Berita Utama

Tokopedia Dukung Gerakan Nasional BanggaBuatanIndonesia lewat Berbagai Program

Tokopedia berkomitmen mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia lewat berbagai program untuk pengusaha lokal. Selama pandemi COVID-19, pelaku usaha yang sudah memiliki kanal pemasaran daring dinilai lebih tangguh. Mereka berhasil membuat bisnis tetap berjalan sehingga lapangan pekerjaan pun tetap dapat dipertahankan.

Presiden RI, Joko Widodo, di acara peluncuran gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang berlangsung hari ini, menyampaikan, “Dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus mampu bertumpu pada kekuatan kita sendiri, berdiri di atas kaki sendiri, mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri. Saya bersyukur negara dan bangsa kita memiliki banyak kekuatan, karya hebat dan produk-produk berkualitas yang lahir dari tangan saudara-saudara kita yang memiliki talenta hebat. Karya-karya anak bangsa ini harus kita apresiasi, kita dukung dan beri ruang seluas-luasnya.”

Jokowi menambahkan, “Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi. Keterbatasan justru mendorong kita untuk tetap berinovasi, mendorong kita bertransformasi, menggali potensi diri dan menciptakan peluang. Kita berupaya keras agar pandemi ini cepat berlalu, kita harus saling menjaga, saling mendukung dan saling membantu agar ekonomi kita tidak terkapar dengan membeli karya dan produk-produk Indonesia. Saya yakin dengan kepedulian kita bersama, semua bisa kita lewati.”

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, menjelaskan, gerakan #BanggaBuatanIndonesia sejalan dengan misi Tokopedia dalam mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Selama hampir 11 tahun, Tokopedia konsisten hanya memfasilitasi transaksi domestik.

“Artinya 100% penjual di Tokopedia berdomisili di Indonesia dimana 94%nya adalah penjual berskala ultra mikro. Saat ini, sudah ada hampir 8 juta masyarakat Indonesia yang telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia,” papar William.

Dukungan Tokopedia akan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM. Hal ini agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring.

Salah satu program yang akan diusung Tokopedia untuk mendukung gerakan nasional ini adalah rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller, yang bisa diakses secara gratis. Pegiat UMKM bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk hingga pemasaran. Mereka  juga dapat berbagi inspirasi dan pengalaman dengan sesama pebisnis di Tokopedia melalui komunitas penjual  ‘Keluarga Tokopedia’.

Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi, Tokopedia memberikan fitur-fitur yang dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah mengembangkan usahanya. Selama masa gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Tokopedia akan menampilkan laman kurasi khusus produk lokal untuk menyediakan pilihan terbaik bagi para pembeli.

Tokopedia juga akan terus bermitra dengan berbagai pihak agar mampu memberikan solusi bagi penggiat UMKM lokal. Misalnya dengan institusi keuangan untuk memberikan bantuan modal, salah satunya dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). “Selain itu kami bergerak bersama komunitas dan pemerintah untuk menggagas terobosan aktivitas online,” tambah William.

Sebelumnya Tokopedia bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pariwisata menyelenggarakan program #SatuDalamKopi dan #RamadanBanggaLokal untuk mendukung pertumbuhan bisnis kopi dan fesyen muslim lokal.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, “Saat ini, seluruh kementerian telah bekerja sama untuk memfasilitasi semua UMKM agar bisa memanfaatkan platform digital. Sektor UMKM merupakan pilar penting dari perekonomian Indonesia. Melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, pemerintah mendorong masyarakat untuk mulai membuat produk yang berkualitas dengan memanfaatkan platform ini. Mari kita cintai, beli dan gunakan produk buatan Indonesia.”

Salah satu pelaku UMKM yang terus berupaya melakukan adaptasi bisnis di tengah pandemi saat ini adalah Dea Valencia, pemilik usaha Batik Kultur. Sejak 2011, Dea Valencia mendirikan Batik Kultur untuk memproduksi beragam produk batik tulis, dimana setengah dari kreator lokalnya — dalam hal ini para pengrajin dan penjahit batik — merupakan masyarakat difabel.

Pemilik Batik Kultur, Dea Valencia, mengungkapkan, “Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi ini menyebabkan penurunan drastis transaksi secara offline dan adanya perubahan kebutuhan, serta perilaku konsumen online. Melihat hal ini, Batik Kultur melakukan adaptasi dan inovasi produk sehingga tetap dapat meningkatkan penjualan secara online di Tokopedia.”

“Semoga #BanggaBuatanIndonesia ini dapat mendorong lebih banyak pegiat UMKM untuk berani memulai dan memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dalam memastikan bisnis tetap berjalan bahkan di tengah kondisi sulit seperti pandemi saat ini. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai. Pemanfaatan teknologi juga dapat membuat produk lokal dapat semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas,” tambahnya.

Rencananya, gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia akan berlangsung hingga akhir tahun. Masyarakat juga dapat menemukan berbagai produk buatan kreator lokal serta informasi lebih lanjut terkait gerakan #BanggaBuatanIndonesia melalui halaman khusus di Tokopedia.

(EV)

 

Baca Juga

  • Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar, BNI Syariah Gelar Direksi Mengajar di Malang

    Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar, BNI Syariah Gelar Direksi Mengajar di Malang

    BNI Syariah menyelenggarakan Direksi Mengajar (Board Of Director-BOD Teaching) di Tazkia International Islamic Boarding School (IIBS) Malang, Rabu (6/11). Dalam acara ini hadir Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati; Pemimpin Divisi Pembiayaan Kecil dan Menengah BNI Syariah, Supriyono; Pemimpin Wilayah Timur BNI Syariah, Imam Hidayat Sunarto; Branch Manager BNI Syariah KC Malang, […]
  • Parkson Gourmet Mart Menambah Jajaran Supermarket Kelas Atas di Bintaro

    Parkson Gourmet Mart Menambah Jajaran Supermarket Kelas Atas di Bintaro

    Halo Warga Bintaro, saat ini sudah hadir pasar swalayan di Bintaro yang ditujukan untuk kelas premium yakni Parkson Gourmet Mart. Pasar swalayan premium tersebut berada di Parkson Office Building, CBD Bintaro Jaya Sektor VII dan mulai beroperasi sejak 3 November 2016. Tidak sulit mencari lokasi swalayan tersebut. Bila Anda datang dari arah fly over Bintaro […]
  • Kurangi Berbelanja Secara Impulsif

    Kurangi Berbelanja Secara Impulsif

    Saat ini berbelanja bukan hanya kegiatan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga untuk melepaskan kepenatan dan stres. Berbagai macam barang yang ditawarkan dengan berbagai potongan harga membuat individu tergiur untuk berbelanja. Tren belanja saat ini juga berubah. Bila pada awalnya kita cenderung berbelanja di toko fisik, namun sejalan dengan perkembangan teknologi berbelanja bisa dilakukan secara online.Berdasarkan […]
  • RNI Jalin Kerjasama dengan KAI, Sediakan Fasilitas Rapid Test di Stasiun dengan Harga Rp 85 Ribu

    RNI Jalin Kerjasama dengan KAI, Sediakan Fasilitas Rapid Test di Stasiun dengan Harga Rp 85 Ribu

    PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) melalui Anak Perusahaannya, PT Rajawali Nusindo, melakukan penandatangan kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) untuk penyediaan fasilitas Rapid Tes di 12 Stasiun. Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Keuangan PT Rajawali Nusindo Gigis Saptono dengan Direktur Niaga PT KAI (Persero) Maqin Uddin Norhadi disaksikan Direktur Keuangan PT RNI […]
  • Builder Ungkap Alasan Konsumen Beli XSR 155

    Builder Ungkap Alasan Konsumen Beli XSR 155

    Lingkup pergaulan yang mengedepankan lifestyle banyak mempengaruhi konsumen untuk memilih menggunakan sepeda motor dengan desain yang berkarakter kuat. Hal itu pun terjadi pada para pengguna XSR 155 yang memiliki gaya hidup berbeda dari pengguna motor sport lainnya. XSR 155 sangat kental dengan karakter sport heritage yang didukung dengan fitur modern seperti Assist & Slipper Clutch yang membuat […]
  • Ketahui Tips Menyiapkan Bekal Sekolah Anak Melalui Cooking Class Kreasi Bento

    Ketahui Tips Menyiapkan Bekal Sekolah Anak Melalui Cooking Class Kreasi Bento

    Ketika anak mulai memasuki sekolah play group maupun TK, sebagai orang tua tentunya ada perasaan senang mengantarkan dan menyiapkan semua keperluan sekolah termasuk bekal makanannya. Namun seringkali terjadi anak kurang berselera menyantap bekal makanan yang kita buatkan, mereka malah memilih membeli jajanan yang tidak sehat di dekat sekolah. Nah, bagaimana caranya agar bekal yang kita […]
  • AirAsia Luncurkan Program Penggalangan Dana #ToIDwithlove untuk Indonesia

