Ming. Sep 22nd, 2019

Terapi Autis Dengan Musik

autism_music_concert_info_bintaroMasih ingat foto atau video seorang ayah dengan anak laki-lakinya yang seorang penderita autis saat menonton konser musik Coldplay, sebuah grup musik rock asal Inggris, di Mexico City pada tanggal 16 April 2016. Foto-foto dan video yang banyak beredar di dunia maya ini menjadi perbincangan banyak orang di seluruh dunia, menggambarkan cinta seorang ayah terhadap anaknya dan berupaya untuk menghibur anaknya dengan musik. Sang ayah rupanya juga bermaksud menggunakan musik sebagai sarana untuk terapi anaknya.

Autisme adalah gangguan perkembangan yang memengaruhi interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku, dimana gejalanya akan mulai terlihat sebelum usia 3 tahun. Anak dengan autisme memiliki masalah dalam menggunakan bahasa, membentuk hubungan dengan orang lain dan salah mengintreprestasikan keadaan lingkungan sekitarnya.

terapi_autis_info_bintaro_1

Ada beberapa faktor genetika dan lingkungan yang diperkirakan dapat menyebabkan kelainan ini, tetapi penyebab autisme yang pasti belum diketahui hingga saat ini. Dalam kasus-kasus tertentu, autisme juga mungkin disebabkan oleh penyakit tertentu

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, diperkirakan ada sekitar satu orang penyandang autisme pada setiap 100 bayi yang lahir. Meski autisme tidak bisa disembuhkan, ada berbagai jenis penanganan dan langkah pengobatan yang bisa membantu para penyandang autisme, salah satunya adalah dengan terapi musik.

Sebuah studi dari Journal of Music Therapy pada tahun 2004 menemukan fakta bahwa anak-anak dan remaja yang mengalami autis yang diintervensi dengan musik dapat meningkat perilaku sosialnya, meningkatkan fokus dan perhatian, meningkatkan kemampuan komunikasi (vokal, verbal, gerak tubuh, dan perbendaharaan kata), mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kepedulian terhadap tubuhnya dan koordinasi.

terapi_autis_info_bintaro_2

Dalam fase lebih lanjut, dengan terapi yang berkelanjutan, seorang penderita autis dapat berprestasi dalam berbagai bidang. Indonesia boleh berbangga memiliki anak-anak yang menderita autis namun mampu menorehkan prestasi musik tingkat internasional.

Michael Anthony, seorang anak Indonesia berusia 7 tahun yang pandai memainkan alat musik piano dan telah mampu menguasai lebih dari seratus lagu, mulai dari aliran klasik hingga pop adalah penderita tuna netra dan autis. Ia juga mampu menguasai musik-musik dari Mozart, Chopin, Liszt dengan tingkatan yang sulit dilakukan oleh orang dewasa normal sekalipun. Ia cukup mendengarkannya sekali atau dua kali, dan selanjutnya ia mencari nada-nada musik yang telah didengarnya itu dengan cepat. Sementara Ade Irawan, kini 15 tahun, adalah pianis remaja yang telah malang melintang di dunia jazz dan blues hingga ke Chicago Amerika Serikat. Ade yang jago main piano secara otodidak ini, mempunyai jadwal ber-jam session dengan musisi-musisi jazz dan blues setiap pekan di kandang musik jazz dan blues Amerika itu. Masih ada lagi, sebuah grup musik asal Indonesia, I’m Star, yang semua anggotanya yang berjumlah 4 orang merupakan penderita autis, meraih penghargaan di Hongkong.

BACA JUGA  Iptek: Kaitan Global Warming Dengan Kulkas dan AC di Rumah

Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB), sebuah sekolah musik yang didirikan oleh musisi Gilang Ramadhan, adalah sebuah lembaga pendidikan musik bagi semua umur dengan sistem kurikulum yang telah disesuaikan dengan sekolah musik berstandar internasional. Sampai saat ini cabang-cabang GRSB telah tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia. GRSB memiliki program khusus Rhytim Therapy bagi anak-anak berkebutuhan khusus seperti Autis, Down Syndrome dan Cerebral Palsy. Dengan tenaga pengajar yang sangat berpengalaman dan fasilitas bermusik yang lengkap, GRSB menawarkan solusi bagi buah hati Anda yang menderita autis.

Untuk informasi selanjutnya, Anda dapat menghubungi :

Gilang Ramadhan Studio Band
Gedung Heritage, Bintaro Junction Lt. 4
Jl. Jend. Sudirman Blok A3/1
CBD Bintaro Sektor 7
Telp. 021 – 745 6776
Website : http://grsbstudio.com

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan