Berita Utama

Studi Lazada: Logistik Jadi Tantangan Terbesar UMKM Indonesia, e Commerce Tawarkan Solusinya

Studi yang dilaksanakan oleh Lazada Indonesia (Lazada), bagian dari Lazada Group, eCommerce terdepan di Asia Tenggara yang berkomitmen mempercepat pertumbuhan ekonomi digital melalui ekosistem eCommerce dan teknologi, mengemukakan bahwa ternyata 87% UMKM di Indonesia belum terdigitalisasi, dan lebih dari separuh (65%) UMKM kategori ini merasa logistik menjadi salah satu tantangan terbesar dalam pengembangan usaha mereka. Sementara itu, 92% dari UMKM yang telah terdigitalisasi dan menggunakan platform eCommerce sepakat eCommerce sangat membantu kebutuhan logistik mereka.

Studi berjudul “Percepatan Ekonomi Digital Indonesia melalui eCommerce” ini belum lama diluncurkan oleh Lazada dan mencatat ragam fakta seputar industri eCommerce serta perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. Studi dilaksanakan dengan dukungan dari YCP Solidiance, konsultan manajemen ternama di Asia, dan bertujuan untuk jalankan misi dukung pemerintah Indonesia memberdayakan bisnis dan individu dalam menjalankan transformasi digital dan bertumbuh dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Situasi luar biasa saat ini jelas mendorong perubahan perilaku konsumen dan meningkatkan transaksi penjualan berbasis digital. Menurut laporan e-Conomy SEA 2020 dari Google, Temasek, Bain & Company 2020, dimana nilai ekonomi digital di Indonesia di tahun 2020 lalu mencapai USD44 miliar, eCommerce memegang peranan penting dalam percepatan terbentuknya perekonomian digital. Nilai tersebut diperkirakan bisa mencapai USD124 milar di tahun 2025. Laporan yang sama menunjukkan adanya enam faktor pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital terpadu, dan logistik merupakan salah satu penyokong terpenting untuk merealisasikan angka tersebut.

Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia mengatakan, “Misi Lazada adalah untuk mempercepat kemajuan ekonomi di Asia Tenggara melalui commerce dan teknologi. Hasil studi ini membantu kami memahami dukungan apa yang dapat kami lakukan untuk mendorong bisnis, khususnya UMKM,  bertransformasi menuju penerapan ekonomi digital melalui dukungan teknologi canggih seperti solusi logistik yang holistik, pemberdayaan data, serta ekosistem eCommerce yang kami miliki.”

Dalam Studi Lazada yang dilakukan pada kuartal keempat tahun 2020 ini, perusahaan dan UMKM yang sudah terdigitalisasi merujuk pada perusahaan dan UMKM yang setidaknya sudah menggunakan platform eCommerce sebagai salah satu strategi bisnisnya. Studi menunjukkan digitalisasi melalui eCommerce mendorong inklusi digital UMKM melalui penyediaan akses ke berbagai fitur digital. Saat ini, kemudahan akses digital pada eCommerce ini baru dinikmati 13% UMKM di Indonesia. Selain merasakan sistem logistik yang efektif, 94% dari UMKM yang telah terdigitalisasi ini juga merasakan manfaat program marketing dari eCommerce. Kemudahan bisnis melalui eCommerce juga dirasakan dari sisi teknologi, inovasi produk, akses pendanaan, infrastruktur dan kapabilitas SDM, hingga manajemen pelanggan dan akses pasar.

Solusi logistik Lazada untuk UMKM di Indonesia

Lazada hadir sebagai satu-satunya eCommerce yang memiliki ekosistem logistik berbasis teknologi yang terbesar dan paling inovatif di Asia Tenggara. Ekosistem logistik milik Lazada Indonesia terus berkembang dengan dukungan infrastruktur teknologi canggih Alibaba, dan sejak 2019 lalu, telah terintegrasi sepenuhnya dalam ekosistem eCommerce di Lazada. Solusi logistik end-to-end Lazada memastikan proses logistik yang streamlined, termasuk konsep Fulfilment by Lazada, dimana brands dan sellers dapat menitipkan barangnya di warehouse Lazada untuk memastikan waktu pengiriman yang tepat waktu.

Peran eCommerce sebagai akselerator inklusi digital telah dirasakan berbagai UMKM, termasuk Fitria, pemilik toko Juara Snack di Lazada. Setelah bergabung dengan Lazada, Fitria menerima pelatihan intensif dari tim Lazada mengenai strategi pengembangan bisnis digital, termasuk mengenai peranan sistem logistik yang bisa dioptimalkan oleh tokonya. Hasilnya, Fitria kini mampu mengakomodir hingga lebih dari 1.000 pesanan setiap harinya tanpa kewalahan mengelola proses pengiriman.

Country Chief Logistics Officer, Lazada Indonesia, Philippe Auberger mengatakan, “Teknologi di sistem logistik kami juga memungkinkan bisnis untuk memprediksi  dan menganalisis permintaan dan suplai atas produk mereka di periode waktu tertentu sehingga memudahkan mereka untuk melakukan perencanaan bisnis. Selain itu, jaringan regional kami juga memungkinkan bisnis yang sudah siap melakukan ekspansi ke negara lain melalui solusi cross-border kami. Kami berharap sistem logistik kami ini mampu menjadi salah satu solusi dari isu umum di industri eCommerce dan bisa berkontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.”

Lazada sendiri juga baru-baru ini menerima penghargaan WCO Certificate of Merit 2021 dari World Customs Organization (WCO) yang diberikan atas rekomendasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai platform eCommerce pertama di Indonesia yang menggunakan skema “Delivery Duty Paid” untuk penyelesaian kepabeanan atas impor barang kiriman eCommerce. Melalui skema ini, Lazada mampu menyelesaikan proses customs clearance secara lebih efisien, dalam hal waktu dan biaya.

Studi Lazada – eCommerce sebagai katalis ekonomi digital

Dalam studi ini, data yang terkumpul dari UMKM di lima kategori terpopuler di platform eCommerce, yaitu Fesyen, Elektronik, Produk Kecantikan dan Perawatan Diri, Mainan dan Hobi, serta Furnitur juga menghasilkan rekomendasi untuk para pemain eCommerce agar bisa memberikan dampak yang lebih besar bagi inklusi digital untuk UMKM di Indonesia, yaitu:

Mengembangkan program dan insentif untuk terus mendorong konversi offline-to-online UMKM di Indonesia

Melakukan edukasi dan pemberdayaan komunitas secara intensif untuk mendorong penggunaan data oleh UMKM

Studi Lazada juga mengungkapkan peran eCommerce sebagai katalis ekonomi digital bagi perusahaan besar. Saat ini, bisa dikatakan bahwa 100% perusahaan besar di Indonesia sudah terdigitalisasi, meski baru 55% perusahaan besar yang sudah menjalankan strategi bisnis yang berorientasi digital. Perusahaan besar juga mengakui kapabilitas logistik eCommerce membantu mereka menjalankan operasional perusahaan yang lebih ramping, selain peran eCommerce lainnya termasuk strategi digital, kapabilitas teknologi, dukungan tenaga kerja serta sumber daya pemasaran yang memahami perubahan tren pasar.

Lebih lanjut, studi ini juga memberikan rekomendasi bagi eCommerce untuk dorong potensi ekonomi digital perusahaan, termasuk diantaranya dengan melakukan integrasi yang lebih mendalam antara perusahaan dan layanan logistik eCommerce.

“Kami memang sejak lama berkomitmen untuk membantu menumbuhkan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Kami berharap Studi Lazada ini bisa menjadi referensi bagi pelaku eCommerce lainnya untuk terus mengembangkan program dan layanannya demi bisa membantu bisnis di Indonesia untuk bertumbuh di ranah digital.

Kami percaya bahwa melalui sinergi dalam percepatan transformasi digital ini, ekosistem ekonomi digital Indonesia akan terus berkembang pesat dan terus menjadi penopang roda perekonomian Indonesia,” tutup Monika.

(AB)

 

Baca Juga

  • Made Yogi Dwiyana Utama Meraih Predikat Mahasiswa Terberprestasi di acara MONSTER 2017 di PKN STAN

    Made Yogi Dwiyana Utama Meraih Predikat Mahasiswa Terberprestasi di acara MONSTER 2017 di PKN STAN

    Terlahir dari Bapak, dosen peternakan dan Ibu yang menjadi dosen manajemen di Universitas Udayana, Made mewarisi kecerdasan dari sang orang tua. Yang mengagumkan orang tua tidak memaksakan anak-anaknya untuk menekuni bidang yang sama. Made tidak tertarik untuk mendalami dunia peternakan maupun manajemen yang ditekuni orang tuanya. Sejak lama Made memiliki passion di bidang ekonomi makro, […]
  • Gramedia X Shopee Super Brand Day: Festival Buku Online dengan Diskon 90%

    Gramedia X Shopee Super Brand Day: Festival Buku Online dengan Diskon 90%

    Gramedia, retail toko buku terbesar di Indonesia kembali mempersembahkan Festival Buku Online melalui Shopee Brand Festival pada tanggal 22 September 2020. Pengguna akan dimanjakan dengan penawaran menarik tiap harinya dengan diskon hingga 90% untuk ribuan buku dari berbagai macam genre dan penulis terkenal. Melengkapi kemeriahan Shopee Brand Festival, Gramedia bersama Shopee menghadirkan Limited Time Deals […]
  • Lazada Gelar Promo Khusus untuk Produk-Produk Buatan Indonesia di Kanal Bangga Buatan Indonesia

    Lazada Gelar Promo Khusus untuk Produk-Produk Buatan Indonesia di Kanal Bangga Buatan Indonesia

    Melanjutkan program gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 14 Mei lalu, saat ini Lazada memiliki ribuan sellers produk-produk lokal Indonesia dalam kanal khusus Banggga Buatan Indonesia di platform Lazada. Kanal Bangga Buatan Indonesia, merupakan kanal khusus di Lazada dengan ribuan penjual produk 100% buatan lokal mulai dari fesyen, kerajinan […]
  • Estavel Silky Dessert, Kelembutannya dan Rasanya Tak Tertandingi

    Estavel Silky Dessert, Kelembutannya dan Rasanya Tak Tertandingi

    Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama sebagai penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Dessert biasanya mempunyai rasa manis. Fungsi dessert dalam aktivitas menyantap hidangan adalah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama yang terkadang mempunyai aroma yang amis serta menghilangkan rasa yang kurang enak, seperti asam atau pedas. Dessert […]
  • Grab Umumkan Dukungan Tambahan untuk Melawan Covid-19

    Grab Umumkan Dukungan Tambahan untuk Melawan Covid-19

    Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan beberapa inisiatif tambahan untuk mendukung mitra pengemudi, mitra pengantaran dan mitra merchant dalam menghadapi pandemi COVID-19. Sejak COVID-19 mulai merebak di Asia Tenggara, Grab terus bekerja sama dengan pihak pemerintah dan berbagai institusi pendanaan untuk berdiskusi mengenai dukungan finansial yang paling dibutuhkan oleh mitra […]
  • Investasi Emas Kian Mudah dan Aman dengan DANA eMAS

    Investasi Emas Kian Mudah dan Aman dengan DANA eMAS

    Pandemi COVID-19 telah menciptakan ketidakpastian di pasar modal dan keuangan yang menyebabkan aset-aset investasi berisiko tinggi seperti saham dan reksa dana yang berguguran. Para investor kemudian menata ulang portofolio investasinya dengan menempatkan uangnya pada instrumen safe-haven yang cenderung bebas risiko dan bisa menjadi lindung nilai di saat krisis, yaitu emas. Di sisi lain, pandemi juga […]
  • Bersama Rayakan Kemenangan

    Bersama Rayakan Kemenangan

    Ramadan yang sedang berjalan dan hari raya yang akan segera menjelang identik dengan acara kumpul dengan sanak keluarga dan kerabat. Momen kebersamaan dan kehangatan selama hari-hari spesial berlangsung akan semakin seru saat diabadikan dengan kamera 32MP Pop-Up Camera atau AI Triple Rear Camera di vivo V15 series. Untuk menyambut momen berharga tersebut, vivo menggelar promo […]
  • Nikmati Nuansa 90-an di Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”Sambil Berbagi Bersama Anak-anak Pejuang Kanker

    Nikmati Nuansa 90-an di Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”Sambil Berbagi Bersama Anak-anak Pejuang Kanker

    Event kuliner tahunan Rame Rame Jajan Kuliner (RJK) kembali hadir di Tangcity Mall, dengan menyuguhkan pengalaman wisata kuliner dan rekreasi yang berbeda sejak 19 September hingga 13 Oktober 2019. Bertajuk Rame Rame Jajan Kuliner “Rindu Rasa Lama”, RJK diresmikan lewat Opening Ceremony pada Sabtu (21/9/2018). Sejumlah pengisi acara memeriahkan Opening Ceremony yang dimulai pada pukul […]
  • Grab dan Puskopau Hadirkan Layanan Transportasi Online Resmi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo

    Grab dan Puskopau Hadirkan Layanan Transportasi Online Resmi di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, bersama Pusat Koperasi Angkatan Udara (Puskopau) Lanud Adi Soemarmo, hari ini mengumumkan kerja sama strategisnya dalam memperkuat akses transportasi bagi penumpang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Solo. Grab menjadi perusahaan ride-hailing pertama yang secara resmi bekerja sama dengan otoritas bandara di Solo untuk memudahkan mobilitas wisatawan dalam […]
  • DNA Store, Tempatnya Berbelanja Busana Anda dan si Kecil

    DNA Store, Tempatnya Berbelanja Busana Anda dan si Kecil

    Kawasan  Bintaro merupakan kawasan perumahan kaum urban dimana warganya sehari-hari sudah disibukkan dengan berbagai aktivitas, dari mulai bekerja, sekolah, berbelanja dan berbagai aktivitas lain yang menyita waktu. Tidak heran, weekend adalah waktunya untuk bersantai sambil memenuhi berbagai keperluan sehari-hari. Keterbatasan waktu membuat setiap orang berpikir untuk menggunakan waktu weekend-nya seefektif mungkin. Agenda pribadi sudah dipenuhi […]
  • Wuling Motors Pamerkan Unit Khusus di GIIAS 2017

    Wuling Motors Pamerkan Unit Khusus di GIIAS 2017

    Selain membawa serta produk pertamanya, seri Confero, Wuling Motors (Wuling) turut menampilkan tiga mobil istimewanya dalam perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Adapun unit khusus tersebut terdiri dari Wuling Mobile Service, Confero S Cutting Unit, dan Confero S Sport Family Van yang dapat dikunjungi di booth 6A Hall 6 ICE – BSD City, […]
  • Blibli Mendorong Semangat Positif Generasi Muda dengan Menggandeng Park Seo Jun Sebagai International Brand Ambassador

    Blibli Mendorong Semangat Positif Generasi Muda dengan Menggandeng Park Seo Jun Sebagai International Brand Ambassador

    E-commerce lokal Blibli mendapuk bintang ternama asal Korea Selatan, Park Seo Jun (PSJ), sebagai International Brand Ambassador. Blibli memilih Park Seo Jun karena ingin menularkan semangat berkarya dan spirit optimisme Park Seo Jun kepada generasi muda yang menjadi pengguna utama platform e-commerce Blibli. Marlen Deine, Senior Vice President of Brand Strategy Blibli mengatakan, “Mayoritas dari […]
  • Foto : Food Markette, Di Sini Bukan Sekedar Tempat Makan

    Foto : Food Markette, Di Sini Bukan Sekedar Tempat Makan

    Jika kita menyimak berbagai tempat makan atau nongkrong yang ada di seputaran Bintaro, Serpong maupun wilayah Tangerang Selatan, tidak terhitung banyaknya tempat-tempat makan yang menawarkan berbagai pilihan menu. Namun jika kita mencari sebuah tempat untuk bersosialisasi sambil bersantai menikmati berbagai pilihan menu makanan dan minuman, sangat jarang kita bisa menemukan tempat seperti itu. Salah satu […]
  • Menuju Puncak 9.9 Super Shopping Day, Shopee Memberikan Penawaran Terbaik dan Fitur Interaktif untuk Pengguna

    Menuju Puncak 9.9 Super Shopping Day, Shopee Memberikan Penawaran Terbaik dan Fitur Interaktif untuk Pengguna

    Menyusul suksesnya peluncuran Shopee 9.9 Super Shopping day pada tanggal 14 Agustus , Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, tidak berhenti dalam menawarkan promo terbaik dan fitur interaktif hingga puncak kampanye, 9 September 2019 bagi seluruh pengguna. Sebagai permulaan, Shopee menggelar acara dengan para ahli, Ario Pratomo pengamat teknologi dan Putri Tanjung […]
  • Oppo Luncurkan Teknologi Pengisian Cepat 125 Watt, 65 W Airvooc Wireless Flash Charge, dan 50 W Mini Supervooc Charger

    Oppo Luncurkan Teknologi Pengisian Cepat 125 Watt, 65 W Airvooc Wireless Flash Charge, dan 50 W Mini Supervooc Charger

    OPPO mengumumkan perilisan resmi teknologi pengisian daya cepat 125W, 65W AirVOOC wireless flash charge, 50W mini SuperVOOC adapter portable dengan ukuran yang sangat kompak, dan 110W mini flash charger. Pengisian daya 125W merupakan terobosan dan inovasi terbaru pengisian daya cepat yang tidak hanya menjadi pionir namun juga berhasil menembus batasan industri. Dengan menggunakan algoritma enkripsi […]
  • Grabexpress Ajak Keluarga Indonesia Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Para Ibu Melalui Program #1000kadodihariibu

    Grabexpress Ajak Keluarga Indonesia Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Para Ibu Melalui Program #1000kadodihariibu

    Hari Ibu tanggal 22 Desember menjadi sebuah momen tepat bagi setiap anak untuk mengungkapkan kasih sayang dan rasa terima kasih kepada sang Ibu. Menyambut momen spesial ini, Grab, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara mempersembahkan 1000 kado istimewa untuk para ibu melalui peluncuran kampanye #1000KadoDiHariIbuyang didukung oleh layanan kurir instan, GrabExpress. Program ini diadakan serentak di 4 […]
  • Rumah.com Ditunjuk Penyedia Teknologi Anniversary BTN Solusi Properti Expo, Hadirkan Bunga Rendah

    Rumah.com Ditunjuk Penyedia Teknologi Anniversary BTN Solusi Properti Expo, Hadirkan Bunga Rendah

    Rumah.com sebagai portal properti terdepan di Indonesia ditunjuk sebagai penyedia teknologi untuk pameran properti virtual yang bertajuk Anniversary BTN Solusi Properti Expo diselenggarakan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) dalam rangka merayakan ulang tahun ke-71 Bank BTN. Marine Novita, Country Manager Rumah.com menyambut gembira penunjukan Rumah.com sebagai penyedia teknologi untuk pameran properti virtual Bank BTN tersebut. […]
  • Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Jelang Momentum Lebaran

    Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Jelang Momentum Lebaran

    Xiaomi, pemimpin teknologi global, memulai perjalanan produksinya di Indonesia sejak Februari 2017 demi memenuhi tingginya permintaan pasar Indonesia akan smartphone Xiaomi yang berkualitas tinggi dengan harga yang sesuai. Kemitraan strategis Xiaomi dengan pabrik perakit ponsel pintar, PT Sat Nusapersada, yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau, juga merupakan upaya perusahaan untuk memastikan produk-produk Xiaomi diproduksi sepenuhnya […]
  • Blibli Siap Melayani Kebutuhan Pelanggan Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

    Blibli Siap Melayani Kebutuhan Pelanggan Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

    Blibli memastikan bahwa pengoperasian sistem logistiknya akan berjalan normal di tengah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Lebih lanjut, Blibli mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi penyebaran COVID-19. “Di saat mobilitas terbatas akibat COVID-19, e-commerce layaknya Blibli menjadi tumpuan baik bagi para merchant dan pelanggan dalam melaksanakan […]
  • Serunya Berkreasi dengan Printer Trendi Pixma TS8270

    Serunya Berkreasi dengan Printer Trendi Pixma TS8270

    Tampil trendi dan kekinian from head to toe sudah jadi kode wajib bagi anak muda milenial, apalagi saat akan mem-posting foto bertema #OOTD (Outfit Of The Day). Untuk tampil kece dan fashionable tentunya diperlukan sentuhan kreatif dan unik. Printer terbaru Canon, PIXMA TS8270 membantu kamu mengkreasikan stiker kuku favoritmu. Jika tak sempat ke salon, kamu […]

Tinggalkan Balasan