Sel. Sep 17th, 2019

Tips Memilih Taman Bermain Anak

Salah satu sarana permainan siswa KB/TK Pembangunan Jaya

Berapa usia putra putri Anda? Bila sudah memasuki usia sekolah, Anda pasti mulai sibuk mencari informasi sekolah terbaik bagi sang buah hati. Mari simak tips cara memilih taman bermain anak dari Ayahbunda.com.

Mulai pilih-pilih Taman Bermain yang oke untuk si Batita? Jangan sembarangan memilih Taman Bermain lho. Pilih yang benar-benar sesuai dengan minat dan berkualitas bagus. Berikut Ayahbunda berikan tip-tip memilih Taman Bermain  atau playgroup untuk si Batita.

Pilih sekolah yang memiliki program sesuai usia anak.

  • Perhatikan durasi atau lamanya aktivitas di Taman Bermain. Durasi yang terlalu panjang bisa membuat si kecil cepat lelah atau bosan. Pertimbangkan juga kapan dia harus beristirahat.
  • Perhatikan waktu (hari dan waktu) kapan si kecil harus ‘bersekolah’. Anda juga perlu mempertimbangkannya dengan waktu tidur siang dan jam-jam kapan si kecil sedang aktif-aktifnya.
  • Perhatikan lokasi sekolah. Lokasi sekolah sebaiknya tidak terlalu jauh, agar anak tidak bosan dan lelah di perjalanan.
  • Cermati fasilitas dan kondisi tempat bermain, keamanan dan kenyamanan lingkungan sekolah, dan kesehatan guru.
  • Tak ada salahnya ikut free trial di sekolah tersebut.
  • Perhatikan reaksi anak. Apakah ia senang? Nyaman? Sesuai minat atau justru tertekan dan tidak senang?
  • Si Batita masih dalam tahap proses pengembangan motorik, emosi, dan sosialnya. Itu sebabnya pemilihan Taman Bermain untuknya harus benar-benar dicermati agar sesuai dengan perkembangannya. Bahkan jika memungkinkan, dampingilah si kecil di sekolah.

Kurikulum dan metode pengajaran

Sebagian orang tua setuju bahwa kemampuan baca-tulis-hitung (calistung) dan bahasa asing perlu diajarkan di dalam PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), sementara sebagian orang tua tidak. Masing-masing memiliki latar belakang dan alasan tersendiri. Hal yang terpenting, jika anak dapat membaca tanpa merasa dipaksa, maka seterusnya dia akan mempersepsikan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan. Selain itu, menurut seorang ahli psikologi, tidak ada hubungan antara seberapa dini anak belajar membaca dengan kemampuannya membaca di kemudian hari. Maka dari itu, pilihlah sekolah yang sesuai dengan prinsip tersebut dan sesuai kemampuan serta minat anak.

Jumlah anak dalam tiap kelas

Berapa jumlah anak dalam tiap kelas dan berapa jumlah guru untuk menangani mereka? Makin sedikit jumlah anak yang perlu ditangani tiap guru memungkinkan anak mendapat perhatian yang lebih baik.

BACA JUGA  Peran Orang Tua Memaknai Multikultur Sebagai Kekuatan
Ruang kelas Kelompok Bermain (KB) Pembangunan Jaya

Kondisi sekolah

Sekolah akan menjadi rumah kedua anak sehingga pastikan bahwa anak berada di lingkungan yang bersih dan terawat. Bagaimana dengan tingkat keamanannya? Apakah ada petugas yang berjaga agar anak tidak dijemput orang asing? Periksa apakah toiletnya bersih atau bagaimana dengan bangunan secara keseluruhan serta kelayakan peralatan bermain. Pastikan semua benar-benar aman dan terawat dengan baik.

Fasilitas permainan dan pendidikan

Pastikan keberadaan alat-alat bermain dan sarana-sarana lain, seperti perpustakaan dan kamar istirahat untuk siswa yang sakit. Semua ini berperan penting sebagai sarana eksplorasi anak. Cermati juga apakah sekolah tersebut menyediakan kegiatan yang disukai anak Anda, seperti menari, musik, olahraga, ataupun dongeng.

Sikap para guru dan staf

Sikap guru dan staf akan berdampak kepada bagaimana nantinya anak bersikap. Hal ini menciptakan perbedaan besar terhadap suasana sekolah yang ceria dan mendukung perkembangan anak.

Open House KB-TK Pembangunan Jaya

Bagi Anda yang sedang mencari sekolah bagi putra putri Anda, mungkin bisa mengikuti open house pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 yang diselenggarakan oleh KB-TK Pembangunan Jaya. Dalam open house ini juga akan digelar berbagai lomba ibu dan anak seperti baby race serta fishing game. Tak lupa ada hadiah menarik dan goodie bag bagi Anda yang hadir. Juga ada lomba lego. Tahukah Anda bahwa permainan lego itu sangat melatih ketrampilan motorik halus anak, mendorong kerja tim dan melatih kreativitas anak.

Baca Juga: https://www.infobintaro.com/manfaat-edukasi-dalam-permainan-lego/

Dalam kesempatan itu juga diadakan tour mengunjungi berbagai fasilitas yang ada di taman bermain dan taman kanak-kanak. Simak ulasan berbagai fasilitasnya di https://www.infobintaro.com/berbagai-fasilitas-kbtk-pembangunan-jaya/

Fasilitas Unit Kesehatan Siswa KB/TK Pembangunan Jaya

Para calon orang tua dapat memanfaatkan kesempatan memeriksakan psikologi anak bila mendaftar pada open house tersebut. Istimewanya, gratis formulir pendaftaran, hanya  membayar biaya pemeriksaan Psikologi Rp. 150.000.

Acara ini hanya berlangsung 3 jam dari jam 9-11 siang di KB-TK Pembangunan Jaya  di Bintaro Sektor 9. Anda pun akan mendapatkan goodie bag dan doorprise.

Baca Juga:
https://www.infobintaro.com/mengenal-kbtk-pembangunan-jaya/

Info lebih lanjut:
Dadang : 0856-9107-8615
Instagram : @kb_tk_peje_bintaro
Facebook: Pembangunan Jaya Kindergarten
Website: tk.jayaschool.org

BACA JUGA  Donasikan Buku Anda ke Taman Baca Anak Lebah Indonesia

(EGS)

 

Baca Juga