Kuliner

Steak Kotak Kingdom, Snack Inovatif yang Melanglang Buana ke Mancanegara

Pepatah mengatakan ada hikmah di balik setiap kegagalan, hal itu dibuktikan oleh Andy Setyawan, seorang dosen mata kuliah New Product Development dan Creative Marketing di Sekolah Bisnis Umar Usman, Pejaten. Berniat membangun usaha kuliner yang menawarkan menu steak, usaha ini harus berganti haluan. Andy yang saat itu membuka gerai steak di Pamulang dan Ciputat bersama mahasiswanya dengan nama Steak Kotak Kingdom, merasakan tidak adanya perkembangan dari usaha ini. Disaat itulah ia berpikir alternatif lain untuk usaha kulinernya. Akhirnya ia menemukan ide untuk mengembangkan kuliner praktis berupa snack.

Awalnya Andy mengembangkan Pepedesan yaitu snack dengan rasa pedas yang terbuat dari berbagai bentuk seperti emping, mie, makaroni, pangsit dan telor gabus, Mager (Makaroni Gerah yang rasanya super pedas), Becex (snack dalam botol berupa kombinasi brownis, sale pisang dan milk cream), Bocel (roti bagelen yang diolesi coklat) dan Obong (coklat warna-warni berbentuk bola & sprinkle dalam kemasan toples). Setelah berjalan selama sekitar 6 bulan, produk-produk snack ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, terutama varian Pepedesan.

Namun saat melakukan kunjungan ke Malaysia, Andy melihat ada satu produk snack yang unik dan laku keras di sana. Dari situ timbul ide Andy untuk mengembangkan produk-produk seperti itu di Indonesia dengan menggunakan bahan baku bersumber dari Indonesia sendiri. Sekembalinya ke Indonesia, Andy mulai mencari bahan-bahan dari varian snack yang baru ini, dan lahirlah produk baru yang diberi merek Comel.

steakotakingdom_info_bintaro

Comel memiliki 3 varian, Comel Reguler, Greentea dan Sarang Burung. Sementara Comel Reguler memiliki 4 variasi topping yaitu Marshmallow, Oreo, Potato Chips dan Cha Cha. Bahan dasar dari Comel Reguler dan Green Tea adalah Crispy Rice Chocolate, sementara Comel Greentea berbahan dasar bihun.

Comel Choco Melt, sesuai namanya adalah coklat yang melumer sehingga bercampur dengan bahan dasarnya. Cara menyajikannya sangat praktis, cukup merendam botol pada air panas dengan posisi botol terbalik, panas dari air pun akan meresap melalui dinding botol dan topping akan meleleh melumuri bahan dasarnya. Kemudian tutup botol dibuka dan diaduk dengan sendok sampai merata. Comel pun siap disantap dalam keadaan hangat.

Proses yang sama juga dilakukan untuk Comel Greentea dan Sarang Burung. Khusus untuk kedua produk ini tidak memiliki topping seperti Comel Reguler.

steakotakingdom_info_bintaro_1

Untuk menyasar target marketnya yang berusia 16-30 tahun, wanita, pekerja dan mahasiswa, Andy menggunakan metode pemasaran online dan offline, dengan pemasaran secara online memiliki porsi terbesar. Pemasaran secara online dilakukan dengan cara menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Line, disamping pada berbagai toko online besar di tanah air. Sedangkan pemasaran secara offline, dilakukan melalui outletnya yang sekaligus berfungsi sebagai rumah produksi di wilayah Cipadu, Tangerang Selatan dan membuka representatif pada berbagai kota, serta membentuk jaringan keagenan. Andy pun terkadang mengikuti bazaar-bazaar untuk memperkuat branding dari produk-produknya.

Jaringan pemasaran yang dibentuknya merupakan kombinasi sistem distribusi langsung maupun tidak langsung. Distribusi langsung dengan cara membentuk jaringan pemasaran di berbagai kota di Indonesia. Saat ini Steak Kotak Kingdom  telah memiliki representatif di 16 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Aceh, Padang Pariaman, Bengkulu, Lampung, Bangka, Makassar, Menado, Balikpapan, Ternate dan Jayapura. Untuk memperkuat jaringan pemasarannya Andy pun membuka kesempatan kepada agen-agen untuk memasarkan produk-produknya. Agen-agen ini dinamakan PSK (Patih Steakotak Kingdom).

steakotakingdom_info_bintaro_2

Disamping produk-produk Comel, Steak Kotak KIngdom juga memproduksi varian snack langsung makan yang diberi merek Monster dan coklat bar dengan merek Caal. Moonster terbuat dari emping jagung yang dilapisi madu, dilapisi coklat dan ditaburi susu. Bentuk kemasannya adalah botol.

