Jum. Mei 24th, 2019

Tips: Liburan Nyaman, Kantong Tetap Aman

Menurut beberapa survei, bagi anak-anak muda berlibur merupakan salah satu kebutuhan prioritas. Hal ini terlihat juga dari pertumbuhan pesat pada industri yang terkait gaya hidup seperti makanan dan liburan. Menurut Forbes, 20 persen pelancong di dunia adalah anak muda.

Mempersiapkan liburan jauh hari juga bukan gaya anak muda zaman sekarang. Menurut data Travel and Tech Agoda, anak muda Indonesia sangat spontan ketika merencanakan liburan. Waktu persiapan (lead times) hanya 18 hari, baik untuk destinasi dalam negeri maupun destinasi internasional. Waktu persiapan itu merupakan jarak antara reservasi akomodasi sebelum libur dan pelaksanaan liburan.

Anak muda Saudi Arabia, menurut survei tersebut, menempati urutan pertama dengan waktu persiapan rata-rata 16,9 hari.

Menjelang liburan akhir tahun ini, ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan untuk mendapatkan liburan nyaman, tetapi tetap aman di kantong sehingga tidak meninggalkan tagihan kartu kredit yang membuat merana di tahun depan.

Jika memang liburan merupakan salah satu prioritas, sisihkan dana setiap bulan. Langkah berikutnya adalah menyesuaikan dana yang terkumpul dengan pemilihan destinasi. Jika belum cukup, pindah ke destinasi lain yang lebih terjangkau. Tidak perlu memaksakan diri untuk mendatangi tujuan yang menjadi keinginan ketika kantong tidak mencukupi.

Kalaupun pembelian tiket atau hotel menggunakan kartu kredit, pastikan sudah ada dana cukup ketika kartu kredit jatuh tempo. Misalnya ada penerimaan bonus sesudah liburan. Bonus dapat langsung dialokasikan untuk membayar lunas kartu kredit. Jika tidak, bunga tinggi kartu kredit akan menghantui. Sejak awal, sebaiknya tidak mengambil risiko untuk aktivitas seperti ini.

Pilih juga kartu kredit yang menyasar pencinta perjalanan karena biasanya memberikan fasilitas lebih seperti hadiah poin ganda untuk pembelanjaan terkait dengan perjalanan seperti pembelian tiket pesawat dan pembayaran hotel.

BACA JUGA  Chevrolet Hadirkan Tips Bepergian Bersama Hewan Kesayangan

Dapatkan penawaran menarik dari hotel atau maskapai penerbangan melalui pameran perjalanan, baik daring maupun yang langsung (offline). Survei dengan saksama berbagai penawaran hotel dan tiket pesawat. Jika kita cerdik, masih banyak penawaran menarik dan harga yang jauh berbeda. Satu hal yang dibutuhkan adalah tak lelah untuk menilik satu laman internet ke laman internet lain untuk membandingkan harga.

Bepergian bersama teman dapat menghemat biaya, seperti biaya sewa mobil di tempat tujuan. Berbagi kamar juga berarti penghematan. Barang bawaan yang terlalu berat akan merepotkan dan menimbulkan risiko kita harus membayar biaya ekstra untuk bagasi di pesawat. Solusinya, membawa keperluan pribadi secukupnya dan ringkas. Selamat mempersiapkan liburan!

 

(Sumber: Harian Kompas)

 

 

Baca Juga