Pendidikan

Stop Bullying Anak

Kita baru saja merayakan hari anak nasional pada tanggal 23 Juli lalu, namun sayangnya kasus pada anak Indonesia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Tidak ada angka statistik resmi untuk kasus bullying pada anak. Yang ada adalah 1000 Kasus Kekerasan pada Anak selama tahun 2016 yang dicatat KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia).

Ketua bidang Sosialisasi KPAI, Erlinda mengatakan, diantara 1000 kasus tersebut, ada 136 kasus kekerasan terhadap anak melalui medsos. Sedangkan untuk pelaku, kata Erlinda, hampir sebagian besar pelaku adalah orang terdekat korban. Misalnya saudara, kakek bahkan ayah kandung korban. Dan rata-rata dari golongan masyarakat ekonomi bawah.

Bullying harus diperangi. Bagaimanapun juga kita tidak dapat membiarkan generasi penerus kita menjadi penjahat-penjahat hak asasi manusia. Untuk mencegah hal ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

Dari Pihak Orangtua dan Keluarga

  1. Sedapat mungkin anak-anak mendapatkan lingkungan yang tepat sejak dini. Keluarga-keluarga seharusnya dapat menjadi tempat yang nyaman untuk anak-anak mengungkapkan pengalaman-pengalaman dan perasaan-perasaannya.
  2. Orangtua hendaknya mengevaluasi pola interaksi yang dimiliki selama ini dan menjadi model yang tepat dalam berinteraksi dengan orang lain. Berikan penguatan atau pujian pada perilaku pro sosial yang ditunjukkan oleh anak.
  3. Orangtua bukan hanya perlu menjadi teman tapi juga otoritas bagi anak. Otoritas orangtua memberikan perasaan nyaman pada anak karena anak belajar tentang baik dan buruk, benar dan salah, pantas dan tidak pantas. Jadi otoritas perlu dimiliki orangtua, bukan dalam arti mendisiplin anak secara keras tapi memberi kejelasan mengenai baik dan buruk. Hal ini penting karena bisa memberikan pembelajaran dan pengertian baik dan buruk pada anak. Kuncinya, disiplin dengan kasih sayang serta memahami apa yang terjadi pada anaknya.
  4. Dorong anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui kegiatan-kegiatan. Orangtua tetap harus berkomunikasi dengan guru jika anak menunjukkan adanya masalah yang bersumber dari sekolah.

Dari Pihak Sekolah

  1. Membangun sebuah hubungan yang positif antara staf guru dan siswa serta membuat interaksi antara guru dan siswa yang positif.
  2. Melakukan konseling yang efektif untuk siswa yang melakukan bully dapat berakibatkan mengurangi kecaman.
  3. Memberikan dorongan yang efektif bagi korban termasuk perlindungan terhadap korban dari bully yang berulang-ulang.
  4. Memberdayakan saksi mata untuk menceritakan kepada orang dewasa, untuk mendukung korban dan menghindari perilaku yang tidak bisa diterima.

Dari Pihak Yang Terlibat Bullying:

  1. Jangan merespon. Para pelaku bullying selalu menunggu-nunggu reaksi korban. Untuk itu jangan terpancing untuk merespon aksi pelaku agar mereka tidak lantas merasa diperhatikan.
  2. Jangan membalas aksi pelaku. Membalas apa yang dilakukan pelaku hanya akan membuat Anda ikut menjadi pelaku dan makin menyuburkan aksi yang tak menyenangkan ini.
  3. Adukan pada orang yang dapat dipercaya. Jika anak-anak yang menjadi korban, mereka harus melapor pada orangtua, guru atau tenaga konseling di sekolah.
  4. Selalu berperilaku sopan. Perilaku buruk yang dilakukan seperti membicarakan orang lain, bergosip atau memfitnah, akan meningkatkan resiko seseorang menjadi korban bullying.
  5. Jika menjadi saksi mata, jadilah teman yang baik, jangan hanya diam. Ikut meneruskan pesan fitnah atau hanya diam dan tak berbuat apa-apa akan menyuburkan aksi bullying dan menyakiti perasaan korban. Suruh pelaku menghentikan aksinya atau jika pelaku tidak diketahui, bantu korban menenangkan diri dan laporkan kasus tersebut ke pihak berwenang.

Kasus bullying pada anak berkebutuhan khusus

“Anak berkebutuhan khusus, dalam konteks di sekolah apalagi sampai kuliah, memang rentan menjadi korban bullying. Karena dari fisiknya, kemampuannya, cara berjalan, cara bicara, biasanya ia memang berbeda dari anak-anak umumnya. Dan anak-anak lain di sekolah mudah menilai bahwa anak (berkebutuhan khusus) ini berbeda,” Fathya Artha Utami, psikolog anak dari TigaGenerasi, Untuk itu, menurut Fathya, diperlukan kerja sama dari pihak sekolah, orang tua, dan teman untuk mencegah perilaku bullying tersebut.

“Ketika pihak sekolah sudah siap dan mau menerima anak berkebutuhan khusus, berarti sekolah tersebut harusnya sudah bertanggung jawab terkait dengan sosialisasi mengenai siswanya yang memiliki kebutuhan khusus,” tambah Fathya. “Misalnya, sosialisasi tentang anak berkebutuhan khusus seperti apa yang diterima oleh institusi pendidikan tersebut. Kemudian media pembelajaran dan sistem pertemanannya. Khususnya anak autis, walaupun sudah cukup mandiri, tapi biasanya tetap membutuhkan buddy.”

Pada sistem perkuliahan di luar negeri, menurut Fathya, anak yang autis itu akan dikasih buddy. Jadi dipilih teman satu kelasnya yang akan terus mendampingi untuk membantu ia belajar, bersosialisasi, dan sebagainya. Kalau di Indonesia, saya pernah melihat hal ini di SD dan SMP. “Tapi di perkuliahan, saya belum tahu,” katanya.

Sedangkan peran dari orang tua, menurut Fathya, perlu memerhatikan beberapa faktor sebelum memutuskan anak dengan kebutuhan khusus ini untuk menempuh pendidikan di sekolah umum. Antara lain, apakah anak sudah cukup bisa mengikuti pelajaran dengan baik? Sudah cukup nyamankah? Serta memberikan pengarahan pada anak, kemungkinan yang dapat terjadi ketika ia di sekolah.

Selain itu, orang tua juga perlu mengajarkan anak, apabila menghadapi aksi perundungan, harus berani berteriak, kemudian lari ke tempat yang ramai. Meskipun kadang-kadang anak yang merasa takut dan terpojok, takut berteriak dan minta tolong.

Interaksi dan komunikasi yang sehat antara anak dan orang tua juga perlu dipupuk. Menurut Fathya, hal tersebut supaya sewaktu-waktu anak terkena bully atau terkena masalah apa pun, ia tidak takut bercerita dan terbuka kepada kedua orang tuanya untuk mencari dukungan.

Apabila Anda menemukan kasus bullying atau kekerasan pada anak, dapat menghubungi:

Komisi Perlindungan Anak Indonesia
Jl. Teuku Umar No. 10 Gondangdia Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta, Indonesia
Telepon: (+62) 021-319 015 56
Fax: (+62) 021-390 0833
Email: info@kpai.go.id, humas@kpai.go.id
Web: www.kpai.go.id

 

Baca Juga

  • Sinar Mas Land Luncurkan Mix Used Property “Upper West” Bergaya Millenials di BSD City

    Sinar Mas Land Luncurkan Mix Used Property “Upper West” Bergaya Millenials di BSD City

    Sinar Mas Land bekerja sama dengan Dwijaya Karya Development, meluncurkan pengembangan baru dengan konsep mix used (Retail-Office-SOHO-Apartement) yaitu UPPER WEST di Central BSD Business District, BSD City tepatnya di seberang Aeon Mall BSD City dengan lokasi yang sangat strategis dan potensial. Kawasan tersebut dilengkapi beragam fasilitas terbaik dan kemudahan akses sehingga menjadi pilihan tepat bagi […]
  • The NextDev Ajak Anak Muda Bikin Dampak Sosial Positif untuk Indonesia

