Gaya Hidup

Tradisi Cap Go Meh dan Lontong Cap Go Meh

Cap Go Meh (Hokkien: 十五暝) melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.

Perayaan ini dirayakan dengan jamuan besar dan berbagai kegiatan. Di Taiwan ia dirayakan sebagai Festival Lampion. Di Asia Tenggara ia dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa, masa ketika wanita-wanita yang belum menikah berkumpul bersama dan melemparkan jeruk ke dalam laut – suatu adat yang berasal dari Penang, Malaysia.

Cap go meh 2018 jatuh pada tanggal 2 Maret 2018 yaitu terhitung 15 hari setelah tahun baru imlek yang jatuh pada tanggal 16 Februari 2018 atau tanggalan kalender Cina yaitu tahun 2569. Berbagai event dan agenda kegiatan yang berupa pegelaran festival barongsai diadakan di tiap kota di indonesia dan kota-kota yang mayoritas Tionghoa akan bertambah semarak setiap malamnya dengan hiasan lampu lampion yang ada di tiap bangunan yang tentunya menambah indahnya suasana malam tahun baru imlek.

Salah satu contohnya adalah Solo. Sebanyak 5.000 lampion mulai menghiasi Kota Solo, Jawa Tengah jelang perayaan Tahun Baru Imlek. Tak hanya itu, berbagai ornamen khas lainnya pun siap sambut wisatawan yang merayakan Imlek di Solo.

Baca Juga: http://travel.tribunnews.com/2018/02/11/perayaan-tahun-baru-imlek-2018-sebanyak-5000-lampion-kembali-warnai-kota-solo

Festival Lampion 2018 di Solo

Selanjutnya kita akan membahas tradisi Tionghoa dari “Sin Cia” sampai “Cap Go Meh”

Hari pertama tahun baru dilewatkan di kalangan keluarga sang suami. Pada pagi hari mereka saling ketemu sesudah para anak-anak memperoleh angpao mereka pada malam tahun baru sebelumnya, anggota keluarga yang belum menikah, dihadiahi angpao terkadang juga tamu yang belum menikah.
Pada mulanya hanya uang receh yang dibagikan, akan tetapi seiring dengan kesejahteraan yang meningkat jumlah angpao tersebut juga semakin besar. Terutama pada keluarga yang mampu, yang di daratan Tiongkok pada umumnya berada/hidup di daerah pesisir pantai timur, bisa saja sejumlah besar uang diselipkan di dalam amplop angpao.

Pada hari ke dua dilakukan kunjungan kepada keluarga sang istri. Kebanyakan pada kesempatan tersebut diadakan jamuan makan lengkap. Terutama pada keluarga yang menjunjung tinggi tradisi, yang biasanya telah menerima pewarisan altar sembahyang kepada para leluhur dan para dewata.

Untuk itu mereka biasanya sangat ramah kepada anjing peliharaan dan memperbolehkan mereka hadir di perjamuan. Sesuai kepercayaan tradisi, hari ke dua (Imlek) ialah hari ulang tahun semua anjing. Tahun yang baru seharusnya diawali dengan tindakan yang baik, dengan keramah-tamahan dan respek antar sesama maupun kepada semua mahluk Tuhan. Untuk itu anjing sebagai hewan peliharaan memperoleh perhatian khusus.
Pada banyak keluarga pengertian untuk hidup selaras dengan alam telah luntur. Maka dari itu dewasa ini perayaan tahun baru Tiongkok nyaris hanyalah sebagai pesta untuk pertemuan kekeluargaan dan kekerabatan saja.

Pada hari ke tiga dan ke empat diadakan kunjungan kepada famili jauh. Sering kali ini dikaitkan dengan acara mini-piknik dari keluarga besar. Hari tersebut juga dinamakan “Chikou” (mulut bebas). Oleh karena pada pesta keluarga mudah terjadi perbedaan pendapat. Keluarga besar menerapkan rambu-rambu pengaman bagi pertikaian yang bisa saja berlangsung dengan sangat keras dan bising. Karena di luar keluarga/klan, di dalam kehidupan bermasyarakat, orang Tionghoa tidak boleh menempuh risiko kehilangan muka.

Hari ke lima di Tiongkok utara dimulai dengan sarapan hidangan Jiaozi. Pada hari tersebut orang-orang menyembahyangi dewa rejeki orang Tionghoa (Chaishen). Asul usul historikalnya tertuju pada Zhao Gongming atau Bi Gan. Cai Shen pada mulanya hanyalah seorang pahlawan rakyat Tiongkok, yang konon hidup pada masa awal dinasti Qin (baca: Chin, 2.200 tahun yang silam). Ia di kemudian hari diangkat ke tingkat dewa. Ia seringkali dilukiskan sedang menunggangi seekor macan hitam, dan memegang sebatang tongkat keemasan.

