Traveloka Travel Trend: 3 Destinasi Wisata Lokal yang Paling Diminati di Awal Tahun 2021

Memasuki tahun 2021, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata terhitung cukup tinggi. Berdasarkan survei internal Traveloka terhadap pengguna, 35% responden menyatakan tertarik untuk berlibur di awal tahun 2021. Tentunya hal ini didukung dengan adanya perubahan minat dan perilaku masyarakat, khususnya dalam berwisata, yang terbentuk sejak pandemi COVID-19 melanda. Tak hanya menerapkan protokol kesehatan berstandar tinggi, masyarakat kini lebih memiliki minat yang tinggi untuk melakukan wisata alam dan menginginkan fleksibilitas pemesanan dalam perencanaan perjalanannya.

Selain wisata alam yang paling diminati, #SmartStaycation, wisata budaya, rekreasi dan kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini sesuai dengan riset Traveloka, yang mana sebanyak 72% responden menyatakan ingin mengunjungi destinasi wisata alam di luar kota tempat tinggal.

Sementara responden lainnya menyatakan ingin mengunjungi objek wisata, kuliner, serta seni dan budaya yang berada di sekitar kota tempat tinggal atau kampung yang akan dikunjunginya. Akhir pekan maupun perayaan hari besar juga menjadi salah satu favorit para pengguna, di mana #SmartStaycation serta pencarian hotel, vila, dan apartemen di luar kota juga meningkat 15% dibanding akhir tahun 2020.

Penasaran apa saja destinasi wisata di Indonesia paling diminati di awal tahun 2021 ini? Traveloka telah merangkum destinasi perjalanan yang paling diminati di Indonesia di awal tahun 2021 untuk inspirasi perjalanan Anda:

Bali (52%)

Sudah bukan rahasia jika pulau Bali merupakan primadona wisata dunia. Sebagai destinasi wisata terpopuler, Bali kembali mendominasi rata-rata pencarian sebesar 52%, mengungguli destinasi wisata di Indonesia lainnya. Pencarian destinasi Bali paling populer di aplikasi Traveloka cukup beragam, mulai dari pilihan akomodasi seperti hotel, vila, resort, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan dan Ubud, lalu diikuti pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi dan kuliner. Bali juga dipilih sebagai destinasi workation dikarenakan banyaknya pilihan akomodasi untuk bekerja dari hotel dan vila, juga beberapa coworking space di area Canggu.

Destinasi wisata & rekreasi paling dicari pengguna Traveloka Xperience:

Bali Zoo, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Waterbom Bali, Toya Devasya Hot Spring Waterpark, dan Reborn Signature Wellness Spa Dewi Sri Bali Massage Treatments

Rekomendasi wisata kuliner yang paling diminati pengguna Traveloka Eats CleanDining:

Ssikkek Korean BBQ, Liang Sandwich Bar, Kyochon Gandaria City, Kyochon – Kota Kasablanka, Fat Bubble, Bottlenose Shack – Tribeca Park, dan Pan & Co. – Mall Kelapa Gading 2

Rekomendasi akomodasi paling diminati pengguna Traveloka CleanAccommodation:

The Kayon Resort by Pramana, Alila Manggis, La Vie Villa, The Anvaya Beach Resort Bali, Aksari Resort Ubud, dan Natura Resort & Spa

Daerah Istimewa Yogyakarta (37%)

Jika di akhir tahun 2020 Daerah Istimewa Yogyakarta berada di peringkat ke-4 dengan rata-rata persentase pencarian 7%, di awal 2021 destinasi liburan paling dicari di Indonesia ini melesat menjadi peringkat ke-2 dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 37%.

BACA JUGA  Bosen Gowes Sepeda di Aspal Perkotaan? Berikut Rekomendasi Tiket.com untuk Auto-nanjak di Borobudur

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan salah satu kota wisata populer yang ada di Indonesia. Daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis. Kota ini juga merupakan “rumah” para seniman tanah air. Mengunjungi berbagai galeri seni di Jogja, bisa jadi salah satu inspirasi untuk tujuan wisata berikutnya.

Destinasi wisata & rekreasi paling dicari pengguna Traveloka Xperience:

kidzooona Hartono Mall Yogyakarta, Candi Borobudur, dan Jogja Bay Waterpark

Rekomendasi kuliner hemat dan paling diminati pengguna Traveloka Eats Voucher:

Kalluna, Chingu Korean Fan Cafe – Caturtunggal, Pempek Ny. Kamto, Rajaklana Resto, dan JC Forest Cafe & Resto – Jogja City Mall

Akomodasi Traveloka CleanAccommodation paling diminati para pengguna:

Eastparc Hotel Yogyakarta, Swiss-Belboutique Yogyakarta, Java Villas Boutique Hotel, Gaia Cosmo Hotel, Melia Purosani Yogyakarta, dan The Amartya Jogjakarta Hotel

Jakarta (30%)

Berada di peringkat ketiga dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 30%, Jakarta menjadi salah satu destinasi paling dicari di Indonesia di awal tahun ini. Dikenal sebagai salah satu kota terpadat, Jakarta memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara.

Tak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta yang menjadi pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia menjadikannya sebagai destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri. Banyak hal yang dapat dilakukan di Kota Metropolitan ini, seperti menikmati sensasi cita rasa internasional di restoran berkelas hingga jajanan lezat dan hemat. Untuk semakin memudahkan pengguna saat menjelajahi Jakarta, Traveloka menghadirkan Traveloka Eats Delivery untuk Anda yang ingin mengeksplorasi kekayaan kuliner di Jakarta! Makanan akan langsung diantar ke rumahmu tanpa biaya pengiriman atau GRATIS!

Destinasi wisata & rekreasi paling dicari pengguna versi Traveloka Xperience:

Ancol, Faunaland, Jakarta Aquarium & Safari, Dunia Fantasi, dan J-Sky Ferris Wheel

Wisata kuliner yang paling diminati pengguna versi Traveloka Eats CleanDining:

Ssikkek Korean BBQ, Liang Sandwich Bar, Kyochon Gandaria City, Kyochon – Kota Kasablanka, FatBubble, Bottlenose Shack – Tribeca Park, dan Pan & Co. – Mall Kelapa Gading 2

Kuliner yang paling diminati pengguna Traveloka Eats Delivery di Jakarta:

Dak Korean Food, Hokkaido Baked Cheese Tart – Central Park, Liang Sandwich Bar – Central Park, Fuwa Fuwa – Central Park, Song Fa Bak Kut Teh – Central Park, Pusat Nasi Bakar – Central Kitchen, dan Omija – Central Park

Rekomendasi akomodasi populer versi Traveloka CleanAccommodation:

Four Seasons Hotel Jakarta, The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Ascott Kuningan Jakarta, La Boheme, Rooms and Coffee, Artotel Thamrin Jakarta, dan Posto Dormire Hotel

Tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik. Menjelajahi pesona keindahan wisata #DiIndonesiaAja tentunya juga harus dibarengi dengan disiplin menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. Untuk memudahkan Anda untuk melakukan #SmartStaycation, kini Traveloka menghadirkan berbagai fitur yang akan membantu para pengguna untuk menjadi smart and responsible traveler, seperti Traveloka Clean Partners, yang salah satunya adalah CleanAccommodation.

BACA JUGA  Memesan Tiket Susi Air Mulai dari Pangandaran hingga Raja Ampat Kini Lebih Mudah di Traveloka

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari dan mengkurasi akomodasi yang telah berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dan kebersihan sesuai standar Kementerian Kesehatan dan WHO serta telah mendapatkan sertifikat CHSE resmi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Selain memudahkan pengguna dalam mencari pilihan kebutuhan perjalanan dan gaya hidup yang telah menerapkan protokol kesehatan, Traveloka juga menghadirkan fitur penunjang lainnya saat menginap, yaitu dengan meminimalisir kontak saat check-in di resepsionis melalui fitur Hotel Online Check-in di beberapa hotel pilihan yang bisa dilakukan paling lambat satu hari sebelum tanggal menginap. Mengingat bahwa fleksibilitas menjadi salah satu aspek penting bagi para pengguna, Traveloka juga menghadirkan fitur Bayar saat Check-in, yang kini telah menjadi salah satu fitur yang paling diminati.

Berikut selengkapnya berbagai tren pencarian destinasi travel di Indonesia awal tahun 2021. Apakah destinasi favoritmu masuk dalam daftar paling diminati di awal tahun ini? Simak juga berbagai inspirasi untuk rencana staycation atau liburan Anda nanti di aplikasi dan sosial media Traveloka.

(EV)

Baca Juga

Leave a Reply