Pendidikan

Tahukan Anda bahwa Gus Mus, Kiai Pertama Penerima Yap Thiam Hien Award?

Pada hari Rabu, 24 Januari 2018 diselenggarakan penyerahan Yap Thiam Hien Award 2017 kepada Gus Mus, antara lain, dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif, serta perwakilan keluarga Yap Thiam Hien. Simak video penyerahan award tersebut di https://www.youtube.com/watch?v=Xlmqw-xnQF8

Yap Thiam Hien Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada pihak-pihak yang dinilai punya dedikasi luar biasa dalam penegakan HAM di Indonesia. Penghargaan ini mengambil nama sosok advokat Yap Thiam Hien (1913-1989) yang semasa hidupnya gigih memperjuangkan keadilan dan HAM. Penghargaan ini mulai diberikan pada 1992.

Ketua Yayasan Yap Thiam Hien Award, Todung Mulya Lubis mengatakan, Gus Mus memang tidak pernah dikenal sebagai aktivis hak asasi manusia seperti Yap Thiam Hien atau Munir Said Thalib. Gus Mus lebih dikenal sebagai tokoh Nadhatul Ulama (NU), kiai, pimpinan pondok pesantren, dan budayawan.

“Namun buat saya, Gus Mus dengan semua karyanya, dengan semua sepak terjangnya, keterlibatannya, adalah seorang pejuang hak asasi manusia,” ujar Todung saat ditemui sebelum acara.

Todung menuturkan, saat ini masyarakat sangat membutuhkan sosok seperti Gus Mus di tengah menguatnya paham radikalisme dan sektarianisme. Kedua paham tersebut, kata Todung, sangat mengganggu situasi masyarakat yang beragam dan majemuk.

Gus Mus merupakan alumnus dan penerima beasiswa dari Universitas Al Azhar Cairo (Mesir, 1964-1970) untuk studi Islam dan bahasa Arab ini. Sebelumnya menempuh pendidikan di Sekolah Rakyat (SR) 6 tahun (Rembang, 1950-1956), Pesantren Lirboyo (Kediri, 1956-1958), Pesantren Krapyak (Yogyakarta, 1958-1962), Pesantren Taman Pelajar Islam (Rembang, 1962-1964).

Dilahirkan di Rembang, 10 Agustus 1944, Gus Mus (KH. Ahmad Mustofa Bisri) beruntung dibesarkan dalam keluarga yang patriotis, intelek, progresif sekaligus penuh kasih sayang. Kakeknya (H. Zaenal Mustofa) adalah seorang saudagar ternama yang dikenal sangat menyayangi ulama. Dinaungi bimbingan para kiai dan keluarga yang saling mengasihi, yatim sejak masih kecil tidak membuat pendidikan anak-anak H. Zaenal Mustofa terlantar dalam pendidikan mereka.

Buah perpaduan keluarga H. Zaenal Mustofa dengan keluarga ulama bahkan terpatri dengan berdirinya “Taman Pelajar Islam” (Roudlatuth Tholibin), pondok pesantren yang kini diasuh Gus Mus bersaudara. Pondok ini didirikan tahun 1955 oleh ayah Gus Mus, KH. Bisri Mustofa. Taman Pelajar Islam secara fisik dibangun diatas tanah wakaf H. Zaenal Mustofa, dengan pendiri dan pengasuh KH Bisri Mustofa sebagai pewaris ilmu dan semangat pondok pesantren Kasingan yang terkemuka di wilayah pantura bagian Timur waktu itu, dan bubar pada tahun 1943 karena pendudukan Jepang.

Bisri Mustofa sendiri adalah menantu KH. Cholil Harun, ikon ilmu keagamaan (Islam) di wilayah pantura bagian Timur. Ayah Gus Mus sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya, lebih dari sekedar pendidikan formal. Meskipun otoriter dalam prinsip, namun ayahnya mendukung anaknya untuk berkembang sesuai dengan minatnya.

Menikah dengan Hj. Siti fatmah (1971), mereka dikaruniai 7 anak (6 putri, 1 putra bernama M. Bisri Mustofa), dan 13 cucu. Yang semakin langka dalam keluarga masa kini, namun nyata berlangsung dalam keluarga Gus Mus adalah hubungan saling menghormati, saling menyayangi di antara sesama anggota keluarga. Sebagai ilustrasi, kiprah sang ayah di dunia politik (Anggota Majelis Konstituante, 1955; Anggota MPRS, 1959; Anggota MPR, 1971), tidak dengan sendirinya membuat Gus Mus tertarik kepada dunia politik.

Jika akhirnya Gus Mus terjun juga ke dunia politik (1982-1992 anggota DPRD Jawa Tengah; 1992-1997 Anggota MPR RI) itu lebih karena pertimbangan tanggung jawab yang tak bisa dielakkannya, mengingat kapasitas-kapasitasnya. Dengan mengambil sikap-sikap politik yang sulit, Gus Mus sangat memperhitungkan restu keluarganya, terutama ibundanya Hj. Ma’rufah, selain istri dan anak-anaknya.

Disiplin dalam menulis

Bisri Mustofa penulis Tafsir al-ibris yang masyhur, di zamannya termasuk ulama ‘nyeleneh’ karena bekerja sebagai penulis. Beliau dikenal kemampuannya menerjemahkan kitab-kitab klasik berbahasa Arab menjadi bacaan indah sekaligus mudah difahami.

Produktivitas menulis keluarga ulama ini, khususnya produktivitas kepenulisan KH. Bisri Mustofa dan KH. Misbach Mustofa (keduanya putra H. Zaenal Mustofa) baik dalam bahasa Indonesia, Jawa maupun bahasa Arab mendorong inovasi diadakannya pelatihan menulis dalam bahasa Indonesia dan menerjemahkan kitab dalam bahasa Indonesia bagi para santri Taman Pelajar Islam (1983) yang diprakarsai adik Gus Mus KH M. Adib Bisri. Ketika itu kemampuan menulis dalam bahasa Indonesia rata-rata santri sangatlah minim.

Gus Mus sendiri bersama kakaknya KH M. Cholil Bisri, sejak muda mempunyai kebiasaan menulis sajak dan saling berlomba untuk dipublikasikan. Gus Mus yang suka membaca sejak masa kanak-kanak, tulisannya sejak remaja sudah banyak dimuat berbagai media masa termasuk Kompas (Kompas Minggu, 9 Januari 1997). (Untuk menghindarkan diri dari ‘bayang-bayang’ nama besar ayahnya, Gus Mus pernah menggunakan nama M. Ustov Abi Sri sebagai pseudonimnya). Untuk mengenang almarhumah sang istri, Gus Mus membuat puisi berjudul Sidik Jari. Meskipun istrinya telah tiada, namun keberadaannya masih terasa di sisi Gus Mus. Simak pembacaan puisinya yang sangat menyentuh di https://www.youtube.com/watch?v=6n6w3tSPUV8.

BACA JUGA  Kompetisi Iptek 3 Menit Jadi Duta Indonesia Dalam Falling Walls Dunia

Disiplin dalam Berorganisasi dan Berpolitik

Sejak muda Gus Mus adalah probadi yang terlatih dalam disiplin berorganisasi. Sewaktu kuliah di Al Azhar Cairo, bersama KH Syukri Zarkasi (sekarang Pengasuh Ponpes Modern Gontor Ponorogo, Jawa Timur), Gus Mus menjadi pengurus HIPPI (Himpunan Pemuda dan Pelajar Indonesia) Divisi Olah Raga. Di HIPPI pula Gus Mus pernah mengelola majalah organisasi (HIPPI) berdua saja dengan KH. Abdurrahaman Wahid (Gus Dur).

Tidak berbeda dengan para kiai lain yang memberikan waktu dan perhatiannya untuk NU (Nahdlatul Ulama), sepulang dari Cairo Gus Mus berkiprah di PCNU Rembang (awal 1970-an), Wakil Katib Syuriah PWNU Jawa Tengah (1977), Wakil Rais Syuriyah PWNU Jawa Tengah, hingga Rais Syuriyah PBNU (1994, 1999). Tetapi mulai tahun 2004, Gus Mus menolak duduk dalam jajaran kepengurusan struktural NU. Pada pemilihan Ketua Umum PBNU 2004-2009, Gus Mus menolak dicalonkan sebagai salah seorang kandidat.

