Sab. Jan 18th, 2020

Tahukah Anda, Bubur Adalah Menu Sehat Untuk Makan Malam?

Orang mengenal bubur sebagai salah satu alternatif menu sarapan pagi. Sifat bubur yang ringan sering dianggap baik bagi perut yang baru beristirahat semalaman dari mencerna makanan. Ternyata hal ini merupakan kebiasaan yang kurang tepat. Mengapa?

bubur_info_bintaro

Para ahli gizi menyarankan, komposisi makan yang baik bagi kesehatan adalah : untuk sarapan sebaiknya kita memakan makanan yang berkategori ‘berat’ karena saat pagi hari merupakan awal kita beraktivitas, sehingga tubuh membutuhkan energi yang besar. Makan siang, jumlah makanan yang kita makan sebaiknya lebih sedikit dari sarapan pagi. Begitu pun dengan makan malam yang sebaiknya lebih sedikit dan lebih ringan dari makan siang.

Kebiasaan yang berlaku di kebanyakan orang Indonesia, sarapan pagi jumlahnya paling sedikit dan paling ringan, makan siang lebih banyak dan lebih berat, dan makan malam mengkonsumsi makanan yang berat. Kita sering mendengar pernyataan, ” Daripada saya kelaparan waktu tidur, lebih baik saya makan yang cukup banyak.” Padahal dengan mengkonsumsi makanan yang banyak dan berkategori berat, kita sama dengan menimbun berbagai makanan di tubuh kita yang berpotensi menimbulkan kegemukan atau berbagai penyakit, karena makanan yang kita konsumsi tidak sepenuhnya dicerna. Saat tidur merupakan saat istirahat bagi tubuh, termasuk pencernaan. Bila kita mengkonsumsi makan malam yang mengandung karbohidrat komplek seperti nasi, pencernaan akan dipaksa bekerja untuk mengurai karbohidrat yang masuk saat kita beristirahat. Dampak buruk lainnya, tidak semua makanan yang masuk ke sistem pencernaan akan diolah oleh tubuh. Sebagian yang tidak dapat diolah akan berubah menjadi timbunan lemak.

Dengan mengkonsumsi makanan yang kategorinya lebih ringan saat makan malam, berarti kita mempersiapkan tubuh kita untuk beristirahat. Itulah sebabnya bubur lebih baik dikonsumsi untuk makan malam. Bubur yang strukturnya adalah karbohidrat sederhana lebih gampang dicerna daripada nasi yang merupakan karbohidrat komplek. Bubur yang terbuat dari nasi, dengan bentuknya yang halus, juga sangat cocok buat orang lanjut usia atau yang sedang mengalami gangguan saluran pencernaan, atau yang sedang menjalani proses penyembuhan. Itulah sebabnya, bubur nasi sering dijadikan menu makan malam bagi pasien di rumah sakit.

BACA JUGA  Salsa Food City, Tempat Bersantap Asyik Bersama Keluarga Sambil Menikmati Live Musik

Toraya, sebuah gerai masakan Jepang di Bintaro People Market Lantai 2, Bintaro Sektor 3A. menyediakan berbagai menu bubur nasi ala Jepang yang bisa dijadikan menu makan malam (baca juga : Ingin Makan Masakan Jepang Anti-Mainstream? Di Toraya Tempatnya). Ada 4 pilihan menu bubur seperti Bubur Chicken Teriyaki, Bubur Ebi Mayogo, Bubur Chicken Katsu dan Bubur Japanese Meatballs. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan segar, bumbu racikan yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, menu bubur di Toraya bisa dijadikan menu untuk kongkow sekaligus makan malam. Harganya pun relatif terjangkau, jika bisa dikatakan murah untuk menu-menu ala Jepang.

toraya_info_bintaro_2
Bubur Japanese Meatballs

Toraya buka setiap hari, untuk hari kerja jam operasinya dari pukul 15.00-22.30, sedangkan saat weekend, buka dari pukul 15.00-23.30. Untuk melakukan pemesanan, minimum order adalah 30 porsi dan pemesanan dilakukan 1 hari sebelumnya, dengan menghubungi 0817 0007 474.

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan