Rab. Des 11th, 2019

Tour Perdana Tol Trans Sumatera: Bakauheni-Palembang Dulu 12 Jam, Kini Hanya 6 Jam

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno memastikan Tol Trans Sumatera bisa melayani masyarakat di libur lebaran 2019. Hal ini diungkapkan Rini saat melakukan perjalanan dari Lampung menuju Palembang yang dikemas dalam acara “Tour Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang” pada hari Jumat (24/5/ 2019).

Perjalanan menuju Tol Trans Sumatera dimulai dari Pelabuhan Penyeberangan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Jalur yang dilalui adalah Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) sepanjang 329 kilometer (km) yang terdiri dari 140 km jalur operasional dan 189 km jalur fungsional.

Tour Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang ditempuh selama 6 jam dengan total jarak tempuh 358,7 km. Sebelum ada tol ini, jarak tempuh tercatat 10-12 jam.

“Saya senang beberapa ruas tol sudah bisa beroperasi dan nantinya ada jalur fungsional yang bisa digunakan masyarakat di libur lebaran. Saya mendorong BUMN Karya agar nantinya kita bisa melayani masyarakat,” ungkap Rini.

Di sepanjang jalur tol yang dilalui, PT Hutama Karya (Persero) telah menyiapkan 12 tempat istirahat (rest area) dengan fasilitas yang cukup memadai antara lain di KM 33 sisi A dan B, KM 87 sisi A dan B, KM 116 sisi A dan B, KM 163 sisi A, KM 172 sisi B, KM 208 sisi A, KM 215 sisi B, KM 234 sisi A, KM 285 sisi B. Setiap tempat istirahat dilengkapi dengan fasilitas berupa mushola, toilet, tempat pengisian BBM berupa SPBU Modular/KiosK/Motoris, warung makanan dan minuman serta mobile ATM di beberapa titik.

Di tengah perjalanan tersebut, rombongan berhenti di beberapa titik yaitu Tempat Istirahat KM 33, Tempat Istirahat KM 215 serta Interchange Kayu Agung untuk mengecek kesiapan dan fasilitas Tempat Istirahat serta progres pembangunan jalur yang masih fungsional.

Terkait fasilitas Tempat Istirahat, Menteri Rini menjelaskan, Hutama Karya telah bersinergi dengan Himbara dan Pertamina untuk menyediakan mobile ATM, UMKM binaan dan tempat pengisian BBM.

“Seperti di Tempat Istirahat KM 33 dan KM 215 yang kita tinjau hari ini, saya lihat sudah siap semua fasilitas yang dibutuhkan oleh pemudik seperti makanan, minuman, BBM, dan lain-lain,” tuturnya.

BACA JUGA  Ancol Gelar Sholat Idul Adha 1439 H dan Pembagian Daging Qurban

Menteri Rini juga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, Jalan Tol Bakauheni – Kayu Agung sudah siap untuk dilalui para pemudik pada libur Lebaran minggu depan.

“Jalan tol ini sangat memudahkan para pemudik dari Jakarta ke Palembang ataupun sebaliknya karena selain lebih aman, waktu tempuh pun dapat dipangkas hingga separuhnya. Dari Lampung – Palembang dapat ditempuh dalam waktu 4 – 5 jam saja dengan kecepatan rata-rata 80 – 100 KM/Jam dan lalu lintas lancar,” kata Rini di sela-sela peninjauan.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo menjamin keamanan para pengendara yang melintasi Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung karena rambu-rambu dan lampu penerangan jalan sudah dipasang dengan cukup, khususnya di daerah-daerah rawan kecelakaan. Sarana pelayanan Lalu Lintas juga telah dipersiapkan dengan prima di setiap Ruas.

“Kami telah menyiapkan total 18 mobil patroli, 26 mobil derek, 10 mobil Ambulance, 6 mobil rescue dan 14 mobil PJR yang siap memastikan keamanan dan keselamatan para pemudik,” terangnya.

Demi memaksimalkan pelayanan, Hutama Karya juga membuka nomor call center pada 0721-5618009 dan Whatsapp di 0811 791 0812 untuk Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar. Sementara untuk Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, para pemudik dapat menghubungi nomor 0813 2900 0020 untuk call center dan Whatsapp.

Selain itu, semua informasi mengenai jalan tol seperti tarif, situasi lalu lintas terkini hingga lokasi Tempat Istirahat dapat diakses melalui media sosial Instagram dan Twitter dengan akun @hk_tollbakter untuk Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dan @hk_tol_terpeka untuk Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung.

(EGA)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.