Sab. Okt 19th, 2019

Swikee Purwodadi De Sis Memang Tidak Ada Duanya

Bagi penggemar kuliner swikee, Anda tahu tidak mudah menemukan gerai kuliner yang menyajikan menu swikee di wilayah Bintaro dan sekitarnya, apalagi swikee yang betul-betul lezat. Jika Anda berkeliling wilayah Bintaro dari mulai Veteran, Bintaro Sektor 1 sampai 9, bahkan Graha Raya, bisa dipastikan Anda akan kecewa, karena hampir tidak ada yang menyajikan swikee di menunya. Namun sekarang Anda boleh bergembira, karena Anda bisa menemukan gerai yang menyajikan swikee di menunya, dan yang terpenting swikee-nya sangat lezat, di Taman Jajan Bintaro.

Bicara kuliner swikee tidak bisa terlepas dari nama kota Purwodadi. purwodadi, sebuah kota di Jawa Tengah, dikenal karena masakan swikee-nya yang lezat, tidak hanya di seputaran Jawa Tengah saja melainkan juga sampai seantero Indonesia, sehingga penjual-penjual masakan swikee sering mencantumkan embel-embel Purwodadi di gerainya, walau pun belum tentu mereka berasal dari Purwodadi. Gerai swikee di Taman Jajan Bintaro, yang dinamakan Swikee De Sis betul-betul dikelola oleh orang asli Purwodadi dan telah puluhan tahun berkecimpung di usaha kuliner swikee.

Gerai Swikee De Sis terletak di sisi selatan Taman Jajan Bintaro di pojokan yang gampang terlihat, baik bagi Anda yang baru masuk kawasan Taman Jajan Bintaro,mau pun Anda yang akan keluar dari Taman Jajan. Lokasinya di pojokan menghadap parkiran utama.

swikee_de_sis_1

Swikee De Sis dikelola dan dimiliki oleh Banu Siswanto yang akrab dipanggil Pakde Sis, seorang asli Purwodadi yang telah menjalankan usaha kuliner swikee di Bintaro dan beberapa wilayah di Jakarta Barat, Serpong dan Bintaro sejak tahun 1997. Sebelumnya ia hanya menyediakan berbagai menu swikee, yang diperolehnya dari beberapa pengepul di wilayah Jabotabek, seperti Sentul dan Ciawi. Ia hanya menyediakan menu-menu yang bahan bakunya merupakan hasil penangkapan di alam, bukan hasil dari peternakan, sehingga dagingnya terasa lebih ‘manis’ daripada swikee yang berasal dari penangkaran. Namun seiring dengan meningkatnya permintaan dari pelanggannya, belakangan ia juga menyediakan saklon sebagai menu andalannya.

Swikee merupakan istilah yang merujuk pada katak sawah, sedangkan saklon merupakan istilah untuk katak batu. Ada perbedaan tekstur daging antara swikee dan saklon, dimana daging swikee teksturnya sedikit berserat dan kulitnya lebih keras, sehingga kulit swikee sering digunakan sebagai bahan pembuat kerupuk swikee. Sementara saklon dagingnya terasa lebih lembut dan tidak berserat, dagingnya pun berwarna lebih bersih. Karena dagingnya yang lembut ini, dalam mengolah saklon menjadi masakan, kulitnya selalu disertakan, berbeda dengan swikee yang diolah tanpa kulit. Di alam, ukuran saklon lebih besar dari swikee. Tidak heran dari sisi harga jual, menu-menu saklon lebih mahal daripada dari swikee. Karena itu, saklon banyak disajikan sebagai makanan ekslklusif di di restoran-restoran kelas atas atau di hotel-hotel. Namun karena istilah swikee sudah populer di masyarakat, Banu menggunakan kata swikee untuk nama gerainya.

BACA JUGA  Weekend Program: Cara Membuat Calamari Rings
swikee_de_sis_4
Swikee Kuah

Menu-menu andalan dari Swikee De Sis adalah swikee/saklon kuah, swikee/saklon goreng mentega yang umumnya disukai oleh orang dewasa. Sedangkan bagi anak-anak, menu yang menjadi favorit adalah swikee/saklon goreng tepung. Swikee/saklon kuah merupakan masakan yang menggunakan bumbu tauco, bawah putih, bawang merah, sereh dan beberapa bumbu lainnya. Rasanya sangat segar, perpaduan asam, asin dan ada sedikit nuansa pedas dari lada. Sangat nikmat sebagai teman makan nasi terutama saat malam hari atau cuaca dingin. Sedangkan swikee/saklon goreng mentega dan tepung rasanya tidak berbeda jauh dari menu-menu yang berbahan baku ayam, perbedaannya daging swikee dan saklon lebih lembut dan halus, sehingga rasa bumbu terasa lebih menyerap. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis, dijamin sepiring nasi akan terasa kurang.

Menu-menu lainnya yang tersedia di gerai Swikee De Sis adalah Swikee/Saklon Siram, Pepes Telur Swikee, Cah Kangkung Polos, Gareng Asem dan berbagai dimsum.

swikee_de_sis_3
Swikee Goreng Tepung

Dalam menjaga kualitas dari masakannya, Banu sangat mengutamakan kualitas bahan baku, terutama daging swikee dan saklon yang diperolehnya dari beberapa pengepul. Setiap pagi ia menerima puluhan kilogram swikee dan saklon yang di antarkan ke rumahnya di Rempoa. Bersama istrinya, ia memilah-milah daging swikee dan saklon yang diterima berdasarkan ukurannya untuk masing-masing jenis menu. Kemudian swikee yang telah dipilah, dipotong-potong, dicuci dan dikupas kulitnya. Sedangkan untuk saklon, setelah dipilah langsung dipotong-potong dan dicuci. Ia menyatakan, jika pengepul memberikan bahan baku yang kurang layak sebanyak 3x, ia akan menghentikan pembelian dari pengepul tersebut dan menggantikannya dengan pengepul yang lain.

Untuk bumbu racikannya, ia menggunakan bumbu-bumbu yang sama seperti penjual swikeer yang sudah sangat terkenal di Purwodadi untuk menjaga kekhasan menu-menu yang disajikannya, contohnya seperti menu Swikee Kuah.

swikee_de_sis
Swikee Goreng Mentega

Swikee De Sis buka setiap hari dari pukul 15.00-23.30 pada hari biasa, dan pukul 15.00-24.00 pada weekend dan hari libur nasional. Selama bulan Ramadhan, tetap buka dari mulai menjelang buka puasa sampai malam hari. Sedangkan saat Idul Fitri, Swikee De Sis hanya tutup saat Lebaran hari pertama.

BACA JUGA  Susu Sehat ya Susu Almond dari Toko Gembili

Jika Anda ingin mengorder untuk keperluan acara arisan, kantor, dll, Anda dapat menghubungi 0813 1515 3685 minimal satu hari sebelumnya. Jumlah minimal porsi adalah 10 pak.

 

(ES)

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan