Sel. Sep 17th, 2019

Sukses Berkarir Dengan Kemampuan Mengingat

Apakah Anda pernah mengalami situasi dipanggil oleh ‘big boss’ perusahaan di mana Anda bekerja di ruangannya dan ia menanyakan beberapa data penting dan Anda gelagapan menjawabnya karena Anda tidak ingat? Atau saat Anda berbicara di telpon dengan salah satu customer penting perusahaan, tiba-tiba ia menanyakan suatu hal yang pernah ia tanyakan lama sebelumnya dan Anda tidak ingat mengenai hal itu? Siapa pun yang bekerja sebagai profesional di suatu perusahaan, tentu pernah mengalami situasi yang tidak mengenakkan seperti ini, kita lupa terhadap sesuatu yang penting di pekerjaan kita. Umumnya kita akan coba mengulur waktu dengan menyatakan akan mengecek terlebih dahulu, atau dengan berdalih banyak sekali pekerjaan yang harus Anda tangani. Walau pun jawaban seperti itu umumnya bisa diterima, tentunya hal itu akan mengurangi kredibilitas Anda di mata orang lain, Anda akan dinilai secara diam-diam sebagai karyawan yang tidak cakap, atau yang lebih buruk, sebagai orang yang kurang bertanggung jawab.

workplace depression

Dunia karir profesional menuntut semua orang untuk memiliki kemampuan yang baik di dalam pekerjaannya. Kurangnya kemampuan dalam mengingat banyak hal dalam pekerjaan akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang tidak mampu menangani pekerjaan Anda. Dalam jangka panjang, hal ini akan menyisihkan Anda dari kesempatan-kesempatan promosi yang tersedia. Memang banyak hal yang dibutuhkan untuk mencapai sukses dalam karir, seperti komunikasi, network, pengetahuan dan attitude. Namun semuanya itu akan saling melengkapi, dengan faktor yang paling mudah terlihat adalah skill dalam pekerjaan, yang di dalamnya dibutuhkan kemampuan mengingat. Umumnya pada hampir semua perusahaan, skill dalam pekerjaan memiliki porsi terbesar dalam penilaian KPI (Key Performance Indicator).

Bagi Anda yang seringkali mengalami masalah dalam pekerjaan yang berkaitan dengan ‘lupa’, Anda harus mulai memikirkan cara yang terbaik untuk mengurangi masalah ini dan mulai menampilkan diri Anda sebagai karyawan yang dapat diandalkan. Berbagai cara dapat digunakan, dari mulai menggunakan agenda dan catatan-catatan yang selalu direview setiap hari, menggunakan teknologi seperti smartphone untuk mencatat berbagai hal.  Namun, sebaik-baiknya alat yang Anda gunakan untuk membantu mengingat, alat terbaik adalah alat yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Pada dasarnya setiap orang dapat berlatih untuk meningkatkan kemampuan mengingatnya, namun diperlukan metode-metode khusus untuk melatihnya. Tanpa adanya upaya-upaya khusus untuk melatihnya, daya ingat kita mungkin hanya akan meningkat sedikit, hal ini ditambah dengan aktivitas-aktivitas dan banyaknya permasalahan yang kita hadapi setiap hari akan menyebabkan upaya-upaya untuk melatih ingatan ini menjadi tidak fokus, bahkan mungkin akan terlupakan.

BACA JUGA  Mencegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Beras Hitam

Gramedia Academy, salah satu divisi yang menangani pelatihan sumber daya manuasia terintegrasi (silabus, metode dan evaluasi) berdasarkan buku-buku terbitan Gramedia memiliki program pelatihan ingatan bagi profesional yang ingin meningkatkan kemampuan mengingatnya yang sangat berguna untuk diaplikasikan pada pekerjaan sehari-hari di kantor.. Program yang dilatih langsung oleh Yudi Lesmana, seorang pemegang gelar Grandmaster Memory yang diberikan oleh World Memory Sport Council yang juga pemegang gelar Asia Memory Master, dan pemegang berbagai medali emas pada berbagai kompetisi memorizing internasional ini memiliki 2 pilihan pelatihan bagi profesional yaitu workshop dan kursus reguler.

student_memory_course_seminar_bintaro_plaza_2905_1

Yudi Lesmana yang merupakan satu-satunya pemegang gelar Grandmaster Memory di Indonesia dan salah satu dari sedikit pemegang gelar ini di tingkat dunia, memiliki banyak pengalaman dalam melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir, seperti yang dilakukan saat melatih dan mendampingi wakil Indonesia pada berbagai kompetisi memorizing tingkat dunia. Yudi yang merupakan lulusan S1 dari Institut Teknologi Bandung dan S2 di Universitas Indonesia, adalah juga Pendiri dan Chairman Indonesia Memory Sports Association (IMSA).

asia_memory_championship_hongkong_2015

fjY-0gWz
Yudi Lesmana

Program workshop yang dinamakan Workshop Ingatan Gajah Bagi Profesional, terdiri dari 3 level yaitu Basic, Intermediate dan Advance, dimana masing-masing level terdiri atas 8 jam yang berlangsung dalam 1 hari. Pelatihan ini membantu para profesional untuk mengatasi permasalahan daya ingat, seperti mengingat wajah dan nama, penempatan file pekerjaan hingga peningkatan daya ingat untuk efisiensi pekerjaan sehingga mampu melakukan presentasi dan diskusi dengan segudang data tanpa alat bantu, mengingat data klien yang mampu diserap otak dan hal-hal luar biasa lainnya untuk menunjang kualitas dan kecepatan hasil pekerjaan. Para peserta akan dibimbing untuk berlatih menggunakan kemampuan mengingatnya dengan berbagai metode yang disampaikan dengan cara interaktif dan praktis dengan menggunakan praktek-praktek simulasi mau pun permainan yang menyenangkan, sehingga peserta tidak akan merasa jenuh dan siap mengaplikasikan hasil workshop ini untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Untuk program workshop ini merupakan paket program mandiri yang dapat dipilih oleh perusahaan bagi karyawan-karyawannya.

Program Kursus pelatihan daya ingat yang dinamakan Kursus Reguler Ingatan Gajah merupakan kursus dengan pertemuan minimal 1x dalam seminggu selama 2 jam mempelajari 30 topik utama dalam mengasah daya ingat. Total pertemuan yang dibutuhkan sebanyak 50 pertemuan termasuk ujian kenaikan materi. Para peserta akan diajarkan berbagai metode memorizing seperti Metode Rantaian, Lokasi, Asosiasi dan lain-lain dengan cara yang praktis, sehingga setiap peserta dapat langsung mengaplikasikan berbagai metode tersebut pada situasi yang berbeda.

BACA JUGA  Pameran UMKM "The I Corner" Gramedia Emerald

Jika perusahaan Anda atau Anda ingin mengikuti program-program yang disiapkan oleh Gramedia Academy ini, Anda dapat menghubungi:

Gramedia Academy
Gedung Kompas Gramedia Lt. 4
Jl. Palmerah Barat No. 29-37, Jakarta 10270
Telp. : 021 – 5367 7834, Fax : 021 – 549 3073
http://www.gramediaacademy.com

atau dengan contact person : Ari (0812 1933 2323)

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan