Berita Utama

Tokopedia Dukung Gerakan Nasional BanggaBuatanIndonesia lewat Berbagai Program

Tokopedia berkomitmen mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia lewat berbagai program untuk pengusaha lokal. Selama pandemi COVID-19, pelaku usaha yang sudah memiliki kanal pemasaran daring dinilai lebih tangguh. Mereka berhasil membuat bisnis tetap berjalan sehingga lapangan pekerjaan pun tetap dapat dipertahankan.

Presiden RI, Joko Widodo, di acara peluncuran gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang berlangsung hari ini, menyampaikan, “Dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus mampu bertumpu pada kekuatan kita sendiri, berdiri di atas kaki sendiri, mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri. Saya bersyukur negara dan bangsa kita memiliki banyak kekuatan, karya hebat dan produk-produk berkualitas yang lahir dari tangan saudara-saudara kita yang memiliki talenta hebat. Karya-karya anak bangsa ini harus kita apresiasi, kita dukung dan beri ruang seluas-luasnya.”

Jokowi menambahkan, “Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi. Keterbatasan justru mendorong kita untuk tetap berinovasi, mendorong kita bertransformasi, menggali potensi diri dan menciptakan peluang. Kita berupaya keras agar pandemi ini cepat berlalu, kita harus saling menjaga, saling mendukung dan saling membantu agar ekonomi kita tidak terkapar dengan membeli karya dan produk-produk Indonesia. Saya yakin dengan kepedulian kita bersama, semua bisa kita lewati.”

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, menjelaskan, gerakan #BanggaBuatanIndonesia sejalan dengan misi Tokopedia dalam mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Selama hampir 11 tahun, Tokopedia konsisten hanya memfasilitasi transaksi domestik.

“Artinya 100% penjual di Tokopedia berdomisili di Indonesia dimana 94%nya adalah penjual berskala ultra mikro. Saat ini, sudah ada hampir 8 juta masyarakat Indonesia yang telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia,” papar William.

Dukungan Tokopedia akan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM. Hal ini agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring.

Salah satu program yang akan diusung Tokopedia untuk mendukung gerakan nasional ini adalah rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller, yang bisa diakses secara gratis. Pegiat UMKM bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk hingga pemasaran. Mereka  juga dapat berbagi inspirasi dan pengalaman dengan sesama pebisnis di Tokopedia melalui komunitas penjual  ‘Keluarga Tokopedia’.

Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi, Tokopedia memberikan fitur-fitur yang dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah mengembangkan usahanya. Selama masa gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Tokopedia akan menampilkan laman kurasi khusus produk lokal untuk menyediakan pilihan terbaik bagi para pembeli.

Tokopedia juga akan terus bermitra dengan berbagai pihak agar mampu memberikan solusi bagi penggiat UMKM lokal. Misalnya dengan institusi keuangan untuk memberikan bantuan modal, salah satunya dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). “Selain itu kami bergerak bersama komunitas dan pemerintah untuk menggagas terobosan aktivitas online,” tambah William.

Sebelumnya Tokopedia bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata menyelenggarakan program #SatuDalamKopi dan #RamadanBanggaLokal untuk mendukung pertumbuhan bisnis kopi dan fesyen muslim lokal.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, “Saat ini, seluruh kementerian telah bekerja sama untuk memfasilitasi semua UMKM agar bisa memanfaatkan platform digital. Sektor UMKM merupakan pilar penting dari perekonomian Indonesia. Melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, pemerintah mendorong masyarakat untuk mulai membuat produk yang berkualitas dengan memanfaatkan platform ini. Mari kita cintai, beli dan gunakan produk buatan Indonesia.”

Salah satu pelaku UMKM yang terus berupaya melakukan adaptasi bisnis di tengah pandemi saat ini adalah Dea Valencia, pemilik usaha Batik Kultur. Sejak 2011, Dea Valencia mendirikan Batik Kultur untuk memproduksi beragam produk batik tulis, dimana setengah dari kreator lokalnya — dalam hal ini para pengrajin dan penjahit batik — merupakan masyarakat difabel.

BACA JUGA  Ngumbar, Ajang Kumpul Bareng Pecinta Otomotif Klasik Bintaro

Pemilik Batik Kultur, Dea Valencia, mengungkapkan, “Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi ini menyebabkan penurunan drastis transaksi secara offline dan adanya perubahan kebutuhan, serta perilaku konsumen online. Melihat hal ini, Batik Kultur melakukan adaptasi dan inovasi produk sehingga tetap dapat meningkatkan penjualan secara online di Tokopedia.”

“Semoga #BanggaBuatanIndonesia ini dapat mendorong lebih banyak pegiat UMKM untuk berani memulai dan memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dalam memastikan bisnis tetap berjalan bahkan di tengah kondisi sulit seperti pandemi saat ini. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Pemanfaatan teknologi juga dapat membuat produk lokal dapat semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas,” tambahnya.

Rencananya, gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia akan berlangsung hingga akhir tahun. Masyarakat juga dapat menemukan berbagai produk buatan kreator lokal serta informasi lebih lanjut terkait gerakan #BanggaBuatanIndonesia melalui halaman khusus di Tokopedia.

(EV)

 

Baca Juga

  • Jajanan Khas Pasar Malam Taiwan di Bintaro: Shihlin

    Jajanan Khas Pasar Malam Taiwan di Bintaro: Shihlin

    Di berbagai belahan dunia, jajanan pasar malam identik dengan dagangan kaki lima yang murah meriah. Biasanya jajanan pasar malam disajikan dengan cukup sederhana dengan pembungkus kertas atau plastik yang dapat dinikmati pembeli sambil berjalan-jalan. Hal inilah yang diadopsi oleh Shihlin Taiwan Street Snacks, sebuah jaringan gerai kuliner cepat saji yang mengkhususkan diri menyediakan jajanan khas […]
  • Gerakan Stay Active: Tetap Aktif Bersepeda untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

    Gerakan Stay Active: Tetap Aktif Bersepeda untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

    Pandemi Corona sejak maret lalu mulai menyentuh Indonesia. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari himbauan untuk social distancing hingga berubah menjadi physical distancing. Kondisi saat ini yang dapat dilakukan tetap tenang dan aktif untuk  meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya melalui kegiatan olahraga yang aman yakni bersepeda. Dimana bersepeda sendiri merupakan olahraga individu, yang menurut badan […]
  • Hadiahkan yang Terbaik bagi Mereka yang Spesial, Grab Hadirkan Grabgifts di Grabgifts Shop

    Hadiahkan yang Terbaik bagi Mereka yang Spesial, Grab Hadirkan Grabgifts di Grabgifts Shop

    Grab, everyday everything app terkemuka di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan GrabGifts yang dapat ditemukan di GrabGifts Shop. GrabGifts merupakan e-voucher yang memiliki nominal potongan untuk layanan GrabCar, GrabCar Plus, GrabCar 6-Seater, GrabBike, GrabExpress, dan GrabFood. Melalui kehadiran GrabGifts, Grab berkomitmen untuk menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan memberikan solusi yang dapat mendukung […]
  • Cara Membuat Kerajinan Decoupage

    Cara Membuat Kerajinan Decoupage

    Decoupage, yang berasal dari bahasa Prancis découper atau berarti memotong, merupakan kerajinan atau bentuk seni yang memerlukan potongan-potongan bahan (biasanya kertas) yang ditempel pada objek dan kemudian dilapisi dengan pernis atau pelitur. Proses ini membuat tampilan potongan-potongan kertas yang rata tampak dalam dan membuat pola serta gambar terlihat seolah-olah dilukis pada objek yang diproses dengan teknik decoupage. Decoupage adalah […]
  • Modalku dan BPJS Kesehatan Kolaborasi untuk Lancarkan Arus Kas Fasilitas Kesehatan

    Modalku dan BPJS Kesehatan Kolaborasi untuk Lancarkan Arus Kas Fasilitas Kesehatan

    PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) menandatangani kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dilakukan oleh Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya bersama Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso. Bentuk kerja sama yang dilakukan adalah ‘Konfirmasi Data Pembiayaan Pelayanan Kesehatan’. Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan terhadap peningkatan pelayanan kesehatan […]
  • Perawatan Tepat dan Bebas Bekas Luka Paska Operasi

    Perawatan Tepat dan Bebas Bekas Luka Paska Operasi

    Paska operasi merupakan saat di mana seorang baik usia anak-anak maupun dewasa perlu memperhatikan perawatan kulit. Tindakan perawat kulit yang tepat paska operasi diharuskan menggunakan steril dressing untuk area luka. Pada umumnya, luka operasi rata-rata akan sembuh sekitar dua minggu paska operasi dengan perawatan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan, kulit merupakan bagian terluar dari tubuh, […]
  • Citilink Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 8 Mei 2020

