Tips Memilih Bulu Mata Palsu Sesuai Bentuk Mata

Fungsi bulu mata palsu pada dasarnya adalah membuat kesan mata tampak lebih besar dan terbuka. Selain itu bulu mata yang lentik membuat mata terlihat lebih dramatis dan cantik. Maka tidak heran banyak pengguna makeup yang terus menggunakan bulu mata palsu demi menunjang penampilan.

Namun tidak sedikit orang yang salah memilih bulu mata palsu yang kurang sesuai dengan bentuk mata mereka. Harga murah dan bentuk yang lucu belum cukup jadi bahan pertimbangan, kualitas dan presisi eyelash juga perlu jadi bahan acuan. Setiap orang terlahir dengan bentuk mata yang beragam karena itulah diciptakan berbagai jenis, bentuk dan tipe bulu mata palsu ada untuk menjawab setiap kebutuhan yang berbeda.

Mata Bulat

Mata bulat memiliki garis ujung kelopak mata yang cenderung turun sehingga mata terlihat bundar. Untuk itu perlu bulu mata palsu yang dapat memberi ilusi mata lebih panjang pada bagian ujungnya untuk mengangkat kelopak mata agar terlihat lebih naik dan tajam. Pilihlah bentuk bulu mata palsu yang presisi pemotongannya, yaitu panjang pada bagian luar dengan ketebalan sedang. Bila terlalu tebal justru akan membuat mata bulat kurang terbuka dan tidak seimbang.

Mata Besar

Perbedaan mata besar dan mata bulat adalah pada ukurannya. Bila mata bulat cenderung terfokus pada ujung mata saja justru mata besar terfokus pada ukurannya yang besar. Karena fungsi bulu mata palsu ialah membuka mata agar lebih lebar, maka pilihlah bulu mata palsu yang memiliki susunan bulu tebal pada seluruh sisinya. Hal ini membuat mata terlihat lebih terisi dan tidak terlalu besar tanpa mengurangi keindahannya.

Namun perlu diperhatikan jug semakin tebal susunan bulu pada suatu eyelash akan memberi kesan yang lebih dramatis. Karena itu bila ingin pergi ke suatu acara dengan menggunakan bulu mata palsu, pertimbangkan lebih dahulu apakah bulu mata tersebut pantas atau tidak. Karena bulu mata dramatis memberi kesan lebih glamour dan kurang natural.

Mata Sipit

Bentuk mata sipit memiliki ujung panjang dan kelopak mata yang turun sehingga penggunaan bulu mata yang terlalu lentik dan dramatis dirasa kurang sesuai. Karena akan membuat bulu mata palsu terlihat berat dan tidak seimbang dengan ukuran mata yang kecil. Pilihan terbaik untuk tipe mata ini adalah individual lashes, yaitu bulu mata palsu yang berupa satuan kelompok kecil bulu mata.

Bila dirasa kurang praktis dan memakan waktu lama untuk melekatkan individual lashes, alternatif lainnya adalah dengan memakai bulu mata yang susunan bulu matanya jarang dan relatif agak pendek. Dengan begitu mata akan terlihat lebih natural dan terbuka.

Mata Almond

Mata almond adalah bentuk mata paling ideal dibandingkan yang lainnya. Ujung mata yang terangkat dengan kelopak yang melengkung cantik membuat jenis mata ini tak perlu repot-repot disiasati. Almond eyes bisa memilih jenis bulu mata palsu apapun untuk mempercantik penampilannya. Hal yang perlu diperhatikan hanya pada tingkat ketebalan eyelash karena semakin tebal mata justru akan terlihat semakin mengecil dan membuat mata kurang terdefinisi.

Mata Cekung

Cenderung masuk ke dalam mendekati tulang alis adalah ciri-ciri mata cekung. Bentuknya yang kurang keluar membuat bulu mata aslinya terlihat lebih pendek. Akan lebih sesuai untuk memilih eyelash dengan tipe panjang dan lentik karena akan membantu bulu mata terlihat cantik dan memberi ilusi mata tidak terlalu cekung. Selain itu bulu mata yang panjang dan dramatis akan lebih menunjang riasan bagi jenis mata cekung.

Hooded Eye

Hooded Eye adalah sebutan bagi Anda yang memiliki lipatan mata bagian tengah lebih rendah. Hal ini menyebabkan mata Anda terlihat kecil. Untuk menyiasatinya Anda bisa menggunakan tipe eyelash yang memiliki potongan membukit yaitu pendek pada bagian kiri kanan namun lebih panjang pada bagian tengah. Presisi ini akan membuat ilusi seolah-olah mata lebih terbuka dan lebar.

Mata Mengantuk

Mata mengantuk memiliki proposi kelopak mata tebal dan ujung mata yang turun. Sehingga terlihat mengantuk atau sedih. Pemilik mata jenis ini lebih cocok menggunakan tipe bulu mata yang panjang dan tebal pada bagian garis luar. Hampir mirip seperti eyelash untuk mata bulat namun dengan bulu-bulu yang lebih banyak. Karena akan membuat mata terlihat lebih terbuka dan tidak turun, selain itu bulu yang tebal dan naik dapat menutupi kelopak mata yang besar dan membuat mata terlihat lebih fresh.

