Rab. Nov 20th, 2019

SKACI Bintaro Cyber Kids 2016, Ajang Uji Kreativitas Anak

skaci_bintaro_cyber_kids_2016_4

Setiap anak memiliki bakat yang akan berkembang jika diberikan lingkungan dan sarana yang mendukung. Sayangnya tidak semua lingkungan dapat membantu anak untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang menyenangkan, walau pun sarana yang tersedia memadai. Banyak anak yang harus tumbuh dan berkembang tanpa memiliki kesempatan untuk mengembangkan minat yang dimilikinya. Dengan kecenderungan setiap anak untuk bermain, sebetulnya bakat si anak bisa dikembangkan melalui hal-hal yang menyenangkan sambil belajar tanpa si anak merasa kuatir ide atau kreativitasnya dikekang.

SKACI Bintaro dengan program belajar membuat animasi bagi anak sangat menyadari hal ini, sehingga SKACI Bintaro hadir untuk menjembatani kebutuhan anak untuk bermain dan keinginan orang tua agar anaknya dapat belajar dan menyerap ilmu untuk masa depan yang baik bagi si anak. Dengan program belajar yang disusun sedemikian rupa, anak akan diajak belajar dengan cara yang menyenangkan dan diberikan kebebasan untuk mengembangkan kreativitasnya. Anak akan dibimbing untuk bisa membuat animasi secara sederhana sampai kompleks dengan menggunakan aplikasi komputer Scratch, dari mulai membuat obyek-obyek sederhana, membuat obyek-obyek itu melakukan gerakan-gerakan sederhana sampai kompleks, menggabungkan beberapa obyek dengan gerakan-gerakannya menjadi sebuah rangkaian cerita, sampai dengan memasukkan narasi (script) yang membuat animasi yang dihasilkan menjadi sebuah cerita yang informatif dan lengkap. (baca juga : SKACI Bintaro, Pencetak Anak Jago Komputer Sambil Bermain).

Sebagai ajang untuk menguji kreativitas anak yang telah mengikuti program belajar di SKACI Bintaro beberapa waktu lamanya, SKACI Bintaro mengadakan lomba membuat animasi yang dinamakan SKACI Bintaro Cyber Kids 2016. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 4 Juni 2016 yang mengambil tempat di SKACI Bintaro, Ruko Kebayoran Arcade, Jl. Boulevard Bintaro Jaya Blok C1-07, Bintaro Jaya Sektor 7. Lomba yang dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Basic A dan Basic B diikuti oleh siswa/i SKACI Bintaro. Basic A merupakan level untuk anak-anak berusia 5-9 tahun, sedangkan Basic B merupakan level untuk remaja berusia 11-16 tahun. Lomba ini juga sekaligus merupakan ajang persiapan untuk mengikuti ajang tingkat nasional yaitu CyberKids Camp 2016 yang akan berlangsung di Bandung.

BACA JUGA  Mobilkamu Mengadakan Showroom Event Secara Serempak di 4 Kota

skaci_bintaro_cyber_kids_2016_1

Pada lomba ini setiap peserta diberikan sebuah laptop yang telah diinstall aplikasi Sractch untuk membuat animasi  yang ditentukan secara acak oleh panitia.Peserta bebas menerapkan ide dan kreativitasnya dengan berbekal pengetahuan dan kemampuannya yang telah diperoleh sepanjang kursus. Sejak pukul 08.30 semua peserta telah siap di depan laptop masing-masing dan mulai membuat animasi selama 2,5 jam. Kriteria penilaian yang diberikan adalah kekayaan ide untuk membuat sebuah cerita menjadi rangkaian animasi. Tepat pada pukul 11.00 lomba berakhir. Sambil menunggu pengumuman, peserta bisa beristirahat sampai dengan pukul 12.00.Pada pukul 12.00 tibalah saat yang ditunggu oleh semua peserta yaitu pengumuman lomba.

skaci_bintaro_cyber_kids_2016_2

Berikut adalah nama-nama pemenang lomba SKACI Bintaro Cyber Kids 2016:

Basic A 

  • Juara 1 : Jasmine Nurul Izza Bachtiar
  • Juara 2 : Syauqi Abrar Hasibuan
  • Juara 3 : Rayhan Danendra Wijaya

skaci_bintaro_cyber_kids_2016

Basic B

  • Juara 1 : Satria Owenesya
  • Juara 2 : Ahsan Nardian
  • Juara 3 : Galih Dzikry Rabbani

skaci_bintaro_cyber_kids_2016_3

Selamat kepada pemenang, untuk yang kalah jangan kecil hati karena masih ada kesempatan untuk mengikuti ajang CyberKids Camp 2016.

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan