SMK Bina Informatika Bintaro, Membangun Kompetensi Siswa Menghadapi Persaingan Global

Dalam era globalisasi, salah satu kunci untuk memenangkan persaingan adalah penguasaan teknologi. Ambil contoh Tiongkok, negara yang beberapa puluh tahun lalu dianggap miskin dan terbelakang, hanya dalam beberapa belas tahun bisa menjelma menjadi negara industri yang diperhitungkan berbagai negara maju di dunia. Kunci keberhasilan Tiongkok terletak pada penguasaan teknologi. Segala elemen di Tiongkok, mulai dari pemerintah, pebisnis dan masyarakat bahu membahu menciptakan sinergi dengan memanfaatkan teknologi. Berbagai institusi pendidikan turut ambil bagian dengan mencetak manusia-manusia yang melek teknologi.

SMK Bina Informatika Bintaro, sebuah sekolah menengah atas vokasi yang memfokuskan pada pendidikan yang berbasis teknologi informasi memiliki visi mencetak generasi berkarakter yang profesional di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi berstandar Nasional dan Internasional pada tahun 2021. Tahun 2021 dipilih sebagai milestone bertepatan dengan 15 tahun berdirinya. Tentunya hal ini ini dipilih dengan pertimbangan matang, tahun 2020 merupakan awal berlakunya sistem pasar bebas global dimana persaingan antar bangsa akan semakin sengit.

Untuk mempersiapkan siswa-siswanya agar mampu bersaing, SMK Bina Informatika Bintaro mencanangkan visi bagi setiap jurusan yang ada. Ada 5 jurusan di SMK Bina Informatika Bintaro, yaitu Animation, Multimedia, Broadcasting TV, IT Networking dan Software Engineering. Masing-masing visi kemudian dijabarkan menjadi target keahlian yang harus dikuasai para siswa pada masing-masing jurusan. Target-target inilah yang menjadi acuan dari kurikulum SMK Bina Informatika Bintaro.

Pada akhir masa belajarnya, para siswa diharuskan melakukan magang di berbagai perusahaan. SMK Bina Informatika Bintaro telah bekerjasama dengan banyak perusahaan seperti rumah design, stasiun radio, TV, dll, tidak hanya di seputar Bintaro, melainkan juga di Tangerang Selatan dan Jakarta. Seperti pada umumnya program magang di berbagai institusi pendidikan, para siswa akan belajar sistem kerja di suatu perusahaan dengan berbagai problemnya. Sambil melakukan magang para siswa juga akan menentukan topik Final Project yang akan diambilnya, sebagai prasyarat kelulusan. Dengan metode ini, siswa akan betul-betul memahami ilmu yang telah dipelajarinya dan cara mengaplikasikannya pada dunia bisnis. Tidak jarang, selepas magang perusahaan-perusahaan tersebut merekrut siswa-siswa yang sebelumnya magang di situ.

Tidak hanya melalui program pembelajaran yang standar, SMK Bina Informatika juga memiliki program-program kewirausahaan dengan bekerjasama dengan lembaga atau perusahaan. seperti program Student Company (baca juga : Grand Launching Student Company Roxio SMK Bina Informatika). Para siswa diberi kesempatan untuk membangun bisnis dan menjalankan aktivitas bisnisnya untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

Tidak hanya itu, SMK Bina Informatika Bintaro juga memberi perhatian serius terhadap penguasaan bahasa asing terutama Bahasa Inggris yang menjadi standar dunia usaha, dengan program ESP (English for Specific Purpose). Bagi siswa yang ingin belajar Bahasa Jepang, tersedia program Japanesse Lover Club, yang termasuk program ekstra kurikuler.

Berbagai kegiatan ekstra kurikuler juga tersedia bagi para siswa, meliputi paskibraka, tari tradisional, Japan Lover Club, sepak bola, basket, band, paduan suara dan pencak silat.

Dengan berbagai fasilitas yang diberikan SMK Bina Informatika Bintaro, tidak heran berbagai prestasi telah ditorehkan para siswanya, dari mulai tingkat Kota Tangerang Selatan, Propinsi Banten maupun tingkat nasional. Pihak SMK Bina Informatika terus mendorong para siswanya untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi. Namun memiliki skill dan pengetahuan saja tidak cukup, siswa yang berkarakter juga merupakan bagiandari visi SMK Bina Informatika Bintaro. Hal ini terlihat nyata dari tersedianya mushola di bagian depan dari komplek bangunan sekolah. Seolah mengingatkan para siswa untuk senantiasa menjadi pribadi yangberakhlak mulia.

SMK Bina Informatika Bintaro dengan keberadaannya akan terus berada di garda terdepan dalam pengembangan sumberdaya manusia yang siap menghadapi tantangan global.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

SMK Bina Informatika Bintaro
Jl. Cendrawasih Raya 9A, Bintaro Sektor 9
Tangerang Selatan

Telp. : 021 – 745 3048
Email : info@smkbinainformatika.sch.id

Facebook : smkbinainfo
Twitter : @officialsmkbi
Instagram : @officialsmkbi
Website : www.smkbinainformatika.sch.id

 

(ES)

Leave a Comment