    The NextDev Ajak Anak Muda Bikin Dampak Sosial Positif untuk Indonesia

    Telkomsel kembali menggelar The NextDev, sebuah ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi di Indonesia. Melalui The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy 2018, Telkomsel mengajak para pengembang startup untuk menghadirkan dampak sosial yang positif bagi masyarakat Indonesia. Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Kami memandang bahwa sebuah karya dapat bernilai tinggi apabila mampu menghadirkan […]
  • Remaja dan Orang Tua: Mari Berkomunikasi

    Remaja dan Orang Tua: Mari Berkomunikasi

    Komunikasi adalah perpindahan informasi yang berarti dari satu pihak ke pihak lain melalui berbagai bentuk, mulai dari komunikasi lisan, tulisan, ekspresi wajah dan bahkan gestur tubuh. Dengan berbicara, mengangguk atau mengernyit saja sudah dapat dikategorikan sebagai berkomunikasi. Namun kegagalan dalam berkomunikasi paling sering terjadi antara remaja dengan orang tuanya sendiri. Sang remaja kadang merasa lebih mudah […]
  • Foto : Aneka Menu Unggulan di Culture Kitchen Bintaro Yang Sayang Dilewatkan

    Foto : Aneka Menu Unggulan di Culture Kitchen Bintaro Yang Sayang Dilewatkan

    Bosan makan yang itu-itu saja. Yuk ke Culture Kitchen, sebuah foodcourt yang ada di Bintaro Sektor 9. Di sini Anda bisa menemukan berbagai menu yang ‘berbeda’. Dari nama-namanya mungkin tidak ada yang berbeda dari menu-menu sejenis di tempat lain. Namun soal rasa, bisa dikasih acungan 2 jempol. Kali ini Info Bintaro berkesempatan mencoba beberapa menu […]
  • Menggugah Minat “Trend Traveling” Era Milenial Lion Air Tawarkan Tarif Promo Jelajahi Medan dan Jayapura

    Menggugah Minat “Trend Traveling” Era Milenial Lion Air Tawarkan Tarif Promo Jelajahi Medan dan Jayapura

    Lion Air, member of Lion Air Group mengumumkan program promo bertajuk #liburanmakinmudah pada beberapa rute penerbangan domestik efektif 1 Maret 2019. Tarif promo 50% dibawah tarif normal tersedia di rute yang dilayani dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) menuju Medan melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) dan tujuan Jayapura […]
  • Di Tengah Covid-19, Astra Life Maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online

    Di Tengah Covid-19, Astra Life Maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online

    Pandemi virus Corona masih belum mereda. Pertumbuhan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus bertambah membuat diberlakukannya pembatasan pergerakan manusia untuk mengurangi pertambahan angkanya. Dampak pandemi ini juga sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika mulai diberlakukan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Astra […]
  • Berbagai Pilihan Kue Kualitas Premium di Dapur UQ

    Berbagai Pilihan Kue Kualitas Premium di Dapur UQ

    Menjalankan usaha kuliner yang mengedepankan kualitas memang tidaklah mudah. Godaan untuk melakukan kompromi dengan keinginan pasar demi meraih keuntungan besar dalam waktu singkat seringkali menggoda seseorang yang ujung-ujungnya mengorbankan kualitas. Kalau sudah begini kepercayaan pelanggan akan hilang, bahkan mungkin akan menjadi bumerang yang berujung kebangkrutan. Menyadari bahwa kepercayaan pelanggan sangat penting. Luki Akbar dalam membangun […]
  • Goodyear Kembangkan Konsep Ban Pintar untuk Mengoptimalkan Pengurangan Jarak Henti

    Goodyear Kembangkan Konsep Ban Pintar untuk Mengoptimalkan Pengurangan Jarak Henti

