Gaya Hidup

Tertarik Petualangan Offroad? Simak Tips Berkendara dari Chevrolet Indonesia

Bagi para pecinta otomotif yang menyukai aktivitas penuh tantangan dan petualangan, offroad tentu saja menjadi salah satu opsi menarik untuk menyalurkan adrenalin sekaligus menjajal kendaraan mereka. Menyusuri medan-medan menantang seperti jalanan berbatu, berpasir berlumpur hingga lintasan yang terjal pun seringkali justru menjadi sebuah kepuasan tersendiri bagi para pecinta olahraga ini. Untuk sebagian orang, aktivitas ini pun kerap menjadi sebuah aktivitas rutin keluarga sembari travelling.

“Berkendara offroad merupakan sebuah hobi yang telah saya geluti selama beberapa tahun terakhir ini. Tak hanya sebagai medium untuk menantang kendaraan saya melintasi jalur-jalur sulit, tetapi juga untuk manyalurkan adrenalin saya serta kegemaran saya di bidang fotografi,” ujar Dandi Birdy, seorang penggemar kegiatan offroad sekaligus anggota komunitas Chevrolet Indonesia. Sebagai pecinta offroad, Dandi kerap menggeber pickup truck Chevrolet Colorado miliknya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata melalui jalur-jalur yang menantang, seperti di wilayah Bromo, Pantai Sewarna di Banten, hingga Lampung, Bali, dan Lombok.

Dalam pengalamannya berkegiatan offroad di berbagai medan, Dandi menyarankan untuk menyiapkan beberapa hal penting yang wajib dan harus diperhatikan demi faktor keselamatan sekaligus menikmati petualangan. “Untuk bisa melibas lintasan offroad, semua mobil standar berpenggerak 4×4 menjadi modal bagi Anda yang berniat untuk mulai memacu adrenalin dari kegiatan ini. Selain itu, ada hal lain yang juga wajib diingat dan diperhatikan sebelum menaklukkan lintasan offroad yang akan dilewati,” tambah pria yang kerap membagikan pengalaman offroad nya melalui akun YouTubenya ‘Nubie Offroader’.

Mengingat cukup tingginya tingkat kesulitan dalam berkegiatan offroad dibandingkan dengan medan lainnya, Dandi membagikan beberapa tips persiapan yang wajib diperhatikan sebelum memulai aktivitas offroad:

1. Tentukan dan Pahami Jenis Medan Offroad yang Dituju.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh offroader. Salah satunya dengan memahami terlebih dahulu jenis atau medan offroad yang akan ditempuh. Kegiatan offroad sendiri dapat terbagi menjadi beberapa jenis pilihan, seperti fun offroad, extreme offroad, speed offroad, adventure offroad dan touring offroad. Hal ini penting untuk dipahami agar seseorang bisa memilih kegiatan offroad sesuai dengan kemampuan dan jenis kendaraan yang dibutuhkan.

Pilihan kendaraan pun menjadi penting untuk menentukan jenis offroad yang akan digeluti. Chevrolet Colorado merupakan salah satu contoh kendaraan double-cabin pick-up truck memiliki mesin diesel dengan output besar dan dirancang untuk medan offroad ringan hingga berat.

2. Kuasai Teknik Berkendara Offroad.

Ada beberapa teknik yang perlu diketahui, seperti menggunakan kecepatan yang rendah saat menghadapi medan tanjakan atau turunan. Semakin pelan Anda mengemudi, akan semakin mudah. Kemudian, tetap rileks dan jangan panik, tarik nafas dalam-dalam dan pikirkan trik untuk lolos dari rintangan.

Sebagai contoh, saat Anda menyeberangi sebuah lintasan air seperti sungai. Sangat penting mengecek kedalaman air dan mengamati seberapa deras aliran air tersebut sebelum Anda menyeberanginya. Disarankan untuk melihat kondisi medan tanpa kendaraan terlebih dahulu untuk mengetahui kedalaman serta menemukan rintangan yang mungkin dihadapi.

3. Aspek Keamanan merupakan kunci nomor satu.

Chevrolet Colorado 4×4 menyodorkan teknologi keamanan yang memudahkan Anda melewati medan offroad yang lebih praktis. Selain memahami teknik berkendara offroad yang benar, hal yang harus diutamakan adalah aspek keamanan (safety). Hal ini tidak boleh dianggap remeh karena aktivitas offroad juga memiliki risiko yang terkait dengan keselamatan. B

erbagai fitur krusial untuk menjaga keselamatan saat berkendara, seperti Hill Launch Assist (HLA) yang membantu menahan kendaraan Anda saat berhenti di tanjakan, Hill Descent Control (HDC) yang membantu mengontrol kecepatan pada saat jalanan menurun, dan Electronic Stability Control (ESC) yang mengaktifkan tekanan rem pada saat ban menahan kekuatan mesin dan mencegah kendaraan kehilangan kontrol saat tergelincir.

Fitur-fitur tersebut menjadi andalan dari Chevrolet Colorado terkait kelengkapan aspek keselamatan. Selain dilengkapi beberapa fitur di atas, Colorado juga dilengkapi dengan airbags pada pengemudi, penumpang dan lutut, untuk melindungi penumpang saat berkendara, rem ABS dan Traction Control (TC) untuk menjaga kestabilan serta kembali mengendalikan kendaraan Anda secara cepat saat traksi hilang karena kondisi jalanan yang buruk atau saat jalanan sedang basah dan berkerikil.

BACA JUGA  Gramedia Berikan Paket Murah Rp. 15.000 Baca Sepuasnya Buku Fiksi dan Anak di Aplikasi Gramedia Digital

4. Sediakan Bahan Bakar Cadangan Juga Penting.

Persiapan bahan bakar cadangan juga menjadi hal yang penting sebelum melakukan petualangan yang menantang menelusuri alam bebas menggunakan mobil offroad di mana jalur yang Anda lalui biasanya akan sulit menemukan ketersediaan bahan bakar. Karena itulah bahan bakar cadangan sangat penting saat melakukan perjalanan offroad.

5. Mulai dengan Komunitas-Komunitas Offroad.

Apabila Anda belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali mencoba, sangat disarankan untuk bergabung dengan klub offroad atau menumpang kendaraan offroader lain yang sudah berpengalaman. Jangan langsung melakukan kegiatan offroad sendiri, karena akan sangat berbahaya. Standar safety untuk offroad yang berlaku umum adalah minimal berdua atau akan lebih baik lagi jika bertiga. Bergabung dengan klub akan menjadi pilihan terbaik karena bisa menambah ilmu sekaligus berbagi pengalaman. Selain itu, jangan berperilaku arogan dan selalu menjaga kelestarian lingkungan.

“Menjajal kendaraan di medan offroad tak hanya membutuhkan keahlian berkendara yang khusus, tetapi juga membutuhkan kendaraan yang mumpuni dengan mesin yang handal. Kendaraan Chevrolet seperti Colorado dan Trailblazer telah melalui uji ketangguhan secara ketat dalam pengembangan dan validasi rangka sehingga cocok untuk menaklukkan jalur-jalur offroad,” ujar Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director, GM Indonesia.

Chevrolet Colorado merupakan pick-up truck andalan Chevrolet yang tampil gagah dengan fascia depan dan belakang yang kokoh dan hadir dengan desain yang lebih modern, teknologi yang terkini dan juga performa terbaik. Kabin terasa lebih senyap dengan adanya perubahan tampilan eksterior, relokasi balance shaft yang memberikan kelegaan. Dengan menggunakan konsep ‘Go-Anyware’ dalam proses pengembangan, double cabin pick-up ini tangguh dan cocok dalam memenuhi kebutuhan untuk bisnis maupun gaya hidup konsumen.

(EGA)

 

Baca Juga

  • Qualcomm Luncurkan Tiga Snapdragon Mobile Platform Baru untuk Menjawab Permintaan Ponsel Pintar 4G Saat Ini

    Qualcomm Luncurkan Tiga Snapdragon Mobile Platform Baru untuk Menjawab Permintaan Ponsel Pintar 4G Saat Ini

    Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan peluncuran tiga mobile platform terbaru, yaitu Qualcomm® Snapdragon™ 720G, 662 dan 460 yang akan meningkatkan pengalaman pengguna di bidang konektivitas, gaming dan hiburan. Tiga mobile platform ini mendukung konektivitas cepat 4G, menggunakan fitur kunci Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1 terintegrasi dengan teknologi audio canggih melalui subsistem Qualcomm® FastConnect™ seri 600, mendukung […]
  • First Klaz Menjadi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

    First Klaz Menjadi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

    PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, terus menghadirkan program-program yang dapat mendukung berbagai langkah preventif yang dilakukan di tengah krisis pandemi ini. Dalam rangkaian kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, sebagai upaya untuk mendukung produktivitas di rumah, terutama terkait dengan kebijakan pemerintah untuk menerapkan metode belajar online, First Klaz produk milik First Media Business, menjadi […]
  • Sweet Asoka, Japanese Cheesecake Lembut Menggugah Selera Tanpa Enek

    Sweet Asoka, Japanese Cheesecake Lembut Menggugah Selera Tanpa Enek

    Siapa tidak kenal dengan Japanese Cheesecake? Kue satu ini belakangan ini sedang jadi tren dan banyak dicari karena keunikannya. Bahkan beberapa waktu yang lalu ramai berita antrian panjang pengunjung sebuah mall di Jakarta untuk membeli Japanese Cheseecake. Para calon pembeli rela mengantri lama menunggu giliran untuk membeli Japanese Cheesecake pesanan dibuat. Sebetulnya cheesecake bukan berasal […]
  • Mengenal Perang Asimetris di Hari Bela Negara Tanggal 19 Desember

    Mengenal Perang Asimetris di Hari Bela Negara Tanggal 19 Desember

    Hari Bela Negara atau HBN adalah hari bersejarah Indonesia yang jatuh pada tanggal 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tahun 19 Desember 1948. Keputusan ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keppres No.28. Sumatera Barat  jadi saksi bisu terbentuknya Pemerintah Darurat Republik Indonesia […]
  • Perkuat Dukungan untuk Siswa Belajar Mandiri, Zenius Luncurkan Zenius Live

    Perkuat Dukungan untuk Siswa Belajar Mandiri, Zenius Luncurkan Zenius Live

    Dalam upaya memperkuat dukungannya terhadap kebijakan belajar mandiri di rumah dari pemerintah, Zenius Education hari ini resmi memulai layanan Live Teaching.  Sesi pengajaran kelas online Zenius akan dipandu oleh tutor Zenius dari berbagai mata pelajaran dan disiarkan secara langsung. Lebih dari itu, kelas online Zenius juga dilengkapi dengan fitur Live Chat, sehingga siswa dapat berinteraksi […]
  • Yuk, Konsultasi Gratis Perencanaan Keluarga!

    Yuk, Konsultasi Gratis Perencanaan Keluarga!

    Jakarta Fair 2018, resmi dibuka, mulai 23 Mei sampai dengan 1 Juli 2018. Artinya, durasinya panjang, 40 hari, termasuk saat Lebaran, Jakarta Fair tetap buka, menyapa warga Jakarta yang tidak mudik, sebagai destinasi menarik bagi yang berminat merayakan Lebaran di Ibukota. Apa pembeda Jakarta Fair tahun ini dengan Jakarta Fair tahun-tahun sebelumnya? Pasti lebih semarak. […]
  • Gojek Xcelerate Luluskan 35 Startup Indonesia dan Asia Pasifik dan Perkenalkan 3 Startup Inovatif Berdampak Sosial

    Gojek Xcelerate Luluskan 35 Startup Indonesia dan Asia Pasifik dan Perkenalkan 3 Startup Inovatif Berdampak Sosial

    Gojek Xcelerate, program akselerator startup dari Gojek dan Digitaraya, memperkenalkan tiga startup inovatif yang dinilai paling berdampak sosial positif di acara diskusi publik “Gojek Xcelerate Xcellence” yang digelar hari ini bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Di hadapan para partner global Gojek Xcelerate dan pemodal ventura, ketiga startup tersebut berbagi pengalaman selama mengikuti bootcamp dan […]
  • Penggemar Soto Betawi Jangan Lupa Mampir di Dapur Betawi Jika ke Pasar Modern Bintaro

    Penggemar Soto Betawi Jangan Lupa Mampir di Dapur Betawi Jika ke Pasar Modern Bintaro

    Hari Sabtu dan Minggu adalah waktu yang tepat untuk berbelanja kebutuhan dapur. Setelah beraktivitas dari hari Senin sampai Jumat, tiba waktunya untuk mengisi kembali bahan-bahan makanan untuk persediaan satu minggu ke depan. Pasar Modern Bintaro merupakan tujuan utama sebagian warga Bintaro dan sekitarnya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Selesai berbelanja, perut terasa lapar. Kini tibanya waktu […]
  • Gandeng Garuda Indonesia, Passpod Berikan Diskon 20 Persen bagi Penumpang Rute Australia dan Eropa

    Gandeng Garuda Indonesia, Passpod Berikan Diskon 20 Persen bagi Penumpang Rute Australia dan Eropa

    Perusahaan penyedia jasa rental modem portable berteknologi 4G Passpod mengumumkan peresmian kerjasama dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Kerjasama ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan asal Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri namun tidak ingin dibebani biaya roaming yang tinggi. Kerjasama yang bersifat cross-selling ini dilaksanakan selama periode tiga bulan antara Passpod dan […]
  • Dorna Tinjau Pembangunan Sirkuit Mandalika di NTB

    Dorna Tinjau Pembangunan Sirkuit Mandalika di NTB

    Pada hari Senin (28/10/2019), Dorna Sports SL (DORNA), pemegang hak siar MotoGP, meninjau secara langsung pembangunan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) yang saat ini tengah dibangun oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di kawasan pariwisata The Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Selain melakukan peninjauan lapangan, CEO Dorna Sports SL […]
  • Buat Toko Online, Mendorong Startup Potensial Untuk Tumbuh Berkembang

    Buat Toko Online, Mendorong Startup Potensial Untuk Tumbuh Berkembang

    Tumbuhnya startup di Indonesia pada waktu belakangan ini sangat mengejutkan berbagai pihak. Bisnis pemula berbasis online yang sebelumnya tidak dilirik, ternyata bisa berkembang secara fenomenal. Beberapa bahkan dalam waktu singkat berkembang menjadi bisnis ‘unicorn alias bisnis dengan valuasi di atas 1 milyar dollar, sesuatu yang hampir mustahil diraih oleh bisnis-bisnis konvensional. Tengok saja seperti Gojek, […]
  • GoFood Ringankan Operasional UMKM lewat Voucher Belanja Serta Paket Sanitasi dan Keamanan Makanan

    GoFood Ringankan Operasional UMKM lewat Voucher Belanja Serta Paket Sanitasi dan Keamanan Makanan

    GoFood, layanan pesan-antar makanan terdepan di Asia Tenggara, bagian dari ekosistem super app Gojek, kembali mendukung keberlangsungan bisnis mitra UMKM selama pandemi COVID-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kali ini, GoFood meringankan beban biaya operasional mitra UMKM melalui pemberian voucher belanja bahan pokok di GoFresh dan distribusi paket sanitasi dan keamanan makanan. Catherine […]
  • PT Piaggio Indonesia Memperkenalkan Sport Naked Bike Terbaru dari Aprilia Shiver

    PT Piaggio Indonesia Memperkenalkan Sport Naked Bike Terbaru dari Aprilia Shiver

    PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Aprilia Shiver 900, evolusi terbaru di segmen sport naked bike. Perpaduan teknologi dan daya tahan superior, membuat Aprilia Shiver 900 menghadirkan tenaga dan torsi yang lebih tinggi. Struktur chassis juga menjadi elemen penting yang menjadikan performa motor ini lebih bertenaga. Kepuasan penuh dalam mengendarai Aprilia Shiver 900 terjaga dengan ekstra fitur […]
  • UNCTAD dan Alibaba Mulai Program eFounders Fellowship Asia Angkatan Kedua, Indonesia Diwakili Empat Pengusaha

    UNCTAD dan Alibaba Mulai Program eFounders Fellowship Asia Angkatan Kedua, Indonesia Diwakili Empat Pengusaha

    Empat puluh pendiri perusahaan rintisan dari 11 negara – termasuk empat pendiri dari Indonesia – terpilih menjadi angkatan kedua Kelas Asia dari eFounders Fellowship, program hasil kerja sama The United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dan Alibaba Business School. Mereka akan mengikuti program intensif selama 14 hari di Tiongkok untuk mendapatkan wawasan dan […]
  • Bintaro Catering Bisa Diantar Kapan Saja

    Bintaro Catering Bisa Diantar Kapan Saja

    Warga Bintaro yang super sibuk biasanya suka bingung menyiapkan makanan bagi santapan keluarga di rumah. Kali ini Info Bintaro mengulas satu catering baru yang ada di Bintaro Sektor 5. Namanya Bintaro Catering. Catering ini sangat fleksibel dalam pengaturan waktu antarnya. Makanan sudah dapat diantar mulai jam 11 pagi. Namun bila customer ingin minta diantar pada […]
  • Penghentian Sementara Operasional Penerbangan Lion Air Group

    Penghentian Sementara Operasional Penerbangan Lion Air Group

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi terkait dengan layanan pengoperasian  penerbangan penumpang berjadwal yang melayani jaringan domestik, bahwa melaksanakan penghentian sementara operasional penerbangan. Lion Air Group sangat mendukung pemerintah terkait dengan usaha pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 […]
  • Dukung Anjuran Stay At Home, Honda Luncurkan Virtual Racing Gallery

    Dukung Anjuran Stay At Home, Honda Luncurkan Virtual Racing Gallery

    Situasi pandemi saat ini tidak menghalangi Honda untuk tetap membagikan semangatnya di dunia balap. Untuk menyesuaikan dengan anjuran tetap di rumah bagi sebagian besar orang di seluruh dunia, divisi Motorsport dari Honda meluncurkan situs Global Racing yang baru yang di dalamnya terdapat halaman Virtual Motor Sport Land di mana pengunjung dapat menjelajahi keseruan dunia balap […]
  • Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Warung Jajan Veteran, Tempat Nongkrong Murmer Yang Tidak Murahan

    Bersosialisasi merupakan bagian keseharian kita sebagai makhluk sosial. Setiap orang membutuhkan waktu untuk bersama rekan mau pun keluarga baik sekedar untuk ngobrol santai sampai dengan membicarakan hal seperti urusan sekolah, pekerjaan atau bisnis. Namun sayangnya, tidak semua tempat pertemuan untuk bersosialisasi (baca : tempat nongkrong) terjangkau bagi kantong kebanyakan orang, khususnya bagi anak muda yang […]
  • Foto : Kantin Aura, Kantin yang Pas Untuk Makan Siang Karyawan

    Foto : Kantin Aura, Kantin yang Pas Untuk Makan Siang Karyawan

    Kabar gembira bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan di seputaran Bintaro Sektor 5, 7 dan 9, telah dibuka Kantin Aura yang beralamat di Ruko Sentra Menteng Bintaro Sektor 7 MN 70, Bintaro Sektor 7. Berada di lantai 1, lokasinya sama dengan World Heritage Music Academy. Dibuka sejak 15 November 2017, Kantin Aura yang buka dari pukul 10.00 – […]
  • Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

    Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan

    Kale merupakan sayur super yang kaya akan manfaat kesehatan, tidak kalah dari bayam atau brokoli. Kale (Brassica oleracea acephala) memiliki beberapa variasi jenis, ada yang berwarna hijau atau ungu kebiruan. Berbeda dari brokoli dan keluarga kubis lainnya, daun kale tidak membentuk kepala. Kale (boerenkool) mulai dikenal oleh banyak orang. Anda dapat menemukan sayuran ini di […]

Tinggalkan Balasan