.

Jangan khawatir, meski tidak menyediakan emas fisik saat pembelian atau penjualan, investasi emas digital ini aman dan mengacu pada harga resmi emas fisik.  Selain itu, keuntungan dari berinvestasi emas digital adalah tidak perlu pusing memikirkan masalah penyimpanan. Berbeda dengan investasi emas fisik yang akan membuat kita dikenakan biaya jika menyimpannya di bank, atau di tempat membeli emas tersebut.

Bagi yang berminat berinvestasi emas, DANA menawarkan program cashback hingga 100% sesuai Syarat & Ketentuan berlaku. Informasi mengenai masa berlaku promo dapat terus dipantau melalui akun resmi DANA.

(EGA)

 

Baca Juga

  • Gandeng Google, Amar Bank Perkenalkan Senyumku

    Gandeng Google, Amar Bank Perkenalkan Senyumku

    Amar Bank dengan Kode saham: “AMAR”, merupakan bank yang telah sukses membangun Tunaiku sebagai pionir fintech di Indonesia, kembali mewujudkan komitmennya dalam meningkatkan kehidupan masyarakat melalui teknologi. Berdekatan dengan peresmian wilayah baru Google Cloud di Indonesia pada tanggal 24 Juni lalu, Amar Bank mengumumkan kerjasamanya dengan Google Cloud dalam memperkenalkan produk Senyumku sebagai digital-only bank […]
  • Nestlé Indonesia Luncurkan Sedotan Kertas untuk Nescafé Ready-to-Drink serta Gelas Kertas yang Dapat didaur Ulang untuk

    Nestlé Indonesia Luncurkan Sedotan Kertas untuk Nescafé Ready-to-Drink serta Gelas Kertas yang Dapat didaur Ulang untuk

    Nestlé Indonesia mengumumkan terobosan dalam inovasi kemasan dengan memperkenalkan sedotan kertas pertama untuk minuman kemasan, NESCAFÉ Ready-To-Drink, di Indonesia. Kemasan baru tersebut akan diluncurkan mulai kuartal keempat tahun 2019. Inisiatif ini menjadikan Nestlé perusahaan makanan dan minuman pertama di Indonesia yang memperkenalkan sedotan kertas untuk minuman kemasan. Hal ini sejalan dengan target pemerintahan Indonesia untuk […]
  • Festival Film dan Serial Online di GoPlay Sajikan Konten Berkualitas Sekaligus Bantu Industri Perfilman Tetap Bergerak

    Festival Film dan Serial Online di GoPlay Sajikan Konten Berkualitas Sekaligus Bantu Industri Perfilman Tetap Bergerak

    Butuh rekomendasi film dan serial keren selama #dirumahaja? GoPlay, video-on-demand dari Gojek Group, menginisiasi rangkaian Festival Film dan Serial Online di GoPlay. Inisiatif ini memiliki dua tujuan besar, mendekatkan dan memperkenalkan masyarakat Indonesia terhadap konten Indonesia yang berkualitas selama #dirumahaja sekaligus membantu pekerja film yang terdampak pandemi COVID-19. Festival Film dan Serial Online di GoPlay […]
  • Jogging Sambil Cuci Mata di Taman Menteng Bintaro

    Jogging Sambil Cuci Mata di Taman Menteng Bintaro

    INFOBINTARO (IB) – Jangan salah, Taman Menteng Bintaro tidak terletak di kawasan Menteng, lho! Taman Menteng Bintaro ini terletak di Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan. Taman ini cocok banget buat nongkrong ataupun olahraga di kala pagi maupun sore hari. Tidak hanya menawarkan udara bersih dan kesan teduh karena banyaknya pepohonan dan hamparan rumput di setiap […]
  • Laba Usaha MAP Meningkat 34% untuk Semester Pertama 2019

    Laba Usaha MAP Meningkat 34% untuk Semester Pertama 2019

    PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), perusahaan ritel gaya hidup terdepan di Indonesia hari ini mengumumkan pencapaian pendapatan untuk semester pertama tahun 2019. Pendapatan bersih meningkat 10% menjadi sebesar Rp 10 trilyun – naik dari Rp 9,1 trilyun yang tercatat di semester pertama tahun 2018. Laba usaha meningkat 34% dari Rp 722 milyar menjadi Rp 969 […]
  • Pop Art Cafe, Tempat Nongkrong di Bintaro Untuk Cari Inspirasi