    Melalui inovasi teknologi terbarunya yang selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara, Goodyear berhasil mengembangkan konsep ban pintar yang telah teruji sejauh 4,8 juta kilometer dari data uji cobanya di medan jalan. Goodyear menanam keeping sensor yang mampu “berbicara” dan terhubung antara kendaraan dan medan jalan, serta mengukur karakteristik ban tersebut sehingga dapat mengkalkulasikan potensi dari […]
  • Karnaval 17-an Sepeda & Stroller Hias Bintaro Xchange

    Karnaval 17-an Sepeda & Stroller Hias Bintaro Xchange

    Untuk memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71, Bintaro Xchange Mall mengadakan berbagai acara yang dikemas dalam event yang bertajuk  “BXc Mall Berbagi Merdeka”. Rangkaian acara yang diawali pada tanggal 17 Agustus 2016 dengan Lomba Permainan Tradisional yang bekerjasama dengan Komunitas Hong (baca juga :  Kemeriahan Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange Mall) kemudian diikuti kegiatan Donor Darah […]
  • Asuransi Astra Siapkan 1 Triliun untuk Perlindungan Diri Pemudik

    Asuransi Astra Siapkan 1 Triliun untuk Perlindungan Diri Pemudik

    Dalam rangka memberikan ketenangan kepada masyarakat selama perjalanan mudik Lebaran 1439 H, Asuransi Astra telah menyiapkan sedikitnya 1 triliun rupiah untuk memberikan jaminan perlindungan kepada para pemudik di seluruh Indonesia. Program ini adalah wujud komitmen Perusahaan dalam memberikan peace of mind serta upaya membantu pemerintah meningkatkan angka literasi asuransi. Jaminan perlindungan diri atau personal protection […]
  • Kemenpora Berharap Skate Asia 2017 Menjadi Awal Kebangkitan Olah Raga Ice Skating di Indonesia

    Kemenpora Berharap Skate Asia 2017 Menjadi Awal Kebangkitan Olah Raga Ice Skating di Indonesia

    Berkembangnya suatu cabang olah raga tidak terlepas dari kompetisi dan pembinaan yang ada, hal ini disampaikan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Raden Isnanta, pada pembukaan Skate Asia 2017 pada Selasa, 8 Agustus 2017 di BX Rink, BXC Mall, Tangerang Selatan. Skate Asia 2017 merupakan ajang kompetisi ice skating antara negara-negara Asia. Berlangsung dari tanggal […]
  • Canon Gelar Program Spesial di Hari Pelanggan Nasional 2019

    Canon Gelar Program Spesial di Hari Pelanggan Nasional 2019

    Menyambut Hari Pelanggan Nasional (HARPELNAS) 2019, Canon dan pt. Datascrip menyelenggarakan program “Semarak HARPELNAS bersama Canon”, yang terdiri dari beragam kegiatan khusus bagi para pengguna produk kamera Canon maupun konsumen umum, mulai dari layanan Free Sensor Cleaning, Photo Sharing/Hunting bersama Fotografer Profesional, Gathering & Dinner, Lelang Produk Canon, hingga berbagai Promo Penjualan yang menarik. Program […]
  • First Media Menjalankan Kampanye #Healthyfirst #Safetyfirst

    First Media Menjalankan Kampanye #Healthyfirst #Safetyfirst

    Dilatarbelakangi adanya status pandemi virus Corona atau COVID-19 di seluruh dunia, termasuk Indonesia serta dalam rangka mendukung imbauan Pemerintah terkait langkah preventif baru-baru ini, PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media, pemimpin di industri penyedia TV Cable dan Fixed Broadband Cable Internet di Indonesia, menjalankan kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst sebagai bentuk kepedulian First Media […]
  • Diskusi Perubahan Dunia Menuju Era Neo-Proteksionisme5th: Economix International Seminar FEBUI

    Diskusi Perubahan Dunia Menuju Era Neo-Proteksionisme5th: Economix International Seminar FEBUI

    Seminar International 15th Economix merupakan agenda pembuka dari rangkaian acara 15th Economix. Tahun ini, 15th Economix mengusung tema besar yaitu “The Resurgence of Neo-Protectionism: A changing world”, yang mendiskusikan tentang perubahan dunia menuju era neo-proteksionisme. Seminar Internasional 15th Economix terdiri dari tiga sesi – satu sesi keynote speaker dan dua sesi seminar. Di setiap sesi, 15th Economix akan mengundang pembicara yang kompeten dan terkemuka dari berbagai […]
  • Investasi Dibidik, Kemenperin Pacu TKDN Produk Elektronik

