Tokopedia Bagi-bagi Semangat Ramadan di Tengah Pandemi

Ramadan tahun ini hadir dengan situasi yang berbeda. Masyarakat diimbau melakukan physical distancing demi memutus rantai penyebaran COVID-19. Hal ini membuat industri jual-beli online meningkat signifikan. Di Tokopedia misalnya, Makanan dan Minuman, Keperluan Rumah Tangga dan Kesehatan adalah tiga kategori yang melonjak drastis dari sisi transaksi.

Jumlah penjual di kategori Kesehatan pun naik hampir 2,5 kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Data-data tersebut menunjukkan bahwa bisnis daring bisa memastikan para pebisnis lokal tetap beroperasi walau di tengah pandemi; sesuai dengan salah satu fokus kampanye #JagaEkonomiIndonesia dari Tokopedia.

Sebagai bagian dari #JagaEkonomiIndonesia, Tokopedia kini menghadirkan Bagi-bagi Semangat Ramadan hingga 11 Mei 2020. Upaya ini juga sejalan dengan fokus lain dari #JagaEkonomiIndonesia, yaitu memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah, khususnya selama menjalankan ibadah puasa.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan, “Berangkat dari semangat #JagaEkonomiIndonesia, selain memastikan para pebisnis lokal tetap beroperasi daring, Tokopedia juga terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah, terutama selama Ramadan, lewat Bagi-bagi Semangat Ramadan.”

“Beberapa inisiatif yang dikedepankan meliputi ketersediaan produk, harga terjaga hingga kemudahan pengiriman lewat peningkatan layanan bersama para mitra logistik dan fitur Bebas Ongkir,” tambahnya. Melalui Bagi-bagi Semangat Ramadan, Tokopedia menghadirkan Bebas Ongkir Sepuasnya, Kejar Diskon, Kupon Cashback dan Kotak Kejutan.

Dengan Bebas Ongkir Sepuasnya, Tokopedia ingin membantu masyarakat dari Sabang hingga Merauke agar dapat menikmati pengalaman berbelanja tanpa ongkos kirim serta minimum transaksi dan batas maksimal. Di sisi lain, masyarakat bisa memanfaatkan Kejar Diskon berupa potongan harga hingga 99% pada kategori produk Elektronik, Handphone dan Tablet, Gadget, Makanan dan Minuman, Perawatan Pribadi, Kecantikan, Fashion, Ibu dan Bayi, serta Rumah Tangga.

BACA JUGA  Bank DBS Berikan Dukungan Financing USD 195 Juta dan Platform Digital ke Chandra Asri untuk Menjalankan Bisnis

Selain itu, Tokopedia menyediakan Kupon Cashback hingga Rp1 juta yang berlaku pada 4 dan 5 Mei 2020. Masyarakat juga berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik lain dengan total hingga miliaran rupiah di Kotak Kejutan.

Selama bulan Ramadan, Tokopedia juga mengajak masyarakat berdonasi lewat fitur Kotak Amal dengan tema berbeda di setiap minggunya. Pada minggu pertama, Tokopedia mengajak masyarakat berbagi hidangan berbuka puasa melalui donasi Buka Puasa untuk Dhuafa.

Pada minggu ke-dua, masyarakat dapat mengikuti donasi Parsel Paket Sekolah untuk membagikan perlengkapan sekolah bagi anak-anak yang membutuhkan. Pada minggu ke-tiga, Tokopedia menghadirkan donasi Parsel Lebaran untuk anak yatim serta masyarakat kurang mampu dan di minggu ke-empat, ada donasi Tunjangan Hari Raya yang ditujukan bagi masyarakat terdampak pandemi.

“Dengan menyatukan upaya dari para mitra strategis, Tokopedia percaya bahwa semangat masyarakat Indonesia di tengah pandemi ini akan terus menyala untuk berbagi kebaikan, inspirasi dan momen kebersamaan Ramadan dari rumah,” tutup Nuraini.

(EV)

Baca Juga

Leave a Reply