Acara

Trade Expo Indonesia 2019 Digelar, Mendag: Saatnya Tingkatkan Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

Ajang promosi tahunan berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 resmi dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hari ini, Rabu (16/10), di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten. Pada penyelenggaraannya yang ke-34 tahun ini, TEI 2019 mengusung tema “Moving Forward to Serve the World” dan digelar pada 16–20 Oktober 2019.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan, sesuai tema tersebut, TEI merupakan ajang yang tepat mempromosikan produk berkualitas buatan Indonesia untuk dipasarkan secara global.

“Berbagai produk unggulan dan terbaik Indonesia dipamerkan di TEI. Untuk itu, TEI menjadi kesempatan baik bagi para eksportir untuk mencari pasar dan mengembangkan jejaring bisnis dan investasi. Sementara bagi importir dan investor, TEI menjadi momen yang sangat tepat mencari produk Indonesia yang berkualitas dan peluang menanamkan modal,” ujar Mendag pada konferensi pers TEI 2019, Rabu (16/10). Hadir dalam konferensi pers tersebut Menteri LuarNegeriRetno Marsudi dan Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin), ShintaWidjaja Kamdani.

Mendag melanjutkan, fokus utama penyelenggaraan TEI adalah kerja samabusiness to business (B2B) yang bersifat jangka panjang dan bertaraf internasional, yang penting untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

“Kami optimistis penyelenggaraan TEI tahun ini akan memperoleh capaian positif seperti tahun lalu. Meskipun saat ini kita menghadapi tantangan global yang semakin dinamis dan kompetitif di tengah perlambatan ekonomi dunia,adaribuan buyers yang siap meramaikan arena TEI 2019,” lanjut Mendag.

Pada TEI 2019 tercatat ada 1.497perusahaan nasional yang memamerkan produk dan jasa terbaik di Indonesia, mulai dari produk manufaktur, produkkreatifinovatif, industri strategis, hingga kerajinan. Hingga 15 Oktober 2019, telah terdaftar 6.025buyers dari 120 negara. Negara-negara dengan jumlah buyers terbanyak selain Indonesia yaitu Malaysia, Arab Saudi, Nigeria, Tiongkok, India, Thailand, Amerika Serikat (AS), Filipina, dan Sri Lanka. Adapun dari jumlah buyers yang telah mendaftar tersebut, ada 10.079permintaan terhadap produk unggulan Indonesia, yaitu kopi, makanan dan minuman dalam kemasan, produkbahanmakanan, tekstil dan garmen, serta kerajinan tangan.

Mendag mengungkapkan, telah terjadwal sekitar 84penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan25negara dari program misi pembelian (buying mission), diantaranya Jepang, Malaysia, Spanyol, Somalia, India, dan Australia. Berbagai produk yang diminati beberapa negara tersebut antara lain batu bara, sarang burung walet, kertas, kopi, plastik, minyak nabati, sayuran dan buah-buahan, makanan laut, makanan olahan, hasil perkebunan, boneka, rempah-rempah, karet, arang kelapa, minyak kelapa murni (VCO), alat kesehatan, besi baja, dan baja anti karat.

“Kami optimistis TEI tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Melalui kegiatan penjajakan bisnis (business matching), diharapkan tercipta lebih banyak lagi kerja sama bisnis antara buyer dan peserta pameran sehingga dapat memperluas jaringan pemasaran ke mancanegara,” lanjut Mendag.

TEI 2019 digelar di lahan seluas 50.000 m2 dengan pembagian zona produk potensial dan unggulan nasional. Pada hall 1 dan 10 dibuat kuliner nusantara, hall 2 untuk produk lokal unggulan, hall 3 dan 3A untuk produk premium dan kreatif, hall 5 dan 6 untuk produk manufaktur dan jasa, hall 7 dan 8 untuk produk makanan dan minuman, serta hall 9 untuk furnitur dan dekorasi rumah.

Dalam zonasi tersebut, terdapat beberapa zona khusus, seperti zona Promosi Terpadu Sektor Perikanan Dan Holtikultura, Paviliun Indonesia Design Development Center (IDDC), Paviliun Usaha Kecil Menengah (UKM) Alumni Pendidikan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), Pangan Nusa, dan Paviliun Kayu Ringan.

Kegiatan Baru di TEI 2019

Mendag juga mengungkapkan, sinergi kementerian dan lembaga semakin terlihat dalam beberapa kegiatan pendukung yang baru hadir di TEI tahun ini. Beberapa kegiatan tersebut yaitu Stan ASEAN, berupa stan informasi perwakilan negara-negara ASEAN; Help Desk, stan yang menyediakan informasi seputar regulasi perdagangan hasil sinergi antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Keuangan, Badan Standar Nasional, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI); Gelar Wicara Trade and Investment Forum yang menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani; Cilacap Business Forum 2019; Trade Start Up Conference; Paviliun Promosi Hasil Pertanian dan Perikanan; dan kegiatan Forum Kementerian Luar Negeri.

Selain itu, ada pula peluncuran Situs Web Ekspor Impor Kemendag http://exim.kemendag.go.id, sebagai terobosan peningkatan daya saing Indonesia melalui fasilitasi perdagangan dan pengamanan akses pasar negara tujuan. Mendag mengatakan, Kemendag berupaya menyediakan informasi terkait ekspor selengkap mungkin.

“Situs ini memuat sistem informasi mekanisme ekspor, seperti persyaratan ekspor, tarif, serta tindakan nontarif (NTM) komoditas ekspor pada 17 negara yang sudah melakukan ratifikasi perjanjian dagang. Sistem ini akan membantu pelaku usaha dalam menentukan negara tujuan ekspor berdasarkan skema yang lebih mudah dan menguntungkan,” ujar Mendag.

Mendag mengharapkan para Kepala Dinas Perdagangan Provinsi, Kabupaten/Kota di daerah agar melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha di daerahnya masing-masing untuk memahami ketentuan, persyaratan, tarif, Ketentuan Asal Barang (ROO), dan NTM di negara tujuan ekspor. Sebelumnya, telah dilakukan pula penandatanganan Pernyataan Bersama Penyelesaian Subtansi Perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Korea Selatan (IK-CEPA).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Dody Edward mengungkapkan, kegiatan pendukung yang telah rutin dilakukan di tahun-tahun sebelumnya juga kembali dilaksanakan, yaitu Seminar Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi; Diskusi Regional; Kompetisi Usaha Rintisan (Start Up) Berorientasi Ekspor (Export Start Up Competition); Konsultasi Bisnis; dan Gelar Wicara.

Selain itu, lanjut Dody, pemerintah juga menganugerahkan eksportir Indonesia yang telah berprestasi meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan. Tahun ini Penghargaan Primaniyarta diberikan kepada 26 perusahaan penerima Primaniyarta 2019 yang dibagi dalam empat kategori, yaitu Kategori Eksportir Berkinerja (8 perusahaan), Kategori Eksportir Pembangun Merek Global (5 perusahaan), Kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru (5 perusahaan), dan Kategori Eksportir Potensi Unggulan (8 perusahaan).

Pemerintah juga memberikan Penghargaan Primaduta kepada buyer mancanegara yang secara konsisten meningkatkan nilai impor dari Indonesia. Tahun ini, Primaduta Award akan diberikan kepada 45 buyers yang terbagi dalam tiga kategori pasar tujuan (pasar utama, pasar potensial dan pasar prosfektif). Dari 45 buyers tersebut, terdapat penghargaankategori khusus “Challenging Market” yang diberikan kepada 4buyersdari 4negara.

“Diharapkan berbagai kegiatan dalam TEI 2019 mampu meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global yang pada akhirnya mendorong peningkatan ekspor Indonesia,” pungkas Dody.

(EGS)

Tags

 

Baca Juga

  • Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat literasi paling rendah di dunia. Minat baca masyarakat Indonesia juga tergolong rendah, yang menyebabkan kemampuan membaca, berhitung dan pengetahuan ilmiah anak-anak Indonesia masih di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Sebagai digital telco company, Telkomsel bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN) berupaya untuk memberikan solusi […]
  • Sinar Mas Land Sukses Raih Kembali Best of The Best Awards di Ajang Forbes Indonesia 2018

    Sinar Mas Land Sukses Raih Kembali Best of The Best Awards di Ajang Forbes Indonesia 2018

    Sinar Mas Land melalui PT Bumi Sepong Damai Tbk, (BSDE) kembali berhasil meraih penghargaan The Top 50 Companies for 2018 di acara Forbes Indonesia Best of The Best Awards 2018 di Hotel Shangrila Jakarta. Acara yang digelar majalah Forbes Indonesia tersebut memilih 50 perusahaan terbaik dari 500 persahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia berdasarkan […]
  • Indosat Ooredoo Meluncurkan Model Pengoperasian Digital Baru

    Indosat Ooredoo Meluncurkan Model Pengoperasian Digital Baru

    Indosat Ooredoo, bersama dengan mitra globalnya, Ericsson dan Huawei, pada 1 Juli 2020, telah mencapai tonggak pertama dari perjalanan transformasi menuju Model Operasi Digital secara menyeluruh. Perjalanan transformasi ini akan memastikan model pengoperasian digital yang canggih yang menggabungkan pengembangan terbaru dalam Analisis, Otomasi, Kecerdasan Buatan, dan Prediksi Kemampuan untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik. Perjalanan dan […]
  • Acuvue Berkolaborasi dengan Twice dan Hadirkan Define X Twice Live!

    Acuvue Berkolaborasi dengan Twice dan Hadirkan Define X Twice Live!

    PT Johnson & Johnson Indonesia pada hari ini mengumumkan bahwa ACUVUE DEFINE berkolaborasi dengan TWICE, salah satu girl band ternama yang berasal dari Korea Selatan untuk mengadakan DEFINE X TWICE LIVE! Live Streaming akan disiarkan secara eksklusif dari Korea Selatan pada tanggal 20 Juni 2020, pukul 18.00 WIB. Live streaming tersebut hanya dapat disaksikan secara […]
  • Ramadhan Hijrah Festival 24-26 Mei 2019, Tiket Bisa Dibeli di KiosTix

    Ramadhan Hijrah Festival 24-26 Mei 2019, Tiket Bisa Dibeli di KiosTix

    Seiring dengan semakin berkembangnya fenomena hijrah dan meningkatnya jumlah komunitas Muslim di Indonesia, meningkat pula kebutuhan akan wadah berkumpulnya umat dan komunitas Muslim. Hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut, serta ingin mengulang sukses Hijrah Festival pertama 2018 lalu, kini kembali digelar Ramadhan Hijrah Festival 2019. Festival ini akan berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu/24-26 Mei 2019, dengan […]
  • Yuk Bertanam Tanaman Hidroponik di Halaman Rumah

    Yuk Bertanam Tanaman Hidroponik di Halaman Rumah

    Istilah tanaman hidroponik mungkin sudah tidak asing bagi kita. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Teknik menanam hidroponik ini bukanlah hal yang baru. Manusia sudah mengenal hidroponik sebagai teknik untuk mengatasi […]
  • Citilink Terbangi Langit Bandung, Buka Rute ke Berbagai Daerah

    Citilink Terbangi Langit Bandung, Buka Rute ke Berbagai Daerah

    Maskapai penerbangan Citilink kembali melayani penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung dan menghubungkan dengan kota-kota di Indonesia lainnya seperti Palembang, Balikpapan, Pekanbaru, Denpasar dan Medan mulai 21 Agustus 2020 dengan menggunakan pesawat jet Airbus A320. “Pengoperasian kembali berbagai rute Citilink dari dan menuju Bandung ini menyusul dikeluarkannya izin pengoperasian rute penerbangan di Bandara Internasional […]
  • Telkomsel Hadirkan Paket Special Society Heroes Solusi untuk Akses Belajar dari Rumah Mahasiswa Telkom University

    Telkomsel Hadirkan Paket Special Society Heroes Solusi untuk Akses Belajar dari Rumah Mahasiswa Telkom University