    Investasi Dibidik, Kemenperin Pacu TKDN Produk Elektronik

    Kementerian Perindustrian terus memacu agar industri elektronika dan telematika di tanah air dapat mengoptimalkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di setiap produk yang dihasilkannya. Hal ini diharapkan mampu menarik investasi melalui penumbuhan sektor industri pendukung atau komponen. “Oleh karena itu, kami sedang mengkaji untuk merevisi Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 68 Tahun 2015 tentang Ketentuan dan […]
  • Taman Kota 1 BSD City, Secuil Keindahan di Tengah Padatnya Kota

    Taman Kota 1 BSD City, Secuil Keindahan di Tengah Padatnya Kota

    Sebuah papan informasi berbentuk bulat yang berada di sela-sela pohon di Taman Kota 1 BSD City sangat menarik perhatian. Papan itu menginformasikan kepada setiap pengunjung mengenai manfaat hutan kota sebagai pabrik oksigen, serapan air dan habitat hewan. Mungkin kita sudah mengetahui tentang hal ini melalui tulisan-tulisan di surat kabar, majalah, internet atau televisi. Namun kalau kita […]
  • Telkom dan Jababeka & Co Jalin Kerjasama Peningkatan Kompetensi SDM Indonesia

    Telkom dan Jababeka & Co Jalin Kerjasama Peningkatan Kompetensi SDM Indonesia

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi menjalin kerjasama dengan Jababeka & Co dalam lingkup untuk meningkatkan kompetensi SDM Indonesia. Peresmian ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Digital Business Telkom, Faizal R. Djoemadi dan Direktur Jababeka & Co, Sutedja Sidarta Darmono yang dilakukan secara virtual di Jakarta, pekan lalu (20/5). Direkur Digital Business […]
  • Jelang Hari Raya, Oppo Berikan Cashback Hingga 1 Juta Rupiah

    Jelang Hari Raya, Oppo Berikan Cashback Hingga 1 Juta Rupiah

    Sambut Hari Raya Idul Fitri, OPPO Indonesia menghadirkan berbagai penawaran menarik kepada konsumennya. OPPO memberikan cashback hingga satu juta rupiah untuk beberapa perangkat smartphone terbaru. Seperti diketahui, pada kuartal pertama hingga awal kuartal kedua tahun ini, OPPO menghadirkan banyak pilihan smartphone kepada konsumen di Indonesia diantaranya Find X2, Find X2 Pro, Reno3, Reno3 Pro, A12, […]
  • Menteng Park, Secuil Kehijauan di Kesibukan Kawasan Bintaro

    Menteng Park, Secuil Kehijauan di Kesibukan Kawasan Bintaro

    Taman Menteng (Menteng Park) adalah sebuah fasilitas publik yang berada di Bintaro Sektor 7, dekat kawasan Menteng Bintaro. Taman yang diapit oleh jalan protokol Bintaro Jaya yang selalu ramai seakan menjadi oase dengan menawarkan kesejukan dan keindahan di tengah keramaian Bintaro. Tidak heran, setiap harinya taman ini menjadi tempat refreshing bagi masyarakat maupun sarana olah […]
  • Pilihan Baru Jelajahi Intra-Lampung Wings Air Resmikan Rute Tanjung Karang ke Krui

    Pilihan Baru Jelajahi Intra-Lampung Wings Air Resmikan Rute Tanjung Karang ke Krui

    Wings Air, member of Lion Air Group meresmikan penerbangan perdana di Provinsi Lampung, melayani dari Tanjung Karang ke Krui. Wings Air beroperasi secara regular berjadwal tiga kali dalam sepekan setiap Senin, Rabu dan Jumat. Penerbangan diresmikan oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) yang terdiri dari Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal; Komandan Kodim (Dandim) 0422/Lampung […]

Tinggalkan Balasan