Acara

The 1st Indihome Business Case Competition, Ruang Eksplorasi Bisnis Generasi Muda

Sebagai generasi penerus bangsa, mengasah kemampuan diri perlu dilakukan agar dapat memiliki kapabilitas yang unggul dan berdaya saing. IndiHome sebagai layanan fixed broadband milik PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (Telkom), berupaya mendukung proses pengembangan diri para generasi muda, khususnya dunia bisnis di era digital.

Meskipun di situasi pandemi saat ini, IndiHome menyediakan ruang bagi mahasiswa jenjang Sarjana (S1) untuk mengeksplorasi bisnis dan ide-ide modern melalui kompetisi The 1st  IndiHome Business Case Competition (IBCC) bagi mahasiswa se-Jabodetabek dan Banten.

Direktur Consumer Service Telkom, FM Venusiana R telah mengumumkan Noobtastic (rank score 86.33) dari Universitas Indonesia sebagai pemenang The 1st IndiHome Business Case Competition, yang merupakan sebuah kompetisi berbasis studi kasus mahasiwa yang telah diselenggarakan sejak 5 Oktober 2020 lalu. Program ini berhasil mengajak 476 tim dengan beranggotakan 3 orang dari berbagai universitas terkemuka di wilayah Jabodetabek dan Banten.

Melihat antusias yang tinggi dari mahasiswa, E. Kurniawan selaku Vice President Marketing Management Telkom menjelaskan, program IBCC akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun dan skalanya akan diperluas secara nasional. Harapannya, program IBCC dapat dirasakan tak hanya di wilayah perkotaan Jabodetabek saja, tapi generasi muda yang di daerah-daerah lain juga bisa merasakan manfaat ikut acara IBCC ini.

“Melalui kompetisi pendidikan IBCC, internet cepat IndiHome mengajak mahasiswa untuk mengasah kemampuan berpikir dengan cara baru yang menyukseskan digitalisasi ekonomi Indonesia. Kami berharap, para generasi muda dapat semangat untuk maju terus dunia pendidikan bersama IndiHome dan mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih maju,” jelas E. Kurniawan.

Dari ratusan ide inovatif yang masuk dalam kompetisi, dewan juri penyisihan yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA; Dr. Muhammad Subhan Iswahyudi, M.Eng; dan Dr. Dina Dellyana., S.Farm., Apt., MBA., CBAP telah memilih dan memutuskan 15 tim peserta terbaik yang masuk dalam babak final.

Lima belas tim yang masuk dalam babak final IBCC adalah Depok Consulting Group (Universitas Indonesia), WAW TEAM (Universitas Bina Nusantara), Nicoleta (Universitas Tarumanagara), Sarasvati (Universitas Bina Nusantara), Baby Dogge (Universitas Prasetiya Mulya), Kriss (Universitas Bina Nusantara), EasyPeacy (Universitas Indonesia), Leviosa (Universitas Indonesia), Agile (Universitas Bina Nusantara), Hoste (Institut Pertanian Bogor), IDEAS (Universitas Bina Nusantara), Noobtastic (Universitas Indonesia), ELEAZER (Universitas Pelita Harapan), Wallstreet (Universitas Indonesia), dan Puntenization (Universitas Bina Nusantara).

Semua tim yang lolos ke babak final menjalani rangkaian penilaian yang terdiri dari sesi presentasi selama maksimal 5 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan juri final. Adpun yang menjadi tim penilai di babak final antara lain Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo; Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA; Teuku Muda Nanta, M.Eng – Executive Vice President Telkom Regional II; dan Dr. Jemy Vestius Confido – Senior General Manager Telkom Corporate University.

Pada babak final yang diselenggarakan pada 16 Februari 2021, lima belas tim yang terpilih diseleksi kembali oleh dewan juri. Kategori penilian ditinjau dari berbagai poin, yaitu dari cara sebuah tim dalam mengeksplorasi masalah, ketepatan penerapan metodologi, kedalaman analisis, serta tingkat urgensi dan seberapa aplikatif solusi yang diberikan.

Juara pertama diraih oleh Noobtastic (rank score 86.33) dari Universitas Indonesia yang beranggotakan Kenny Anderson, Dharma Saputra, dan Sauqi Malikal Mahira. Pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp10.000.000 dan sertifikat.

Juara kedua diraih oleh Baby Dogge (rank score 81.33) dari Universitas Prasetiya Mulya dengan anggota tim Maria Chrisanti, Alexandra Daniella, dan Clarissa Joewono. Mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp7.000.000 dan sertifikat. Juara ketiga diraih oleh Wallstreet (rank score 79.33) dari Universitas Indonesia, dengan anggota tim Ruthana Bitia, Belinda Azzahra, dan Fransiskus Ryan Satya. Mendapat uang tunai sebesar Rp5.000.000 dan sertifikat.