Hari ke enam dan ke delapan dijadwalkan sebagai hari-hari istirahat di antara pelbagai aktifitas.

Pada hari ke tujuh, juga disebut “Renri”,secara tradisinya diperingati sebagai “Hari ulang tahun setiap orang”. Itu adalah hari dimana orang secara otomatis satu tahun lebih tua, karena di Tiongkok kuno hari ulang tahun pribadi hampir dianggap tidak penting. Tiongkok sebagai negara agraris mempersilakan para petaninya pada kesempatan tersebut merayakan hari-hari pesta tahun barunya, karena mereka pada saat-saat tersebut di musim dingin tidak menggarap ladang mereka. Dewasa ini kebiasaan tentang perayaan hari ulang tahun juga telah berubah seiring dengan perubahan kehidupan modern. Di Tiongkok secara lambat laun hari ulang tahun bagi individu telah menjadi perhatian utama.

Hari ke sembilan kaum Taois menggunakannya sebagai pemujaan terhadap Tian Gong “Raja Giok Langit” terutama di sejumlah kuil. Untuk itu mereka memohon dari-Nya terutama kebahagiaan dan belakangan ini juga uang yang banyak. Dupa/Hio di kuil-kuil pada kesempatan seperti ini harus dibayar dengan lebih mahal.

Sejak hari ke 10 s/d hari ke 12 hari-hari perayaan perlahan-lahan sudah mendekati usai. Para sahabat dan kerabat diundang makan malam di rumah atau di restoran. Rasa kebersamaan dapat dijumpai dalam permainan judi uang menguntungkan seperti Mah-jiang/Mahyong tetapi juga pada permainan catur Tiongkok.

Hari ke 13 dan 14 diperuntukkan bagi persiapan pesta lampion yang dilangsungkan pada malam ke 15. Pesta lampion (Deng Jie) atau pesta Yuan Xiao (yuanxiaojie) menutup serangkaian acara pesta tahun baru tersebut. Penggarapan rame-rame atas lampion merupakan puncak acara sebelum para pekerja keliling tersebut pergi berpencaran selama satu tahun penuh.

Hari ke-15lampion dan lentera akan dinyalakan. Warga Tionghoa akan memakan bola-bola dari tepung ketan mirip wedang ronde. Peranakan Tionghoa di Pulau Jawa akan menyantap lontong cap go meh. Sajian kuliner ini memperlihatkan asimilasi budaya China dan Nusantara. Simak kelezatannya di video berikut https://www.youtube.com/watch?v=Os0AWKdl6Y4

Penasaran mau membuat sendiri lontong cap go meh? Ini resepnya:

Bahan: Lontong secukupnya

Bahan Opor Ayam:

  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera
  • 500 cc santan encer
  • 250 cc santan kental
  • Minyak goreng untuk menumis
  • 6 buah bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kencur
  • Merica sesuai selera
  • Ketumbar secukupnya
  • 5 daun jeruk purut
  • 2 batang serai
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bahan Telur Petis
  • 5 butir telur, rebus dan kupas kulitnya
  • 400 cc santan
  • 10 buah cabe rawit
  • 2 batang serai
  • 1 sendok makan petis
  • Gula secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Minyak Goreng untuk menumis
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Bahan Bubuk Kedelai
  • 250 gram kedelai
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Opor Ayam:

  1. Haluskan bawang merah, putih dan kemiri. Tumis lalu masukkan kencur, merica, ketumbar. Tumis hingga harum.
  2. Tuangkan santan secara perlahan. Aduk hingga mendidih.
  3. Masukkan ayam, daun jeruk, serai, gula dan garam. Aduk hingga merata dan biarkan sampai ayam matang sempurna.
  4. Bila ayam sudah empuk dan kuah sudah mengental, angkat dan sisihkan.

Telur Petis

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih, sampai harum.
  2. Tuangkan santan dan biarkan mendidih.
  3. Masukkan telur ayam yang sudah dikupas, petis, cabe, serai, gula dan garam. Aduk agar tidak mengental.
  4. Aduk sesekali dan biarkan semua bahan matang.

Bubuk Kedelai

  1. Rendam kedelai selama 2 jam, tiriskan
  2. Goreng kedelai hingga berubah warna
  3. Haluskan kedelai dalam blender. Tambahkan garam dan gula.