    Pop Art Cafe, Tempat Nongkrong di Bintaro Untuk Cari Inspirasi

    INFO BINTARO (IB) – Tempat nongkrong di Bintaro ada yang mempunyai nilai kreativitas tinggi untuk dijadikan tempat cari inspirasi. Contohnya, Pop Art Cafe yang memadukan konsep kuliner dan kreativitas. Dari Basecamp Satu Komunitas, Sekarang jadi Tempat Nongkrong di Bintaro untuk Semua Kalangan Berawal dari basecamp sebuah komunitas bernama Wedha Pop Art Potrait (WPAP), mereka menggunakan […]
  • 5 Jurus Berburu Gadget Harga Miring Agar Liburan Makin Seru

    5 Jurus Berburu Gadget Harga Miring Agar Liburan Makin Seru

    Liburan akhir tahun tinggal hitungan minggu. Pastikan Anda sudah menyiapkan segala perlengkapan. Agar liburan makin seru, silakan membawa gadget andalan. Mulai dari ponsel serbaguna untuk kebutuhan entertainment dan navigasi, USB-OTG (on the go) yang bisa memutar film favorit langsung dari ponsel, wi-fi portable agar bisa tetap eksis berinternet, dan powerbank berkapasitas mumpuni yang bisa mengisi daya […]
  • Mercedes-Benz dan Travel Secrets Menjelajahi Keindahan Alam Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan GLC 300 4Matic Coupe

    Mercedes-Benz dan Travel Secrets Menjelajahi Keindahan Alam Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan GLC 300 4Matic Coupe

    Empat perempuan yang tergabung dalam sebuah kelompok penggemar travelling dan sepeda bersama dengan Mercedes-Benz Distribution Indonesia berkendara dari Jakarta menuju beberapa destinasi wisata di Semarang, Magelang dan Yogyakarta selama enam hari, dari tanggal 23 sampai 29 Oktober 2020. Perjalanan ini merupakan kolaborasi antara Mercedes-Benz dengan Travel Secrets, sebuah platform travelling yang didirikan oleh aktris Luna […]
  • Dampak Emisi Karbon Dalam Transformasi dan Implementasi Bisnis Hijau

    Dampak Emisi Karbon Dalam Transformasi dan Implementasi Bisnis Hijau

    Perubahan iklim masih menjadi pembicaraan hangat di berbagai belahan dunia. Eksplorasi gas dan minyak, pertambangan batu bara, dan pembangkit listrik dianggap menjadi faktor utama terjadinya kerusakan lingkungan yang mengarah pada perubahan iklim. Mengutip laporan DBS Group Research yang bertajuk ‘Environmental, Social and Governance: Turning carbon into gold’, emisi karbon di negara berkembang meningkat, mengingat selain […]
  • Playtime Bintaro: Inilah Cara Bagi Waktu Bersama Anak Saat ke Mal

    Playtime Bintaro: Inilah Cara Bagi Waktu Bersama Anak Saat ke Mal

    INFOBINTARO (IB) –Minggu, waktunya ke mal! Apalagi kalau sudah waktunya belanja bulanan seperti sekarang, ya Moms. Biasanya, kalau berbelanja bersama anak tentu saja tempat pertama yang dituju adalah tempat bermain. Nah, ajak aja ke Playtime Bintaro, Moms bisa belanja di Lotte Mart Bintaro selagi anak-anak bermain. 13 Area Permainan di Playtime Bintaro Sebagai seorang wanita […]
  • XL Axiata Hadirkan XL Smart Hydroponics Solusi IoT untuk Urban Farming

    XL Axiata Hadirkan XL Smart Hydroponics Solusi IoT untuk Urban Farming

    Salah satu solusi berbasis Internet of Thing (IoT) yang saat ini PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus kembangkan ditujukan untuk melayani pelaku industri pertanian, termasuk urban farming. Solusi precision farming tersebut diberi nama “XL Smart Hydroponics”. Sesuai dengan namanya, solusi ini dibangun untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan teknik hidroponik. Penggunaan solusi […]
  • Bakmi Jawa Pa’ Pom, Tempat Menikmati Kuliner Khas Jawa

    Bakmi Jawa Pa’ Pom, Tempat Menikmati Kuliner Khas Jawa

    Siapa yang tidak mengenal bakmi Jawa? Bakmi Jawa atau mie Jawa adalah bakmi rebus (bahasa Jawa: bakmi godhog) yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Kebanyakan bakmi Jawa adalah bakmi rebus, akan tetapi sebenarnya terdapat variasi mie goreng dari bakmi Jawa. Mie dimasak di atas tungku tanah liat (anglo) dan api arang. Meskipun banyak pembeli […]
  • First Media Menyediakan Layanan Broadband Internet dan TV Kabel Guna Dukung Produktivitas Peritel & UMKM Indonesia

    First Media Menyediakan Layanan Broadband Internet dan TV Kabel Guna Dukung Produktivitas Peritel & UMKM Indonesia

    PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, menjalin kemitraan dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dalam penyediaan layanan broadband internet, cable TV, dan periklanan digital untuk peritel & pelaku UMKM Indonesia. Simbolisasi kerja sama dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional (HRN) 2020 yang ditandai penandatanganan MoU oleh Presiden Direktur dan CEO […]
  • Gelar The NextDev Hub Virtual Talks, Telkomsel Dorong Komunitas Startup dan Penggiat Ekosistem Digital

    Gelar The NextDev Hub Virtual Talks, Telkomsel Dorong Komunitas Startup dan Penggiat Ekosistem Digital

    Telkomsel terus bergerak maju memperkuat dampak positif bagi masyarakat dengan membantu mengatasi masalah sosial hingga ekonomi, termasuk di tengah pandemi dan kenormalan baru. Komitmen tersebut kini diwujudkan melalui The NextDev Hub Virtual Talks, sebuah inisiatif corporate social responsibility (CSR) yang diselenggarakan melalui YouTube Live. The NextDev Hub Virtual Talks menghadirkan rangkaian diskusi panel, webinar dan […]
  • Bernostalgia Melalui Lidah, Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya

    Bernostalgia Melalui Lidah, Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya

    Surabaya, Surabaya, oh Surabaya. Kota kenangan, kota kenangan takkan terlupa… Itulah sepenggal lirik lagu berjudul Surabaya karya Titik Hamzah. Surabaya memang sering dianggap kota yang penuh kenangan. Berbagai peristiwa heroik pernah terjadi di kota tua ini dengan segala romantikanya. Tidak hanya kisah perjuangan para pahlawan saja yang membuat Surabaya menjadi penuh kenangan, berbagai bangunannya pun dikenal […]
  • Gandeng Tiga Mitra Sekaligus, Traveloka Hadirkan Layanan Pemesanan Tes Covid-19 di 44 Kota dan Kabupaten

    Gandeng Tiga Mitra Sekaligus, Traveloka Hadirkan Layanan Pemesanan Tes Covid-19 di 44 Kota dan Kabupaten

    Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara, mengumumkan kerja sama dengan sejumlah penyedia layanan kesehatan terkemuka seperti Prodia, Klinik Pintar, dan Biotest untuk menghadirkan layanan Tes COVID-19 dalam platformnya. Hadirnya layanan ini menjadikan Traveloka sebagai platform satu pintu yang memungkinkan pengguna untuk tidak saja memesan tiket pesawat, […]
  • Mau Coba Ayam Goreng Kremes yang Umurnya Sudah 30 tahun?

    Mau Coba Ayam Goreng Kremes yang Umurnya Sudah 30 tahun?

    Dengan kerasnya persaingan bisnis, tidak jarang suatu usaha hanya bertahan beberapa tahun saja. Hanya sedikit merek lokal atau asli Indonesia yang tetap bertahan dalam waktu lama. Salah satunya adalah Ayam Goreng Kalasan Borobudur (AGKB) yang sudah berdiri lebih 30 tahun di Jalan Borobudur Jelambar Baru. Orang seringkali salah sangka, dikira berhubungan dengan candi Borobudur di […]
  • 3P Selama Pandemi

    3P Selama Pandemi

    Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi COVID-19 yang sudah dimulai sejak awal April 2020 membuat aktivitas kita menjadi terbatas, Banyak dari kita, akan berpikir dua kali untuk keluar dari rumah. Kalaupun akhirnya harus bepergian, kita akan mengenakan perlengkapan seperti masker, face-shield, cairan disinfektan, topi, bahkan jaket. Kita menjadi lebih memperhatikan sekeliling kita dan lebih […]
  • Honda Umumkan Program Pemanggilan untuk Perbaikan Komponen Fuel Pump pada Beberapa Model Mobil Honda di Indonesia

    Honda Umumkan Program Pemanggilan untuk Perbaikan Komponen Fuel Pump pada Beberapa Model Mobil Honda di Indonesia

    PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan Program Pemanggilan untuk perbaikan (Recall) komponen Fuel Pump pada beberapa model mobil Honda di Indonesia. Model yang terindentifikasi dalam program ini meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019. Program […]
  • Penandatanganan MoU Summarecon dengan PT Toyota Housing Indonesia

    Penandatanganan MoU Summarecon dengan PT Toyota Housing Indonesia

    PT Summarecon Agung Tbk. terus membuktikan komitmennya dalam menghadirkan inovasi dalam industri properti, salah satunya yaitu dengan menggandeng perusahaan kelas dunia untuk menghadirkan produk berkualitas di kawasannya. PT Summarecon Agung Tbk. melalui anak perusahaannya yaitu PT Summarecon Property Development melakukan kerjasama dengan PT Toyota Housing Indonesia yang merupakan anak perusahaan Toyota Housing Corporation Ltd. Dari […]

Tinggalkan Balasan