Tips Sukses Jadi Produser Radio ala Iqbal Tawakkal

Bagi orang awam, jika mendengar kata radio yang pertama kali adalah para penyiar idola. Karakter radio yang personal membuat para pendengar merasa punya ikatan batin dengan para penyiar kesayangannya.

Penyiar yang lucu dan heboh tidak terlepas dari peran producer radio yang menjadi seperti sutradara dalam suatu film.

Pada seminar radio yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), dihadirkan Iqbal Tawakkal yang merupakan producer dari acara pagi di radio Prambors, radio anak muda di Jakarta. Kawula Muda menjadi sapaan untuk pendengar Prambors pada umumnya.

Iqbal menjadi producer acara “DESTA & GINA IN THE MORNING” dengan slogannya yang terkenal,” Destaa and Gina, s’lalu menemani, kamu di pagi hari…”

Nah! itu adalah lirik jingle Desta & Gina in The Morning kawula muda, siaran pagi bareng Desta & Gina setiap Senin-Jumat jam 6-10 pagi. Program ini mengudara di 8 kota  secara live yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Kawula Muda menjadi sapaan untuk pendengar Prambors pada umumnya. Mau tau gimana hebohnya Iqbal dan para penyiarnya? Simak di video berikut:

Dalam seminar radio di UPJ, Iqbal mengatakan bahwa saat ini radio tidak bisa berpanjang-panjang kata. Penyiar yang berkata-kata sepanjang 5 menit dianggap bicara terlalu lama. Dan saat ini saat siaran, kita juga harus memikirkan kontennya bila nanti diupload di Youtube. Producer pun dituntut mengenal kepribadian penyiarnya. Misalnya, Desta pernah tidak nyaman di saat Gina tidak masuk dan diganti dengan penyiar lainnya.

Sebagai producer, Iqbal tertantang untuk membuat konten yang tidak hanya terdiri dari 1 topik misalnya tentang percintaan, reka adegan, film animasi yang baru, potongan lagu baru yang dibuat polling. Bila banyak yang pilih, maka lagu tersebut diputar. Menurut Iqbal, karena ia bekerja di radio anak muda, maka kontennya harus spesifik membahas dunia anak muda, harus memiliki konten yang menarik bagi anak muda. Tujuan producer bukan sebagai pembantu penyiar, tapi ia dapat membuat konten dan meramunya menjadi materi siaran yang menarik. Setiap hari ia melakukan brainstorming dengan timnya di radio agar dapat menyiapkan materi yang baru untuk morning show keesokan harinya.

Di setiap harinya, Iqbal menyusun materi sesuai jam siaran. Pada jam 6-an, dia akan membahas topik-topik yang santai. Sedangkan di jam 7, biasanya sudah banyak pendengar yang tweet ke radio tempat dia bekerja. Biasanya di jam ini akan dibahas current issues yang lagi hangat dibicarakan di publik.

Ada kejadian yang lumayan menyenangkan di mana dalam satu minggu Iqbal mengangkat topik tentang Gina yang mau mengganti hp lamanya dengan hp yang baru. Dari mulai membahas hp Gina yang lama, sampai mengecek harga hp baru yang diincar Gina. Bahkan ada satu pendengar radio yang akhirnya membeli hp lama Gina. Menarik bukan?

Bila kamu berminat mendalami ilmu komunikai khususnya dunia peradioan, bisa mendaftarkan diri ke jurusan komunikasi yang ada di Universitas Pembangunan Jaya.

Info lebih lanjut:
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat
Phone: (021) 745-5555

 

(EGS)