Rehat

Taman Kota 1 BSD City, Secuil Keindahan di Tengah Padatnya Kota

Sebuah papan informasi berbentuk bulat yang berada di sela-sela pohon di Taman Kota 1 BSD City sangat menarik perhatian. Papan itu menginformasikan kepada setiap pengunjung mengenai manfaat hutan kota sebagai pabrik oksigen, serapan air dan habitat hewan. Mungkin kita sudah mengetahui tentang hal ini melalui tulisan-tulisan di surat kabar, majalah, internet atau televisi. Namun kalau kita membacanya langsung saat kita berada di tengah-tengah kehijauan pohon-pohon dan tumbuh-tumbuhan yang diapit oleh jalan raya yang ramai di tengah kawasan perkotaan kita akan merasakan tulisan di papan informasi itu betul-betul mengingatkan kita mengenai pentingnya kawasan hijau di perkotaan.

Taman Kota 1 BSD City merupakan satu contoh dari sedikit kawasan yang berfungsi sebagai paru-paru kota. Kehadirannya merupakan ‘oase’ bagi masyarakat yang berada di kawasan BSD City. Taman Kota 1 BSD City yang didedikasikan oleh Sinar Mas Land sebagai pengembang dan pengelola kawasan BSD City sebagai kawasan hijau, pengelolaannya sekarang berada di bawah Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tangerang Selatan. Terletak di Jl. Letnan Sutopo yang merupakan salah satu jalan akses utama kawasan BSD City, Taman Kota 1 BSD City letaknya berseberangan dengan kawasan Taman Giri Loka dan bersebelahan dengan Sekolah Islam Al Azhar BSD.

hutan_kota_1_bsd_info_bintaro

Menempati area seluas 2,5 hektar, Taman Kota 1 BSD City dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Kawasan ini merupakan 2 hutan kota yang dimiliki oleh BSD City. Kawasan lainnya adalah Taman Kota 2 BSD City (baca juga: Beristirahat Sejenak dari Kebisingan Kota di Taman Kota 2 BSD City). Walaupun luasnya cuma 1/3 luas Taman Kota 2 BSD City, namun dengan secuil kawasan hijau ini dapat membawa suasana yang berbeda karena lokasinya betul-betul di tengah kawasan perkotaan. Berbeda dengan Taman Kota 2 BSD City yang lokasinya berada di kawasan yang lebih ‘pinggir’.

Jam buka Taman Kota 1 BSD City ini setiap hari dari pukul 06.00-18.00. Untuk masuk ke Taman Kota 1 BSD City, tidak dipungut bayaran sama sekali, bahkan parkir mobil pun tidak bayar, kecuali parkir motor karena ada petugas  khusus yang menjaga keamanan motor. Tempatnya cukup bersih dan rapih, di pintu masuk berjajar rapi kios penjual makanan dan minuman, tidak terlihat pedagang asongan yang seringkali mengganggu kenyamanan pengunjung.

Di bagian depan ada area terbuka berbentuk lingkaran dimana pada weekend menjadi tempat kegiatan Taichi maupun Senam Sehat. Bagi yang ingin bersantai sambil browsing internet, kawasan ini dilengkapi fasilitas free wifi berkecepatan tinggi oleh Dishubkominfo Kota Tangerang Selatan. Anda bisa bersantai browsing internet di bangku-bangku semen yang banyak berada di berbagai tempat atau di kios-kios penjual makanan di bagian depan Taman Kota 1 BSD City.

Jika ingin berjalan-jalan atau berolah raga lari, Taman Kota 1 BSD City ini memiliki jalan setapak dari semen yang mengitari keseluruhan area. Namun jika ingin berolah raga lari sebaiknya jangan pada saat weekend mengingat ramainya pengunjung.

Suasana sejuk terasa di hutan kota ini walaupun pada siang hari yang terik. Hal ini disebabkan banyaknya pepohonan yang sudah bertumbuh besar dan tertata rapi. Kita dapat melihat prasasti-prasasti kecil yang menjelaskan penanam beberapa pohon di sini oleh tokoh-tokoh penting negeri ini, perusahaan, perguruan tinggi, maupun perwakilan beberapa negara sahabat. Dari informasi yang tertulis, penanaman pohon-pohon tersebut dilakukan pada tahun 2004-2005.

Di pinggiran area Taman Kota 1 BSD City ini kita bisa melihat aliran sungai kecil yang memisahkan kawasan hutan kota dengan Sekolah Al Azhar di seberangnya. Untuk ukuran sungai di perkotaan, air yang mengalir di sungai kecil ini bisa dikatakan bersih. Jika suasana agak sepi, kita dapat mendengar sayup-sayup suara gemericik air yang mengalir.

hutan_kota_1_bsd_info_bintaro_1
Berbagai Sarana Taman Kota 1 BSD City

Yang sangat menarik, di atas sungai kecil ini ada jembatan gantung yang bernama Jembatan Gantung Bangkirai yang dapat digunakan untuk menyeberang ke area Sekolah Al Azhar. Jembatan ini diresmikan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, Ir. Rachmat Witoelar pada tahun 2006. Dari atas jembatan gantung yang bergoyang-goyang, kita dapat melihat aliran air sungai yang menuju jembatan gantung ini. Sangat menarik.

BACA JUGA  Java Festival Production Mempersiapkan Program Spesial untuk Perayaan 15 Tahun Jakarta International BNI Java Jazz Festival

Bagi yang ingin berolahraga, selain jalan setapak yang dapat dijadikan jooging track, di beberapa lokasi ada peralatan fitness yang dapat digunakan siapapun secara gratis. Namun tentunya jangan mengharapkan peralatan yang secanggih di fitness center. Juga tersedia sarana olah raga parkour sederhana terdiri dari pipa-pipa besi.

Lelah berjalan-jalan dan berolah raga, tersedia berbagai warung penjual makanan dan minuman. Pilihan menunya cukup lengkap, dari sekedar gorengan, makanan-makanan sarapan, seperti lontong sayur, aneka bakso dan mie sampai dengan nasi goreng, nasi uduk, soto dan sop, sampai dengan makanan Jepang. Harga-harga makanannya pun tidak mahal, rata-rata berkisar belasan ribu rupiah.

hutan_kota_1_bsd_info_bintaro_2
Soto Kwali Tanjung Khas Solo

Taman Kota 1 BSD City bisa menjadi alternatif rehat bagi masyarakat di tengah-tengah kehidupan perkotaan dengan kesemrawutannya. Fasilitas umum seperti ini mestinya bisa dijaga dengan baik bukan hanya oleh pemerintah, juga masyarakat. Sangat disayangkan masih ada ceceran sampah padahal tempat-tempat sampah tersedia cukup banyak. Belum lagi coretan-coretan di beberapa bagian Taman Kota 1 BSD City yang mengurangi keindahannya.

 

(ES)

 

Baca Juga

  • Bergerak Maju Untuk Tumbuh, Henkel Indonesia Pindah ke Kantor Baru di Bintaro

    Bergerak Maju Untuk Tumbuh, Henkel Indonesia Pindah ke Kantor Baru di Bintaro

    Pada 10 Oktober 2017 Henkel Indonesia secara resmi memulai kegiatan operasionalnya di kantor pusat baru di gedung Nissi Bintaro Campus di Tangerang Selatan. Pada kesempatan spesial ini, Lucky Lee, Presiden Henkel Indonesia, mengatakan, “Pindah ke Bintaro menandai fase baru bagi pertumbuhan Henkel di Indonesia, dan meneguhkan kembali komitmen jangka panjang kami untuk menciptakan nilai berkelanjutan […]
  • Pepsodent Kampanyekan Pentingnya Sikat Gigi Malam di Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020

    Pepsodent Kampanyekan Pentingnya Sikat Gigi Malam di Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020

    Pepsodent, brand perawatan kesehatan gigi dan mulut produksi PT Unilever Indonesia, Tbk. bekerjasama dengan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) kembali memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020. Dalam kesempatan ini, Pepsodent mengangkat hasil survei yang dilakukan di 8 negara mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan menyikat gigi pada malam hari; sebuah […]
  • Wardah Perkuat Posisinya Sebagai Pelopor Merek Kosmetik Halal dengan Kampanye ‘Halal dari Awal’

    Wardah Perkuat Posisinya Sebagai Pelopor Merek Kosmetik Halal dengan Kampanye ‘Halal dari Awal’

    Sebagai pelopor merek kosmetik halal nasional, Wardah mengawali 2019 dengan kembali memperkenalkan kampanye ‘Halal dari Awal’. Kampanye tersebut merupakan bentuk komitmen Wardah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya menggunakan produk halal, serta mendorong perkembangan industri kecantikan halal dalam negeri. “World Halal Council telah menobatkan Wardah sebagai pelopor merek kosmetik halal Indonesia sejak tahun 1999. Mulai […]
  • Mercedes-Benz Meluncurkan E 300 e EQ Power Sebagai Plug-in Hybrid E-Class Pertama di Indonesia

    Mercedes-Benz Meluncurkan E 300 e EQ Power Sebagai Plug-in Hybrid E-Class Pertama di Indonesia

    Pada ajang GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2019, yang diselenggarakan pada tanggal 18 Juli hingga 28 Juli 2019 yang lalu Mercedes-Benz memamerkan model plug-in hybrid pertamanya di Indonesia yakni E 300 e EQ Power “Sesuai dengan tema GIIAS 2019 tahun ini “Future in Motion”, MercedesBenz dengan bangga mengumumkan peluncuran perdana new E 300 e EQ […]
  • HERO Group Warnai Bulan Suci dengan Program Ramadan Berbagi

    HERO Group Warnai Bulan Suci dengan Program Ramadan Berbagi

    Sebagai bentuk partisipasi untuk memeriahkan Bulan Ramadan 1438 H, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) melalui unit bisnisnya Giant, menggelar acara Grand Final “Ramadan Berbagi” (Ramadan Berkah Bersama Giant) pada hari ini, Minggu 4 Juni 2017 di Giant Ekstra CBD Bintaro Jaya, Sektor 7, Tangerang Selatan (untuk babak Grand Final area Jabodetabek) dan juga di […]
  • Tips Liburan: Memilih Barang Bawaan & Packing

    Tips Liburan: Memilih Barang Bawaan & Packing

    Banyak sekali wisatawan yang kaget ketika menyadari betapa banyak barang yang harus dibawa. Memang diperlukan pengalaman untuk menjadi efisien dalam menentukan barang apa saja yang dibawa dan seni mengepak barang ke dalam tas. Untuk Anda yang berlibur dengan menggunakan kendaraan umum, hal ini akan menjadi penting karena barang bawaan bisa mengganggu perjalanan liburan Anda. Berikut […]
  • Fasilitasi Niat Ibadah Wakaf Masyarakat, Prudential Indonesia Hadirkan Program Wakaf dari Prusyariah

    Fasilitasi Niat Ibadah Wakaf Masyarakat, Prudential Indonesia Hadirkan Program Wakaf dari Prusyariah

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meluncurkan Program Wakaf dari PRUsyariah yang menawarkan pilihan bagi nasabah dan calon nasabah dalam menyalurkan wakaf. Program ini sesuai dengan Fatwa MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang Wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah, yang membolehkan masyarakat berwakaf dalam bentuk asuransi. Wakaf adalah bentuk kedermawanan dalam Islam yang memberikan […]
  • Atasi Tantangan di Masa Covid-19: Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

    Atasi Tantangan di Masa Covid-19: Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

    Seiring dengan semakin meluasnya dampak pandemi COVID-19, Gojek, super app on-demand terdepan di Asia Tenggara, terus menguatkan upayanya membantu para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka di tengah penurunan aktivitas masyarakat. Pada tanggal 24 Maret lalu, Gojek telah menggalang Dana Bantuan Mitra Gojek senilai Rp100 miliar, yang terkumpul dari donasi jajaran manajemen senior […]
  • First Class dalam Setiap Kondisi: Sejarah Mercedes-Benz GLS