Cara Penyajian:

  1. Potong lontong, sajikan dalam piring.
  2. Potong telur petis menjadi dua bagian, tuangkan opor dan kuahnya.
  3. Taburi dengan bubuk kedelai.
  4. Kamu dapat melengkapi lontong cap go meh dengan sambel goreng ati, acar dan kerupuk.
  5. Lontong Cap Go Meh siap disajikan.

Salah satu resto yang rutin menyajikan menu lontong cap go meh adalah Sate Khas Senayan. Catat alamatnya:

Sate Khas Senayan Bintaro
Bintaro Jaya Sektor VII, dekat Lottemart, (021) 745 9195
Bintaro Jaya Xchange Mall, Lantai LG, (021) 2986-4901

(EGS)

Tags

 

Baca Juga

  • Kemitraan Strategis HOOQ & IM3 Ooredoo Berikan Penawaran Istimewa untuk Pecinta Film di Indonesia

    Kemitraan Strategis HOOQ & IM3 Ooredoo Berikan Penawaran Istimewa untuk Pecinta Film di Indonesia

    HOOQ, layanan video-on-demand pertama dan terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Indosat Ooredoo, melalui IM3 Ooredoo. Penyedia layanan streaming video dan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia ini bekerjasama memberikan penawaran istimewa untuk para pelanggannya, guna menyajikan berbagai konten film dan serial berkualitas dari Indonesia, Asia, dan juga Hollywood. Para penikmat film […]
  • Jawab Kebutuhan Pelanggan, Shop&Drive Resmikan Layanan Terbaru

    Jawab Kebutuhan Pelanggan, Shop&Drive Resmikan Layanan Terbaru

    Oli pada kendaraan tidak hanya berfungsi sebagai pelumas yang menjaga mesin kendaraan agar tidak retak atau tergerus akibat gesekan-gesekan antara komponen mesin, tetapi juga berfungsi untuk membersihkan kotoran yang melekat pada komponen-komponen mesin kendaraan. Pengunaan dan penggantian oli yang sesuai dengan standar merupakan salah satu cara untuk menjaga agar mesin dapat terus menghasilkan performa terbaik. […]
  • Layani Ramadan dan Idul Fitri 1440H, Telkomsel Bangun 10.000 BTS Multi-Band LTE

    Layani Ramadan dan Idul Fitri 1440H, Telkomsel Bangun 10.000 BTS Multi-Band LTE

    Dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara khusus, Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas […]
  • Modena Snella ES 20SR Water Heater Sehat, Berbalut Desain Mewah

    Modena Snella ES 20SR Water Heater Sehat, Berbalut Desain Mewah

    Makin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, berdampak pada jenis produk yang digunakan. Terlebih, bagi masyarakat perkotaan yang harus berhadapan dengan polusi baik udara maupun air. Produk yang memiliki teknologi maupun fitur pendukung gaya hidup sehat cenderung menjadi pilihan utama. “MODENA melihat kecenderungan ini sebagai tantangan. Inovasi baru selalu kami lakukan untuk dapat memberikan solusi […]
  • Pembayaran Visa Contactless Terus Bertumbuh Seiring Transaksi Nontunai Masyarakat Indonesia

    Pembayaran Visa Contactless Terus Bertumbuh Seiring Transaksi Nontunai Masyarakat Indonesia

    Visa, penyedia pembayaran digital terdepan di dunia, hari ini mengumumkan transaksi Visa contactless bertumbuh lebih dari 700% pada periode 2018 dan 2019, seiring kebutuhan masyarakat Indonesia akan cara membayar yang cepat, inovatif, dan aman. Pada periode yang sama, jumlah kartu kredit dan debit Visa contactless yang beredar di pasar meningkat sekitar 500%. Penerimaan pembayaran contactless […]
  • Menikmati Soto Kuning Bogor Tidak Perlu ke Bogor, di Soto Bogor Pak Ace Saja

    Menikmati Soto Kuning Bogor Tidak Perlu ke Bogor, di Soto Bogor Pak Ace Saja

    Kota hujan Bogor terkenal dengan makanan ringannya seperti Asinan atau Roti Unyilnya, atau kalau mau menu yang ‘agak berat’ ada Soto Mie. Namun,  Bogor memiliki satu lagi menu yang berkategori ‘makanan berat’ seperti Soto Kuning dan Soto Bening. Popularitasnya memang belum seperti soto-soto dari daerah lain, misalnya Soto Betawi atau Soto Lamongan. Namun siapa yang menyangka, […]
  • Cara Mudah dan Ramah Bermedia Sosial

    Cara Mudah dan Ramah Bermedia Sosial

    Media sosial (social media) tidak dapat dipungkiri telah menjadi fenomena sosial yang amat marak akhir-akhir ini. Berbagai media sosial bermunculan dengan menawarkan daya tarik masing-masing. Dan masing-masing media sosial juga memiliki khalayak sasaran masing-masing, mulai dari anak-anak, remaja, mahasiswa, hingga orang dewasa. Menurut Miriam Webster Dictionary media sosial adalah bentuk komunikasi elektronik yang digunakan untuk […]
  • Menteri BUMN Kick Off PaDi UMKM, BUMN Rangkul Pelaku Bisnis Lokal melalui Pasar Digital

    Menteri BUMN Kick Off PaDi UMKM, BUMN Rangkul Pelaku Bisnis Lokal melalui Pasar Digital

    Bertempat di Kementerian BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir, Senin (15/6), secara resmi melakukan kick off program PaDi UMKM (Pasar Digital UMKM) dengan menggunakan aplikasi video conference CloudX. Acara ini diikuti oleh Direktur Utama dari BUMN yang terlibat dalam program tersebut, di mana dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dihadiri oleh Direktur Utama, Ririek Adriansyah dan […]
  • Foto : Kantin Aura, Kantin yang Pas Untuk Makan Siang Karyawan

    Foto : Kantin Aura, Kantin yang Pas Untuk Makan Siang Karyawan

    Kabar gembira bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan di seputaran Bintaro Sektor 5, 7 dan 9, telah dibuka Kantin Aura yang beralamat di Ruko Sentra Menteng Bintaro Sektor 7 MN 70, Bintaro Sektor 7. Berada di lantai 1, lokasinya sama dengan World Heritage Music Academy. Dibuka sejak 15 November 2017, Kantin Aura yang buka dari pukul 10.00 – […]
  • Panduan Berburu Tiket Pesawat Murah

    Panduan Berburu Tiket Pesawat Murah

    Liburan akhir tahun sebentar lagi. Salah satu pengeluaran terbesar saat travelling adalah tiket pesawat. Oleh karena itu, seringkali traveler berupaya melakukan penghematan dengan cara berburu tiket pesawat murah. Dengan memangkas pengeluaran untuk tiket pesawat, tentu Anda sebagai traveler bisa mengalihkan dananya untuk keperluan lain yang tak kalah penting misalnya membeli perlengkapan travelling yang masih kurang […]
  • Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Usia prasekolah adalah di umur 4-5 tahun dengan tahapan yang dikenal sebagai Initiative (Inisiatif) vs. Guilt (Perasaan Bersalah). Pada tahap ini, anak membangun diri dengan mengembangkan berbagai kecakapan. Kecakapan yang ia miliki membuat anak memberanikan diri untuk berinisiatif (initiative) melakukan aneka kegiatan. Apabila inisiatif tersebut gagal membuahkan hasil, maka terdapat kemungkinan bahwa anak merasa bersalah […]
  • Royal Enfield Buka Store Baru di Jakarta

    Royal Enfield Buka Store Baru di Jakarta

    Royal Enfield, pemimpin global produsen motor kelas menengah, pada tanggal 16 Juni 2020 mengumumkan pembukaan store baru di Jakarta – yang merupakan rumah bagi lebih dari 15 juta pengendara sepeda motor. Merek dengan pertumbuhan tercepat di segmen menengah ini terus memperkuat kehadirannya di wilayah Asia-Pasifik, di mana Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Royal […]
  • Ayam Bakar Madu si Bangkong, Ayam Bakar Spesial Bagi Pecinta Kuliner Berbasis Daging Ayam

    Ayam Bakar Madu si Bangkong, Ayam Bakar Spesial Bagi Pecinta Kuliner Berbasis Daging Ayam

    Yuhuuuu……, para pecinta ayam bakar madu, ada kabar gembira nih.Ayam Madu si Bangkong buka cabang ke-12 di PHX BINTARO, pusat kuliner yang ada di Jl. Senayan Utama Blok HJ1 No. 1A, Bintaro Sektor 9 Jangan lewatkan promo 500 porsi free paket ayam madu si bangkong goreng. Cuma di tanggal 11-12 Janusri 2020, bayar 20.000 dapet […]
  • Bergabunglah dalam Rapat Apa pun, di Ruangan Mana pun dengan Logitech Swytch