Untuk juara favorit yang dipilih berdasarkan like terbanyak di Instagram, diraih oleh Nicoleta dari Universitas Tarumanegara dengan anggota tim Velecia Apriana, Romeyna Willim, dan Dania Arfilla. Mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp2.000.000.

Juara favorit kedua diraih oleh WAW TEAM dari Universitas Bina Nusantara dengan anggota tim Daniel Anthony, Shan Metta Nata, dan Venessia. Mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp1.000.000.

“Kami mengapresiasi antusiasme seluruh peserta yang telah mengikuti kompetisi ini. Harapannya, para peserta dapat terus mengasah ide-ide bisnisnya dengan memanfaatkan internet stabil dari IndiHome agar dapat memajukan bangsa Indonesia,” ujar Teuku Muda Nanta, Executive Vice President Telkom Regional II yang juga hadir di acara puncak final The 1st IndiHome Business Case Competition.

Informasi lebih lanjut terkait Kompetisi The 1st IndiHome Business Case Competition dapat mengunjungi www.indihome.co.id/ibcc.

(BON)

 

Baca Juga

  • Shopee Bekerja Sama dengan CJ ENM Menghadirkan KCON, Festival Budaya Korea Terbesar di Dunia untuk Pertama Kalinya

    Shopee Bekerja Sama dengan CJ ENM Menghadirkan KCON, Festival Budaya Korea Terbesar di Dunia untuk Pertama Kalinya

    Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, bekerjasama dengan perusahaan hiburan dan gaya hidup terkemuka di Asia, CJ ENM untuk membawa KCON, festival budaya Korea terbesar di dunia secara online untuk pertama kalinya. KCON adalah acara tahunan yang sangat dinanti-nantikan bagi para penggemar Kpop, memasuki tahun ke sembilannya dalam membawa pengalaman budaya Korea […]
  • Lenovo™ Meluncurkan Teknologi Pintar untuk Dunia yang Saling Terkoneksi di MWC 2019

    Lenovo™ Meluncurkan Teknologi Pintar untuk Dunia yang Saling Terkoneksi di MWC 2019

    Pada ajang MWC 2019, Lenovo mengukuhkan visinya untuk menghadirkan teknologi pintar kepada pengguna yang lebih luas, sekaligus memimpin era transformasi cerdas melalui peluncuran berbagai produk baru dalam portofolionya – mulai dari PC dan perangkat pintar, hingga teknologi data center yang canggih beserta solusinya. Lini produk terbaru Lenovo menghadirkan berbagai perangkat pintar yang mencakup ThinkPad™, IdeaPad™ […]
  • Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Harga Tiket Penerbangan dan Paket Perjalanan Menarik

    Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Harga Tiket Penerbangan dan Paket Perjalanan Menarik

    Singapore Airlines (SIA) kembali bermitra dengan Bank Central Asia (BCA) untuk menyelenggarakan SIA – BCA Travel Fair 2019 pada tanggal 15 hingga 17 Februari 2019 di Main Atrium Gandaria City, Jakarta. Penyelenggaraan pameran perjalanan ini menegaskan komitmen kedua perusahaan untuk menyediakan pilihan perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi para pelanggan. Selama pameran, para pengunjung […]
  • Telkom Perkenalkan BigBox, Solusi Satu Data Indonesia

    Telkom Perkenalkan BigBox, Solusi Satu Data Indonesia

    Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan tantangan tersendiri bagi industri di mana data kian tersebar, tidak terintegrasi, tidak ada standardisasi dan kesulitan interoperabilitas data. Menjawab tantangan dan hambatan terkait pengelolaan data di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memperkenalkan BigBox, solusi big data analytics untuk program Satu Data Indonesia yang dicetuskan pemerintah. Dilaksanakan secara […]
  • Inilah Hal yang Perlu Diketahui Pelaku Wirausaha Sosial untuk Kembangkan Bisnis

    Inilah Hal yang Perlu Diketahui Pelaku Wirausaha Sosial untuk Kembangkan Bisnis

    Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-bangsa (UN-ESCAP), hingga akhir 2018 terdapat sekitar 340.000 wirausaha sosial di Indonesia. Berbeda dengan jenis usaha lain, wirausaha sosial membuka peluang inklusif dan kesetaraan sebagai inti bisnis dengan misi sosial. Namun masih banyak tantangan yang dihadapi oleh para pelaku wirausaha sosial ini. Mulai dari permasalahan […]
  • Tingkatkan Keselamatan Operasional, DAMRI Gencarkan Safe on Bus

    Tingkatkan Keselamatan Operasional, DAMRI Gencarkan Safe on Bus

    Sembilan bulan COVID-19 masih mewabah di Indonesia, DAMRI pastikan keselamatan operasionalnya tidak mengendur. DAMRI terus gencar melakukan berbagai sosialisasi Safe on Bus guna meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan perjalanan bagi seluruh petugas dan pelanggan. Sosialisasi dan solusi keselamatan yang dihadirkan oleh DAMRI pun lengkap dan komprehensif, mulai dari pengecekan kesehatan, inspeksi kelayakan armada, hingga pemanfaatan […]
  • Menemukan Kebaikan di Tengah Pandemi Corona?

    Menemukan Kebaikan di Tengah Pandemi Corona?

    Beberapa waktu yang lalu saya menanyakan pada mahasiswa saya apa yang mereka rasakan selama belajar di rumah. Karena pandemi virus corona, saya dan mereka harus bekerja dan belajar di rumah untuk membantu memutus rantai penularan. Tentu saja banyak hal yang kami rasakan. Mahasiswa saya ada yang merasa cemas, takut. Bahkan untuk berdekatan dengan ayahnya yang […]
  • Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh Hingga 22,8% Selama Momen Ramadan dan Idul Fitri 2020

    Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh Hingga 22,8% Selama Momen Ramadan dan Idul Fitri 2020

    Momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) yang baru saja berlalu dimaknai oleh Telkomsel dengan secara konsisten tetap berupaya menghadirkan kenyamanan mengakses layanan terdepan terutama  broadband berkualitas bagi pelanggan, terutama beraktivitas dengan cara-cara baru pada saat pandemi COVID-19, seperti beribadah, bekerja, belajar dan bersilaturahmi dari rumah. Upaya Telkomsel dalam memberikan manfaat tersebut menjadi perwujudan komitmen perusahaan […]
  • Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat literasi paling rendah di dunia. Minat baca masyarakat Indonesia juga tergolong rendah, yang menyebabkan kemampuan membaca, berhitung dan pengetahuan ilmiah anak-anak Indonesia masih di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Sebagai digital telco company, Telkomsel bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN) berupaya untuk memberikan solusi […]
  • OPPO Resmi Luncurkan Reno5, Bawa Keunggulan AI Highlight Portrait dan AI Mixed Potrait

    OPPO Resmi Luncurkan Reno5, Bawa Keunggulan AI Highlight Portrait dan AI Mixed Potrait

    OPPO meluncurkan perangkat terbaru seri OPPO Reno5 di Indonesia secara resmi. OPPO Reno5 hadir dengan dua fitur performa video terdepan di industry saat ini yakni AI Mixed Portrait, video eksposur ganda pertama pada smartphone dan AI Highlight Video, fitur yang menggunakan deteksi cahaya cerdas untuk menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR yang […]
  • Mau Menunggang Kuda? Tidak Usah Jauh-Jauh, Ke Branchsto Saja

    Mau Menunggang Kuda? Tidak Usah Jauh-Jauh, Ke Branchsto Saja

    Biasanya kalau kita ingin berwisata sambil berkuda, tempat yang menjadi tujuan adalah Lembang atau Puncak. Namun sekarang kita tidak perlu pergi jauh-jauh dengan resiko mengalami kemacetan panjang apalagi saat musim liburan, kawasan Bintaro memiliki alternatif tempat wisata dimana kita dapat mencoba naik kuda, belajar menunggangi kuda bahkan berkuda sambil memanah. Wah menarik ya… Ya, Branchsto […]
  • Aksesoris All New XSR 155 Bikin Tampilan Pengendara Makin Gagah dan Stylish

    Aksesoris All New XSR 155 Bikin Tampilan Pengendara Makin Gagah dan Stylish

    All New XSR 155 menjadi idola baru bagi para pecinta motor sport heritage di Indonesia. Mengusung konsep “Born to be Free”, All New XSR 155 merupakan perpaduan desain sport heritage serta sentuhan teknologi masa kini. Diluncurkan di Jakarta pada akhir tahun 2019 lalu, produk unggulan Yamaha ini langsung menjadi magnet perhatian masyarakat. Hal ini karena […]
  • Grab Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik Nasional, Hadirkan Sepeda Motor Listrik dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan

    Grab Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik Nasional, Hadirkan Sepeda Motor Listrik dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan

    Grab, aplikasi serba bisa terdepan di Asia Tenggara, hari ini mempertegas komitmen jangka panjangnya untuk membangun Indonesia melalui Peluncuran Kendaraan Berbasis Listrik (KBL) di Bali. Bersama dengan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Provinsi Bali, Dinas Perhubungan Provinsi Bali, PT Pegadaian, Astra Honda Motor, dan Panasonic, Grab meluncurkan 30 kendaraan motor listrik dan Stasiun Penukaran Baterai […]
  • Membangun Kompetensi Berbahasa Inggris Anak Melalui Pengenalan Bunyi : I Can Read Bintaro