Sebagai konsekuensinya, Gus Mus tidak sekedar ‘kehilangan’ kesempurnaan memimpin NU –dalam arti struktural– namun juga dialamatkannya tudingan bahwa ia sekadar tokoh ‘lemah’, ‘ragu-ragu’, ‘tidak tegas’, ‘tidak serius’ terhadap –bahkan ‘cuci tangan’ dari persoalan-persoalan NU. Sementara bagi Gus Mus, dengan ‘berada di luar orbit’, ia justru bisa ‘menjadi kiai umat tanpa membedakan latar belakang, warna pakaian dan politik’. “Saya harus bisa mengukur diri sendiri. Mungkin lebih baik saya tetap berada di luar, memberikan masukan dan kritikan dengan cara saya,” jelasnya. “Kalau saya biasanya mendoa, ya saya akan mendoa. Kalau semua orang misalnya mau mengukur dirinya sendiri, insya Allah baik bagi dirinya, baik juga bagi umat”.

Disiplin dalam melukis

Sewaku kuliah di Al Azhar (Cairo), Gus Mus dikenal sebagai atlet bulu tangkis dan sepak bola yang andal. Selain bulu tangkis dan sepak bola, melukis dan menulis adalah kegemaran Gus Mus sejak muda. Kenang Gus Mus, “…saya itu kalau ngaji, kitabnya suka saya gambari. Ketahuan ayah saya, tapi malah saya diajak ke perkampungan para pelukis di Sokaraja iyu. “ Gus Mus juga bercerita tentang guru melukisnya yang lain: “ …ada pelukis keliling, dia gambar wajah orang pakai kertas dan konte (sejenis pensil). Dia itu kakinya lumpuh. Sayalah yang mendorongnya keliling kota Rembang ini… hanya saking tertariknya saja. Saya ingin melihat dia melukis. Itulah antara lain cara saya belajar. Jadi saya tidak belajar secara khusus.” Sewaktu menjadi santri di Krapyak, Gus Mus sering jalan-jalan ke rumah-rumah seniman Yogya. Salah satunya rumah Affandi. Sampai ketika Affandi ke Mesir, Gus Mus selalu “nempel’ Affandi.

Mengapa ia sampai kini melukis, Gus Mus menyatakan: “Saya punya kebiasaan, kalau ada dorongan dari dalam itu, kalau tidak saya tuangkan dalam tulisan atau oret-oretan, rasanya masih seperti ada ganjalan. Apa yang saya lakukan itu merupakan dorongan dari dalam. Baik menulis maupun melukis, itu dorongan dari dalam yang tidak bisa dibendung, bahkan oleh saya sendiri. Karena sakit kalau tidak saya tuangkan. “

Gus Mus kini mantan perokok menjadi inovator sebagai pelukis pertama di atas amplop surat dengan memanfaatkan klelet (residu rokok) sebagai medium lukisannya. Sejumlah lukisan klelet karyanya itu digelar dalam sebuah pameran tunggal bertajuk “99 Lukisan Amplop” di Gedung Pameran Senirupa Depdikbud Jakarta (1997). Dirjen Depdikbud RI pada waktu itu, Edi Setyawati, mengapresiasi Gus Mus sebagai ‘manusia pelaku perubahan yang mewarisi gagasan-gaasan modernisasi dalam bidang kesenian’. Lukisan amplop Gus Mus menurut Edi Sdyawati merupakan ‘karya-karya seni rupa yang spesifik, baik bentuk, teknik, maupun pemaknaannya’. Mantan Mendikbud RI Fuad Hassan dalam sambutannya saat membuka pameran, menyatakan bahwa karya Gus Mus itu ‘sangat unik, bukan saja karena ciptaseni seorang Kiai, juga karena karyanya pantas dianggap tunggal dalam wujud dan gayanya”.

Disarikan dari http://gusmus.net

(EGS)

 

Baca Juga

  • Ayo, Wisata Kuliner Bakso di Bintaro

    Ayo, Wisata Kuliner Bakso di Bintaro

    Saat hujan sore-sore seringkali membuat perut lapar. Ngebakso adalah salah satu alternatif pilihannya. Bakso merupakan makanan populer Indonesia yang berasal dari Cina. Tepatnya di Fuzhou, pada akhir Dinasti Ming, atau sekitar awal abad ke-17. Pada saat itu, ada seorang pria bernama Meng Bo. Meng Bo ini anaknya nurut banget. Dia sangat sayang sama ibunya. Ibu […]
  • Dukung Kelestarian Lingkungan, Bluebird Luncurkan Armada Terbaru Mobil Bertenaga Listrik

    Dukung Kelestarian Lingkungan, Bluebird Luncurkan Armada Terbaru Mobil Bertenaga Listrik

    Bertempat di kantor pusat Bluebird Group, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Bluebird mencetak sejarah di industri transportasi Indonesia dengan meluncurkan mobil dengan tenaga listrik sebagai armada terbarunya untuk layanan Bluebird dan Silverbird, yaitu BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D A/T yang akan sedia melayani masyarakat Indonesia mulai bulan Mei 2019. Acara peluncuran mobil […]
  • Anak Anda Mengalami Kesulitan Belajar? Pahami Hal-Hal Ini

    Anak Anda Mengalami Kesulitan Belajar? Pahami Hal-Hal Ini

    Kesulitan belajar adalah gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan otak untuk memahami, mengingat, dan mengolah informasi, sehingga menimbulkan kesulitan dalam bidang akademis, terutama dalam membaca, menulis, dan berhitung. Adapun tanda-tanda yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui adanya masalah kesulitan belajar yaitu : keterlambatan dalam perkembangan, inkonsistensi hasil, hilangnya minat belajar anak, prestasi tidak sesuai dengan potensi, […]
  • BSD City Hadirkan Techpolitan Sebagai Sarana Berkreasi Anak Muda di Bidang Teknologi Digital

    BSD City Hadirkan Techpolitan Sebagai Sarana Berkreasi Anak Muda di Bidang Teknologi Digital

    Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbaik dan terpercaya di Indonesia, pada hari ini mengadakan Grand Opening Ceremony Techpolitan di The Breeze BSD City. Selaras dengan rencana percepatan BSD City sebagai integrated smart digital city, Techpolitan dibangun sebagai sebuah ruang edukasi dan entertainment yang diperuntukkan bagi pemuda untuk menuangkan minat dan semangat berkreasi dalam […]
  • Kolaborasi PT. BIT Teknologi Nusantara dengan Hitachi Vantara: Menyingkap Cloud Selanjutnya

    Kolaborasi PT. BIT Teknologi Nusantara dengan Hitachi Vantara: Menyingkap Cloud Selanjutnya

    PT. Bit Teknologi Nusantara, anak perusahaan dari operator pemancar yang terdaftar di Indonesia, PT. Solusi Tunas Pratama Tbk, hari ini mengumumkan penawaran BIT Super Cloud Infrastructure-as-a-Service (IaaS) dan Cloud Management Platform (CMP) terbarunya kepada para pelanggan. BIT Super Cloud merupakan platform cloud khusus pertama dan satu-satunya yang diciptakan untuk perusahaan yang ingin memulai bisnis cloud […]
  • Masih Bingung Mau Beli Mobil Apa? Simak Tips dari Chevrolet

    Masih Bingung Mau Beli Mobil Apa? Simak Tips dari Chevrolet

    Bagi sebagian besar orang memilih mobil memang bukanlah perkara mudah. Hal ini tentunya karena berhubungan dengan dengan kebutuhan dan karakteristik yang sesuai dengan kepribadian Anda. Lantas bagaimana cara menentukan mobil yang pas untuk Anda? Sebetulnya hanya diperlukan sedikit riset dan perencanaan sederhana dan jangan terburu-buru saat menentukan pilihan mobil idaman. Hal yang perlu dilakukan adalah […]
  • Anak Indonesia Bijak Plastik Mengajak Masyarakat Peduli Lingkungan

    Anak Indonesia Bijak Plastik Mengajak Masyarakat Peduli Lingkungan

    Unilever memfasilitasi empat Anak Indonesia yang memiliki kepedulian besar terhadap lingkungan untuk menyuarakan ajakan bijak plastik kepada masyarakat, terutama anak-anak Indonesia. Ajakan bijak plastik disampaikan pada perayaan Hari Anak Nasional di Lapangan Karebosi, Makassar yang dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Yohana Yembise, Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. H.M. Nurdin […]
  • Teknologi Terbaru Apex 2020 Hadirkan Visi Futuristik Vivo

    Teknologi Terbaru Apex 2020 Hadirkan Visi Futuristik Vivo

    vivo memperkenalkan generasi ketiga dari smartphone purwarupa APEX, yaitu APEX 2020. Dikenal sebagai purwarupa smartphone dengan fitur revolusioner, APEX 2020 melengkapi rangkaian teknologi APEX generasi sebelumnya, sekaligus menjadi manifestasi komitmen vivo dalam inovasi yang berkelanjutan. Mewakili wawasan vivo yang komprehensif akan konsumen dan industri smartphone, APEX 2020 menampilkan terobosan dalam visual desain smartphone masa depan […]
  • Kedai Mini Bintaro, Tempatnya Kuliner Padang & Malaysia yang Sulit Ditemukan di Tempat Lain

    Kedai Mini Bintaro, Tempatnya Kuliner Padang & Malaysia yang Sulit Ditemukan di Tempat Lain

    Masakan Padang? Hemm…tidak sulit kita menemukan berbagai resto atau gerai makan yang menyajikan berbagai menu masakan Padang. Jika kita berkendara dari mulai Sektor 1 sampai Graha Raya, kita akan menemukan berbagai resto Padang di mana-mana, termasuk juga yang berjenis warung tenda. Namun mungkin akan berbeda jika kita mencari kuliner-kuliner seperti Gulai Gajeboh, Soto Padang, Nasi Goreng […]
  • Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Berbadan Lebar untuk Penerbangan Musim Haji 1440H/2019M

    Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Berbadan Lebar untuk Penerbangan Musim Haji 1440H/2019M

    Maskapai nasional Garuda Indonesia menyiapkan 14 pesawat berbadan lebar (wide body) untuk pelaksanaan operasional haji tahun 2019 (1440 H), menyusul telah ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama kementerian Agama RI mengenai pengadaan transportasi udara penyelenggaraan haji tahun ini oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara dan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Prof H. […]
  • Soft Launching Music Education Center Farabi – Dwiki Dharmawan

    Soft Launching Music Education Center Farabi – Dwiki Dharmawan

    Pada Senin, 14 November 2016, bertempat di lokasi barunya di Bintaro Entertainment Center, Music Education Center Farabi, yang didirikan oleh musisi kawakan Dwiki Dharmawan mengadakan seremoni kecil yang menjadi penanda soft launching dimulainya berbagai kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya berlangsung di Ruko Multiguna, Bintaro Sektor 3A ke Bintaro Entertainment Center Lt. 1, CBD Bintaro Sektor 7. […]
  • Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek, platform teknologi pelopor konsep super app karya anak bangsa, luncurkan inovasi layanan terbaru bernama GoSure. Bekerja sama dengan PasarPolis, penyedia platform asuransi digital inovatif terdepan di Indonesia. GoSure merupakan salah satu wujud komitmen Gojek untuk selalu memberikan solusi teknologi yang memudahkan keseharian pelanggan. Bertujuan membantu pelanggan beraktivitas tanpa resah, GoSure hadir dengan tiga keunggulan […]
  • Kuliner di Bintaro  Sate Taichan Khas Dengan Rasa Pedas, Asin dan Asem!

    Kuliner di Bintaro Sate Taichan Khas Dengan Rasa Pedas, Asin dan Asem!

    INFOBINTARO – Kuliner di Bintaro yang satu ini sangat unik dan menggugah selera. Bagaimana tidak, apabila kita mengkonsumsi sate pada umumnya, maka rasa yang akan kita dapatkan biasanya hanya rasa manis dari kecap dan bumbu kacangnya. Nah, bila kalian mampir ke sate yang satu ini, maka kalian akan merasakan sensasi yang berbeda. Salah Satu Kuliner […]
  • Sosialisasi Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

    Sosialisasi Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

    Program Amnesti Pajak yang diluncurkan pemerintah semenjak 1 Juli 2016 belum sepenuhnya dipahami oleh segenap anggota masyarakat. Hal ini tergambar dari belum sesuainya target pemerintah dengan realisasi dana masyarakat yang telah masuk melalui Amnesti Pajak sampai dengan saat ini. Di sisi lain, dalam komunikasi sehari-hari seperti di kantor, kampus, komunitas warga maupun di media sosial seperti di […]
  • Penghentian Layanan Bertahap Kartu Prabayar Telekomunikasi

    Penghentian Layanan Bertahap Kartu Prabayar Telekomunikasi

    Berkenaan dengan tenggat waktu registrasi ulang nomor prabayar seluler berakhir pada tanggal 28 Februari 2018, diberitahukan hal-hal sebagai berikut: Batas akhir registrasi ulang nomor prabayar pelanggan jasa telekomunikasi berakhir tanggal 28 Februari 2018. Pelanggan yang tidak melakukan registrasi ulang sampai 28 Februari 2018, akan dilakukan pemblokiran layanan secara bertahap dengan ketentuan sebagai berikut: Mulai 1 […]
  • Nasgor Something, Tempatnya Nasi Goreng yang “Something’

    Nasgor Something, Tempatnya Nasi Goreng yang “Something’

    Bosan dengan nasi goreng yang begitu-begitu aja? Pingin nasi goreng yang kekinian? Pingin nongkrong asyik dengan harga ‘friendly’? Nah sekarang sudah ada alternatif baru yang menjadi jawaban dari semua keinginan di atas, yaitu di Nasgor Something. Tempat nongkrong baru ini memang menawarkan ‘something different’. Apa aja? Yuk kita simak. Nasgor Something merupakan sebuah resto baru […]
  • Mercedes-Benz Meluncurkan E 300 e EQ Power Sebagai Plug-in Hybrid E-Class Pertama di Indonesia

    Mercedes-Benz Meluncurkan E 300 e EQ Power Sebagai Plug-in Hybrid E-Class Pertama di Indonesia

    Pada ajang GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2019, yang diselenggarakan pada tanggal 18 Juli hingga 28 Juli 2019 yang lalu Mercedes-Benz memamerkan model plug-in hybrid pertamanya di Indonesia yakni E 300 e EQ Power “Sesuai dengan tema GIIAS 2019 tahun ini “Future in Motion”, MercedesBenz dengan bangga mengumumkan peluncuran perdana new E 300 e EQ […]
  • Kini Masyarakat Bisa Beli Voucher Game dengan Pulsa di Tokopedia

    Kini Masyarakat Bisa Beli Voucher Game dengan Pulsa di Tokopedia

    Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, hari ini (16/12/19) menghadirkan kemudahan baru untuk mempermudah masyarakat membeli voucher game dengan pulsa. Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang menghadirkan fitur serupa. Category Development (Top-Up) Lead Tokopedia, Jonathan Gilbert Tricahyo, mengatakan, “Kami melihat tingginya kebutuhan masyarakat dalam membeli voucher game dengan pulsa. Di […]
  • Buat Toko Online, Mendorong Startup Potensial Untuk Tumbuh Berkembang

    Buat Toko Online, Mendorong Startup Potensial Untuk Tumbuh Berkembang

    Tumbuhnya startup di Indonesia pada waktu belakangan ini sangat mengejutkan berbagai pihak. Bisnis pemula berbasis online yang sebelumnya tidak dilirik, ternyata bisa berkembang secara fenomenal. Beberapa bahkan dalam waktu singkat berkembang menjadi bisnis ‘unicorn alias bisnis dengan valuasi di atas 1 milyar dollar, sesuatu yang hampir mustahil diraih oleh bisnis-bisnis konvensional. Tengok saja seperti Gojek, […]
  • Yamaha Vega Force Hadir dalam Balutan Warna yang Semakin Sporty

    Yamaha Vega Force Hadir dalam Balutan Warna yang Semakin Sporty

    Yamaha Indonesia memberikan kejutan kepada para pelanggan setianya, khususnya bagi mereka pecinta motor bebek di tanah air melalui peluncuran warna serta desain stripping baru pada Yamaha Vega Force yang membuat tampilan motor tersebut menjadi semakin berkelas dan sporty. Yamaha Vega Force kini diperkaya dengan dua pilihan warna baru yaitu Metallic Black serta Metallic Red yang […]