    Bergabunglah dalam Rapat Apa pun, di Ruangan Mana pun dengan Logitech Swytch

    Logitech memperkenalkan Logitech Swytch, peningkatan solusi ruang dari Logitech, termasuk Microsoft Teams Rooms dan Zoom Rooms, dimana produk ini memungkinkan Anda untuk bergabung dalam rapat dengan sistem konferensi video lain dari laptop Anda. Menggunakan koneksi USB tunggal, Anda dapat mengalihkan kontrol kamera, perangkat audio, dan tampilan di ruang rapat ke laptop Anda. Dengan Logitech Swytch, […]
  • Mobilkamu Sediakan Lapangan Kerja Marketing Berbasis Teknologi untuk Generasi Millenial

    Mobilkamu Sediakan Lapangan Kerja Marketing Berbasis Teknologi untuk Generasi Millenial

    Indonesia Spectacular Startup & Career Exhibition yang ke-7 kembali digelar Seminggu lalu, tepatnya pada tanggal 28-29 Januari 2020 di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Acara bursa kerja yang dihadiri oleh ratusan pencari kerja ini diperuntukan untuk para pelamar kerja mulai dari lulusan SMA/SMK Hingga S2. Dalam event ini, Mobilkamu juga berpartisipasi menjadi salah satu […]
  • Perayaan Ulang Tahun ke-1 Komunitas Pecinta Anjing Bintaro : Dog Summer Pawty

    Perayaan Ulang Tahun ke-1 Komunitas Pecinta Anjing Bintaro : Dog Summer Pawty

    Komunitas pecinta anjing Bintaro Dog Lover merayakan hari jadinya yang pertama pada hari Minggu, 24 Juli 2016. Acara yang mengambil tempat di Zoom Pet City, Kemang ini bertajuk “Dog Summer Pawty”. Acara dimulai pada pukul 09.00. Para peserta telah mulai berdatangan pada pukul 08.00, walaupun acaranya sendiri baru dimulai pada pukul 09.00. Setiap peserta yang […]
  • Memperkenalkan Dunia Perkuliahan, Universitas Prasetiya Mulya Menggelar Info Session

    Memperkenalkan Dunia Perkuliahan, Universitas Prasetiya Mulya Menggelar Info Session

    Pada hari Sabtu, 16 September 2017, Kampus Universitas Prasetiya Mulya (yang biasa disingkat Prasmul) BSD Serpong terlihat lebih ramai dari biasanya. Untuk memperkenalkan dunia perkuliahan S1 di kampus BSD diselenggarakan program Info Session yang ditujukan bagi lulusan SMU dan para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di Prasmul. Ada 3 sesi dari Info Session yang […]
  • Meriahnya Berbagai Lomba Perayaan 17-an di Riverpark Bintaro

    Meriahnya Berbagai Lomba Perayaan 17-an di Riverpark Bintaro

    Berbagai cara dilakukan oleh semua anggota masyarakat untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus. Perayaan 17 Agustus telah menjadi saat dimana semua orang bergembira dan saling menjalin silaturahmi dengan berbagai acara yang diadakan. Seperti yang dilakukan oleh warga RT 01 Cluster Riverpark Blok GF, Bintaro Sektor 8. Bertempat di area taman Blok […]
  • Perkuat Standar Layanan dengan Protokol Kesehatan, Gojek Jadi Andalan Masyarakat Jalani Masa Transisi dengan Aman

    Perkuat Standar Layanan dengan Protokol Kesehatan, Gojek Jadi Andalan Masyarakat Jalani Masa Transisi dengan Aman

    Gojek, super-app terdepan di Indonesia, terus berinovasi agar tetap menjadi andalan masyarakat dan mitra beradaptasi pada tatanan baru di masa pandemi. Guna membantu masyarakat beraktivitas dengan aman, Gojek memperkuat standar pelayanannya dengan menerapkan protokol kesehatan yang merujuk pada rekomendasi Kementerian Kesehatan RI dan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Pada layanan roda-dua GoRide yang kembali beroperasi di […]
  • Nasgor Something, Tempatnya Nasi Goreng yang “Something’

    Nasgor Something, Tempatnya Nasi Goreng yang “Something’

    Bosan dengan nasi goreng yang begitu-begitu aja? Pingin nasi goreng yang kekinian? Pingin nongkrong asyik dengan harga ‘friendly’? Nah sekarang sudah ada alternatif baru yang menjadi jawaban dari semua keinginan di atas, yaitu di Nasgor Something. Tempat nongkrong baru ini memang menawarkan ‘something different’. Apa aja? Yuk kita simak. Nasgor Something merupakan sebuah resto baru […]