Kesehatan Pendidikan

Training Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Mengalami Henti Napas di Sekolah Kreasi Anak Bangsa

Resusitasi jantung paru-paru atau CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) adalah tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. CPR bertujuan untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup sama sekali. CPR sangat dibutuhkan bagi orang tenggelam, terkena serangan jantung, sesak napas karena syok akibat kecelakaan, terjatuh, dan sebagainya.

Namun yang perlu diperhatikan khusus untuk korban pingsan karena kecelakaan, tidak boleh langsung dipindahkan karena dikhawatirkan ada tulang yang patah. Biarkan di tempatnya sampai petugas medis datang. Berbeda dengan korban orang tenggelam dan serangan jantung yang harus segera dilakukan CPR.

Mengingat pentingnya pengetahuan tersebut bagi para orang tua siswa, pada hari Sabtu, 29 Juli 2017 diselenggarakan CPR Training di Sekolah Kreasi Anak Bangsa, Pondok Jagung di kawasan Graha Raya.

Training selama 3 jam ini diperlukan untuk mengantisipasi keadaan darurat. Misalnya saat anak-anak mendadak tersedak karena makanan atau benda asing yang mengganjal jalan nafas. Dalam kondisi ini, waktu penanganan yang tepat sangat diperlukan. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan nyawa atau mencegah kematian sang anak. Juga mencegah kecacatan yang lebih berat serta menunjang penyembuhan.

Antuasiasme para orang tua siswa sangat besar. Ada sekitar 30 orang tua siswa yang menghadiri training ini. Bahkan ada oma opa yang datang untuk mengetahui tentang praktek pertolongan di masa darurat.

Yang menjadi fokus utama training ini adalah BHD atau Bantuan Hidup Dasar yang merupakan pertolongan yang diberikan kepada korban pertama kali. Ini berupa nafas buatan dan pijatan jantung luar pada pasien henti nafas dan atau henti jantung tanpa menggunakan alat-alat kesehatan.

Tahukah Anda bahwa tersedak dapat menyumbat jalan nafas sang anak, dan otak dan jantung yang tidak mendapat suplai oksigen dalam waktu 4 menit akan berakibat kematian dalam waktu singkat? Keterlambatan BHD dalam 1-3 menit, kemungkinan berhasil menjadi 98 dari 100 kasus. Dan bila terlambat 3-10 menit, kemungkinan berhasil menjadi 50 dari 100 kasus. Namun bila terlambat lebih dari 10 menit, kemungkinan berhasil hanya 1 dari 100 kasus.

Mari belajar 6 tahapan pemberian bantuan hidup dasar (BHD):

  1. Kenali adanya tanda bahaya. Anda sebagai penolong wajib mengkaji bahaya yang ada yang sumber daya yang Anda miliki serta jenis pertolongan yang Anda perlukan. Serta pastikan keadaan aman kemudian lakukan pertolongan.
  2. Cek reaksi/respon apakah sang anak sadar atau tidak, caranya dengan memanggil namanya dan menepuk bagian bahu. Jika tidak bereaksi, panggil bantuan, posisikan korban
  3. Minta pertolongan ke sekitar Anda
  4. Circulation (sirkulasi darah). Anda dapat meraba denyut nadi sang korban selama kurang dari 10 detik di leher (pada orang dewasa) dan di ketiak (pada anak-anak). Bila tidak ada denyut nadi, saatnya Anda memberikan pijatan jantung luar/kompresi dada yakni menekan dada sang korban dengan kedua tangan Anda. Adegan ini biasanya sering terlihat di film-film di mana petugas kesehatan melakukan kompresi (menekan) dada pasien. Untuk pasien dewasa, pijatan dilakukan dengan kedua tangan Anda di posisi ½ bagian bawah dari tulang dada (sternum) dengan tekanan sedalam 4-5 cm. Anda dapat memijat sebanyak 30 kali. Sedangkan untuk anak di bawah 10 tahun, pijatan dilakukan dengan satu tangan saja. Bila pasien merupakan bayi, orang tua dapat menolong dengan melingkarkan kedua telapak tangan di bagian dada bayi seperti posisi tangan Anda mengukur lingkar kepala bayi.Tekan bagian dada bayi dengan kedua jempol tangan Anda.
  5. Airway (Jalan napas). Anda dapat melakukan head tilt (teknik tengadah kepala) dan chin lift (topang dagu) dan teknik jaw thurst (dorong rahang).
  6. Breathing (Pernafasan). Anda dapat mengecek 3 hal yaitu melihat apakah ada pergerakan dada yang turun naik karena sang korban bernafas. Kedua, mendengar apakah ada suara nafas korban yang keluar dan terakhir merasakan hembusan nafas sang korban. Jika tidak ada, Anda dapat memiringkan tubuh korban untuk melancarkan peredaran darahnya.
BACA JUGA  CIMB Niaga Resmikan Digital Lounge @Campus di Bandung

