Acara

Trade Expo Indonesia 2019 Digelar, Mendag: Saatnya Tingkatkan Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

Ajang promosi tahunan berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 resmi dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hari ini, Rabu (16/10), di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten. Pada penyelenggaraannya yang ke-34 tahun ini, TEI 2019 mengusung tema “Moving Forward to Serve the World” dan digelar pada 16–20 Oktober 2019.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan, sesuai tema tersebut, TEI merupakan ajang yang tepat mempromosikan produk berkualitas buatan Indonesia untuk dipasarkan secara global.

“Berbagai produk unggulan dan terbaik Indonesia dipamerkan di TEI. Untuk itu, TEI menjadi kesempatan baik bagi para eksportir untuk mencari pasar dan mengembangkan jejaring bisnis dan investasi. Sementara bagi importir dan investor, TEI menjadi momen yang sangat tepat mencari produk Indonesia yang berkualitas dan peluang menanamkan modal,” ujar Mendag pada konferensi pers TEI 2019, Rabu (16/10). Hadir dalam konferensi pers tersebut Menteri LuarNegeriRetno Marsudi dan Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin), ShintaWidjaja Kamdani.

Mendag melanjutkan, fokus utama penyelenggaraan TEI adalah kerja samabusiness to business (B2B) yang bersifat jangka panjang dan bertaraf internasional, yang penting untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

“Kami optimistis penyelenggaraan TEI tahun ini akan memperoleh capaian positif seperti tahun lalu. Meskipun saat ini kita menghadapi tantangan global yang semakin dinamis dan kompetitif di tengah perlambatan ekonomi dunia,adaribuan buyers yang siap meramaikan arena TEI 2019,” lanjut Mendag.

Pada TEI 2019 tercatat ada 1.497perusahaan nasional yang memamerkan produk dan jasa terbaik di Indonesia, mulai dari produk manufaktur, produkkreatifinovatif, industri strategis, hingga kerajinan. Hingga 15 Oktober 2019, telah terdaftar 6.025buyers dari 120 negara. Negara-negara dengan jumlah buyers terbanyak selain Indonesia yaitu Malaysia, Arab Saudi, Nigeria, Tiongkok, India, Thailand, Amerika Serikat (AS), Filipina, dan Sri Lanka. Adapun dari jumlah buyers yang telah mendaftar tersebut, ada 10.079permintaan terhadap produk unggulan Indonesia, yaitu kopi, makanan dan minuman dalam kemasan, produkbahanmakanan, tekstil dan garmen, serta kerajinan tangan.

Mendag mengungkapkan, telah terjadwal sekitar 84penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan25negara dari program misi pembelian (buying mission), diantaranya Jepang, Malaysia, Spanyol, Somalia, India, dan Australia. Berbagai produk yang diminati beberapa negara tersebut antara lain batu bara, sarang burung walet, kertas, kopi, plastik, minyak nabati, sayuran dan buah-buahan, makanan laut, makanan olahan, hasil perkebunan, boneka, rempah-rempah, karet, arang kelapa, minyak kelapa murni (VCO), alat kesehatan, besi baja, dan baja anti karat.

“Kami optimistis TEI tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Melalui kegiatan penjajakan bisnis (business matching), diharapkan tercipta lebih banyak lagi kerja sama bisnis antara buyer dan peserta pameran sehingga dapat memperluas jaringan pemasaran ke mancanegara,” lanjut Mendag.

TEI 2019 digelar di lahan seluas 50.000 m2 dengan pembagian zona produk potensial dan unggulan nasional. Pada hall 1 dan 10 dibuat kuliner nusantara, hall 2 untuk produk lokal unggulan, hall 3 dan 3A untuk produk premium dan kreatif, hall 5 dan 6 untuk produk manufaktur dan jasa, hall 7 dan 8 untuk produk makanan dan minuman, serta hall 9 untuk furnitur dan dekorasi rumah.

Dalam zonasi tersebut, terdapat beberapa zona khusus, seperti zona Promosi Terpadu Sektor Perikanan Dan Holtikultura, Paviliun Indonesia Design Development Center (IDDC), Paviliun Usaha Kecil Menengah (UKM) Alumni Pendidikan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), Pangan Nusa, dan Paviliun Kayu Ringan.

