Sel. Des 10th, 2019

Tips Liburan: Memilih Barang Bawaan & Packing

Banyak sekali wisatawan yang kaget ketika menyadari betapa banyak barang yang harus dibawa. Memang diperlukan pengalaman untuk menjadi efisien dalam menentukan barang apa saja yang dibawa dan seni mengepak barang ke dalam tas. Untuk Anda yang berlibur dengan menggunakan kendaraan umum, hal ini akan menjadi penting karena barang bawaan bisa mengganggu perjalanan liburan Anda. Berikut tips dari Indotraveller.com :

  1. Bawalah barang secukupnya, pastikan bahwa tidak ada barang terutama pakaian yang tidak akan terpakai masuk ke dalam tas Anda. Ingat bahwa semakin banyak barang bawaan Anda maka akan semakin merepotkan. Jangan membawa barang cadangan misal baju cadangan, celana cadangan, handuk cadangan dll, cukup yang akan dipakai saja. Pertimbangkan pula bahwa hampir semua hotel memiliki fasilitas laundry, misalkan untuk pakaian tidur cukup membawa satu saja, apabila kotor cukup masukan ke laundry di pagi hari, di malam harinya Anda sudah bisa memakainya kembali. Bayangkan apabila Anda akan menginap selama 1 minggu, maka Anda telah menghemat tempat di tas Anda sebanyak 6 buah baju tidur.
  2. Handuk, Sabun, Sampo Dll. Biasanya sudah tersedia di hotel, tidak perlu membawa handuk besar, mungkin cukup handuk kecil.
  3. Pilihlah tas yang kuat & berkualitas baik, simple dan mudah digunakan. Tas backpack lebih mudah dibawa karena menempel di punggung Anda, distribusi bebannya baik sehingga Anda tidak akan cepat lelah. Tas backpack juga bisa dibawa ke mana saja, tidak seperti tas dengan roda. Pastikan semua barang bawaan masuk ke dalam tas, hindari ada barang lain di dalam plastik misalnya yang akan Anda tenteng, karena akan merepotkan dan bahkan mungkin akan tertinggal. Bawalah satu tas kecil tambahan (misal tas pinggang) untuk menyimpan barang yang sering dipakai seperti tiket, uang receh dll.
  4. Bawalah payung, di samping untuk melindungi dari hujan juga bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari panas (multifungsi).
  5. Jangan membawa barang berharga. Apabila terpaksa membawanya, titipkanlah di deposit box hotel ketika Anda bepergian, lebih baik jangan membawa barang berharga ke tempat wisata. Jangan meninggalkan barang berharga di kamar hotel.
  6. Perhatikan juga lokasi geografis tempat yang akan Anda tuju, apakah pegunungan yang berhawa dingin atau daerah yang berhawa panas, bawalah pakaian yang cocok untuk tempat tersebut. Misalnya Anda tidak perlu membawa jaket apabila akan berlibur ke tempat yang berhawa panas.
  7. Ingatlah bahwa pakaian kotor bahkan mungkin basah akan menyita lebih banyak tempat dibanding ketika Anda membawanya pertama kali dalam keadaan kering & terlipat rapi. Siapkan kantong plastik khusus untuk pakaian kotor. Jangan dicampur dengan pakaian bersih.
  8. Jangan lupa sisakan ruang di tas Anda untuk oleh-oleh.
  9. Siapkan obat untuk mengantisipasi diare. Travelers diareatau penyakit diare saat bepergian ialah penyakit yang sudah lumrah dialami wisatawan, ini disebabkan oleh kebiasaan buruk wisatawan itu sendiri yaitu senang memakan berbagai macam jajanan khas daerah yang dikunjungi tanpa memperhatikan kebersihannya. Untuk itu persiapkanlah obat diare Anda juga pil norit sebelum Anda bepergian.
  10.  Berfikir Positif. Nikmatilah setiap kelebihan dan kekurangan perjalanan Anda. Bersikaplah ramah misal kepada pedagang asongan, atau kepada pemandu tak diundang yang tiba-tipa saja mengantarkan Anda lalu meminta uang setelahnya. Mereka hanyalah orang yang mencari penghidupan. Buatlah perjalanan Anda menyenangkan dengan berpikir positif.
  11. Tetap berhati-hati dan waspada terhadap kejahatan, terutama di tempat-tempat umum seperti terminal & pelabuhan laut / ferry.
BACA JUGA  Pengemudi Muda Lebih Cepat Mengartikan Emoji daripada Simbol Sistem Monitoring Tekanan Angin Ban (TPMS) di Dashboard Mobil

Simak tips liburan selanjutnya di www.infobintaro.com

 

(EGS)

 

 

Baca Juga

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.