Berita Utama

Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh Hingga 22,8% Selama Momen Ramadan dan Idul Fitri 2020

Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu dimaknai oleh Telkomsel dengan secara konsisten tetap berupaya menghadirkan kenyamanan mengakses layanan terdepan terutama  broadband berkualitas bagi pelanggan, terutama beraktivitas dengan cara-cara baru pada saat pandemi COVID-19, seperti beribadah, bekerja, belajar dan bersilaturahmi dari rumah.

Upaya Telkomsel dalam memberikan manfaat tersebut menjadi perwujudan komitmen perusahaan untuk terus bergerak maju menghadirkan solusi yang customer-centric di tengah masa yang penuh tantangan seperti sekarang. Hal ini pun tercermin dengan pemanfaatan layanan berbasis data tertinggi hingga 26,7 petabyte, atau meningkat sebesar 22,8% jika dibandingkan hari normal di tahun 2020.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, “Telkomsel mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H bagi seluruh umat muslim di Indonesia. Semoga kita senantiasa diberikan rahmat dan kesehatan di momen spesial yang penuh rasa kebersamaan ini. Kami memahami bahwa momen Lebaran tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kali ini berlangsung di tengah masa yang penuh dengan tantangan di masa pandemi COVID-19, sehingga cukup  merubah cara masyarakat dalam merayakannya. Maka dari itu, sebagai connectivity enabler, Telkomsel berupaya untuk memastikan seluruh pelanggan dapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung dengan orang-orang tercinta walau harus dilakukan dari rumah. Momen Lebaran tahun ini juga merupakan momen yang spesial bagi kami, karena pada 26 Mei lalu Telkomsel genap berusia 25 tahun. Kami pun memaknai usia kami dengan penuh semangat untuk terus bergerak maju bersama masyarakat Indonesia dalam beradaptasi menjalani gaya hidup baru atau memasuki fase “The New Normal” di berbagai aspek kehidupan ini.”

Sepanjang momen RAFI tahun ini, secara persentase, wilayah operasional Telkomsel di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data, dengan pertumbuhan tertinggi sekitar 35% dibandingkan hari normal.

Sebagai kelanjutan dari himbauan Pemerintah RI agar masyarakat menunda mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, Telkomsel mencatat terjadi kenaikan trafik layanan data di sejumlah wilayah yang biasanya ditinggal oleh sebagian besar masyarakat untuk mudik Lebaran, seperti wilayah operasional Jabodetabek.

Pada Hari Raya Idul Fitri kali ini, trafik layanan data di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Di sejumlah wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur yang biasanya menjadi destinasi utama mudik dan paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode RAFI, di masa pandemi ini mengalami penurunan kedatangan pelanggan sebesar -83% untuk wilayah Jawa Tengah, -77%  untuk Jawa Barat, dan -83%  untuk Jawa Timur.

Pada hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan Telkomsel juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4%. Sedangkan layanan video streaming naik 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%, dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran.

Telkomsel juga mencatat, selama momen RAFI 2020 ini lima aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan (secara berurutan) antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service. Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan, dengan proporsi 30,8% dari total jenis layanan data yang diakses selama momen RAFI 2020.

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS. Penurunan trafik pada layanan legacy ini terjadi akibat semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital, khususnya dalam berdaptasi dengan gaya hidup baru untuk mendukung produktivitas saat beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19 saat ini.

Menjaga Kualitas Jaringan dan Layanan di masa Pandemi COVID-19

Selama periode RAFI tahun ini, Telkomsel telah memusatkan optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di sekitar 436 point of interest (POI) yang berfokus pada 309 titik area residensial, 58 titik rumah sakit rujukan COVID-19, 38 titik area transportasi utama di tiap provinsi, serta 31 titik area transportasi logistik, alat kesehatan, dan kebutuhan pokok.

Selain itu, Telkomsel juga melakukan pengamanan jaringan di akses jalur tol dan jalan utama sepanjang 16.000 km yang terbentang dari wilayah Sumatera, Jawa, hingga Kalimantan. Khusus titik POI residensial mengalami kenaikan trafik data yang signifikan yaitu mencapai 31,7% apabila dibandingkan dengan hari normal atau sebelum diberlakukannya kebijakan himbauan Work From Home (WFH).

BACA JUGA  Citilink Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 8 Mei 2020

Upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan juga Telkomsel lakukan dengan menghadirkan 11.000 BTS baru berteknologi 4G, mengoperasikan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.100 Gbps. Secara keseluruhan, Telkomsel saat ini memiliki 219.000 unit BTS di seluruh penjuru negeri, dengan 87.000 unit di antaranya merupakan BTS 4G. Berbekal infrastruktur yang andal, cakupan 4G Telkomsel pun telah menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan layanan berbasis broadband.

Di samping itu, sebagian besar proses pengawasan operasionalisasi dan penanganan aktivitas pengamanan jaringan dilakukan secara virtual, yang didukung oleh 13 Posko Virtual eRAFI 2020, 19 tim internal (1.578 anggota), dan 46 tim mitra strategis (803 anggota). Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari dukungan Telkomsel terhadap imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing. Implementasi virtual monitoring ini dinilai mampu menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan Telkomsel terhadap COVID-19.

“Kami bersyukur dapat memberikan layanan kepada pelanggan dan masyarakat secara umum dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran tahun ini. Kami berharap upaya Telkomsel tersebut memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah Ramadan dan merayakan momen Idul Fitri meski harus dilakukan dari rumah. Sebagai leading digital telco company, kami menjadikan saat ini sebagai momentum untuk terus hadir mendampingi masyarakat dan Pemerintah RI agar dapat beradaptasi terhadap gaya hidup baru dalam menjalani keseharian dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital. Di samping itu, kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya momen Lebaran dan seterusnya, guna memastikan pelanggan dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman. Kami juga sangat berharap pandemi COVID-19 dapat segera usai dan kita semua bisa melewati masa penuh tantangan ini dengan memasuki fase hidup “The New Normal” kedepannya, sesuai protokol yang telah ditetapkan Pemerintah,” tutup Setyanto.

Berikut data performansi layanan Telkomsel pada Periode RAFI 2020:

Layanan

Trafik Puncak

RAFI 2020

Perbandingan dengan Hari Normal 2020

Perbandingan dengan Periode yang Sama di RAFI 2019

Data

26,69 Peta Byte

Naik 22,8%

Naik 42,1%

SMS

495 Juta SMS

Turun 12,1%

Turun 6,7%

Suara

1,1 Miliar Menit

Turun 0,9%

Naik 2,3%

Berikut platform layanan data dan aplikasi yang paling banyak di akses pelanggan Telkomsel pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H:

Top 5 Data Services Platform

Platform

Proporsi dari Akses Keseluruhan Layanan Data

Perbandingan dengan Hari Normal 2020

Social Media

30,8%

Naik 3,6%

Video Streaming

23,8%

Naik 13,8%

Communication

20,9%

Naik 75,4%

Google Platform

5%

Naik 6,4%

Mobile Gaming

3%

Naik 83,7%

Top 5 Applications

Aplikasi

Proporsi dari Akses Keseluruhan Apikasi

Perbandingan dengan Hari Normal 2020

Youtube

18,8%

Naik 6,9%

Facebook

16,6%

Turun 0,5%

Whatsapp

16,2%

Naik 49,2%

Instagram

13,2%

Naik 5,3%

Google Services

5%

Naik 7.1%

(AB)

 

Baca Juga

  • Royal Enfield Buka Store Baru di Jakarta

    Royal Enfield Buka Store Baru di Jakarta

    Royal Enfield, pemimpin global produsen motor kelas menengah, pada tanggal 16 Juni 2020 mengumumkan pembukaan store baru di Jakarta – yang merupakan rumah bagi lebih dari 15 juta pengendara sepeda motor. Merek dengan pertumbuhan tercepat di segmen menengah ini terus memperkuat kehadirannya di wilayah Asia-Pasifik, di mana Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Royal […]
  • Belanja untuk Menghadiahi Diri Sendiri (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Belanja untuk Menghadiahi Diri Sendiri (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Jujur, setiap orang ingin diapresiasi dan dihargai atas usaha dan kerja kerasnya. Penghargaan dalam bentuk pujian sederhana dapat membuat diri sendiri merasa dihargai. Namun, kekecewaan kerap muncul karena mengharapkan apresiasi dari orang lain, pengharapan seperti itu berpotensi menjatuhkan rasa percaya diri yang selanjutnya menimbulkanperasaan negatif. Harga diri mencakup dua aspek: pertama, perasaan terhadap kompetensi pribadi […]
  • Hati-hati, Pankreas Meradang Karena Kebanyakan Minum Alkohol