Kegiatan Baru di TEI 2019

Mendag juga mengungkapkan, sinergi kementerian dan lembaga semakin terlihat dalam beberapa kegiatan pendukung yang baru hadir di TEI tahun ini. Beberapa kegiatan tersebut yaitu Stan ASEAN, berupa stan informasi perwakilan negara-negara ASEAN; Help Desk, stan yang menyediakan informasi seputar regulasi perdagangan hasil sinergi antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Keuangan, Badan Standar Nasional, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI); Gelar Wicara Trade and Investment Forum yang menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani; Cilacap Business Forum 2019; Trade Start Up Conference; Paviliun Promosi Hasil Pertanian dan Perikanan; dan kegiatan Forum Kementerian Luar Negeri.

BACA JUGA  Kemendag Tunda Seleksi Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta 2020

Selain itu, ada pula peluncuran Situs Web Ekspor Impor Kemendag http://exim.kemendag.go.id, sebagai terobosan peningkatan daya saing Indonesia melalui fasilitasi perdagangan dan pengamanan akses pasar negara tujuan. Mendag mengatakan, Kemendag berupaya menyediakan informasi terkait ekspor selengkap mungkin.

“Situs ini memuat sistem informasi mekanisme ekspor, seperti persyaratan ekspor, tarif, serta tindakan nontarif (NTM) komoditas ekspor pada 17 negara yang sudah melakukan ratifikasi perjanjian dagang. Sistem ini akan membantu pelaku usaha dalam menentukan negara tujuan ekspor berdasarkan skema yang lebih mudah dan menguntungkan,” ujar Mendag.

Mendag mengharapkan para Kepala Dinas Perdagangan Provinsi, Kabupaten/Kota di daerah agar melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha di daerahnya masing-masing untuk memahami ketentuan, persyaratan, tarif, Ketentuan Asal Barang (ROO), dan NTM di negara tujuan ekspor. Sebelumnya, telah dilakukan pula penandatanganan Pernyataan Bersama Penyelesaian Subtansi Perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Korea Selatan (IK-CEPA).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Dody Edward mengungkapkan, kegiatan pendukung yang telah rutin dilakukan di tahun-tahun sebelumnya juga kembali dilaksanakan, yaitu Seminar Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi; Diskusi Regional; Kompetisi Usaha Rintisan (Start Up) Berorientasi Ekspor (Export Start Up Competition); Konsultasi Bisnis; dan Gelar Wicara.

Selain itu, lanjut Dody, pemerintah juga menganugerahkan eksportir Indonesia yang telah berprestasi meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan. Tahun ini Penghargaan Primaniyarta diberikan kepada 26 perusahaan penerima Primaniyarta 2019 yang dibagi dalam empat kategori, yaitu Kategori Eksportir Berkinerja (8 perusahaan), Kategori Eksportir Pembangun Merek Global (5 perusahaan), Kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru (5 perusahaan), dan Kategori Eksportir Potensi Unggulan (8 perusahaan).

Pemerintah juga memberikan Penghargaan Primaduta kepada buyer mancanegara yang secara konsisten meningkatkan nilai impor dari Indonesia. Tahun ini, Primaduta Award akan diberikan kepada 45 buyers yang terbagi dalam tiga kategori pasar tujuan (pasar utama, pasar potensial dan pasar prosfektif). Dari 45 buyers tersebut, terdapat penghargaankategori khusus “Challenging Market” yang diberikan kepada 4buyersdari 4negara.

“Diharapkan berbagai kegiatan dalam TEI 2019 mampu meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global yang pada akhirnya mendorong peningkatan ekspor Indonesia,” pungkas Dody.

(EGS)

 

Baca Juga

  • Vivo Hadirkan Vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019

    Vivo Hadirkan Vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019

    Sebagai rangkaian kampanye varian terbaru S-Series vivo S1 Pro, vivo Indonesia menghadirkan vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019 pada Minggu (8/12) di Mega Bekasi Hypermall, Bekasi, Jawa Barat. Lewat kegiatan ini, vivo mengajak masyarakat Bekasi dan sekitarnya untuk mengenal lebih dekat dengan S-Series terbaru dari vivo bersama dengan salah satu Product Ambassador vivo Indonesia, […]
  • Bhinneka Gandeng Bank DKI Luncurkan Paket Khusus Pelajar dan Mahasiswa

    Bhinneka Gandeng Bank DKI Luncurkan Paket Khusus Pelajar dan Mahasiswa

    Dunia pendidikan berkembang begitu pesat lewat penerapan teknologi. Berbagai pihak pun terus menyesuaikan diri, agar para peserta didik memiliki literasi teknologi yang mumpuni untuk dapat bersaing di era Disruption (gangguan) dan selanjutnya era Abundance (keberlimpahan). Memasuki tahun ajaran baru, Bhinneka (dahulu dikenal sebagai Bhinneka.Com) bekerja sama dengan Bank DKI, kini telah menerima Kartu Jakarta Pintar […]
  • Berbagai Fasilitas KB/TK Pembangunan Jaya

    Berbagai Fasilitas KB/TK Pembangunan Jaya

    KB/TK Pembangunan Jaya adalah sebuah sekolah di Bintaro yang bertujuan membentuk siswa-siswi yang gemar belajar, kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan itu, sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Jaya ini memiliki 2 kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum unggulan Sekolah Pembangunan Jaya yang terdiri dari  Sustainable Eco Development, Liberal Arts dan Entrepreneurship. […]
  • Tokopedia Hadirkan Fitur Berbagi Rekomendasi Produk Favorit, Tokopedia ByMe

    Tokopedia Hadirkan Fitur Berbagi Rekomendasi Produk Favorit, Tokopedia ByMe

    Perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia hari ini (22/4/2019) secara resmi meluncurkan fitur terbaru dan pertama di Indonesia yang memungkinkan siapapun memberikan dan mendapatkan rekomendasi produk favorit, serta memperoleh berbagai keuntungan. Fitur terbaru dan pertama di Indonesia, Tokopedia ByMe, akan mempermudah berbagai pihak, baik pembeli, Tokopedia ByMe Influencer (sebutan untuk siapapun yang merekomendasikan produk favoritnya di Tokopedia, […]
  • Burung Kuau Besar Maskot Hari Pers Nasional 2018

    Burung Kuau Besar Maskot Hari Pers Nasional 2018

    Peringatan Hari Pers Nasional 2018 diadakan di kota Padang, Sumatera Barat. Burung Kuau Besar Kuau Raja (Argusianus argus) merupakan mascot Provinsi Sumatera Barat. Keunikan dan kemilaunya bulunya  yang kembang serta pena juga mengambarkan dinamika Pers Indonesia saling sinergi dalam keaneka ragaman budaya dan keindahan pesona wisata Indonesia termasuk di Sumatera Barat, untuk layak dikunjungi dan […]
  • Komunitas 1000 Guru Tangsel: Memberikan Harapan Bagi Anak-Anak Tidak Mampu Melalui Pendidikan

    Komunitas 1000 Guru Tangsel: Memberikan Harapan Bagi Anak-Anak Tidak Mampu Melalui Pendidikan

    Pendidikan adalah jembatan emas bagi kemajuan suatu bangsa. Ungkapan ini mungkin sering kita dengar dan mayoritas dari kita pun mengamininya. Namun semakin mahalnya pendidikan membuat kesempatan bagi anak-anak di Indonesia untuk dapat mengenyam pendidikan yang layak juga semakin berkurang. Jika kita melihat wilayah Indonesia yang begitu luas, pendidikan yang layak baru bisa dinikmati oleh sebagian […]
  • She’s Mercedes: Inspirasi dan Pemberdayaan Wanita

    She’s Mercedes: Inspirasi dan Pemberdayaan Wanita

    “Be bold for change” (berani untuk berubah) adalah motto dari Hari Perempuan Internasional. Tekad kuat tersebut juga mendorong para wanita penting yang hidup pada saat Mercedes-Benz pertama kali didirikan di akhir abad ke-19. Berbekal sifat percaya diri dan tanggung jawab, mereka merupakan pionir mobilitas yang berhasil menentang perlawanan di masyarakat. Nama MercedesBenz dapat ditelusuri dari […]
  • Resolusi 2018: Turun Berat Badan dengan Diet Keto?

