Tips Mengenalkan Buku Sejak Dini Kepada Anak

Mengenalkan buku pada anak merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan orangtua sejak dini. Bagaimana cara memulainya? Simak tips-tips berikut ini.

Buku sebaiknya diperkenalkan saat anak masih berusia batita atau di bawah tiga tahun. Bila anak senang membaca, kemampuan berbahasa anak bisa meningkat dengan pesat. Ia akan menemukan kosa kata baru yang bisa digunakan sehari-hari.

Orang tua dapat membeli beberapa buku cerita sederhana dan bergambar, serta menyediakan waktu untuk mendongeng sebelum tidur atau saat waktu senggang di rumah. Ini akan membuat anak menyukai buku.
Pilihlah buku yang sesuai dengan usia anak. Bila ia belum dapat membaca, maka buku-buku yang dibeli adalah buku-buku yang banyak gambar dan minim kata.

Di samping itu pilihlah buku yang sesuai minat anak. Bila ia suka musik, maka belilah buku-buku yang memuat gambar alat musik. Bila anak suka olahraga, orang tua dapat membelikan buku-buku bertema olahraga.
Dengan buku, kita dapat melatih daya imajinasi anak, maka kita bisa melakukannya dengan cara membacakan buku cerita dan untuk mengarahkan imajinasinya, kita bisa menggunakan ilustrasi atau gambar, sehingga imajinasi anak tentang sesuatu akan lebih terarah, sehingga ia pun bisa mengaitkan isi cerita dengan fenomena yang sebenarnya terjadi.

Orang tua pun harus seksama menyimak isi dari buku yang akan diberikan ke anak. Jangan sampai ada konten yang tidak sesuai dengan umurnya atau buku yang mengajarkan keburukan.

Seminar Parenting

Buku sebenarnya dapat menjadi alat komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak-anak. Untuk membahas topik ini lebih lanjut, Anda dapat mengikuti seminar parenting yang akan diadakan di Music Café Bintaro, BEC (Bintaro Entertainment Center) Bintaro Sektor 7 pada hari Sabtu, 5 Agustus 2017 mulai jam 10 pagi.

Seminar dengan judul “How To Start Effective Communication with Children Through Books” akan menghadirkan beberapa psikolog anak seperti Gloria Siagian Psi, Robyn Soetikno dan Arif Didu. Untuk registrasi, hubungi 0812 8111 8384.

 

(EGS)

Leave a Comment