Training kali ini tidak hanya berupa teori namun para orang tua juga dapat mempraktekkan teori-teori yang diberikan. Satu per satu orang tua mempraktekkan teori dengan boneka yang sudah disiapkan sebagai sarana praktek. Semua praktek diawasi langsung oleh tim training center dari RS Omni Alam Sutera. Instruktur memberikan petunjuk dan memberikan koreksi bila terjadi kesalahan.

Menurut Ibu Andin, orang tua siswa yang tinggal di daerah Kunciran, materi training ini cukup jelas dan mudah dimengerti. Dengan melakukan praktek, kita dapat belajar apakah langkah-langkah kita benar atau salah,” ujarnya. Ini akan sangat membantu apabila suatu saat terjadi keadaan darurat. Ibu Andin sering mendengar kisah anak yang tersedak benda asing. Orang tua biasanya menjadi panik karena tidak tahu langkah-langkah pertolongannya.

Dengan adanya training ini diharapkan para orang tua mampu mengatasi keadaan darurat di mana anak yang tersedak dapat terselamatkan nyawanya.

Untuk informasi lebih lanjut:
Sekolah Kreasi Anak Bangsa
Jl. Pd. Jagung No.8, Pd. Jagung Tim., Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15326
Telp: (021) 5383378

 

(EGS)

 

Baca Juga

  • Ovo dan Kudo Umumkan Kemitraan Strategis untuk Hadirkan Saldo Ovo dalam Aplikasi Kudo

    Ovo dan Kudo Umumkan Kemitraan Strategis untuk Hadirkan Saldo Ovo dalam Aplikasi Kudo

    OVO, platform pembayaran dengan penerimaan terluas di Indonesia, dan Kudo, platform online-to-offline terdepan yang merupakan bagian dari ekosistem Grab, hari ini mengumumkan kemitraan strategis untuk menjadikan saldo OVO tersedia dalam aplikasi Kudo. Kemitraan ini memperkuat posisi OVO sebagai platform pembayaran terdepan di Indonesia dengan menambahkan 1,4 juta agen Kudo ke dalam jaringan pembayarannya. Sejak 2014, […]
  • Sweet Asoka, Japanese Cheesecake Lembut Menggugah Selera Tanpa Enek

    Sweet Asoka, Japanese Cheesecake Lembut Menggugah Selera Tanpa Enek

    Siapa tidak kenal dengan Japanese Cheesecake? Kue satu ini belakangan ini sedang jadi tren dan banyak dicari karena keunikannya. Bahkan beberapa waktu yang lalu ramai berita antrian panjang pengunjung sebuah mall di Jakarta untuk membeli Japanese Cheseecake. Para calon pembeli rela mengantri lama menunggu giliran untuk membeli Japanese Cheesecake pesanan dibuat. Sebetulnya cheesecake bukan berasal […]
  • Karena Waktu Anda Sangat Berharga, Layanan Penggantian Mengantri dari Akuantri.com

    Karena Waktu Anda Sangat Berharga, Layanan Penggantian Mengantri dari Akuantri.com

    Mengantri adalah pekerjaan salah satu pekerjaan yang tidak menyenangkan. Kita semua tentunya sering merasakan betapa menjemukannya mengantri. Namun bagaimana pun kita harus mengantri jika orang yang bergiliran ingin dilayani jumlahnya banyak sementara jumlah petugas yang ada terbatas atau proses yang dialami setiap orang membutuhkan waktu yang lama. Dalam situasi tertentu terkadang ada orang yang meninggalkan […]
  • Program Kesehatan Terpadu Balita dan Lansia oleh Hotel Santika Premiere Bintaro

    Program Kesehatan Terpadu Balita dan Lansia oleh Hotel Santika Premiere Bintaro

    Sebanyak 78 balita dan 21 lansia menjalani program kesehatan terpadu dan pemberian asupan sehat (Poswindu) dari Hotel Santika Premiere Bintaro bekerja sama dengan Kader Posyandu pada hari Kamis 04 Agustus 2016, di Posyandu Anggrek, RT06/02 Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Program ini merupakan aktivitas rutin yang diadakan setiap bulan oleh Hotel Santika Premiere […]
  • Bebek Renon, Satu Lagi Kuliner di Bintaro Yang Maknyus!

    Bebek Renon, Satu Lagi Kuliner di Bintaro Yang Maknyus!

    INFOBINTARO (IB) – Kuliner di Bintaro itu bukannya enak tapi lebih tepatnya enak banget! Banyak kuliner di Bintaro yang menjadi favorit para foodie. Salah satunya yang maknyus adalah Bebek Renon, bebek khas Bali dengan cita rasa sambalnya yang membuat keringat jatuh mengalir deras karena kelezatannya. Kuliner di Bintaro Yang Rasanya Bali Banget Bebek yang dihidangkan […]
  • Mari Berteman…

    Mari Berteman…

    Banyak penelitian menunjukkan bahwa individu yang memiliki teman dan melakukan aktivitas pertemanan akan memiliki kesehatan mental dan kesejahteraan (wellbeing) yang lebih baik. Mempunyai harga diri (self-esteem) lebih tinggi, lebih percaya diri, jarang merasa kesepian, menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap kegiatan sekolah, mampu coping secara lebih baik terhadap stres serta cenderung terhindar dari bully yang […]
  • Dijadikan Tempat Pertemuan, 25 November Sea World Ancol Buka Jam 1 Siang

    Dijadikan Tempat Pertemuan, 25 November Sea World Ancol Buka Jam 1 Siang

    Menyaksikan kehidupan bawah air lewat aquarium dapat menjadi salah satu kegiatan yang tidak hanya menyenangkan namun juga beernilai pendidikan. Apalagi ukuran aquarium yang sangat besar serta dipenuhi dengan beraneka ragam ikan dan hewan lainnya, membuat seolah-olah kita hidup di dalam air. Salah satu wahana aquarium dan oceanarium terbesar di Indonesia adalah Sea World Ancol. Sea […]
  • “Semerbak Nusantara”, Prestasi Membanggakan SMA Plus Pembangunan Jaya

    “Semerbak Nusantara”, Prestasi Membanggakan SMA Plus Pembangunan Jaya

    Pada bulan Agustus lalu, para siswa SMA Plus Pembangunan Jaya mengikuti Indonesia Student Company Competition yang diselenggarakan di Lotte Shopping Avenue pada tanggal 26 Agustus 2017 dengan produk andalannya berupa pewangi mobil herbal yang dinamai “Semerbak Nusantara”.  Tim SMA Plus Pembangunan Jaya yang disebut sebagai Entrepezo Nature Indonesia  berhasil menjadi juara 1 sekaligus mendapatkan golden ticket […]
  • Gak Balik Kampung? Idul Fitri di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Gak Balik Kampung? Idul Fitri di Hotel Santika Premiere Bintaro

    Hari Raya Idul Fitri bagi banyak orang menjadi momen membahagiakan dengan mudik dan bertemu keluarga besar. Mudik menjadi tradisi unik yang melekat dengan Idul Fitri, menjadi sebuah budaya ritual batiniah melepas rindu dengan kampung halaman dan kerabat. Namun bagi sebagian masyarakat urban lainnya, mudik mungkin tidak bisa dijalani setiap tahunnya. Hotel Santika Premiere Bintaro menghadirkan […]
  • Ikuti Event Ibu dan Anak “Grow & Glow” di KALCare Bintaro

    Ikuti Event Ibu dan Anak “Grow & Glow” di KALCare Bintaro

    Weekend merupakan waktu yang sangat berharga bagi warga Bintaro terutama bagi mereka yang sudah lelah bekerja dari Senin sampai Jumat, weekend rasanya wajib dialokasikan sebagai waktu untuk keluarga. Banyak hal yang bisa dikerjakan ibu dan anak pada saat akhir pekan. Salah satu contohnya adalah pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 bakal ada acara seru di […]
  • Dodol Betawi Rizal “Inti Sari”, Melestarikan Kebudayaan Tradisional Betawi Melalui Kuliner

    Dodol Betawi Rizal “Inti Sari”, Melestarikan Kebudayaan Tradisional Betawi Melalui Kuliner

    Dodol memang merupakan salah satu makanan khas Betawi yang banyak dikenal masyarakat. Makanan legit yang disukai banyak orang. Terlebih lagi, sesuai zaman, varian rasa dodol Betawi juga kian berkembang. Di antara sekian banyak stand yang ada di Festival Bintaro 3, Info Bintaro tertarik untuk melihat lebih lanjut stand Dodol Betawi Inti Rasa (baca juga : Ajang […]
  • Microsoft Dukung Perempuan Indonesia Menyeimbangkan Produktivitas dengan Solusi Office 365

    Microsoft Dukung Perempuan Indonesia Menyeimbangkan Produktivitas dengan Solusi Office 365

    Microsoft Indonesia menggelar Microsoft Women Inspiration Day dengan tema ‘Modern Strategies for Balancing Productivity’ pada 15 Mei 2019 yang lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk membagikan wawasan mengenai strategi modern guna menyeimbangkan produktivitas dengan memanfaatkan teknologi, khususnya bagi para perempuan Indonesia yang juga merupakan pelaku small medium businesses (SMB). Dalam kegiatan ini, Microsoft juga turut menghadirkan […]
  • Mengapa Bayi Perlu Dipijat?

    Mengapa Bayi Perlu Dipijat?

    Sejak dulu, pijat pada bayi dipercaya memiliki banyak manfaat. Terlebih-lebih lagi pada bayi prematur atau yang lahir via operasi Caesar, yang bisa mengalami shock ketika lahir. Yang pasti, pijat memberi sentuhan yang menenangkan, serta mengingatkan bayi akan rasa nyaman selama berada dalam kandungan mama. Manfaat lain dari pijat bagi bayi: Membuatnya lebih jarang sakit, tidur […]
  • Zalora Jalin Kerja Sama Dengan RPX untuk Servis Pengambilan Barang Lewat Indomaret

    Zalora Jalin Kerja Sama Dengan RPX untuk Servis Pengambilan Barang Lewat Indomaret

    ZALORA, destinasi fashion online Asia, kini menyediakan servis baru untuk pengambilan barang yang mudah dan cepat. ZALORA menggandeng RPX dan Indomaret untuk memudahkan pelanggan mengambil barang pesanannya melalui gerai Indomaret terdekat. Servis ini ditujukkan untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan yang menginginkan fleksibilitas dan efisiensi dalam mengontrol kapan dan dimana mereka ingin mengambil pesanan mereka. Mulai […]
  • Perkuat Bisnis eSport, PT. BenQ Teknologi Indonesia (BTI) Bermitra dengan PT. Andal Global Solusindo (AGS)

