Jum. Des 6th, 2019

Tips Merawat Handuk Yang Benar

Handuk adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang hampir di setiap rumah ada. Ini merupakan sejenis kain tebal yang mudah menyerap air digunakan untuk mengeringkan kulit sehabis mandi, berenang, atau  keringat. Bila kita kurang baik merawatnya maka handuk akan bau, berjamur, dan menjadi sumber penyakit kulit. Agar terhindar dari semua itu simaklah tips perawatannya berikut ini:

  1. Jemurlah handuk secara melintang pada tempat yang datar seperti pada jemuran tali atau jemuran alumunium di luar kamar mandi setelah Anda menggunakannya, hal ini berguna agar handuk yang baru digunakan akan mudah kering.
  2. Usahakan tidak menggantung handuk terlalu lama di dalam kamar mandi karena akan membuat handuk menjadi lembab, bau dan berjamur yang mungkin saja menjadi penyebab penyakit kulit.
  3. Jemurlah handuk Anda jangan di bawah sinar matahari langsung. Ini bisa merusak handuk sehingga handuk cepat lapuk.
  4. Cucilah handuk setidaknya 3-7 hari sekali, cara mencucinya sama dengan mencuci pakaian pada umumnya yaitu direndam dulu memakai air yang dicampur sabun cuci pakaian/detergen lalu dicuci pakai mesin cuci atau dibersihkan menggunakan sikat halus secara hati-hati sampai bersih lalu dibilas.
  5. Jangan memakai pengharum cucian, karena pengharum cucian mengandung minyak yang dapat menempel pada bulu handuk dan membuat handuk kasar dan susah menyerap air.
  6. Setelah handuk dicuci bersih jemurlah sampai kering kemudian lipatlah untuk selanjutnya disimpan di lemari. Handuk yang telah dijemur jangan disetrika karena akan membuat serat kain handuk menjadi tipis.
  7. Handuk yang kita pakai setelah beberapa lama akan menjadi kusam, untuk mencegah kusam maka sebelum handuk dipakai (handuk baru) sebaiknya handuk dicuci dengan cara:
  • didihkan air secukupnya
  • setelah mendidih, tuang air ke dalam ember yang sudah berisi handuk yang akan dicuci,
  • tambahkan dengan deterjen, usahakan air dapat merendam handuk secara keseluruhan,
  • diamkan selama satu jam setelah itu sikat handuk dan cuci seperti biasa. Hasilnya handuk tetap berwarna cemerlang walaupun sudah dipakai berulang kali.

Bagaimana menghilangkan bau apek pada handuk?

Bau apek pada handuk memang sangat mengganggu. Untuk menghilangkan bau tersebut, rajin-rajinlah mencucinya dan menyimpannya ketika handuk sudah kering.

Atau bila bau apek tersebut terus melekat, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan rendaman air cuka atau soda kue.

Bilas handuk yang berbau apek pada air rendaman cuka atau soda kue. Setelah itu rendam handuk beberapa saat dengan menggunakan air panas. Air panas dapat membuat bulu handuk terbuka dan kotorannya cepat rontok. Jemur dan pastikan handuk telah benar-benar kering saat akan disimpan.

BACA JUGA  Apakah Anda Menyadari Tubuh Anda Telah Terjangkit Hepatitis? Waspadalah...

Handuk Berkualitas

Sebelum membeli handuk baru, perhatikan beberapa kriteria yang patut Anda pertimbangkan:

  1. Kualitas bahannya nomer satu, dari micro fiber
  2. Sangat cepat menyerap air, bahkan bisa mencapai 7x berat awal.
  3. Cepat kering
  4. Halus, lembut, dan nyaman digunakan
  5. Bulu tidak rontok dan tidak kasar serta tidak menggores.
  6. Jangka waktu pemakaiannya panjang alias awet.
  7. Anti bakteri

Hmm…memang benar kata pepatah : ada harga, ada rupa ya. Saat ini sudah hadir di Indonesia handuk premium alias handuk berkualitas yakni Chliya. Dibandingkan handuk biasa, handuk Chliya punya sederet kelebihan. Mulai dari lebih lembut, anti bakteri sekaligus bebas dari zat kimia berbahaya. Itu artinya, Moms tak perlu takut harus mengeluarkan biaya ekstra karena kesehatan kulit si kecil pasti terjaga.

Di samping itu, bulu handuk Chliya tidak rontok alias awet, sehingga Moms tak perlu sering membeli handuk karena rusak. Nah, bila dihitung, berapa uang yang bisa Moms hemat? Jadi setuju kan jika dikatakan handuk Chliya memiliki nilai ekonomis yang tinggi. .

Cocok untuk kulit bayi

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih handuk untuk bayi adalah bahannya. Pastikan handuk yang dipilih tersebut benar-benar lembut dan berdaya serap tinggi seperti handuk Chliya.  Jangan sampai terkecoh dengan variasi handuk yang lucu dan unik. Pilihlah handuk yang bisa memberikan kelembutan sempurna bagi kulit bayi yang sangat peka. Tertarik mencoba, Moms?  Terbuat dari micro fiber yang dicampur dengan serat bambu, membuat CHLIYA Baby Towel terasa sangat lembut, mudah menyerap air dan pastinya anti baketri.

Variasi produk

Ada beragam produk Chliya yang dapat Anda pilih. Tidak hanya handuk bayi, juga ada lap pembersih lensa kacamata, Handkerchief, Face Towel, Sport Towel, Jogging Towel, Travel Towel, Shower cap, Baby Towel, Kids Towel, Bath Towel, Bath Skirt, Kids Robe (kimono anak), dan Bath Robe (kimono dewasa). Terdapat dalam 9 pilihan warna yang berbeda. Harganya berkisar dari Rp. 30.000 (lap pembersih lensa kacamata) hingga Rp. 2.000.000,-.(bath robe)

Special Order

Handuk ini juga dapat dipesan untuk acara khusus seperti acara outing kantor, ulang tahun anak, souvenir perkawinan dll. Handuk-handuk tersebut dibentuk khusus seperti binatang-binatangan atau ditambah hiasan cantik lainnya.

Baca Juga:
Asoka Baby Store Tempat Penjualan Perlengkapan Bayi yang Nyaman
Melayani Kebutuhan Bayi, Nenen Baby Shop

BACA JUGA  Memahami Obesitas dan Cara Mengatasinya - Seminar Awam RS Omni Alam Sutera

Bisa dibeli di mana?

Handuk Premium asal Taiwan ini hadir di Indonesia sejak tahun 2014 dan dapat  diperoleh di beberapa toko online atau marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Shopee. Juga dapat dibeli di Toko Buku Gramedia, Moms n Jo,  dan Fontana Sport Massage & Reflexology Bintaro, Ruko Kebayoran Business Park C07 Blok KQ. Telp: (021) 2221 3969

Baca juga: Fontana Sport Massage & Reflexology, Pijat Kesehatan Bagi Penggemar Olah Raga

Info lebih lanjut

Chliya Indonesia
Ruko Bolsena Blok B No. 50
Gading Serpong, Tangerang – 15810
E-mail: chliyaindonesia@gmail.com
Website: www.chliyaindonesia.com/

Instagram: https://www.instagram.com/chliyaindonesia/
Tokopedia: https://www.tokopedia.com/chliyaindonesia
Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/chliyakalimantan/label/handuk
Shopee: https://shopee.co.id/chliya

(EGS)

 

Baca Juga