Itulah beberapa tips memilih bulu mata palsu sesuai bentuk mata. Tapi selain memilih sesuai bentuk mata, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis acara yang akan Anda hadiri. Bila kebutuhan pemakaian bulu mata palsu hanya untuk berangkat kerja sehari-hari lebih baik gunakan yang bertipe natural agar mata tidak tampak berlebihan. Gunakan yang dramatis dengan bulu panjang dan tebal untuk menghadiri acara-acara resmi atau pesta.

Lihat videonya ya… https://www.youtube.com/watch?v=UUbkod_Q3BI

Cara memasang bulu mata palsu

  1. Pakai make up mata terlebih dahulu  seperti eyeliner. Anda tidak akan memakai maskara sebelum eye shadow. Begitu juga dengan bulu mata palsu. Agar bulu mata yang Anda pasang tidak berantakan, Anda perlu memakai make up mata seperti eyeshadow dan maskara terlebih dahulu sebelum memakai bulu mata palsu.
  2. Pilih lem bulu mata. Tak semua lem bulu mata sama. Pilihlah lem yang ketika pertama kali diaplikasikan berwarna putih, dan berubah menjadi transparan ketika kering. Jangan pilih yang berubah menjadi gelap atau kehitaman ketika kering, karena bisa merusak makeup matamu jika Anda tidak berhasil memasangnya.

Jenis-jenis lem bulu mata antara lain:

  • Lem Bulu Mata Latex, terbuat dari karet dan merupakan jenis yang paling tradisional dalam merekatkan bulu mata palsu. Lem ini biasa digunakan untuk menempelkan bulu mata palsu ketika setengah kering. Jadi, jika Anda ingin menggunakan jenis ini, biarkan telebih dulu beberapa saat sebelum ditempelkan ke bulu mata Anda. Mudah dibersihkan namun tidak cocok digunakan untuk kulit yang alergi terhadap bahan karet.
  • Lem Bulu Mata Cair – Memiliki bentuk liquid (cair), lebih rekat dan berjenis permanen sehingga membutuhkan eyelash glue remover.
  • Lem Bulu Mata Krim– Terbuat dari bahan krem dan membutuhkan keahlian khusus untuk menempelkannya agar tidak terlihat berantakan. Pemakaian yang tidak hati-hati membuat lem ini membuat mata terlihat tidak natural. Sebaiknya Anda jangan menggunakan lem jenis ini jika masih baru memakai bulu mata palsu.
  1. Posisikan mata Anda melihat ke bawah melewati hidung Anda di depan cermin. Posisi ini akan memudahkan Anda memasang bulu mata palsu, serta mencegah lem mengotori kelopak matamu.
  2. Pasang bulu mata. Pertama-tama, coba ukur bulu mata ke matamu, lalu potong jika terlalu panjang. Oleskan segaris tipis lem pada dasar bulu mata palsumu, dan tunggu sebentar sampai lem tersebut lengket. Ini akan memudahkannya menempel. Kemudian pasang bulu mata mulai dari sudut dalam mata, kemudian tempelkan bagian luarnya sehingga bulu mata palsu berada sedikit di atas bulu mata asli. Ini akan membuat matamu terlihat lebih besar. Tunggu 2 menit sampai kering, dan gunakan eyeliner gelap pada akar bulu matamu. Setelah itu, jepit bulu mata asli dan palsu jadi satu agar mengurangi tekanan pada kelopak mata dan terasa lebih nyaman.
  3. Tips agar bulu mata palsu dapat digunakan kembali. Jangan memakai maskara. Jangan membersihkannya dengan air karena akan merusaknya. Cukup angkat lemnya, atau gunakan silicone eye makeup remover atau Q-tip untuk membersihkan.

Alexandra Eyelashes

Bila Anda sibuk dan tak sempat membeli bulu mata palsu untuk menunjang penampilan Anda, mengapa tidak pesan di Alexandra Eyelashes? Usaha ini dimiliki oleh warga Bintaro bernama Putri Trieke Yuliani yang memang gemar mengenakan bulu mata palsu. Walaupun baru berjalan 3 bulan, bulu mata palsu ini telah memiliki banyak pelanggan bahkan dari luar kota seperti Bandung, Batam dan Pekan Baru. Bulu mata sintesis yang diproduksi Alexandra Eyelashes terasa ringan. Nyaman dikenakan oleh mereka yang tidak biasa memakai bulu mata palsu.

Bulu mata ini diproduksi oleh para pengrajin di Solo dengan harga berkisar Rp. 25.000-Rp. 30.000/pasang. Ada enam tipe yang dijual. Tipe pertama yang paling natural cocok yang untuk penggunaan sehari-hari. Selanjutnya dapat dilihat di foto di atas.

Kelebihan dari bulu mata Alexandra Eyelashes dapat dikenakan berkali-kali. Hemat biaya bukan? Menurut Putri, bulu mata ini dapat dipakai hingga 4-5 kali.

Saat ini bulu mata ini dipasarkan via beberapa make-up artist yang ada di Jakarta Selatan. Buat Anda yang berminat membeli, dapat menghubungi kontak di bawah ini.

Info lebih lanjut:
Instagram: @alexandraeyelashes by  Putri Reza
Order to 0811-912-826

(EGS)