    Perkuat Bisnis eSport, PT. BenQ Teknologi Indonesia (BTI) Bermitra dengan PT. Andal Global Solusindo (AGS)

    PT. BenQ Teknologi Indonesia (BTI), sebagai salah satu anak perusahaan dari BenQ Asia Pacific Corporation yang berkantor pusat di Taipei, Taiwan, hari ini mengumumkan kemitraannya dengan PT. Andal Global Solusindo (AGS) dalam rangka mengembangkan lini bisnis produk-produk eSport bermerek ZOWIE di Indonesia. AGS di tunjuk oleh BTI sebagai salah satu Distributor ZOWIE yang ditandai dengan […]
  • Traveloka Tingkatkan Okupansi Bus & Travel Secara Online dengan Bermitra dengan Lebih dari 85 Operator Bus & Travel

    Traveloka Tingkatkan Okupansi Bus & Travel Secara Online dengan Bermitra dengan Lebih dari 85 Operator Bus & Travel

    Traveloka, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional dalam satu platform, terus menjadi mitra terpercaya bagi operator bus & travel dalam digitalisasi penjualan tiket bus dan travel di Indonesia. Hanya dalam waktu 8 bulan (sejak Maret 2018), Traveloka telah membangun kemitraan dengan lebih dari 85 operator bus & […]
  • Berbagai Aktivitas Program Aku Dokter Cilik, RS Omni Hospitals Alam Sutera

    Berbagai Aktivitas Program Aku Dokter Cilik, RS Omni Hospitals Alam Sutera

    Untuk memberikan pemahaman kepada para siswa sekolah mengenai pekerjaan seorang dokter dan bidan serta pekerjaan medis lainnya, RS Omni Hospitals Alam Sutera memiliki program Aku Dokter Cilik. Sehingga setelah mengikuti program ini, anak tidak perlu takut lagi ke dokter. Berikut adalah berbagai aktivitas pada program ini. Lihatlah betapa anak-anak ini bersemangat belajar menjadi seorang dokter. […]
  • Foto : Memandang Bandar Lampung dari Ketinggian Sambil Berselfie Ria di Puncak Mas

    Foto : Memandang Bandar Lampung dari Ketinggian Sambil Berselfie Ria di Puncak Mas

    Lampung dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak obyek wisata pantai yang indah. Ingat Lampung, ingat dengan pantai-pantainya. Namun obyek wisata yang ada di Lampung tidak melulu hanya pantai. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Bandar Lampung, jangan lupa mengunjungi obyek wisata yang satu ini : Puncak Mas. Disini Anda bisa memandang keindahan kota Bandar Lampung […]
  • Tiga Hidangan Baru dengan Harga Terjangkau di Hokben yang Wajib Kamu Coba

    Tiga Hidangan Baru dengan Harga Terjangkau di Hokben yang Wajib Kamu Coba

    HokBen, yang dikenal sebagai pelopor makanan bergaya Jepang di Indonesia selama ini berkomitmen untuk selalu memberikan berbagai inovasi produk makanan yang lezat. Di penghujung tahun 2018 ini pun HokBen kembali menghadirkan tiga varian menu baru yang unik dan wajib dicoba yakni Furi-Furi Salad, Hot & Spicy Chicken and Beef Teriyaki, serta Tori Fingers. Tak hanya […]
  • Herbalife Nutrition Dukung Atlet Indonesia Berlaga di Asian Games 2018

    Herbalife Nutrition Dukung Atlet Indonesia Berlaga di Asian Games 2018

    Sebagai perusahaan yang bertujuan untuk membuat dunia semakin sehat dan bahagia, Herbalife Nutrition Indonesia, pada hari ini secara resmi mengumumkan dukungannya kepada atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018 yang akan datang. Dukungan ini salah satunya berbentuk penyediaan asupan […]

Tinggalkan Balasan