Kesehatan

Terapi Kutu Rambut Anak di Bintaro

Penyakit kutu rambut adalah kondisi ketika kulit kepala terinfeksi kutu. Kutu rambut merupakan serangga kecil yang tinggal di rambut manusia dan hidup dari mengisap darah melalui kulit kepala. Saking kecil ukurannya, sekilas kutu rambut sulit terlihat oleh mata. Kutu rambut memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari sebesar kepala peniti hingga biji wijen.

Masa tetas telur kutu berkisar antara 8-9 hari. Untuk mencapai ukuran dewasa, seekor kutu biasanya membutuhkan waktu 9-12 hari. Setelah dewasa, kutu bisa hidup sampai empat minggu sebelum akhirnya mati.

Kulit kepala yang dihinggapi kutu rambut biasanya akan terasa sangat gatal dan merasakan seakan-akan ada sesuatu yang merayap. Rasa gatal inilah yang kebanyakan mendorong penderita kutu rambut untuk terus menggaruk kepala. Gejala lainnya adalah munculnya ruam di leher bagian belakang.

Menurut informasi yang dikutip dari Alodokter.com, kutu rambut hanya diidap manusia dan hanya dapat menular antarmanusia saja. Parasit ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau pun sebaliknya. Penularan kutu rambut dapat terjadi melalui:

  • Kontak langsung. Penularan ini terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat.
  • Kontak tidak langsung. Penularan ini terjadi melalui perantara benda terkontaminasi kutu atau telur kutu yang dipakai bersama-sama. Contohnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, atau baju. Walau demikian, penularan dengan cara ini sangat jarang terjadi.

Kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala orang lain. Infeksi kutu rambut tidak berkaitan dengan kebersihan rambut seseorang juga.

Penularan kutu rambut lebih sering terjadi di dalam keluarga atau di kalangan anak-anak yang aktif berinteraksi dan melakukan kontak fisik dengan teman-teman sebaya.

Mendeteksi keberadaan kutu rambut

Karena secara kasatmata keberadaan kutu rambut sulit terlihat, maka cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan sisir khusus yang dapat menjaring atau menangkap kutu rambut karena dilengkapi dengan gigi-gigi yang berjarak rapat, yaitu sekitar 0,2 -0,3 milimeter. Sisir yang terbuat dari plastik atau kayu ini bahkan dapat menjaring anak maupun telur kutu.

Ada dua cara menggunakan sisir serit, yaitu dengan cara basah atau kering. Dengan cara basah:

  • Cuci rambut terlebih dahulu dengan sampo apa saja.
  • Gunakan kondisioner untuk melembutkan rambut.
  • Sisir rambut dengan menggunakan sisir biasa untuk memastikan tidak ada rambut yang kusut agar tidak menghalangi pergerakan sisir serit nantinya.
  • Gunakan sisir serit perlahan-lahan dari kulit kepala, lalu tarik sisir hingga ke ujung rambut.
  • Periksalah sisir serit Anda apakah ada kutu, atau bahkan telur kutu pada permukaan sisir atau yang terselip di antara gigi-gigi sisir.
  • Ulangi cara ini hingga seluruh rambut tersisir secara merata.

Langkah-langkah menggunakan sisir serit dengan cara kering hampir tidak jauh berbeda dengan cara basah. Bedanya rambut tidak perlu dikeramas dengan sampo atau dilembutkan terlebih dahulu dengan kondisioner. Namun cara pertama dianggap lebih akurat karena kutu tidak akan bergerak jika rambut kita dalam keadaan basah.

Selain pada diri Anda sendiri, lakukanlah pendeteksian dengan sisir serit ini pada keluarga, terutama pada anak Anda. Jika hasil penyisiran memperlihatkan adanya kutu atau telur, maka segeralah lakukan pengobatan.

Mengobati kutu rambut

Sebelum mengobati kutu rambut dengan menggunakan obat-obatan, sebaiknya lakukan penanganan dengan cara sederhana terlebih dahulu. Cara sederhana ini sama seperti langkah-langkah mendeteksi keberadaan kutu rambut dengan memakai sisir serit. Metode penyisiran yang sebaiknya digunakan adalah dengan cara basah. Ulangi penyisiran di hari kelima, kesembilan, ketiga belas, dan ketujuhbelas.

