Sen. Des 16th, 2019

Ternyata Buat Bento Itu Mudah Lho

Ibu-ibu sering pusing menyiapkan bekal sekolah bagi putra putrinya. Yang mau gampang, tinggal kasih uang jajan saja ke anaknya. Namun bagaimana orang tua bisa menjamin bahwa jajanan yang dibeli sang anak sehat dan bebas dari bahan-bahan berbahaya? Bento bisa jadi salah satu solusi membuat bekal sekolah yang mudah bagi Anda.

Pada hari Minggu, 15 Oktober 2017 di Gramedia World BSD diadakan pelatihan buku cara membuat bento yang disampaikan oleh duo pengarang buku “100 kreasi bento untuk bekal sekolah” yakni Iva Hardiana dan Estiharti.

Hanya dengan biaya  Rp. 175.000 para peserta mendapatkan buku “100 Kreasi Bento untuk Bekal Sekolah”, cetakan untuk membuat bento dan souvenir. Di awal acara Iva Hardiana dan Estiharti mendemokan cara memasak 2 bahan pokok bento yaitu nasi goreng sayur & lapis kentang bergizi lalu memberikan contoh bagaimana menyiapkan bento sebagai bekal sekolah anak.

Isi kotak bekal yang cantik, lucu, dan unik tentu akan menggugah selera makan anak-anak yang sulit untuk sarapan atau makan siang. Dengan bento, anak-anak jadi lebih berselera makan, terutama makan sayuran dan aneka protein karena warna dan bentuknya sungguh lucu. Apalagi porsinya imut sesuai bagi mereka.Tak heran jika para ibu ramai ingin belajar membuat bento, para pengusaha pun jeli membuat aneka cetakan bento, dari yang murah sampai mahal karena terbuat dari silikon yang aman bagi makanan.

Kreasi bento bisa dibentuk dari nasi, pasta, roti, umbi, buah dan sayur. Dengan banyaknya pilihan tersebut, sang ibu dapat kreatif menyajikan bento bagi putra putrinya.

Khusus untuk di acara ini setelah mendapat teori dari pembicara, tiap peserta langsung mempraktekkannya dengan menyiapkan 2 kotak bento sebagai bekal sekolah. Satu kotak berisi nasi goreng sayur dan satu kotak lagi berisi lapis kentang. Dewan Juri kemudian memilih para juaranya. Kriteria yang dinilai adalah kerapian, kreativitas dan kebersihan selama menyiapkan bento.

BACA JUGA  SKACI Bintaro Cyber Kids 2016, Ajang Uji Kreativitas Anak

Info Bintaro memperhatikan tiap peserta bersemangat menyiapkan 2 kotak bentonya. Ada 10 orang ibu-ibu yang menjadi peserta lomba. Mereka didampingi oleh putra putrinya dalam menghias kreasi bentonya. Anak-anak pun ramai memberikan saran kepada sang ibu untuk menghias bentonya. Hanya dalam waktu 1 jam, mereka wajib mempersiapkan 2 kotak bento tersebut.

Di akhir acara diumumkan 3 orang pemenang dan 3 orang juara harapan. Hadiah diserahkan oleh Intarina Hardiman, Editor PT Gramedia Pustaka Utama. Semua peserta yang hadir di acara tersebut merasa senang karena di akhir acara, masing-masing peserta dapat membawa pulang 2 kotak bento hasil kreasinya. Siap untuk disantap di rumah masing-masing!

Menurut Ibu Rika, salah satu peserta dari Gading Serpong yang menjadi salah satu juara harapan, talkshow dan demo ini sangat mudah dimengerti materinya sehingga beliau menjadi bersemangat untuk menyiapkan bekal bagi putranya yang memasuki usia pre-school (4 tahun). Sedangkan Estiharti, salah satu pengarang buku Bento yang tinggal di Bintaro menuturkan bahwa para peserta bento ini pintar-pintar. Segera dapat mempraktekkan ilmu yang baru diajarkan di acara ini. “Sebelum acara ada peserta yang bolak ballik telpon ke saya karena tidak yakin bahwa dia dapat menyiapkan bento. Namun tadi selama lomba saya perhatikan peserta itu sangat percaya diri dan senang karena berhasil membuat bento,” ujar Estiharti.

Nah, buat ibu-ibu yang belum sempat mengikuti workshop ini, nantikan event  berikutnya di Gramedia World BSD.

 

(EGS)

 

Baca Juga