    Resolusi 2018: Turun Berat Badan dengan Diet Keto?

    Diet keto merupakan diet yang membatasi konsumsi karbohidrat secara ketat, dengan tujuan membuat tubuh jatuh dalam keadaan ketosis. Dalam keadaan normal, ketosis terjadi saat seseorang tidak mengonsumsi karbo atau mengonsumsi sedikit sekali karbohidrat. Kekurangan karbohidrat membuat kadar glukosa turun dalam tubuh, sehingga tubuh mulai memecah lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi. Hal ini membuat hasil […]
  • Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Bodrex, merek obat analgesik nomor satu untuk mengatasi sakit kepala di Indonesia selalu berupaya untuk menghadirkan inisiatif-inisiatif agar lebih dekat dan terlibat dengan seluruh kalangan masyarakat, tak terkecuali generasi muda. Melalui kegiatan #kolabodrex, Bodrex bekerjasama dengan tiga pionir street style di Indonesia, yakni Never Too Lavish, Urban Sneaker Society, dan Stayhoops untuk membuat produk streetwear […]
  • AirAsia Indonesia Angkut Kargo ke Hong Kong

    AirAsia Indonesia Angkut Kargo ke Hong Kong

    Sejalan dengan pengalihan sementara fokus bisnis perusahaan selama masa pandemi COVID-19, AirAsia Indonesia pada tanggal 2 Mei 2020 melaksanakan penerbangan sewa kargo (cargo charter flight) dari Surabaya menuju Hong Kong. Penerbangan berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 06.00 pagi dan tiba di Hong Kong International Airport pada pukul 11.30 waktu setempat menggunakan pesawat Airbus […]
  • Comb Over Barber Shop, Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

    Comb Over Barber Shop, Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

    Dengan tagline Come Over, We Will Serve You Well, semenjak awal berdirinya Comb Over Barbershop sudah mencanangkan komitmennya untuk meletakkan kepuasan pelanggan sebagai tujuan bisnisnya. Hal ini patut diacungi jempol karena kepuasan pelanggan akan menjadi promosi tersendiri bagi suatu bisnis di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Dalam prakteknya, Comb Over Barbershop menata segala sesuatunya sehingga […]
  • Ingin Berolah Raga Sambil Main Game? Yuk Ikutan Danz Base

    Ingin Berolah Raga Sambil Main Game? Yuk Ikutan Danz Base

    Siang itu di sebuah mall di Jakarta terlihat seorang gadis tengah bersiap di depan sebuah mesin yang terdiri dari layar TV besar yang menampilkan beberapa karakter yang sedang bersiap melakukan dance di atas sebuah panggung serta beberapa speaker. Sejenak sang gadis berkonsentrasi memandang layar TV, sambil mengatur posisi. Sesekali ia mengayunkan kedua tangannya pada beberapa […]
  • Lowongan CPNS 2018 Siap Dibuka Bulan Ini! Sudah Siap Untuk Daftar?

    Lowongan CPNS 2018 Siap Dibuka Bulan Ini! Sudah Siap Untuk Daftar?

    Pembukaan lowongan CPNS untuk tahun 2018 sudah siap diselenggarakan pada bulan September ini. Keterangan ini sudah resmi dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hal apa saja yang hal yang harus diperhatikan untuk lowongan ini? Cek di artikel ini ya! Jumlah lowongan CPNS yang tersedia untuk pembukaan tahun 2018 adalah sebesar […]
  • Trade Expo Indonesia 2019: Ajang Promosi Produk Indonesia Berkualitas ke Pasar Global

    Trade Expo Indonesia 2019: Ajang Promosi Produk Indonesia Berkualitas ke Pasar Global