    Telkomsel terus proaktif dalam mendukung peningkatan produktifitas para pelajar dan mahasiswa untuk dapat belajar dimanapun dan kapanpun, khususnya ditengah pandemik global Corona Virus Disease (Covid-19) yang membuat universitas atau kampus menerapkan Distance Learning, seperti Telkom University. Saat ini Telkomsel bekerja sama dengan Telkom University dalam menghadirkan layanan komunikasi yang berkualitas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar […]
  • Merayakan International Women’s Day, Chevrolet Mengingatkan Kembali Pentingnya Defensive Driving bagi Kaum Perempuan

    Merayakan International Women’s Day, Chevrolet Mengingatkan Kembali Pentingnya Defensive Driving bagi Kaum Perempuan

    Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) dirayakan setiap tanggal 8 Maret di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hari ini diperingati sebagai hari istimewa bagi kaum perempuan sebagai bentuk ‘pengakuan’ dunia internasional atas peran perempuan dalam pembentukan peradaban dunia. Di tahun 2019 ini, Hari Perempuan Internasional mengangkat tema #BalanceforBetter yang mengajak para perempuan di seluruh dunia untuk […]
  • Telkomsel Hadirkan Kuota Keluarga, Paket Hemat untuk Anggota Keluarga

    Telkomsel Hadirkan Kuota Keluarga, Paket Hemat untuk Anggota Keluarga

    Telkomsel menghadirkan Paket Kuota Keluarga yang merupakan paket data dengan kuota lebih besar yang dapat digunakan seluruh anggota keluarga. Pelanggan akan mendapatkan pengalaman berinternet hingga 90GB per bulan di seluruh jaringan luas Telkomsel. Caranya sangat mudah, pelanggan yang membeli paket dapat berbagi kuota dengan satu hingga lima orang anggota keluarga. Semua anggota keluarga yang telah […]
  • Chubb Luncurkan Produk Asuransi Rumah Tinggal yang Komprehensif di Indonesia

    Chubb Luncurkan Produk Asuransi Rumah Tinggal yang Komprehensif di Indonesia

    PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) mengumumkan peluncuran Simply Home Platinum Insurance. Dilengkapi dengan 18 perluasan jaminan yang ditambahkan secara otomatis, Simply Home Platinum Insurance merupakan produk asuransi rumah tinggal terbaru dari Chubb yang memberikan perlindungan menyeluruh terhadap struktur rumah, perlengkapan tetap, perlengkapan lepas, serta barang-barang rumah tangga lainnya. Simply Home Platinum Insurance menawarkan tiga […]
  • Butuh Elpiji dan Air Mineral? Simak Daftar Berikut Ini

    Butuh Elpiji dan Air Mineral? Simak Daftar Berikut Ini

    Gas elpiji dan air mineral merupakan kebutuhan dasar yang penting dalam setiap rumah tangga, namun sering terabaikan. Walau pun sangat dibutuhkan, namun terkadang kita tidak menyimpan catatan nomor kontak dari penjualnya. Apa yang akan terjadi jika saat malam hari kita ingin memasak, kita menyadari gas elpiji habis? Tentu kita akan mengalami kepanikan. Info Bintaro berupaya […]
  • Penerbangan Khusus #Giacoustic Garuda Indonesia Bersama Yovie Widianto & Kahitna Rute Jakarta – Kulon Progo Fully Booked

    Penerbangan Khusus #Giacoustic Garuda Indonesia Bersama Yovie Widianto & Kahitna Rute Jakarta – Kulon Progo Fully Booked

    Maskapai nasional Garuda Indonesia pada Jumat, 4 Oktober kembali mempersembahkan penerbangan khusus #GIAcoustic, yang merupakan pagelaran live music acoustic yang dihadirkan pada ketinggian 35 ribu kaki di pesawat. Adapun penerbangan #GIAcoustic untuk ketiga kalinya tersebut menghadirkan musisi Yovie Widianto dan personil Kahitna pada penerbangan khusus GA 2020 rute Jakarta – Kulon Progo yang akan tampil […]
  • Rayakan Pergantian Tahun 2019 dengan Semarak “Tropical Vibes” Hanya di Aviary Bintaro