    Hati-hati, Pankreas Meradang Karena Kebanyakan Minum Alkohol

    Anda mungkin mengetahui berita DJ terkenal yakni DJ Avicii meninggal dunia. Diduga almarhum mengidap sakit pankreas akut. Pankreas merupakan salah satu organ di dalam struktur pencernaan manusia yang tugasnya memproduksi hormon dan enzim untuk menghancurkan makanan di dalam perut. Fungsi Pankreas Pankreas berada di belakang perut dengan panjang 18-25 cm dan memiliki bentuk menyerupai ikan yang […]
  • Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar, BNI Syariah Gelar Direksi Mengajar di Malang

    Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar, BNI Syariah Gelar Direksi Mengajar di Malang

    BNI Syariah menyelenggarakan Direksi Mengajar (Board Of Director-BOD Teaching) di Tazkia International Islamic Boarding School (IIBS) Malang, Rabu (6/11). Dalam acara ini hadir Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati; Pemimpin Divisi Pembiayaan Kecil dan Menengah BNI Syariah, Supriyono; Pemimpin Wilayah Timur BNI Syariah, Imam Hidayat Sunarto; Branch Manager BNI Syariah KC Malang, […]
  • Lenovo dan NetApp Membentuk Kerjasama Strategis Secara Global untuk Mengakselerasi Transformasi Digital Pelanggan

    Lenovo dan NetApp Membentuk Kerjasama Strategis Secara Global untuk Mengakselerasi Transformasi Digital Pelanggan

    Lenovo, perusahaan yang masuk ke Global Fortune 500 dan pemimpin teknologi di Intelligent Transformation, bersama dengan NetApp (NASDAQ: NTAP), perusahaan Fortune 500 dan otoritas data untuk cloud hibrida, mengumumkan kerjasama global untuk memberikan teknologi inovatif serta pengalaman yang lebih sederhana untuk membantu pelanggan memodernisasi teknologi informasi (TI) serta mengakselerasi transformasi digital. Sebagai pemimpin inovasi untuk […]
  • Samsung Galaxy A51 Varian 8GB/128GB, Siap Pre Order 16 Maret 2020

    Samsung Galaxy A51 Varian 8GB/128GB, Siap Pre Order 16 Maret 2020

    Untuk memperkaya pengalaman generasi live, Samsung Electronics Indonesia menghadirkan Galaxy A51 varian 8GB RAM dengan performa yang lebih awesome yang didukung dengan fitur esensial seperti Quad Camera 48 MP, baterai tahan lama 4.000 mAh, layar luas Infinity-O Display, serta AI Gaming Booster. Galaxy A51 terbaru tersedia melalui aktivitas pre order dari tanggal 16 – 22 […]
  • Telkomsel Gratiskan Telpon dan SMS di Wilayah Bencana Palu dan Donggala

    Telkomsel Gratiskan Telpon dan SMS di Wilayah Bencana Palu dan Donggala

    Seiring dengan pemulihan jaringan pasca gempa di wilayah Palu dan Donggala – Sulawesi Tengah, Telkomsel memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator selama 24 jam, bagi seluruh pelanggan di wilayah bencana Sulawesi Tengah. Selain itu Telkomsel juga terus memperlancar kegiatan penanggulangan bencana dengan memprioritaskan tujuh titik -titik vital bencana, mengerahkan team siaga bencana […]
  • PTPN dan FHCI Gelar Webinar Dihadiri 1.000 Penggiat SDM BUMN dan Swasta

    PTPN dan FHCI Gelar Webinar Dihadiri 1.000 Penggiat SDM BUMN dan Swasta

    Holding Perkebunan Nusantara (PTPN) yang diwakili Direktur SDM Holding PTPN Wing Antariksa dan LPP Agro Nusantara yang dipimpin oleh Triaji Prio Pratomo pada tanggal 22 Juni 2020 menggelar acara mega-webinar yang diikuti oleh 1000 peserta mulai dari Direktur SDM BUMN dan swasta, serta penggiat SDM lainnya dengan tema Building Agility For The Next Generation Organizations […]
  • Wahana Serius Berikan Dukungan Pendidikan Lembaga Pembinaan Khusus Anak

    Wahana Serius Berikan Dukungan Pendidikan Lembaga Pembinaan Khusus Anak

    Main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) serius meningkatkan kualitas pendidikan SMK Istimewa di  kota Tangerang yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tangerang dengan memberikan beragam materi teknis sepeda motor Honda. Melalui Yayasan Wahana Artha (YWA) pada Senin (9/03) hingga Rabu (11/03), tim Training Center Wahana memberikan Technical Training […]
  • Menikmati Menu Tradisional Bernuansa Internasional di Cozyfield Cafe

    Menikmati Menu Tradisional Bernuansa Internasional di Cozyfield Cafe

    Apa yang terlintas di benak kita saat membayangkan cara menikmati menu tradisional seperti rawon? Tentunya kita membayangkan semangkok rawon dan sepiring nasi, yang dinikmati dengan menggunakan sendok dan garpu. Bagaimana dengan opor ayam? Mungkin di pikiran kita terlintas sepiring nasi dengan opor ayam di atasnya, yang dinikmati dengan sendok dan garpu atau dengan menggunakan tangan. […]
  • Vivo Buka Super Selling Day V11 Pro & V11

    Vivo Buka Super Selling Day V11 Pro & V11

    Vivo mulai menggelar program Super Selling Day atau penjualan langsung perangkat V-Series terbaru, seri V11 Pro dan V11 ke seluruh Indonesia. Program Super Selling Day ini akan berlangsung dari 20-30 September 2018 melalui seluruh jaringan Vivo Store dan retail partner, serta 5 e-Commerce terkemuka yang telah menjadi rekan vivo. “Hari ini kami menutup sesi pre-order […]
  • GoPay dan Alfamart Luncurkan Komunitas Gosip, Ibu Bisa Lebih Mudah Belanja dan Menghemat Pengeluaran

    GoPay dan Alfamart Luncurkan Komunitas Gosip, Ibu Bisa Lebih Mudah Belanja dan Menghemat Pengeluaran

    Terinspirasi dari semangat ibu-ibu masa kini untuk tetap eksis dan menambah ilmu serta pengalaman dengan bergabung di berbagai komunitas, GoPay meluncurkan Komunitas GoPay Sahabat Ibu Pintar (GOSIP) bersama Alfamart untuk memudahkan ibu-ibu masa kini berbelanja kebutuhan sehari-hari sehingga dapat mengatur keuangan keluarga dengan bijak. Sejak soft launching pada Juni lalu, sudah ada 5.000 ibu yang […]
  • Hp Mendobrak Dunia Pencetakan Digital dengan Portofolio Cetak Paling Produktif Sedunia

    Hp Mendobrak Dunia Pencetakan Digital dengan Portofolio Cetak Paling Produktif Sedunia

    Menyambut penyelenggaraan Drupa —pameran peralatan cetak terbesar di dunia— hari ini HP Inc. Indonesia mengumumkan dua generasi HP Indigo terbaru yang transformatif, dirancang untuk percetakan dan converter untuk mencetak secara digital dengan volume penjualan dan keuntungan yang lebih tinggi. Dengan inovasi yang mendorong kecepatan dan produktivitas yang lebih tinggi, kedua platform mesin cetak digital tersebut […]
  • Peluncuran Program Harinya Cicilan Lunas (HARCILNAS) Adira Finance, Adira Finance Lunasi Cicilan Seribu Konsumennya

    Peluncuran Program Harinya Cicilan Lunas (HARCILNAS) Adira Finance, Adira Finance Lunasi Cicilan Seribu Konsumennya

    Adira Finance salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia kembali menggelar program yang menguntungkan bagi para konsumennya yang bertajuk Harinya Cicilan Lunas atau HARCILNAS. Program HARCILNAS merupakan program undian berhadiah berbasis poin yang ditujukan untuk konsumen baru ataupun konsumen yang masih aktif memiliki pembiayaan di Adira Finance baik pembiayaan otomotif, non otomotif (Multiguna, Durable, produk […]
  • Chubb Luncurkan Produk Asuransi Rumah Tinggal yang Komprehensif di Indonesia

    Chubb Luncurkan Produk Asuransi Rumah Tinggal yang Komprehensif di Indonesia

    PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) mengumumkan peluncuran Simply Home Platinum Insurance. Dilengkapi dengan 18 perluasan jaminan yang ditambahkan secara otomatis, Simply Home Platinum Insurance merupakan produk asuransi rumah tinggal terbaru dari Chubb yang memberikan perlindungan menyeluruh terhadap struktur rumah, perlengkapan tetap, perlengkapan lepas, serta barang-barang rumah tangga lainnya. Simply Home Platinum Insurance menawarkan tiga […]
  • Foto : Meriahnya Perayaan HUT RI di Plataran Indah Bintaro

    Foto : Meriahnya Perayaan HUT RI di Plataran Indah Bintaro

    Warga Plataran Indah Bintaro (PIB) termasuk warga yang melek teknologi. Buktinya mereka telah memiliki blogspot (http://wargapib.blogspot.com/?m=1) yang berisi kegiatan warganya. Beragam acara telah digelar seperti arisan, malam tahun baru, nonton bareng alias nobar dan fogging untuk mengantisipasi demam berdarah. Warga PIB menyadari bahwa sebagai warga harus berperan aktif terhadap lingkungan sendiri. Pada hari Sabtu, 18 […]
  • AirAsia Indonesia Hentikan Sementara Seluruh Penerbangan Mulai 1 April 2020

    AirAsia Indonesia Hentikan Sementara Seluruh Penerbangan Mulai 1 April 2020

    Mempertimbangkan situasi risiko wabah COVID-19 di tanah air dan untuk mendukung upaya pemerintah Republik Indonesia dalam mengatasi penyebarannya, AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) berinisiatif untuk menghentikan sementara seluruh layanan penerbangan mulai 1 April 2020. Penerbangan rute domestik akan dihentikan sementara hingga 21 April 2020, rute internasional dihentikan hingga 17 Mei 2020. AirAsia Indonesia akan terus […]
  • Wall of Fame Raksasa Abadikan Momen MAXI Yamaha Day Tebing Tinggi

    Wall of Fame Raksasa Abadikan Momen MAXI Yamaha Day Tebing Tinggi

    Meriahnya event MAXI Yamaha Day menghidupkan atmosfer kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara akhir pekan lalu. Bertempat di Lapangan Sri Mersing, Minggu 7 Juli 2019, ribuan pengunjung dan pecinta skutik MAXI Yamaha memadati lokasi strategis di kota itu. Keramaiannya juga ditandai dengan rombongan touring menggunakan MAXI Yamaha yang datang dari Medan, Kisaran, Tebing Tinggi dan paling […]
  • Aneka Masakan Wonogiri di Warung Barokah Khas Wonogiri Pak Tyo

    Aneka Masakan Wonogiri di Warung Barokah Khas Wonogiri Pak Tyo

    Tongseng adalah kuliner khas nusantara yang terkenal dari daerah Jawa Tengah. Mengenai asalnya, ada yang mengatakan tongseng berasal dari Surakarta, sumber lain menyebutkan tongseng berasal dari Boyolali, ada juga yang mengatakan Kebumen. Tidak ada satu bukti valid yang bisa membuktikan kota asal tongseng. Namun, tongseng diyakini mendapat pengaruh dari pedagang-pedagang Arab yang masuk ke Jawa […]
  • CIMB Niaga XTRA XPO Resmi Dibuka, Beragam Promo Spesial Siap Diburu

    CIMB Niaga XTRA XPO Resmi Dibuka, Beragam Promo Spesial Siap Diburu

    PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menggelar pameran perbankan ritel bertajuk XTRA XPO berlangsung pada 16-17 Februari 2019 di ICE BSD Tangerang Selatan. Acara yang dikemas dalam konsep “Fun Family Weekend Gateway” menampilkan beragam promo spesial dari produk-produk ritel unggulan CIMB Niaga dan dimeriahkan aneka hiburan untuk semua segmen usia. Sebelumnya, pameran serupa […]

Tinggalkan Balasan