    Pameran dagang internasional terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 akan digelar pada 16—20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Pameran ini akan menampilkan produk-produk yang berkualitas sekaligus menjadi ajang promosi produk Indonesia ke pasar global. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Dody Edward usai menghadiri Pertemuan […]
  • Vivo Gelar Promo Cashback V11 Jelang 5 Tahun Kehadiran Vivo di Indonesia

    Vivo Gelar Promo Cashback V11 Jelang 5 Tahun Kehadiran Vivo di Indonesia

    Menjadi brand yang terus hadir dengan rangkaian inovasi, Vivo smartphone bersiap untuk menyambut 5 tahun kehadirannya di pasar Indonesia. Sebagai salah satu kejutan bagi konsumen, vivo menggelar promo khusus untuk salah satu seri teranyar, Vivo V11 6GB/64GB, dengan promo cashback senilai Rp 500.000. Promosi spesial ini berlaku untuk setiap pembelian baik melalui gerai Vivo Store […]
  • Monitor Gaming Terbaru BenQ EX2780Q 144HZ dengan Teknologi HDRi Pertama di Dunia

    Monitor Gaming Terbaru BenQ EX2780Q 144HZ dengan Teknologi HDRi Pertama di Dunia

    BenQ, penyedia perlengkapan gaya hidup digital berskala internasional, telah meluncurkan monitor gaming EX2780Q yang dilengkapi dengan teknologi HDRi eksklusif dengan pengoptimalan visual terbaik, audio Hi-Fi 2.1 channel yang dirancang khusus, dan teknologi Eye-Care untuk menjaga kesehatan mata. Monitor gaming QHD 27 ” IPS panel, dilengkapi dengan refresh rate144Hz, FreeSync, Black eQualizer, Color Vibrance, dan port […]
  • Peluncuran Vivo V15 Dihelat pada 5 Maret 2019 di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta

    Peluncuran Vivo V15 Dihelat pada 5 Maret 2019 di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta

    Vivo Smartphone secara resmi mengkonfirmasi bahwa peluncuran Vivo V15 akan dilaksanakan pada Selasa, 5 Maret 2019. Peluncuran smartphone dengan 32MP Pop-Up Camera pertama di Indonesia ini akan mengusung konsep “Vivo V15 Go Up Grand Launch” dan bertempat di Taman Wisata Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat. Memadukan konsep pertunjukan air mancur menari […]
  • Intel Berkomitmen Alokasikan Dana Sebesar US$ 50 Juta untuk Memerangi Virus Corona

    Intel Berkomitmen Alokasikan Dana Sebesar US$ 50 Juta untuk Memerangi Virus Corona

    Intel berkomitmen untuk menambah bantuan sebesar US$50 juta dalam bentuk inisiatif teknologi tepat guna untuk memerangi virus corona melalui percepatan akses kepada teknologi yang dibutuhkan untuk merawat pasien, mempercepat penelitian ilmiah dan menjamin akses pembelajaran online bagi para siswa. Termasuk pula di dalam upaya Intel berupa dana inovasi tambahan dimana akses terhadap keahlian dan sumber […]
  • Misteri Penemu Bitcoin: Susahnya Mencari Satoshi Nakamoto

    Misteri Penemu Bitcoin: Susahnya Mencari Satoshi Nakamoto

    ”Saya bukan Satoshi Nakamoto, si penemu bitcoin,” kata Elon Musk seperti diberitakan Bloomberg edisi 28 November. Musk mengatakan itu karena ada dugaan bahwa pendiri PayPal ini adalah si penemu bitcoin dengan memakai nama Jepang. ”Saya bahkan lupa di mana saya menyimpan bitcoin yang pernah diberikan teman ke saya,” kata pria kelahiran Afrika Selatan yang juga […]
  • The Real Challenges of Industry 4.0

    The Real Challenges of Industry 4.0

    Untuk ke-enam kalinya gelaran Indonesia Operational Excellence Conference & Award 2017 (OPEXCON17) diadakan oleh SHIFT Indonesia yang akan mengusung tema “The Real Challenges Of Industry 4.0”. Event ini diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2017 di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Pada tahun ini Indonesia Operational Excellence Conference & Award (OPEXCON17) memfokuskan pembahasan mengenai tantangan pada […]

Tinggalkan Balasan