Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun Yang Menyenangkan

Sebentar lagi kita memasuki bulan Desember. Saatnya merencanakan liburan akhir tahun. Patut diingat bahwa perencanaan liburan yang buruk dan kurangnya informasi saat liburan bisa menyebabkan beberapa masalah pada Anda, seperti biaya yang membengkak, barang bawaan yang terlalu banyak & merepotkan, bahkan mungkin Anda terkena traveler diare yang dapat merubah liburan Anda menjadi bencana. Simak tips & trick merencanakan liburan yang kami kutip dari Indotraveller.com

Informasi

Galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai daerah yang akan dituju, bisa dengan bertanya pada teman, melihat dari majalah atau mencarinya di internet. Saat ini pencarian informasi melalui internet sudah lebih baik dengan banyaknya situs-situs yang memberikan informasi lengkap tentang objek wisata. Jika memungkinkan carilah travel log atau catatan perjalalan / pengalaman orang lain yang pernah mengunjungi tempat yang ingin Anda tuju, karena akan lebih membantu & informatif.

Mulailah untuk belajar membuat travel log / catatan kecil perjalanan Anda mengenai biaya, waktu tempuh, ongkos, penginapan dan lain-lain. Catatan tersebut bisa Anda simpan atau Anda publish di internet / blog Anda untuk membantu wisatawan lain yang akan mengikuti jejak langkah Anda. Salah satu situs wisata yang cukup lengkap dan banyak berisi travel log / story dapat Anda lihat di www.travelblog.org

Peta Wisata

Banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya sebuah peta. Pada dasarnya peta Andalah gambaran permukaan bumi yang ditulis pada bidang datar (karena bumi berbentuk bulat / elipsoid). Selain menunjukan lokasi, peta yang baik harus memiliki skala, sehingga Anda bisa menentukan jarak suatu tempat ke tempat lain, yang pada akhirnya Anda dapat menentukan perkiraan waktu tempuhnya. Peta yang lebih informatif dilengkapi dengan garis kontur yang merupakan gambaran ketinggian, sehingga Anda bisa mengetahui suatu tempat berada di dataran tinggi atau rendah, atau perjalanan yang akan menanjak / menurun (posisinya relatif terhadap posisi Anda sekarang).

Karena banyaknya informasi yang terdapat di permukaan bumi, maka peta sering dibuat berdasarkan tema, untuk menghindari kelebihan informasi yang pada ujungnya akan membingungkan penggunanya. Peta wisata biasanya dibuat khusus untuk keperluan wisatawan, dimana informasi yang menunjang seharusnya termuat di dalamnya, seperti lokasi hotel, restaurant, tourist information center, objek wisata, rute kendaraan umum, terminal, dll.

Siapkanlah peta daerah yang akan Anda tuju. Saat ini peta wisata bisa dibeli di toko-toko buku dengan harga yang terjangkau, dan mulailah belajar untuk menggunakannya.

Transportasi

Ada beberapa alternatif transportasi yang dapat digunakan menuju dan selama liburan Anda dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Apabila Anda memutuskan menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya hanya jika tujuan wisata Anda tidak terlalu jauh, pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima, cek semua kelengkapan stAndar seperti tool box & ban serep, surat-surat Dll.

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum baik darat, laut maupun udara, pesanlah tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan. Selain memastikan ketersediaan tiket / tempat, memesan jauh hari sebelumnya juga bisa menghemat biaya (terutama tiket pesawat terbang) karena biasanya harganya masih lebih murah.

Akomodasi

Mungkin sebagian dari Anda ada yang mengenal istilah “harga corporate”. Harga tersebut merupakan harga diskon yang diberikan oleh hotel kepada rekanan bisnisnya, bisa berupa perusahaan-perusahaan besar yang prospektif maupun perusahaan travel. Untuk hotel berbintang 3-5, diskon harga yang diberikan bisa mencapai 45% dari publish rate (harga untuk pengunjung umum) saat weekday dan sampai dengan 35% saat weekend. Oleh sebab itulah perusahaan travel bisa memberi harga diskon yang besar kepada pelanggannya. Sedangkan untuk hotel kecil sampai dengan hotel melati, diskon yang didapat berkisar 10% saja.

Dari penjelasan di atas, sebaiknya Anda memesan hotel melalui travel (pilihlah perusahaan travel yang baik dan bisa dipercaya) untuk mendapatkan harga diskon (pastikan harga yang Anda bayar dibawah harga publish rate, Anda bisa mengetahui harga publish rate dengan menelepon langsung hotel atau mengeceknya di internet), dan usahakan pesan jauh hari sebelum waktu liburan Anda tiba, untuk memastikan ketersediaan kamar di hotel yang Anda impikan.

Selain melalui perusahaan travel, Anda juga bisa memesan hotel melalui situs pemesanan online seperti Expedia, Agoda, dll., cara ini merupakan cara termudah karena bisa dilakukan langsung di smartphone Anda dimanapun Anda berada. Ada banyak situs pemesanan hotel online dan biasanya memberikan harga yang berbeda-beda, untuk itu Anda bisa melakukan riset sederhana dengan membandingkan penawaran harga dari situs-situs tersebut untuk mendapatkan harga terbaik.

Dalam melakukan pemesanan hotel secara online sebaiknya perhatikan juga apakah harga yang tercantum sudah termasuk pajak dan biaya lainya.

 

(EGS)