    AirAsia Luncurkan Program Penggalangan Dana #ToIDwithlove untuk Indonesia

    AirAsia meluncurkan program penggalangan dana untuk memberikan bantuan bagi masyarakat Palu yang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami pada 28 September 2018 lalu. Program #ToIDwithLove berlangsung mulai hari ini hingga 31 Oktober 2018, dengan maksud untuk mengumpulkan donasi yang akan disalurkan melalui Yayasan Arkom Indonesia guna membangun kembali dan meningkatkan ketahanan bencana wilayah […]
  • Perusahaan Teknologi Indonesia Tokopedia Sambut Usia ke-11

    Perusahaan Teknologi Indonesia Tokopedia Sambut Usia ke-11

    Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, akan menyelenggarakan ‘Tokopedia Play Fest’ pada 17 Agustus 2020 mendatang. Selain memperingati HUT ke-75 Indonesia, acara ini diselenggarakan virtual di kanal video streaming Tokopedia Play untuk merayakan hari jadi ke-11 Tokopedia, yang jatuh di tanggal yang sama. Founder sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan, “Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, sangat […]
  • Menhub Jamin Keamanan Jalur Mudik Merak-Bakauheni

    Menhub Jamin Keamanan Jalur Mudik Merak-Bakauheni

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan jaminan keamanan bagi para pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry baik dari Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya. “Kami sudah tinjau Bakauheni serta sudah meminta kepolisian untuk mengamankan jalur mudik 24 jam non stop, sehingga masyarakat yang berpergian ke Sumatra baik pagi, siang, atau malam tetap […]
  • BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    Berlibur merupakan kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk menghilangkan penat dan mengisi kembali energi setelah menghadapi aktivitas sehari-hari. Tidak hanya destinasi luar negeri, destinasi lokal juga sangat menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman ataupun untuk bepergian sendiri. Keindahan alam, wisata serta ragam budaya yang ditawarkan oleh setiap daerah di Indonesia sudah menjadi daya tarik bagi […]
  • Menteri BUMN Kick Off PaDi UMKM, BUMN Rangkul Pelaku Bisnis Lokal melalui Pasar Digital

    Menteri BUMN Kick Off PaDi UMKM, BUMN Rangkul Pelaku Bisnis Lokal melalui Pasar Digital

    Bertempat di Kementerian BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir, Senin (15/6), secara resmi melakukan kick off program PaDi UMKM (Pasar Digital UMKM) dengan menggunakan aplikasi video conference CloudX. Acara ini diikuti oleh Direktur Utama dari BUMN yang terlibat dalam program tersebut, di mana dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dihadiri oleh Direktur Utama, Ririek Adriansyah dan […]
  • Kerahkan Armada E-Bluebird, Bluebird Dukung Gelaran Formula E di Jakarta

    Kerahkan Armada E-Bluebird, Bluebird Dukung Gelaran Formula E di Jakarta

    Bluebird turut menyemarakkan ajang konferensi pers dari gelaran Formula E sebagai rangkaian awal dari pelaksanan event internasional yang rencananya akan digelar di Jakarta pada Juni 2020. Konferensi pers Formula E dibuka oleh konvoi kendaraan listrik, di mana Bluebird Group turut berpartisipasi dengan menghadirkan 10 unit armada E-Bluebird pada rombongan konvoi. Dengan rute dimulai dari Parkir […]
  • Sinar Mas Land Menandatangani MoU dengan PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Membangun Rusunami Sederhana di BSD

    Sinar Mas Land Menandatangani MoU dengan PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Membangun Rusunami Sederhana di BSD

    Sinar Mas Land melalui PT. Bumi Serpong Damai, Tbk pada hari ini menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE), salah satu perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, untuk membangun proyek Rusunami sederhana di BSD City. Pembangunan proyek tersebut, menjadi dukungan nyata kedua perusahaan terhadap program pemerintah Sejuta Rumah, yaitu memenuhi […]
  • DFSK Program Spesial di Bulan Berkah

    DFSK Program Spesial di Bulan Berkah

    Mudik merupakan salah satu ritual unik yang ada di Indonesia setiap menjelang Idul Fitri setiap tahunnya. Masyarakat yang ada di kota, khususnya Jakarta, berduyun-duyun ke kampung halaman agar bisa berlebaran dengan sanak saudara dan saling bermaaf-maafan. Tentu DFSK tidak ingin ketinggalan di momen penting ini dengan menyediakan posko mudik yang tersebar di berbagai daerah, khususnya […]
  • Tidak Hanya Kalkulator, Jam Tangan dan Alat Musik Casio Bisa Dibeli di Toko Buku Gramedia

    Tidak Hanya Kalkulator, Jam Tangan dan Alat Musik Casio Bisa Dibeli di Toko Buku Gramedia

    Casio Computers Pte., Ltd., menjalin kerjasama dengan PT. Gramedia Asri Media agar berbagai produk CASIO bisa ditemui pelanggan Gramedia di jaringan toko buku Gramedia. Hal ini disampaikan pada acara bincang media pada Rabu, 19 April 2018. Pada acara ini juga diumumkan rangkaian acara edukatif dan menyenangkan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Konsumen Nasional, 20 […]
  • Trade Expo Indonesia: Dorong Promosi Produk Lokal ke Pasar Global

    Trade Expo Indonesia: Dorong Promosi Produk Lokal ke Pasar Global

    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, Trade Expo Indonesia mendorong keberlanjutan dan peningkatan promosi produk lokal ke pasar global dengan mengoptimalkan teknologi digital di masa pandemi Covid-19. Tujuannya, untuk terus mendorong kinerja ekspor nasional. Hal ini diungkapkan Mendag Agus saat memberikan sambutan pada upacara pembukaan TEI-VE ke–35. Gelaran TEI-VE ke-35 ini dibuka secara resmi dan disiarkan secara virtual oleh […]
  • Singapore Airlines Luncurkan Aplikasi Mobile Terbaru dengan Fitur-Fitur yang Inovatif

    Singapore Airlines Luncurkan Aplikasi Mobile Terbaru dengan Fitur-Fitur yang Inovatif

    Singapore Airlines mengumumkan peluncuran aplikasi mobile terbarunya untuk ponsel pintar dengan perangkat Android dan iOS yang menampilkan fitur-fitur inovatif guna meningkatkan pengalaman pelanggan. Aplikasi terbaru ini dirancang untuk kinerja yang lebih cepat dan memperluas kegunaan, serta memperkenalkan berbagai fitur baru yang menawarkan pengalaman yang lebih personal dan kemudahan bagi para pelanggan. Berdasarkan desain dan arsitektur […]
  • Cari Pempek Tunu, Lenggang Panggang dan Mie Celor? Di Pempek Alfa Tempatnya

    Cari Pempek Tunu, Lenggang Panggang dan Mie Celor? Di Pempek Alfa Tempatnya

    Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas daerah Palembang yang terbuat dari adonan tepung terigu dan ikan, dimakan dengan kuah yang bercuka yang bernama pempek? Baru membayangkannya saja sudah membuat air liur kita menetes. Di berbagai tempat kita mudah menemukan penjual pempek. Umumnya yang dijual adalah nama-nama pempek seperti Kapal Selam, Lenjer atau Adaan. Padahal masih […]
  • Hotel Santika Premiere Bintaro : Rutin Donor Darah Baik Bagi Kesehatan

    Hotel Santika Premiere Bintaro : Rutin Donor Darah Baik Bagi Kesehatan

    Hotel Santika Premiere Bintaro kembali menggelar aksi sosial Donor Darah rutinnya setiap 3 bulan sekali. Berbeda dengan di tempat lain, Donor Darah di Hotel Santika Premiere Bintaro memang rutin dan tidak bergantung atau dikaitkan dengan perayaan tertentu. Hal ini diapresiasi PMI Tangerang karena sangat memudahkan kerja PMI dalam hal perencanaan. Bertempat di Edelweiss Room, kegiatan […]
  • LinkAja Bersama Kemkominfo Sediakan Solusi Kemudahan Belanja Online di 18 Pasar Tradisional di Jakarta

    LinkAja Bersama Kemkominfo Sediakan Solusi Kemudahan Belanja Online di 18 Pasar Tradisional di Jakarta

    Dengan ditetapkannya pandemi COVID-19 sebagai bencana nasional, serta dikeluarkannya kebijakan untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa area, termasuk Jakarta, seluruh aktivitas harian warga menjadi semakin terbatas, baik dalam bekerja, belajar, hingga upaya memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Sebagai uang elektronik nasional yang selalu berkomitmen untuk memberikan solusi kemudahan transaksi bagi pemenuhan kebutuhan esensial seluruh […]

Tinggalkan Balasan