Jika pembersihan menggunakan sisir rambut belum berhasil, cobalah untuk menggunakan obat antiparasit yang dijual bebas di apotek. Salah satunya adalah permethrin. Antiparasit ini tidak dapat langsung membunuh telur kutu. Oleh karenanya, diperlukan setidaknya dua kali pemakaian untuk memastikan kutu benar-benar mati hingga ke telurnya. Efek samping obat ini tergolong ringan, yaitu rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Ikutilah petunjuk penggunaan permethrin yang tertera pada kemasan obat.

BACA JUGA  Manfaat Pijat Bagi Tubuh Anda

Mencegah kutu rambut

Mencegah penyebaran kutu rambut adalah hal yang sulit. Walau demikian, ada beberapa tips pencegahan kutu rambut yang bisa diterapkan kepada diri sendiri, anak, atau keluarga, antara lain:

  • Hindari kontak kepala dengan kepala saat melakukan aktivitas di dalam rumah atau di luar rumah.
  • Rutin memeriksa keberadaan kutu rambut dengan menggunakan sisir serit sebagai penanganan dini sebelum menyebar pada orang lain.
  • Sebisa mungkin menjaga jarak dengan penderita kutu rambut dan jika perlu hindari kontak dengannya untuk sementara waktu.
  • Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sisir, sikat rambut, bantal, selimut, pakaian, dan sebagainya untuk mencegah penularan kutu rambut.

Kutu rambut pada anak-anak

Kemunculan kutu rambut pada bagian kulit kepala kita ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti karena kurangnya menjaga/ merawat kebersihan rambut sehingga rambut menjadi berketombe dan kutu akan sangat mudah tumbuh dan berkembang biak. mungkin inilah salah satu sebab mengapa kutu rambut seringkali tumbuh dan menyerang pada kulit kepala anak-anak, itu disebabkan karena anak-anak belum bisa merawat dan menjaga kebersihan tubuhnya. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh anaknya, sehingga bisa terbebas dari yang namanya kutu rambut.

Bila anak Anda terkena kutu rambut, Anda dapat membawanya ke salon anak Snippet Junior Salon yang ada di Bintaro Sektor 9. Salon ini menyediakan terapi basmi kutu rambut khusus untuk anak-anak. Namun bila orang dewasa ingin mendapatkan terapi tersebut juga dilayani. Untuk paket terapi basmi kutu rambut dan creambath dikenakan biaya Rp. 135.000 untuk rambut pendek dan Rp. 140.000 untuk rambut panjang.

Menurut Ibu Thya, pemilik salon, ketika datang, customer akan dianalisa kondisi rambutnya. Apakah memiliki level kutu yang rendah, sedang atau tinggi. Untuk kondisi rambut dengan banyak kutu, akan diperlukan terapi beberapa kali. Namun tak perlu khawatir, obat terapi basmi kutu yang digunakan ramah untuk anak.

Catat alamatnya ya:
Snippet Junior Salon
Jalan Maleo Raya JA 2 no 8, Bintaro Sektor 9
Telp: 021-745 1467
Jam operasional: 09.00-19.00 WIB
Facebook: @snippetjuniorsalonbintaro
Instagram: @snippetjuniorhairsalon

(EGS)

 

 

Baca Juga

  • Memberikan Fasilitas Berkuda yang Lebih Lengkap, Branchsto Equestrian Park Dibuka di BSD City

    Memberikan Fasilitas Berkuda yang Lebih Lengkap, Branchsto Equestrian Park Dibuka di BSD City

    Masih ingat dengan Branchsto? Sebuah tempat pemeliharaan kuda yang sekaligus menjadi tempat hiburan dan belajar berkuda? Semenjak 20 Mei 2017, Branchsto yang sebelumnya berlokasi di Perigi Baru, Bintaro, menempati lokasi baru di BSD City (Baca juga : Mau Menunggang Kuda? Tidak Usah Jauh-Jauh, Ke Branchsto Saja). Kepindahan Branchsto ke Serpong ini ternyata menawarkan lokasi yang lebih […]
  • Coba Menu Baru di Lokasi Baru Cubite Bintaro