    Membangun Kompetensi Berbahasa Inggris Anak Melalui Pengenalan Bunyi : I Can Read Bintaro

    Menguasai Bahasa Inggris bagi bangsa seperti bangsa Indonesia yang bahasa sehari-harinya bukan Bahasa Inggris, tidaklah mudah. Padahal, penguasaan Bahasa Inggris merupakan salah satu kunci untuk menguasai berbagai pengetahuan agar kita mampu bersaing di tingkat internasional. Bahasa Inggris yang sudah dianggap sebagai bahasa pengantar internasional memiliki cara penulisan, cara pengucapan serta tata bahasa yang jauh berbeda dari Bahasa […]
  • Speedtuner : Distro Bagi Penggemar Otomotif di Bintaro

    Speedtuner : Distro Bagi Penggemar Otomotif di Bintaro

    Sebagai kawasan kaum urban yang memiliki kelas ekonomi masyarakatnya menengah-atas, Bintaro memiliki banyak komunitas-komunitas hobi, termasuk otomotif. Banyaknya penggemar otomotif di Bintaro menjadi peluang bisnis menarik bagi Gustavo Pane dan Prayoga PN, 2 anak muda penggemar otomotif. Persahabatan keduanya dan kesamaan hobi membuat keduanya bergabung dalam salah satu komunitas otomotif Basbin (Basis Bintaro) yang menggemari mobil-mobil […]
  • Vivo S1 Pro Resmi Diluncurkan

    Vivo S1 Pro Resmi Diluncurkan

    vivo Indonesia secara resmi meluncurkan vivo S1 Pro pada hari ini 25 November 2019 di Jakarta. Mengusung tagline “Clearly Your Style”, vivo S1 Pro hadir dengan sejumlah fitur terkini seperti 48MP AI Quad Camera, 8GB RAM dan 128GB ROM, 32MP Front Camera, layar 6.38” Super AMOLED dengan Screen Touch ID serta kapasitas baterai 4500mAh dengan […]
  • Zenius Gratiskan Akses Belajar Online yang Hemat Kuota, Dukung Kebijakan Belajar Mandiri untuk Mitigasi Covid-19

    Zenius Gratiskan Akses Belajar Online yang Hemat Kuota, Dukung Kebijakan Belajar Mandiri untuk Mitigasi Covid-19

    Merespons kebijakan dari beberapa Pemda untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah, serta pertimbangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional (UN), Zenius Education sebagai pionir pendidikan berbasis teknologi (edtech) di Indonesia memutuskan untuk terus menggratiskan akses ke 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan untuk […]
  • Tujuh Tips Sehat Berkendara Saat Wabah Corona

    Tujuh Tips Sehat Berkendara Saat Wabah Corona

    Selain jaga jarak atau physical distancing yang dipaksakan dengan pelaksanaan PSBB, Pemerintah juga melakukan pembatasan pergerakan keluar rumah. Sekolah, bekerja dan beribadah semuanya sebisa mungkin dilakukan dari rumah. Lalu bagaimana kalau kita terpaksa harus pergi juga untuk hal yang sifatnya memaksa dan mendadak. Goodyear Indonesia menyarankan tujuh tips saat Anda harus berkendara ke luar rumah. […]
  • Pendaftaran Sudah Dibuka, Berikut 5 Tips Lolos SNMPTN 2021

    Pendaftaran Sudah Dibuka, Berikut 5 Tips Lolos SNMPTN 2021

    Pendaftaran SNMPTN 2021 sudah dibuka sejak 15 Februari 2021 kemarin. Bagi kamu yang masuk ke dalam kuota pendaftar SNMPTN tahun ini, selamat dan semangat ya! Berbeda dengan UTBK, untuk dapat lolos diterima di perguruan tinggi negeri impian melalui jalur SNMPTN perlu strategi yang matang. Karena tolak ukur nilai rapor belum tentu menjamin diterima atau tidaknya […]
  • Luncurkan Inisiatif eBadah, Gojek Memudahkan Aktivitas Pengguna Selama Ramadan

    Luncurkan Inisiatif eBadah, Gojek Memudahkan Aktivitas Pengguna Selama Ramadan

    Gojek sebagai pelopor Super App karya anak bangsa memperkenalkan inisiatif ‘eBadah’ atau ‘Ibadah Elektronik’ guna memberi kemudahan bagi pengguna untuk  beraktivitas selama bulan Ramadan. Inisiatif ‘eBadah’ memberi kemudahan bagi masyarakat dalam bersedekah, berbagi rezeki, mengikuti dakwah, menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa, hingga menjalani aktivitas produktif lainnya selama Ramadan, dengan memanfaatkan sejumlah fitur di […]

Tinggalkan Balasan