    First Class dalam Setiap Kondisi: Sejarah Mercedes-Benz GLS

    Di dunia SUV, Mercedes-Benz GLS dan pendahulunya GL telah menetapkan standar dalam kenyamanan, dinamika, keselamatan, keanggunan serta efisiensi dan, dalam segmen ini, telah diperhitungkan sebagai S-Class antara kendaraan off-road lainnya. Sejak tahun 2006, SUV luxury ini mampu menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dalam situasi sehari-hari, seperti menghadapi padatnya lalu lintas kota, melewati jalan yang berliku-liku […]
  • Telkomsel Kerjasama Samsung dan HCI Hadirkan Bundling Smartphone 4G Harga Terjangkau

    Telkomsel Kerjasama Samsung dan HCI Hadirkan Bundling Smartphone 4G Harga Terjangkau

    Dalam mengakselerasi perkembangan ekosistem digital di Indonesia, Telkomsel bekerjasama dengan Samsung dan HCI menghadirkan program “Low-Cost Bundling 4G” yaitu bundling smartphone 4G dengan harga yang terjangkau. Program bundling ini dilengkapi berbagai extra value hingga 6 Gb kuota data, 100 menit layanan voice, dan 500 SMS On-net yang berlaku selama 30 hari. Vice President Prepaid Marketing […]
  • Magic House : Royal Illusion, Atraksi Seru dan Menegangkan di Dufan Ancol

    Magic House : Royal Illusion, Atraksi Seru dan Menegangkan di Dufan Ancol

    Sepanjang bulan Agustus sampai September 2018 ini ada yang baru di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, Magic House:“Royal Illusion”. Setelah sebelumnya sukses menghadirkan keseruan atraksi magician Denny Darco dan Riana yang mampu menghipnotis pengunjung Dufan, kini kembali menghadirkan atraksi alam bawah sadar tersebut dengan tema yang berbeda dan tentunya lebih seru. Berdurasi 40 menit, pengunjung akan […]
  • Foto : Keseruan Universonic 2017 – PKN STAN

    Foto : Keseruan Universonic 2017 – PKN STAN

    Untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa di tingkat nasional, sekaligus menjadi pintu gerbang untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan mahasiswa dalam bidang olahraga pada tingkat nasional lainnya, Keluarga Mahasiswa Pajak PKN STAN berkolaborasi dengan UKM Bulutangkis (Canon) menggelar ajang Universonic 2017 yang berlangsung di Kampus Politeknik Keuangan Negeri (PKN) STAN, Jurangmangu, Bintaro. Universonic 2017 merupakan kompetisi bulutangkis beregu […]
  • Siap Berjuang Raih Podium Tertinggi, Galang Hendra Pratama Raih Top-5 pada Hari Pembuka (FP1-FP2)

    Siap Berjuang Raih Podium Tertinggi, Galang Hendra Pratama Raih Top-5 pada Hari Pembuka (FP1-FP2)

    Seri perdana balap dunia World Supersport 300 berlangsung di Sirkuit Aragon, Spanyol, akhir pekan ini (5-7 April). Tercatat sebanyak 52 starter turut ambil bagian di musim 2019 ini. Salah satu dan satu-satunya starter WorldSSP300 yang berasal dari Indonesia adalah Galang Hendra Pratama. Pembalap asal Yogyakarta berusia 20 tahun ini mengusung tim Semakin Di Depan Biblion […]
  • Yuk Ikuti Financial Literacy: Chic-Chat with PermataBank

    Yuk Ikuti Financial Literacy: Chic-Chat with PermataBank

    Menteri Keuangan Sri Mulyani, talkshow host Nazwa Shihab, dan atlet bulutangkis Susi Susanti menjadi contoh hebatnya prestasi perempuan Indonesia sejak perjuangan Kartini, sebih seabad yang lalu. Tapi awas, tantangan ke depan bakal semakin berat. World Economic Forum 2016 menyatakan, pada tahun 2020, 20 juta orang akan kehilangan pekerjaannya. Bukan cuma robot yang akan menggantikan buruh […]
  • Kurang Percaya Diri Karena Kulit Kering dan Kusam?

    Kurang Percaya Diri Karena Kulit Kering dan Kusam?

    Memang kulit yang kusam bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya yakni: Paparan asap, debu, polusi Paparan sinar matahari berlebih Kurang nutrisi Kurang tidur Merokok Stres psikis Konsumsi alkohol, dan sebagainya Untuk mengatasi kulit yang kusam, sebenarnya Anda cukup melakukan pola hidup yang sehat, di antaranya dengan cara: […]
  • Wings Air Melakukan Proving Flight Tanjung Karang ke Krui

    Wings Air Melakukan Proving Flight Tanjung Karang ke Krui

    Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group menyampaikan perkembangan terkini sehubungan dengan pelaksanaan uji coba terbang awal (proving flight) pada hari ini telah berlangsung secara tepat, baik dan berjalan lancar. Operasional tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety, security, comfort first). Wings Air mengoperasikan salah satu armada tipe ATR 72-600, […]
  • Waspadai Resiko-Resiko Obesitas dan Cara Pencegahannya

    Waspadai Resiko-Resiko Obesitas dan Cara Pencegahannya

    Dalam kehidupan sehari-hari sering kita melihat seorang kakek atau nenek yang memanjakan sang cucu. Semua yang diminta sang cucu dikabulkan termasuk membeli makanan apa saja yang diinginkan. Nantinya sang anak dapat menderita sesak nafas, tidak bisa beraktivitas seperti anak normal lainnya karena ia menderita obesitas atau kegemukan. Anak yang gemuk memiliki andil orang tua di […]
  • Program CSR Henkel di SDN Pondok Jaya Mengajarkan Siswa Agar Melestarikan Lingkungan Sejak Dini

    Program CSR Henkel di SDN Pondok Jaya Mengajarkan Siswa Agar Melestarikan Lingkungan Sejak Dini

    Apa cara yang lebih baik untuk menanamkan nilai keberlanjutan di masyarakat selain memperkenalkan aktivitas sederhana namun bermanfaat untuk melestarikan lingkungan? Dalam rangka menyebarkan pesan keberlanjutan kepada anak-anak, karyawan PT Henkel Indonesien (Henkel Indonesia) mengunjungi dua sekolah dasar di Kota Tangerang Selatan, Banten untuk mengajarkan perilaku berkelanjutan bagi siswa kelas dua, tiga dan empat yang dapat […]
  • Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia, Bodrex Tumbuhkan Semangat Kolaborasi Generasi Muda melalui #Kolabodrex

    Bodrex, merek obat analgesik nomor satu untuk mengatasi sakit kepala di Indonesia selalu berupaya untuk menghadirkan inisiatif-inisiatif agar lebih dekat dan terlibat dengan seluruh kalangan masyarakat, tak terkecuali generasi muda. Melalui kegiatan #kolabodrex, Bodrex bekerjasama dengan tiga pionir street style di Indonesia, yakni Never Too Lavish, Urban Sneaker Society, dan Stayhoops untuk membuat produk streetwear […]
  • Telkom Resmikan Plasa Telkom Digital dengan New Digital Experience di Yogyakarta dan Solo

    Telkom Resmikan Plasa Telkom Digital dengan New Digital Experience di Yogyakarta dan Solo

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus konsisten menyediakan layanan terbaik bagi pelanggan melalui new digital experience. Sebagai wujud dari komitmen tersebut, Telkom meresmikan Plasa Telkom Digital secara bersamaan di Yogyakarta dan Solo, pada Jumat (6/3). Plasa Telkom Digital merupakan layanan outlet dengan inovasi walk in channel terbaru yang menerapkan layanan digital secara mandiri bagi […]

Tinggalkan Balasan