    Citilink Kembali Layani Penerbangan Domestik Mulai 8 Mei 2020

    Maskapai Citilink Indonesia kembali akan melayani penerbangan domestik mulai pukul 00.00 WIB tanggal 8 Mei 2020. Layanan penerbangan domestik yang dimaksud, diperuntukkan bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di antaranya adalah pelanggan yang melakukan perjalanan kedinasan, repatriasi WNI/pelajar/pekerja migran/pemulangan orang dengan alasan khusus, pasien yang membutuhkan pelayanan […]
  • Tips Menghadapi Pelecehan Seksual

    Tips Menghadapi Pelecehan Seksual

    Baru-baru ini sebuah video viral dugaan pelecehan seksual seorang pasien wanita yang dilakukan perawat laki-laki beredar. Video tersebut menggambarkan pasien wanita duduk di ranjang menangis dan meminta pengakuan perawat laki-laki. Pasien tersebut menangis dan didampingi dua perawat. Diduga video itu berada di salah satu rumah sakit di Surabaya. Kasus pelecehan seksual  di tempat-tempat umum banyak […]
  • Salsa Food City, Tempat Bersantap Asyik Bersama Keluarga Sambil Menikmati Live Musik

    Salsa Food City, Tempat Bersantap Asyik Bersama Keluarga Sambil Menikmati Live Musik

    Bagi Anda yang sedang mencari tempat bersantai bersama keluarga sambil menikmati berbagai masakan yang lezat di wilayah Tangerang dan Tangerang Selatan, ada satu tempat lagi yang perlu Anda pertimbangkan : Salsa Food City. Apa sih keistimewaan tempat makan satu ini? Yuk kita simak. Salsa Food City merupakan nama sebuah foodcourt yang berlokasi di Gading Serpong, […]
  • Pilihan Menu Kombinasi Kekinian di Pawon Bu Tin

    Pilihan Menu Kombinasi Kekinian di Pawon Bu Tin

    Di bidang kuliner menu-menu kombinasi bukanlah hal yang baru. Bangsa Indonesia telah mengenal berbagai menu kombinasi sejak ratusan tahun yang lalu. Berbagai menu kombinasi ini ikut memperkaya kuliner-kuliner di Indonesia. Pada zaman sekarang, kita pun mengenal berbagai menu kombinasi misalnya menu-menu hasil kombinasi dari menu barat dengan Indonesia. Namun kita jarang menemukan menu kombinasi yang […]
  • Merancang Nutrisi Diabetes yang Tepat

    Merancang Nutrisi Diabetes yang Tepat

    Horor ternyata bukan hanya sebuah genre film. Penyakit pun bisa dikatakan sesuatu yang menakutkan, salah satunya adalah diabetes. Ya, diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi masalah kesehatan yang serius, bahkan bisa menggerus harapan hidup seseorang. Karena itu, masyarakat perlu terus disadarkan akan horornya diabetes. “Diabetes adalah silent killer dan induk dari segala penyakit […]
  • Telah Hadir di Bintaro Bagi Para Penggemar Olah Raga Bela Diri Tarung Bebas : Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym

    Telah Hadir di Bintaro Bagi Para Penggemar Olah Raga Bela Diri Tarung Bebas : Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym

    Bagi warga Bintaro dan sekitarnya yang ingin belajar bela diri yang cukup ‘keras’, kini telah hadir di Bintaro sebuah sasana latihan bela diri, Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym yang berlokasi di Ruko Emerald Avenue 1 EA/A 20, Bintaro Sektor 9. Sasana latihannya sendiri menempati lantai 3 dari bangunan ruko 3 lantai. Dari area parkiran akan […]
  • Allianz Indonesia Berikan Pelatihan Perencanaan Keuangan kepada Lebih dari 15.000 Pelajar

    Allianz Indonesia Berikan Pelatihan Perencanaan Keuangan kepada Lebih dari 15.000 Pelajar

    Akhir tahun 2018 lalu, Allianz Indonesia baru saja menyelesaikan program Corporate Social Responsibility (CSR) My Finance Coach (MFC), program literasi keuangan yang diprakarsai oleh Allianz Group pada tahun 2010 dan telah diimplementasikan oleh kantor Allianz di berbagai negara, serta mulai dijalankan oleh Allianz Indonesia sejak tahun 2011. Menurut data yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan […]
  • MW Bootcamp, Membentuk Tubuh Sehat dengan Cara Menyenangkan