    Coba Menu Baru di Lokasi Baru Cubite Bintaro

    Buat para pecinta kue cubit di Bintaro, tentu sudah kenal dengan outlet Cubite Bintaro yang ada di Taman Jajan Bintaro sektor 7. Nah, sejak dua bulan lalu, Cubite Bintaro pindah ke wilayah Bintaro sektor 1 di ruko dua lantai yang lebih luas tempatnya dibanding tempat pertama. Di sini ruang lantai dasar diperuntukkan bagi non-smoking area […]
  • AIA Perkuat Layanan di Medan Dengan Peresmian Kantor Baru

    AIA Perkuat Layanan di Medan Dengan Peresmian Kantor Baru

    PT AIA FINANCIAL (AIA) hari ini meresmikan kantor baru di Medan yang berlokasi di Lippo Plaza Medan, Jl. Imam Bonjol No. 6. Peresmian dilakukan oleh Ben Ng, Presiden Direktur, PT AIA FINANCIAL beserta jajaran manajemen AIA. Kantor baru ini menjadi pusat operasi dan layanan nasabah AIA di Medan dengan menggabungkan tim Agency, Bancassurance dan Customer […]
  • Saya Belum Pernah Makan Masakan Solo, Tapi Saya Langsung Suka Begitu Makan di Warung Timlo Solo

    Saya Belum Pernah Makan Masakan Solo, Tapi Saya Langsung Suka Begitu Makan di Warung Timlo Solo

    Kuliner khas Solo sudah cukup dikenal masyarakat, namun harus diakui popularitasnya dibandingkan kuliner dari berbagai daerah masih kalah. Hal ini disebabkan tidak mudah untuk menemukan tempat makan entah itu restoran maupun kedai makanan yang menjajakan masakan Solo. Padahal banyak kuliner-kuliner khas Solo yang rasanya tidak kalah dengan kuliner lainnya. Sebagai contoh nasi liwet, timlo solo […]
  • Gojek dan Halodoc Hadirkan Inovasi Layanan Telemedicine Check Covid-19 Dukung Kementerian Kesehatan RI Perkuat Penangana

    Gojek dan Halodoc Hadirkan Inovasi Layanan Telemedicine Check Covid-19 Dukung Kementerian Kesehatan RI Perkuat Penangana

    Berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, perusahaan teknologi karya anak bangsa Gojek dan Halodoc meluncurkan inovasi layanan telemedicine Check COVID-19 untuk bantu penanganan Virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Layanan konsultasi online (telemedik) tersebut didukung oleh lebih dari 20.000 dokter berlisensi dan berpengalaman di dalam ekosistem Halodoc. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) hari […]
  • Mengintip Latihan Aikido di Aikido Familia Graha Bintaro

    Mengintip Latihan Aikido di Aikido Familia Graha Bintaro

    Pada waktu belakangan ini tingkat kejahatan makin meningkat seiring makin bertambahnya jumlah manusia memperebutkan sumber kehidupan yang semakin sulit. Kejahatan makin banyak jenisnya, pelaku-pelaku kejahatan selalu menemukan cara untuk melaksanakan aksi. Kejahatan bisa terjadi dimana-mana, kapan pun. dan menimpa siapa saja termasuk buah hati Anda.Sebagai orang tua, tentunya Anda memiliki tugas untuk mempersiapkan putra/i Anda agar […]
  • Mau Sambal Yang Maknyus? Di Sambal Aneka “Ananda” Tempatnya

    Mau Sambal Yang Maknyus? Di Sambal Aneka “Ananda” Tempatnya

    Bagi penggemar pecel ayam dan pecel lele, sambal merupakan pelengkap yang mutlak ada. Adalah suatu kenikmatan tersendiri saat menyantap masakan seperti pecel ayam atau pecel lele yang masih panas karena baru diangkat dari penggorengan kemudian dicocol sambal dengan nasi yang juga masih mengebul. Namun kita jarang menemukan penjual pecel ayam atau pecel lele yang menyajikan […]
  • Samsung Galaxy M31 dengan Quad Kamera, Kuat Baterainya, Mulai Flash Sale 23 Maret 2020

    Samsung Galaxy M31 dengan Quad Kamera, Kuat Baterainya, Mulai Flash Sale 23 Maret 2020

    Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan varian terbaru Samsung Galaxy M31, produk yang didesain untuk menemani berbagai aktivitas harian sobat anti lowbat, hadir dengan baterai kuat berkapasitas 6.000 mAh dan Quad kamera belakang. Selain itu, layar 6,4 inci Super AMOLED memaksimalkan sisi entertainment, dan Dolby Atmos™  speaker surround sound effect yang akan turut mendukung pengalaman audio jernih.  […]
  • Foto : Resto Ayam Bakar Pak Atok

    Foto : Resto Ayam Bakar Pak Atok

    Tidak banyak resto di Bintaro yang menawarkan suasana yang asyik, Resto Ayam Bakar Pak Atok salah satunya. Resto yang menjadikan menu ayam bakar sebagai menu andalannya di ini sebetulnya menyajikan menu-menu Sunda yang telah mengalami penyesuaian dengan cita rasa Jawa. Suasana Jawa juga terasa kental dari bangunan dan pernak-pernik interiornya. Resto Ayam Bakar Pak Atok […]
  • Galaxy Note10 Lite: Langkah Jitu Samsung Hadirkan Ponsel Produktivitas Kelas Flagship bagi Kalangan yang Lebih Luas

    Galaxy Note10 Lite: Langkah Jitu Samsung Hadirkan Ponsel Produktivitas Kelas Flagship bagi Kalangan yang Lebih Luas

    Samsung Electronics Indonesia memastikan ketersediaan ponsel pendukung produktivitas kategori flagship untuk lebih banyak pengguna, dengan menghadirkan Galaxy Note10 Lite yang membawa fitur-fitur premium nan khas dari gawai seri Note. Teknologi kamera terkini, S Pen berfitur paling mutakhir, layar immersive dan baterai lebih bertenaga, menjadi beberapa keunggulan kunci. Galaxy Note10 Lite akan resmi tersedia di Indonesia […]
  • Jakartashoesid, Tempat  Kolektor Sepatu Menemukan Jawabannya

    Jakartashoesid, Tempat  Kolektor Sepatu Menemukan Jawabannya

    Tahukah Anda ada sepatu basket yang anti peluru? Atau sepatu jogging yang terbuat dari gabus sumbat botol? Ternyata ada lho, dan sepatu-sepatu langka ini bisa Anda temukan di Bintaro. Di mana itu? Yuk, kita simak liputan Info Bintaro ini. Adalah 2 kakak beradik, Arie Nugroho dan Adhitya Dwiyanto, pemilik sekaligus pengelola toko sepatu yang diberi nama […]
  • Satu Lagi Jamu Modern Hadir di Bintaro

    Satu Lagi Jamu Modern Hadir di Bintaro

    Seperti ramai diberitakan di media massa beberapa waktu lalu, obat virus korona sudah ditemukan pada curcumin yang ada pada jahe, kunyit, sereh dan temulawak yang biasa dibuat bumbu masak serta minuman segar alias jamu.Seorang peneliti Surabaya bernama Chaerul Anwar Nidom menegaskan, untuk menghadapi virus corona sebenarnya cukup mudah. Nidom yang merupakan Guru Besar Biokimia dan […]
  • Melatih Kemampuan Pitching Mahasiswa di Ajang Business Launch and Investor Days (BLIDz)

    Melatih Kemampuan Pitching Mahasiswa di Ajang Business Launch and Investor Days (BLIDz)

    BLIDz 2016 merupakan sebuah program yang diselenggarakan Universitas Prasetiya Mulya di bawah Entrepreneurship Development Center (EDC). BLIDz 2016 hadir dengan membawa suatu visi yang meyakini bahwa sebuah bisnis akan semakin besar dengan adanya mitra-mitra yang berkompeten dan menunjang keberhasilan bisnis tersebut. Tahun ini, BLIDz kembali menyelenggarakan acara pitching dan networking yang menjembatani start-up business mahasiswa […]
  • Johnson & Johnson Mengajak Para Pemuda Aktif dalam Membawa Perubahan untuk Indonesia

    Johnson & Johnson Mengajak Para Pemuda Aktif dalam Membawa Perubahan untuk Indonesia

    Sebagai salah satu perusahaan kesehatan terkemuka, PT Johnson & Johnson Indonesia (Johnson & Johnson Indonesia) kembali memperkuat komitmennya melalui berbagai inisiatif dan program yang diikutinya. Kali ini, Johnson & Johnson Indonesia berpartisipasi dalam acara bergengsi, Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019 yang digelar oleh IDN Times berlangsung pada Hari Sabtu tanggal 19 Januari 2019 di Hotel […]
  • Ini Bukan Perpisahan: Kru Emirates Berikan Salam Perpisahan Emosional untuk Penerbangan Terakhir

    Ini Bukan Perpisahan: Kru Emirates Berikan Salam Perpisahan Emosional untuk Penerbangan Terakhir

    Kru Emirates di seluruh dunia telah mengucapkan sampai jumpa pada penerbangan terakhir yang beroperasi kembali ke Dubai. EK 005 ke London Heathrow, yang berangkat pada pukul 16.05 pada 24 Maret adalah penerbangan terakhir untuk lepas landas dari Dubai. EK 262 dari Sao Paulo, yang mendarat pada pukul 22.35 (waktu setempat) adalah penerbangan terakhir yang tiba […]
  • Zalora Sambut Ramadhan dengan Tema “Rayakan dengan Ikhlas”

    Zalora Sambut Ramadhan dengan Tema “Rayakan dengan Ikhlas”

    ZALORA, destinasi fashion online terbesar di Asia mengangkat tema “Rayakan dengan Ikhlas” dalam kampanye ZALORAMADHAN 2018 bersama dengan tiga desainer busana Muslim Indonesia yaitu Ria Miranda, Nabila Hatifa dan Vivi Zubedi. Tema ini diangkat sebagai bentuk ajakan kepada pelanggan ZALORA untuk merayakan bulan suci Ramadhan dengan menekankan esensi pentingnya keikhlasan. Tema “Rayakan dengan Ikhlas” diangkat […]
  • Secangkir Kopi Bagi Tanah Air dari Baracik Coffee

    Secangkir Kopi Bagi Tanah Air dari Baracik Coffee

    Indonesia memiliki ragam kekayaan kopi yang sangat kaya. Berbagai jenis kopi baik dari jenis Robusta dan Arabika bisa ditemukan di sebagian daerah di Indonesia dengan berbagai variannya. Namun di masa lalu kopi-kopi hasil pertanian dari petani-petani kita terpinggirkan, kalah pamor dengan berbagai kopi impor. Minum kopi dianggap sebagai kebiasaan kaum marjinal. Tidak heran kehidupan petani-petani […]
  • Rumah.com Luncurkan Program Rumah.com Dealjuara

    Rumah.com Luncurkan Program Rumah.com Dealjuara

    Rumah.com sebagai pemimpin pasar properti online di Indonesia selalu mengambil peran aktif untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mencari dan memiliki rumah idaman mereka, salah satunya dengan meluncurkan program Rumah.com DealJuara. Program yang berlangsung dari tanggal 23 Juli 2018 sampai dengan 30 September 2018 ini, menawarkan banyak keuntungan untuk para pencari rumah dari lebih 15 proyek […]
  • Workshop Peluang Usaha Membuat Aksesori Mobil Bersama Katharina Gosal

    Workshop Peluang Usaha Membuat Aksesori Mobil Bersama Katharina Gosal

    Untuk memberikan ide bisnis kepada masyarakat, Gramedia Emerald menyelenggarakan Workshop yang bertajuk Peluang Usaha Membuat Aksesori Mobil dengan menampilkan Katharina Gosal sebagai ‘coach’. Workshop ini berlangsung pada Sabtu, 18 Februari 2017 di Lantai 2 Gramedia Emerald, CBD Bintaro Sektor 7, dari pukul 13.00. Workshop ini sendiri merupakan bagian dari program untuk mempromosikan buku berjudul Membuat […]
  • KiosTix Berbagi Pengalaman Cara Sukses Menjadi Entrepreneur Digital

    KiosTix Berbagi Pengalaman Cara Sukses Menjadi Entrepreneur Digital

    Industri kreatif dan hiburan -seperti konser musik, event olahraga, pertunjukan seni, aplikasi dan game developer, film, festival seni, MICE (meeting, incentive, conference, exhibition), dan pariwisata- diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan pesat saat ini dan di masa-masa mendatang. Pertumbuhan pesat itu terutama ditopang oleh perkembangan teknologi digital dan internet yang kini telah menjadi kebutuhan utama setiap […]