Universitas Pembangunan Jaya

Sukarela Menjalani Rehabilitasi Narkotika (Dalam Rangka Memperingati Hari Narkoba Internasional 26 Juni)

Indonesia dinyatakan darurat narkotika pertama kali oleh Presiden Soeharto pada tahun 1971 dan status ini tidak berubah sampai lebih dari 40 tahun kemudian. Bahkan, jumlah pengguna narkotika di Indonesia justru cenderung meningkat setiap tahun.

Hasil survei Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) menyatakan bahwa pada awal tahun 2014 terdapat 4.1 juta jiwa pengguna narkotika dan meningkat mencapai 5.1 juta jiwa pada tahun 2015. Lebih lanjut, berita harian Kompas menyebutkan bahwa angka tersebut meningkat kembali hingga mencapai 5.9 juta jiwa menjelang tahun 2016.

Peningkatan tersebut membuat pemerintah bekerjasama dengan segala lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengurangi jumlah pengguna narkoba tersebut. Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan adalah dengan mengajak lembaga rehabilitasi untuk bergabung dalam Institusi Penerima Wajib Lapor atau IPWL (Kementerian Kesehatan, 2014).

Institusi ini bertugas untuk menerima laporan mandiri dari para pecandu yang ingin menjalani rehabilitazi demi terlepas dari kecanduannya. Lembaga rehabilitasi yang tidak terdaftar sebagai IPWL dapat menandatangani nota kesepahaman untuk bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) atau mendapat rekomendasi dari BNN.

Kerjasama tersebut diadakan untuk mengurangi tindak pidana bagi pengguna narkotika dengan cara menyediakan layanan rehabilitasi, yang dikenal dengan kebijakan dekriminalisasi (Suci, Sarasvita, Mushlihah, & Utami, 2016).

Undang-Undang Narkotika Tahun 2009 menyatakan bahwa setiap pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi. Bagi mereka yang menginginkan layanan tersebut, terdapat dua jenis rehabilitasi yang perlu dijalani, yaitu rehabilitasi medis dan sosial.

Rehabilitasi medis diberikan jika pengguna narkotika mengalami salah satu atau beberapa kondisi berikut, yaitu (1) gejala putus zat dan/atau kondisi keracunan yang mengganggu stabilitas fungsi fisik dan psikologis; (2) masalah fisik lain yang menghambat keikutsertaan dalam program terapi/rehabilitasi; dan (3) gejala halusinasi, waham, dan/atau gejala kejiwaan lain yang mengganggu proses komunikasi dan jalannya terapi.

Sedangkan, rehabilitasi sosial diberikan jika mantan pengguna narkotika telah selesai menjalani program rehabilitasi medis atau tidak menjalani rehabilitasi medis karena tidak menunjukkan kondisi di atas (Peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional Tahun 2016).

Masa rehabilitasi tidak serta-merta mengembalikan mantan pengguna narkotika ke situasi aman dari godaan narkotika. Setelah menjalani rehabilitasi medis dan sosial, mantan pengguna juga perlu menjalani pascarehabilitasi.

Pada layanan ini, mantan pengguna narkotika diberikan kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Selain itu, kegiatan tersebut juga bisa dilakukan bersamaan dengan kewajiban mereka untuk bersekolah atau bekerja, namun tetap berada di bawah pengawasan tempat rehabilitasi.

Program pemerintah ini pada kenyataannya tidak diikuti oleh para pengguna narkotika. BNN (dalam Abdallah, 2017) menyebutkan bahwa para pengguna narkotika masih enggan melakukan rehabilitasi karena mereka sendiri tidak menganggap bahwa pengobatan adalah sesuatu yang dibutuhkan.

Terlebih lagi bagi para pengguna narkotika rekresional yang tidak mengkonsumsinya secara rutin. Bahkan mereka yang sudah menggunakan narkotika bertahun-tahun pun baru mendatangi layanan rehabilitasi jika sudah mengalami gejala-gejala fisik yang sangat mengganggu, misalnya rasa sakitdi kepala, atau karena tertangkap polisi.

Mengikuti rehabilitasi secara sukarela membutuhkan kesadaran dan kemampuan berpikir rasional pada pihak pengguna narkotika. Mereka harus sadar bahwa perilaku adiksi mereka merugikan diri sendiri maupun orang lain dan bahwa mereka membutuhkan bantuan dari pihak lain.

Namun kesadaran ini sangatlah rendah karena dalam kurun waktu tertentu penggunaan narkotika akan terjadi kerusakan pada beberapa area otak yang membuat pengguna narkotika sulit untuk mengambil keputusan yang efektif, termasuk keputusan untuk menjalani rehabilitasi

Lingkungan sosial sekitar seorang pengguna narkotika adalah salah satu pihak yang dapat mendorongnya untuk menjalani rehabilitasi. Dorongan tersebut dapat diberikan dalam bentuk informasi dan pemikiran-pemikiran rasional, yang tidak dimiliki oleh mereka. Kebutuhan finansial dan ancaman penangkapan adalah hal-hal yang pada umumnya sudah dipahami sebagai konsekuensi dari penggunaan narkotika.

Namun, informasi tentang ketersediaan kesempatan untuk menjalani rehabilitasi secara sukarela, tanpa status sebagai kriminal dan juga dengan pembiayaan yang ringan karena mendapatkan bantuan dari pemerintah, masih kurang diketahui.

Keluarga atau teman dapat menjadi pihak pertama yang memberikan informasi tersebut sehingga para pengguna narkotika menyadari masalah yang mereka hadapidan juga memiliki alternatif penyelesaian masalah yang memadai.

Harapannya, dukungan tersebut dapat membantu mereka untuk berusaha meningkatkan kualitas hidup. Peningkatan kualitas hidup tersebut dapat membuat mereka memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan diri dengan cara mendapatkan pertolongan lebih cepat, mengikuti program rehabilitasi dan pada akhirnya terbebas dari narkotika.

Tim Penulis:

Olivia Ariantje Josephine Umboh, Veronica Anastasia Melany Kaihatu, Supriyanto
Program Studi Psikologi
Universitas Pembangunan Jaya

Daftar Referensi

    • Abdallah, F. (15 Desember, 2017). BNN kesulitan cari pasien rehabilitasi narkotika.com. Diakses pada tanggal 17 Juni 2018 dari metrotvnews.com.
    • Hartik, A. (2 November 2017). Buwas: Indonesia Darurat Narkoba sejak 1971 sampai Sekarang. com. Diakses pada tanggal 17 Juni 2018 dari https://regional.kompas.com/read/2017/11/02/17045461/buwas-indonesia-darurat-narkoba-sejak-1971-sampai-sekarang.
    • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Hari anti narkotika internasional – 26 Juni: Pengguna narkotika dapat dicegah dan dapat direhabilitasi. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. ISSN: 2088-270X.
    • Meliala, A. (2017). Badan Narkotika Nasional dan jebakan kelembagaan. Jurnal Peradilan Indonesia Teropong, 5(1), 1-8. ISSN: 2460-2043.
    • Noviarini, N. A., Dewi, M. P., & Prabowo, H. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan kualitas hidup pada pecandu narkoba yang sedang menjalani rehabilitasi. PESAT, 5, 116-122. ISSN: 1858-2559.
    • Peraturan Kepala Badan Narkotika Nasional, 17 (2016).
    • Rachmat, M. S. (12 Mei, 2015). Delapan lembaga diajak tangani 100 ribu pengguna narkotika. Okezone.com. Diakses pada tanggal 16 Juni 2018 dari https://okezone.com.
    • Rachmawati, I. (1 November, 2016). Buwas: Pengguna narkotika di Indonesia meningkat hingga 5.9 juta orang. Kompas.com. Diakses pada tanggal 16 Juni 2018 dari http://regional.kompas.com/.
    • Suci, E. S. T., Sarasvita, R., Mushlihah, & Utami, D. S. (2016). The Indonesia national rehabilitation movement: Where are we moving to?. Jurnal Peradilan Indonesia, 5(7), 107-119. ISSN 2460-2043.
    • Undang-Undang Narkotika, 35 (2009).
    • Verdejo-Garcia, A., Perez-Garcia, M., & Bechara, A. (2006). Emotion, decision making and substance abuse dependence: A somatic-marker model of addiction. Current Neuropharmacology, 4(1), 17-31. Diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2430678/.

Tags

Baca Juga

  • APP Sinar Mas Raih Penghargaan Edukasi Pasar Terbaik Lewat “Festival Penulis Cilik SiDU”

    APP Sinar Mas Raih Penghargaan Edukasi Pasar Terbaik Lewat “Festival Penulis Cilik SiDU”

    Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperoleh penghargaan kategori edukasi pasar terbaik untuk program Festival Penulis Cilik SiDU di ajang The Most Experiential Brand Activation Award 2018 di Jakarta. Melalui penghargaan tersebut, majalah komunikasi pemasaran terkemuka, selaku penggagas, mengapresiasi dampak nyata dari Festival Penulis Cilik SiDU (FPCS) dalam menumbuhkan minat menulis anak Indonesia. “Di […]
  • Penawaran Terbaik Piaggio dan Vespa di Bulan Suci Ramadan

    Penawaran Terbaik Piaggio dan Vespa di Bulan Suci Ramadan

    Dalam rangka bulan suci Ramadan, PT Piaggio Indonesia memberikan penawaran terbaik bagi para pelanggan setia produk premium khas Italia dengan program Piaggio Vespa Ramadan Promo 2019. Program ini berlaku selama periode 1 – 30 Mei 2019 untuk setiap pembelian unit Piaggio dan Vespa. Program khusus ini merupakan salah satu upaya dari PT Piaggio Indonesia di […]
  • Sambut Era of Live, Pre-Order Samsung Galaxy A70 Dimulai 18 April 2019

    Sambut Era of Live, Pre-Order Samsung Galaxy A70 Dimulai 18 April 2019

    Samsung Electronics telah secara resmi memperkenalkan Samsung Galaxy A70, smartphone terbaru di jajaran Galaxy A yang populer. Diciptakan untuk generasi Live yang ingin menangkap, terhubung dan berbagi berbagai momen kehidupan secara live, Galaxy A70 bisa didapatkan konsumen Indonesia melalui sistem pre-order di tanggal 18-24 April. Dengan inovasi terbaru dan peningkatan pada fitur – fitur utamanya, […]
  • Delapan Tips Packing Tetap Aman dan NyamanSaat Mudik dengan SUV Anda

    Delapan Tips Packing Tetap Aman dan NyamanSaat Mudik dengan SUV Anda

    Mudik merupakan tradisi yang ditunggu-tunggu, apalagi berkendara bersama keluarga menuju kampung halaman untuk menyongsong kebersamaan. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Chevrolet Indonesia berbagai tips-tips packing agar Anda tetap aman dan nyaman selama perjalanan. Perhitungkan dengan Cermat Walaupun mobil SUV memiliki ruang lebih untuk menyimpan barang, sebaiknya jangan memenuhi ruang mobil Anda dari dasar ke langit-langit […]
  • Permatabank dan Line Today Berkolaborasi dengan Dipha Barus Meluncurkan Gerakan #CountMEin

    Permatabank dan Line Today Berkolaborasi dengan Dipha Barus Meluncurkan Gerakan #CountMEin

    PermataBank bersama dengan LINE TODAY meluncurkan gerakan #CountMEin yang diwujudkan dalam bentuk single dan video movement Money Honey #CountMEin oleh Dipha Barus dan Monica Karina. Acara ini berlangsung pada  Kamis, 5 April 2018 dengan mengambil tempat di Glass House Level 8, The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Gerakan #CountMEin merupakan bagian dari inisiatif #BicaraUang oleh […]
  • DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

    DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

    Pertama kalinya bagi bank asal Singapura dan Asia, Bank DBS unggul dari bank-bank yang lebih besar dan lebih mapan untuk dinobatkan sebagai Best Bank in The World. Penghargaan tertinggi dan bergengsi ini diberikan kepada DBS oleh Global Finance dalam Penghargaan World’s Best Global Banks 2018. Menerima penghargaan sebagai Best Bank in the World menambah pengakuan […]
  • Manfaatkan Aplikasi Pulse, Prudential Indonesia dan Halodoc Sediakan 50.000 Rapid Test Covid-19 Tanpa Biaya

    Manfaatkan Aplikasi Pulse, Prudential Indonesia dan Halodoc Sediakan 50.000 Rapid Test Covid-19 Tanpa Biaya

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) meningkatkan kerja sama dengan Halodoc, salah satu penyedia layanan kesehatan berbasis online asal Indonesia, dengan menyediakan layanan tes diagnostik cepat COVID19 (rapid test) tanpa biaya bagi 50.000 warga Jakarta dan Surabaya melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse). Pulse adalah aplikasi kesehatan digital yang menghadirkan pengelolaan kesehatan holistik dan didukung […]
  • Vivo Z1 Pro, Smartphone dengan Performa Tangguh Resmi Hadir di Indonesia

    Vivo Z1 Pro, Smartphone dengan Performa Tangguh Resmi Hadir di Indonesia

    vivo secara resmi meluncurkan perangkat Z-Series pertamanya, vivo Z1 Pro, di Indonesia. Mengusung tagline “Powerful Inside” vivo Z1 Pro hadir dengan fitur utama performa tangguh didukung prosesor Snapdragon 712 AIE, baterai super besar 5000 mAh dengan 18w Dual-Engine Fast Charging, layar sinematik 6,53″ FHD+ Ultra O Screen pertama oleh vivo, serta 32MP AI Selfie Camera. […]
  • Belanja Super Murah Mulai dari Rp 1000 di Giant Cuci Gudang

    Belanja Super Murah Mulai dari Rp 1000 di Giant Cuci Gudang

    Giant mengadakan “Giant Cuci Gudang” yang kali ini menawarkan aneka produk – produk keperluan rumah tangga berkualitas dengan harga super murah mulai dari Rp1.000,-. Giant Cuci Gudang yang dimulai sejak tanggal 23 November 2017 sampai dengan tanggal 25 Januari 2018 ini, menawarkan produk–produk perlengkapan rumah tangga, pakaian, peralatan serta perlengkapan menulis, produk elektronik, serta produk-produk […]
  • Kemenparekraf Ajak Masyarakat Selalu Jalankan Langkah #BersamaJagaKebaikan

    Kemenparekraf Ajak Masyarakat Selalu Jalankan Langkah #BersamaJagaKebaikan

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak masyarakat untuk selalu memberikan semangat positif, inspirasi, kebaikan, serta saling mendukung di tengah pandemi dan situasi yang tidak menentu saat ini. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya dalam keterangannya, Jumat (22/5/2020) mengatakan, ajakan tersebut salah satunya diwujudkan dalam tantangan #BersamaJagaKebaikan yang digulirkan beberapa waktu lalu […]
  • Peringati HUT ke-71, Garuda Indonesia Hadirkan Penawaran Diskon Tiket Hingga 71 Persen

    Peringati HUT ke-71, Garuda Indonesia Hadirkan Penawaran Diskon Tiket Hingga 71 Persen

    Dalam rangka merayakan HUT ke-71, maskapai nasional Garuda Indonesia memberikan penawaran khusus berupa potongan harga hingga 71 persen hampir di seluruh rute Garuda Indonesia baik domestik maupun internasional. Adapun promo potongan harga ini khusus berlaku bagi pembelian tiket pada tanggal 26 Januari dengan periode perjalanan mulai dari 26 Januari hingga 14 Mei 2020. Direktur Utama […]
  • Iflix Menghadirkan March Madness ke Asia Tenggara dan Banyak Lagi dengan Peluncuran Saluran ZSports

    Iflix Menghadirkan March Madness ke Asia Tenggara dan Banyak Lagi dengan Peluncuran Saluran ZSports

    iflix, layanan hiburan terkemuka di Asia Tenggara, dengan bangga mempersembahkan peluncuran ZSPORTS – saluran linear olahraga premium – di beberapa pasar Asia Tenggara, untuk iflixFREE dan iflixVIP. Tersedia mulai pertengahan Maret di Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar, peluncuran ini bertepatan dengan Turnamen Bola Basket Divisi I Putra NCAA (dikenal sebagai “March […]
  • Indonesia Ice Skating Open, Persiapan Atlet Menuju Skate Asia

    Indonesia Ice Skating Open, Persiapan Atlet Menuju Skate Asia

    Indonesia Ice Skating Open (IISO) untuk keempat kalinya digelar di BX Rink. Kompetisi ice skating yang telah menjadi agenda tahunan ini dilaksanakan pada tanggal 03 – 05 Februari 2017. Indonesia Ice Skating Open disebut menjadi kompetisi untuk mendukung kesiapan atlet menghadapi Skate Asia mendatang. IISO 2017 diikuti oleh 220 atlet dari berbagai cabang olahraga ice […]
  • Shopee Mencatatkan Pencapaian Luar Biasa pada 11.11 Big Sale dengan 70 Juta Total Barang Terjual pada Puncak 11 November

    Shopee Mencatatkan Pencapaian Luar Biasa pada 11.11 Big Sale dengan 70 Juta Total Barang Terjual pada Puncak 11 November

    Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, menghasilkan performa luar biasa pada kampanye 11.11 Big Sale tahun ini. Shopee melanjutkan komitmennya untuk memberikan pengalaman berbelanja yang baik kepada seluruh pengguna Shopee di seluruh negara Shopee beroperasi, hingga mencatatkan penjualan terbaiknya pada puncak kampanye tanggal 11 November 2019 kemarin, dilihat dari: 70 juta total […]
  • Mau Sambal Yang Maknyus? Di Sambal Aneka “Ananda” Tempatnya

    Mau Sambal Yang Maknyus? Di Sambal Aneka “Ananda” Tempatnya

    Bagi penggemar pecel ayam dan pecel lele, sambal merupakan pelengkap yang mutlak ada. Adalah suatu kenikmatan tersendiri saat menyantap masakan seperti pecel ayam atau pecel lele yang masih panas karena baru diangkat dari penggorengan kemudian dicocol sambal dengan nasi yang juga masih mengebul. Namun kita jarang menemukan penjual pecel ayam atau pecel lele yang menyajikan […]
  • Pengundian Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi Periode 1

    Pengundian Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi Periode 1

    Telkomsel mengumumkan pemenang program undian Telkomsel Siaga Sebar Hepi periode pertama sebagai apresiasi bagi para pelanggan setia. Pelanggan dengan nomor 0811559XXX dari Samarinda keluar sebagai pemenang hadiah utama berupa 1 unit mobil Honda HR-V. Pemenang diumumkan pada acara pengundian yang dilakukan di Telkomsel Smart Office, Jakarta. Vice President High Value Customer Segment Telkomsel, Riny Novitriyanti […]
  • Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Huawei Ajak Berbagi Kasih Sayang dengan February in Harmony

    Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang. Apakah Anda sedang mencari hadiah untuk orang terdekat yang lebih spesial dari biasanya? Huawei hadir dengan “February in Harmony” yang memberikan beragam penawaran bagi Anda yang ingin memberikan kado spesial di bulan Februari ini. “Ada berbagai cara kita mengungkapkan kasih sayang pada orang-orang terdekat. Memahami hal tersebut, Huawei […]
  • Sepatu Peninggi Badan by ShoesVaganzas

    Sepatu Peninggi Badan by ShoesVaganzas

    Hai, warga Bintaro…Tahukah Anda kalau sekarang ada sepatu peninggi badan buat pria lho. Gimana modelnya ya? Bila dilihat dari luar, tidak ada perbedaan dari sepatu pria umumnya. Padahal terdapat hidden sol di bagian dalam 3 – 4 cm. Sedangkan sol luar yang terlihat tingginya sekitar 3 – 4 cm. Wow…kan? Nah, siapa sih pengguna sepatu […]
  • Bersantai Menikmati Secangkir Kopi Sehabis Berbelanja di Kopi Sae

    Bersantai Menikmati Secangkir Kopi Sehabis Berbelanja di Kopi Sae

    Setelah berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari, enaknya ngapain ya? Mungkin itu terlintas di pikiran kita setiap kali kita telah membeli berbagai keperluan. Jika kita sering berbelanja di Pasar Modern Bintaro, kita bisa mengisi perut di gerai-gerai kuliner yang banyak tersebar di seputar Pasar Modern dengan berbagai pilihan menunya. Namun jika kita tidak ingin bersantap, ada pilihan yang […]
  • Adaptasi Kebiasaan Baru, IKEA Ajak Konsumen Berani untuk Berubah Lewat 5 Tips Ini

    Adaptasi Kebiasaan Baru, IKEA Ajak Konsumen Berani untuk Berubah Lewat 5 Tips Ini

    Saat ini Indonesia telah memasuki masa adaptasi kebiasaan baru. Fase ini ditandai dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara bertahap dan mulai dibukanya toko, mal, perkantoran, sekolah dan universitas. Walaupun sedang dalam proses transisi agar masyarakat dapat kembali menjalankan aktivitas di luar rumah, namun akan jauh lebih baik jika tetap beraktivitas di rumah agar […]

Tinggalkan Balasan