    MW Bootcamp, Membentuk Tubuh Sehat dengan Cara Menyenangkan

    Kita sering mendengar orang berkata, “yang penting selalu sehat”. Memang kesehatan menjadi faktor penting dalam kehidupan semua orang. Tercukupinya berbagai kebutuhan jasmani menjadi tidak berarti tanpa diimbangi dengan kesehatan tubuh. Bayangkan, bila ditengah-tengah berbagai kelimpahan kita menderita berbagai penyakit yang menyebabkan kita tidak bisa menikmati semua itu. Salah kunci penting untuk memiliki tubuh yang sehat […]
  • Grab Jalin Kerjasama Dengan ITB Luncurkan GrabWheels, Wujudkan Moda Transportasi Personal yang Inovatif

    Grab Jalin Kerjasama Dengan ITB Luncurkan GrabWheels, Wujudkan Moda Transportasi Personal yang Inovatif

    GrabWheels merupakan skuter elektrik (e-scooter) sejenis otoped yang diperkenalkan Grab untuk memperluas jenis kendaraan yang dapat digunakan masyarakat. Melalui kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Grab kini dapat memperluas penggunaan GrabWheels sebagai moda transportasi ramah lingkungan di ITB , kampus Ganesha, Bandung. Peluncuran perdana GrabWheels di lingkungan kampus ITB, merupakan bagian dari kerjasama […]
  • Ajang Uji Nyali Bintaro, Fasilitas Olah Raga Ekstrim Bintaro Xchange

    Ajang Uji Nyali Bintaro, Fasilitas Olah Raga Ekstrim Bintaro Xchange

    Fasilitas olah raga di Bintaro semakin lengkap dengan hadirnya fasilitas olah raga ekstrim di Bintaro Xchange Mall. Fasilitas olah raga yang peresmiannya dilakukan pada hari Minggu, 17 Juli 2016 ini menjadi oase penawar dahaga bagi penggemar olah raga ekstrim di Bintaro. Betapa tidak, penggemar olah raga-raga yang berkategori memiliki resiko tinggi ini, selama ini tidak […]
  • Buat Toko Online, Mendorong Startup Potensial Untuk Tumbuh Berkembang

    Buat Toko Online, Mendorong Startup Potensial Untuk Tumbuh Berkembang

    Tumbuhnya startup di Indonesia pada waktu belakangan ini sangat mengejutkan berbagai pihak. Bisnis pemula berbasis online yang sebelumnya tidak dilirik, ternyata bisa berkembang secara fenomenal. Beberapa bahkan dalam waktu singkat berkembang menjadi bisnis ‘unicorn alias bisnis dengan valuasi di atas 1 milyar dollar, sesuatu yang hampir mustahil diraih oleh bisnis-bisnis konvensional. Tengok saja seperti Gojek, […]
  • Berolahraga Bersama Keluarga di Familia Club House

    Berolahraga Bersama Keluarga di Familia Club House

    Perkembangan kawasan Bintaro yang begitu pesat menyebabkan lahan untuk sarana kegiatan warga seperti berolah raga menjadi langka. Untuk menyalurkan keinginan warga untuk berolah raga, PT. Jaya Real Property, selaku pengembang dan pengelola kawasan Bintaro Jaya membangun club house di beberapa wilayah Bintaro. Salah satu club house yang ada di kawasan Bintaro adalah Familia Club House. […]
  • Perluas Jaringan Kantor, Cashlez Aktif Realisasi Strategi Akuisisi dan Pelayanan

    Perluas Jaringan Kantor, Cashlez Aktif Realisasi Strategi Akuisisi dan Pelayanan

    Perusahaan Payment Gateway Indonesia, Cashlez, semakin memperkuat keberadaannya di kancah solusi pembayaran. Tepat pada tanggal 16 Juni 2019, Cashlez meresmikan jaringan kantor baru di kawasan Puri Mutiara, Sunter Agung, Jakarta Utara yang dilakukan secara simbolis oleh Chief Executive Officer (CEO) Cashlez – Teddy Tee bersama dengan Chief Revenue Officer (CRO) Cashlez – Tan Leny Yonathan […]
  • Suzuki Luncurkan Jimny Generasi Keempat di GIIAS 2019

    Suzuki Luncurkan Jimny Generasi Keempat di GIIAS 2019

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hari ini secara resmi meluncurkan Jimny terbaru pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang. Peluncuran mobil fenomenal yang lama dinantikan para pecinta off road 4×4 ini sekaligus menandai inovasi Jimny generasi keempat yang hadir lebih eksklusif dan tangguh, baik […]

Tinggalkan Balasan