    Rayakan Pergantian Tahun 2019 dengan Semarak “Tropical Vibes” Hanya di Aviary Bintaro

    Untuk merayakan musim liburan dan menyambut tahun baru 2020, Aviary Bintaro menawarkan pengalaman bernuansa Tropical Vibes, di mana musim panas ada di bulan Desember. Berbagi keajaiban Natal di resto Starling Eatery dengan Christmas Brunch hanya Rp 200.000 ++/orang hanya pada tanggal 25 Desember 2019 mulai dari 11.00 – 14.30 WIB. Hari Natal-pun tiba, tema dekorasi […]
  • Senam Bersama Berti Tilarso di Plaza Bintaro Jaya

    Senam Bersama Berti Tilarso di Plaza Bintaro Jaya

    Bagi Anda penyuka senam kebugaran dan ingin mendapat pelajaran berharga dari maestro Berti Tilarso, datang saja ke Plaza Bintaro Jaya setiap hari Minggu pagi, di Food Pavilion. Ini merupakan kerjasama antara Plaza Bintaro Jaya dengan Majelis Taqlim Raudhatul Jannah (MTRJ) Masjid Assalaam, Sektor 3A. Berti Tilarso memberikan kelas kebugaran, mulai dari senam, zumba, pilates, dan […]
  • Honda Civic Type R Limited Edition Menjadi Official Safety Car pada World Touring Car Cup 2020

    Honda Civic Type R Limited Edition Menjadi Official Safety Car pada World Touring Car Cup 2020

    Honda Civic Type R Limited Edition resmi menjadi Safety Car pada gelaran World Touring Car Cup (WTCR) 2020. Musim WTCR 2020 yang terdiri dari 6 putaran akan berlangsung di Eropa dan dimulai di Salzburgring, Austria pada tanggal 12 – 13 September 2020. Dengan tetap mempertahankan mesin VTEC Turbo 2.0 liter yang memiliki output daya puncak […]
  • Master Crab, Restoran Bintaro yang Menyajikan Hidangan Kepiting Jumbo Lezat

    Master Crab, Restoran Bintaro yang Menyajikan Hidangan Kepiting Jumbo Lezat

    INFOBINTARO (IB) – Repot tapi nikmat, kira-kira begitulah yang dapat disimpulkan dari pengalaman makan kepiting yang masih utuh. Untuk bisa merasakan kenikmatan dagingnya yang gurih manis, kita harus bersabar mengulik daging kepiting di balik cangkangnya yang keras dan terkadang berduri. Meski merepotkanpengalaman makan kepiting di salah satu restoran Bintaro ini dijamin tidak akan membuat kapok […]
  • Magic House: Atraksi Baru dan Seru di Dufan

    Magic House: Atraksi Baru dan Seru di Dufan

    Ada atraksi baru di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol sepanjang bulan April ini. Seru dan menegangkan melihat atraksi tersebut. Magic House merupakan pilihan hiburan yang sayang untuk dilewatkan. Berdurasi 40 menit, atraksi ini akan membawa pengunjung ke dunia halusinasi yang menegangkan. Diperankan oleh para pesulap (magician) profesional, pertunjukan ini mulai dipertontonkan 30 Maret sampai 30 April […]
  • Omzet Telur Menurun 40 Persen Akibat Hoax Telur Palsu

    Omzet Telur Menurun 40 Persen Akibat Hoax Telur Palsu

    Menurut berita yang dikutip dari TRIBUNNEWS.COM hoax terkait telur palsu akhir-akhir ini, ternyata membawa dampak besar. Kepala Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan omzet telur di pasaran, baik dari sisi peternak maupun pedagang menurun hingga 40 persen. “Kalau dirata-rata (penurunan omzet 30-40 persen,” ujar Setyo, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, […]
  • GIIAS 2018 Resmi Dibuka

    GIIAS 2018 Resmi Dibuka

    Gelaran world class auto show series, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada Kamis, 2 Agustus 2018 secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang. Presiden didampingi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto. Sebagai satu-satunya pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gabungan […]

Tinggalkan Balasan