Suka Band The Beatles atau Lagu-Lagu Evergreen? Di Brouven Koffie Tempatnya

Setiap Kamis Anda dapat menikmati penampilan lagu-lagu The Beatles. Sedangkan pada hari Sabtu Anda bisa menyimak lagu-lagu evergreen di era 60, 70 dan 80an. Bahkan Anda dapat turut bernyanyi bila mau. Café yang dibuka sejak tanggal 5 Mei 2018 ini berlokasi di Heritage Junction yang berada di kawasan Bintaro Sektor 7.

Generasi milenial mungkin tidak tahu apa itu lagu evergreen. Ini adalah lagu barat lama. Memang musik Barat memang menjadi favorit tersendiri bagi pendengarnya. Lagu-lagu Barat yang sudah lama dan sampai sekarang ini masih tetap populer juga bisa dikatakan lagu Barat sepanjang masa. Lagu tersebut yang berhasil dibawakan oleh penyanyinya hingga sukses menjual jutaan copy dan tentu disukai oleh banyak kalangan.

Salah satu contohnya di antaranya karya Billy Joel – Just the Way You Are (1977), penyanyi Eric Clapton – Wonderful Tonight (1978) dan kelompok band Righteous Brothers – Unchained Melody (1965) serta yang lainnya.

Walau belum lama dibuka, cafe ini telah dikunjungi banyak selebriti seperti Indro Warkop, Tora Sudiro, Risty Tagor, Kikan, Aline Adita, Sandra Dewi dll.

Segmen pasar dari Brouven Koffie ini adalah kalangan menengah ke atas. Terdiri dari lingkungan bisnis seperti perbankan dan otomotif yang berada di kawasan Bintaro Sektor 7 serta daerah pemukiman Bintaro Jaya yang berada di dekat Brouven Koffie. Jadi kafe ini tidak memiliki target market dari kalangan anak muda.

Tak heran suasana kafenya pun tidak bernuasa anak muda, melainkan suasana keluarga dan nuansa bisnis. Di sini Anda dapat mengadakan perayaan baby shower, bridal shower, birthday party dan lain lain. Brouven Koffie juga dapat menjadi tempat ideal menyelenggarakan meeting dengan client atau relasi bisnis Anda.

Bila Anda mau mengadakan event yang mengundang banyak orang, tidak perlu pusing memikirkan parkir kendaraan karena lokasi café ini di kawasan Bintaro Trade Center dan Pasar Modern Bintaro yang memiliki lahan parkir yang sangat luas.

Makanan

Menu yang tersedia adalah menu masakan Barat dan Indonesia. Mengingat target market  yang menengah ke atas, café ini memilih materi yang berkualitas dari supplier ternama. Menu yang menjadi best seller adalah dori sambal matah dan chicken cordon bleu. Harga makanan di sini berkisar  Rp. 24.000-Rp.106.000. Di sore hari Anda pun dapat memesan kudapan seperti singkong sambel roa atau NACHOS ala Brouven Koffie.

Nasi daun jeruk + ikan dori sambal matah (kiri), aneka minuman (kanan)

Minuman

Di samping membuka kafe di Bintaro, Brouven Koffie juga menjual aneka kopi dari Aceh sampai Papua. Saat ini kopi telah menjadi gaya hidup. Anda dapat memesan aneka kopi nusantara di Tokopedia dan Bukalapak. Baik jenis arabica maupun robusta. Kopi Arabica terasa lebih asam, harganya lebih mahal daripada kopi robusta dan lebih cocok sebagai kopi single origin.

Minuman kopi memang telah menjadi tren. Bila dulu hanya bapak-bapak yang menjadi penikmat kopi, sekarang ibu-ibu dan anak muda pun senang menikmati kopi. Menurut Adi Suranta Ginting, pemilik Brouven Koffie semakin ke arah Barat seperti Aceh, kopi akan terasa berat. Jenis ini biasanya disukai kaum pria. Sedangkan semakin ke arah Timur seperti Papua, kopi akan terasa ringan (light). Ini disukai oleh kaum wanita.

Buat para pengunjung café yang tidak menyukai kopi dapat memesan minum non caffein seperti green tea latte dan cotton candy. Juga tersedia mix juice wortel, jeruk dan nanas.

Training Barista

Pada tanggal 28 Juli 2018 Brouven Koffie mengadakan training barista untuk pertama kalinya.Mengingat besarnya animo orang untuk belajar membuat kopi, Brouven Kopi pada hari Sabtu, 8 September 2018 mengadakan training barista yang kedua kalinya. Tidak banyak pesertanya, hanya 10 peserta. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif di mana setiap orang memegang alat praktek sendiri-sendiri.  Uniknya tidak semua peserta ingin menjadi barista. Ada pula yang ikut training agar bisa membuat kopi yang enak di rumah.

Materi yang diajarkan di ataranya pengetahuan dasar tentang kopi, proses pembuatan kopi dari biji hingga siap diseduh, distribusi kopi, leveling and tamping; using scales to dial in the ideal espresso shot, milk steaming, dan pengetahuan untuk merawat mesin kopi dan teknik manual brewing. 

Hanya dengan membayar Rp. 750.000, peserta training mendapatkan coffe break, lunch, sertifikat dan apron ekslusif. Hadir sebagai pembicara adalah Bpk. Adi Suranta Ginting yang merupakan pemilik dari Brouven Koffie.

Dalam penyelenggaraan kursus barista, Brouven Koffie bekerja sama dengan Institut Kopi, salah satu unit usaha Koperasi Komunitas Kopi Indonesia yang bergerak di bidang edukasi.

Koperasi Komunitas Kopi Indonesia (KOKOPI)

Koperasi ini memiliki anggota hampir 200 organisasi yang dari petani, distributor, eksportir, roaster, coffee shop, penjual kopi. Memiliki  beberapa business unit di antaranya Institut KOKOPI, yang bergerak dalam dunia edukasi.

Beragam kegiatan digelar oleh KOKOPI. Salah satunya pada bulan Februari 2018 KOKOPI dan Tokopedia menggelar event The Indonesia Expo Kopi 2018 di kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan. Kegiatan ini menggandeng para petani kopi, pengusaha kopi, dan para penikmat kopi yang peduli dengan kesejahteraan para petani di Indonesia.

Tahukah Anda bahwa kopi Indonesia merupakan salah satu komoditas potensial yang sudah mendunia sejak lama? Meski secara prestasi dunia sebenarnya Indonesia masih menduduki nomor 4 setelah Brazil, Columbia, dan Vietnam. Terakhir, Kopi Indonesia menjadi nomor 1 dunia adalah pada tahun 1732 (hampir 300 tahun yang lalu). Kapankah Indonesia bisa menjadi nomor 1 kembali?

Mau tahu lebih lanjut tentang bagaimana merintis bisnis kopi? Nantikan liputan selanjutnya di Info Bintaro.

Info lebih lanjut:

Brouven Koffie Cafe & Resto
Gedung Heritage Bintaro Junction
Kawasan Bintaro Trade Center, Bintaro Sektor 7

Senin: 11.00 – 24.00 WIB
Selasa-Minggu: 09.00 – 24.00 WIB
RSVP: 0812-1323-4455
Order via Go Food: Brouven Koffie Cafe &Resto.

Instagram: https://www.instagram.com/brouven.cafe/
Tokopedia: https://www.tokopedia.com/brouvenkoffie
Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/brouvenkoffie

(EGS)