Caal, merek dari coklat bar ditujukan bagi segmen pembeli remaja, sehingga dinamakan Coklat Alay. Satu batang dari Caal terdiri dari 3 potongan coklat yang berisi oreo dan marshmallow sekaligus di dalamnya.

Dengan usia sekitar 2 tahunan, produk-produk Steak Kotak Kingdom telah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya Indonesia, produk Steak Kotak Kingdom juga telah merambah negeri jiran Singapura dan Malaysia bahkan Eropa, seperti Belanda. Pembelian dari Belanda ini dilakukan setelah melihat website Steak Kotak Kingdom. Saat ini pelangannya dari Belanda rutin melakukan pembelian.

Dalam waktu dekat ini, yang menjadi rencana dari Andy adalah mengurus legalitas dari bisnisnya. Ia menyatakan Steak Kotak Kingdom telah memiliki sertifikasi halal dan ia sedang mengurus perizinan lainnya.

Selamat kepada Steak Kotak Kingdom, semoga semakin banyak produk-produk buatan anak bangsa yang merambah ke berbagai negara di dunia.

STEAKOTAKINGDOM
Jl. Cipadu, Gg Ujan Nain, No.112
Jurang Mangu Timur, Pondok Aren
Tangerang Selatan 15222

Telp/WA : 085697636473
BBM : 5A798066
Line : @ahr0663b

Website : http://steakotakingdom.com
Facebook : Steakotakingdom_id
Twitter : @steakotak
Instagram : @steakotakingdom

 

Steakotakingdom adalah anggota dari Komunitas Juragan Kuliner (JK). Baca juga Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan)

 

(ES)

 

Tags

 

Baca Juga

  • EF Mobile, Program Kelas Bahasa Inggris Gratis untuk Anak

    EF Mobile, Program Kelas Bahasa Inggris Gratis untuk Anak

    EF English First bersama PT Blue Bird Tbk dengan resmi meluncurkan program EF Mobile melalui Jumpa Pers bertajuk, “EF Mobile dan Pentingnya Proses Belajar yang Menyenangkan dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak”, bertempat di SOS Children’s Villages Jakarta. EF Mobile adalah program berupa kelas bahasa Inggris gratis yang bertujuan untuk mempromosikan pengalaman belajar yang berbeda […]
  • Cobain Bakso Keju Halal di PHX Bintaro

    Cobain Bakso Keju Halal di PHX Bintaro

    Bakso kini tak sekadar bulatan adonan daging sapi saja. Ada ragam isian yang bikin rasa bakso lebih mantap! Rasa gurih daging sapi pada bakso ternyata makin enak dipadukan dengan bahan makanan lain. Seperti cabai rawit yang pedas menyengat dan keju yang empuk gurih. Kali ini Info Bintaro mencicipi beberapa menu terlaris di BAKSO KEJU yang […]
  • Nescafé Dolce Gusto Persembahkan Music Drip

    Nescafé Dolce Gusto Persembahkan Music Drip

    NESCAFÉ Dolce Gusto, multi beverage machine system pertama di Indonesia mempersembahkan mini konser musik perdananya, Music Drip. Selaras dengan keunikan NESCAFÉ Dolce Gusto, Music Drip hadir untuk memberi warna baru dengan hadirnya kolaborasi sejumlah musisi ternama dengan karakter musik yang berbeda mulai dari Andien (Jazz), Marcell (Pop), Kallula dan Monica Karina (Electronic Dance) dengan DJ […]
  • Belajar Berenang dan Berenang Seru di Permata Club House

    Belajar Berenang dan Berenang Seru di Permata Club House

    Belum bisa berenang? Mau belajar berenang? Di Permata Club House Anda bisa belajar berenang dengan dibantu pelatih-pelatih renang profesional sampai bisa. Tidak hanya itu, bagi Anda yang bisa berenang, Anda juga bisa adu kemampuan dalam berenang dengan teman-teman Anda. Permata Club House, merupakan sebuah club house yang terletak di Jl. Trulek No. 110, Permata Bintaro, […]
  • Aksi Donor Darah di Centro Dept Store BXC

    Aksi Donor Darah di Centro Dept Store BXC

    Mungkin Anda merasa aneh bila di hari libur Tahun Baru Cina atau Imlek, diadakan acara Donor Darah. Kenapa tidak? Pada hari Sabtu, 28 Januari lalu, bertempat di Centro Dept Store BXC, diadakan aksi donor darah yang diadakan berkat kerja sama dengan PMI Tangerang. Acara dimulai jam 12 siang dan berlangsung hingga jam 5 sore. Pada […]
  • Maybank Marathon Anywhere Resmi Diluncurkan

    Maybank Marathon Anywhere Resmi Diluncurkan

    Situasi pandemi Covid-19 saat ini telah berdampak pada menurunnya penyelenggaraan sejumlah event lari di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Namun, antusiasme masyarakat khususnya para pehobi olah raga lari yang gemar menjalani tantangan untuk menamatkan lari dalam jarak tertentu masih tinggi. Hal ini mendorong Maybank Indonesia selaku penyelenggara Maybank Marathon untuk meluncurkan Maybank Marathon Anywhere […]
  • Sains itu Menyenangkan

    Sains itu Menyenangkan

    Secara alamiah, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia ini. Mereka ingin tahu sebanyak mungkin yang mereka bisa. Mereka ingin tahu apa yang menyebabkan angin bertiup, bagaimana pohon tumbuh, mengapa ikan mempunyai sirip dan mengapa kura-kura ke mana-mana membawa “rumah.” Semua ini masuk dalam pemahaman tentang apa itu sains. Tujuan sains adalah untuk […]
  • Kolaborasi IBM dan Kominfo Tingkatkan Kecakapan Data Science lewat Program Digital Talent Scholarship 2020

    Kolaborasi IBM dan Kominfo Tingkatkan Kecakapan Data Science lewat Program Digital Talent Scholarship 2020

    IBM bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meningkatkan keterampilan, keahlian angkatan kerja muda di bidang komunikasi dan informatika. Kolaborasi dalam Program Stimulan Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 ditargetkan menyiapkan talenta andal di bidang data science untuk mendukung transformasi digital Indonesia. Sebagai mitra dalam menyediakan materi, IBM memberikan yang dibuat oleh IBM Skills Academy […]
  • Jangan Lupa Ya, Akhir Pekan Ini Lagu-lagu Hits 90-an Siap Tampil di Pantai Ancol

    Jangan Lupa Ya, Akhir Pekan Ini Lagu-lagu Hits 90-an Siap Tampil di Pantai Ancol

    Konser Flashback The 90’s Music segera digelar. Jadwal pertama akan menghadirkan Funky Kopral, /Rif dan juga Tipe-X di Floating Stage Pantai Lagoon Ancol, mulai pukul 17.00 WIB. Band ini merupakan band yang sangat populer di era 90-an. Funky Kopral merupakan salah satu band yang beraliran funk dan berdiri pada 1998. Sementara /Rif adalah grup band […]
  • Cashlez Siap Bantu Cegah Penularan Virus Corona lewat Transaksi Non Tunai

    Cashlez Siap Bantu Cegah Penularan Virus Corona lewat Transaksi Non Tunai

    PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Cashlez” atau “Perseroan”), sebagai perusahaan Financial Technology (FinTech) yang bergerak di bidang Payment Gateway ikut berpartisipasi dalam hal pencegahan penularan virus corona. Hal ini sejalan dengan himbauan dari Bank Indonesia, agar masyarakat lebih banyak menggunakan transaksi non tunai untuk menekan penularan virus corona. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)1 , uang […]
  • Citilink Indonesia Tambah Rute Penerbangan dari Kertajati

    Citilink Indonesia Tambah Rute Penerbangan dari Kertajati

    Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia kembali membuka rute domestik baru yaitu Kertajati-Kualanamu sebagai upaya mempermudah aksesibilitas dan konektivitas masyarakat di wilayah Sumatera Utara maupun Jawa Barat. Layanan penerbangan baru dari Kabupaten Majalengka menuju Kota Medan ini mulai bisa dinikmati masyarakat pada Jumat 9 November 2018. “Selain menjadi opsi penghubung antar kota, diharapkan dengan pembukaan […]
  • Peresmian Tax Center di Universitas Pembangunan Jaya

    Peresmian Tax Center di Universitas Pembangunan Jaya

    Mendukung kewajiban tertib pajak, Prodi Akuntansi bekerjasama dengan Kanwil DJP Banten meresmikan Tax Center yang berada di Universitas Pembangunan Jaya pada Rabu, (15/3). Tax Center di UPJ diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Akuntansi UPJ untuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari secara langsung. Tax Center di UPJ juga menjadikan keluarga UPJ sebagai wajib pajak […]
  • Honda Pamerkan Berbagai Mobil Modifikasi di Ajang Virtual Auto Salon 2021

    Honda Pamerkan Berbagai Mobil Modifikasi di Ajang Virtual Auto Salon 2021

    Pada ajang Virtual Auto Salon 2021 yang akan berlangsung pada 15 Januari 2021, Honda akan menampilkan secara visual modifikasi dari mobil Honda FIT e:HEV Crosstar dan Honda N-VAN bertema open cafe. Honda Fit yang dimodifikasi diambil dari generasi keempat Honda Fit tipe Crosstar yang diluncurkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu. Memiliki karakteristik yang […]
  • Melebarkan Sayap, Imoo Watch Phone Kini Hadir Lebih Dekat

    Melebarkan Sayap, Imoo Watch Phone Kini Hadir Lebih Dekat

    Brand teknologi khusus anak, imoo Watch Phone semakin melebarkan sayap mendekat ke customer. Selain imoo Service Center yang lebih dulu hadir, imoo Watch Phone kini memiliki 21 Brandzone yang berada di kota-kota besar di Indonesia. Apa saja yang bisa dilakukan di imoo Brandzone? Jika mengunjungi imoo Brandzone, Anda bisa bertanya langsung kepada promotor mengenai fitur […]
  • Samsung Menghadirkan Kemewahan Sesungguhnya pada Seri Flagship Galaxy S9 dan S9+ melalui Edisi Terbaru Sunrise Gold

    Samsung Menghadirkan Kemewahan Sesungguhnya pada Seri Flagship Galaxy S9 dan S9+ melalui Edisi Terbaru Sunrise Gold

    Samsung Electronics Indonesia, mengumumkan edisi warna terbaru dari smartphone Galaxy S9+: Sunrise Gold. Diluncurkan secara global pada Februari 2018, di Indonesia Samsung Galaxy S9 dan S9+ juga telah tersedia dalam warna Midnight Black, Coral Blue, dan Lilac Purple. “Teknologi telah menjadi cara baru bagi orang-orang dalam mengekspresikan kepribadian serta gaya mereka – dan pemilihan warna […]
  • Sate Maranggi Uwa Arya, Sate Lezat Harga Bersahabat

    Sate Maranggi Uwa Arya, Sate Lezat Harga Bersahabat

    Sate Maranggi adalah sate khas Purwakarta, Jawa Barat, biasanya terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Selain dari Purwakarta, Sate Maranggi banyak dijajakan juga di daerah sekitarnya, hingga daerah Cianjur. Yang membedakan Sate Maranggi dengan sate lainnya adalah proses perendaman daging dalam bumbu (marination), sebelum dibuat menjadi sate dan dimasak. Karena proses pembumbuan inilah, maka […]
  • Suka Band The Beatles atau Lagu-Lagu Evergreen? Di Brouven Koffie Tempatnya

    Suka Band The Beatles atau Lagu-Lagu Evergreen? Di Brouven Koffie Tempatnya

    Setiap Kamis Anda dapat menikmati penampilan lagu-lagu The Beatles. Sedangkan pada hari Sabtu Anda bisa menyimak lagu-lagu evergreen di era 60, 70 dan 80an. Bahkan Anda dapat turut bernyanyi bila mau. Café yang dibuka sejak tanggal 5 Mei 2018 ini berlokasi di Heritage Junction yang berada di kawasan Bintaro Sektor 7. Generasi milenial mungkin tidak […]
  • Telkom dan Jababeka & Co Jalin Kerjasama Peningkatan Kompetensi SDM Indonesia

    Telkom dan Jababeka & Co Jalin Kerjasama Peningkatan Kompetensi SDM Indonesia

    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi menjalin kerjasama dengan Jababeka & Co dalam lingkup untuk meningkatkan kompetensi SDM Indonesia. Peresmian ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Digital Business Telkom, Faizal R. Djoemadi dan Direktur Jababeka & Co, Sutedja Sidarta Darmono yang dilakukan secara virtual di Jakarta, pekan lalu (20/5). Direkur Digital Business […]
  • Apa Yang Harus Dibawa Saat Bencana?

    Apa Yang Harus Dibawa Saat Bencana?

    Siaga dalam keadaan apapun adalah hal yang diperlukan saat terjadi bencana. Salah satunya, bencana gempa bumi. Seringkali saat gempa terjadi, akan disusul dengan rangkaian gempa susulan lainnya yang mengharuskan kita untuk di evakuasi ke tempat yang lebih aman dan menunjang. Namun, karena terburu-buru, kadang kala kita melupakan barang-barang yang dibutuhkan saat mengungsi. Padahal, barang-barang tersebut […]
  • PruRide Indonesia 2020 Virtual Ride Sukses Sentuh Lebih dari Satu Juta Masyarakat Indonesia Hidup Aktif dan Lebih Sehat

    PruRide Indonesia 2020 Virtual Ride Sukses Sentuh Lebih dari Satu Juta Masyarakat Indonesia Hidup Aktif dan Lebih Sehat

    PRURide Indonesia 2020 Virtual Ride, event sepeda virtual pertama dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) telah sukses digelar pada 20-23 Agustus 2020. Ajang tahunan ini merupakan salah satu perwujudan komitmen Prudential Indonesia selama 25 tahun mendampingi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan sejahtera. Selama empat hari, 3.000 pecinta sepeda tidak hanya berhasil menantang dirinya […]

Tinggalkan Balasan