Siswa Belajar Perspektif Karir Masa Depan melalui JA Job Shadow Day Bersama PermataBank

Seperti yang dilansir dalam website Direktorat Pembinaan SMK- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, “Terdapat 4,4 juta siswa SMK yang bisa menjadi generasi siap kerja.” Hal ini disambut baik oleh PermataBank dan Prestasi Junior Indonesia dengan menjalankan Permata Student Entrepreneurship Program (PSEP) di wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan dengan menggandeng 3 sekolah binaan yaitu SMK Farmasi Ditkesad Jakarta, SMK Bina Informatika Bintaro, dan SMKN 27 Jakarta (baca juga : Grand Launching Student Company Roxio SMK Bina Informatika). Periode 2016-2017 ini merupakan tahun ke-6 PermataBank dalam menjalankan komitmen tersebut dan telah melibatkan lebih dari 400 siswa dari 18 sekolah di Jakarta.

Permata Student Entrepreneurship Program (PSEP) adalah program pengembangan kewirausahaan untuk siswa/i SMA/SMK di sekolah, dimana siswa/i melakukan simulasi bisnis selama delapan bulan dengan belajar mendirikan dan mengelola perusahaan siswa yang struktur perusahaan dan operasional usahanya seperti perusahaan profesional pada umumnya.

Salah satu rangkaian dari Program PSEP tersebut, PermataBank bersama Prestasi Junior Indonesia juga mengadakan program Job Shadow dimana para siswa datang ke kantor pusat PermataBank untuk mempresentasikan rencana bisnis dan produk yang telah mereka kembangkan sebagai bekal dalam mengikuti program JA (Junior Achievement) Job Shadow. Selama sesi shadowing, para siswa/i diajak berdiskusi langsung dengan manajer senior PermataBank untuk belajar bagaimana menjalankan suatu perusahaan, mengetahui tugas dan kewajibannya agar dapat diaplikasikan di perusahaan siswa yang sedang mereka kembangkan.

Job shadow juga merupakan wujud komitmen para relawan PertamaBank untuk ikut berkontribusi dalam mengembangkan kualitas generasi muda Indonesia. Setidaknya lebih dari 25 karyawan berpartisipasi dalam acara ini dengan menjadi mentor siswa selama sesi shadowing. Antusiasme relawan PermataBank dalam program ini sangat baik, seperti yang disampaikan:

Robert Gardiner – Management Advisor Prestasi Junior Indonesia menyampaikan bahwa “Komitmen para relawan PermataBank selama enam tahun pelaksanaan sangat luar biasa. Para volunteer dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan kemampuannya dan memfasilitasi siswa untuk dapat belajar langsung dengan para profesional tentang dunia bisnis. Pengalaman yang siswa dapatkan dari program ini sangat penting, karena jarang sekali mereka memiliki kesempatan untuk bertemu dan belajar langsung dengan karyawan sebuah perusahaan dengan entitas bisnis yang cukup signifikan seperti Permatabank”

Richele Maramis-Head, Corporate Affairs PermataBank mengungkapkan kebanggaannya, “Kami bangga bisa terus menjalankan komitmen kami melalui program PSEP. Setiap tahun kami berusaha memberikan nilai tambah untuk satu tahun pembelajaran. Seperti hal nya tahun ini dengan serangkaian kegiatan seperti creativepreneur workshop, factory visit, job shadow day dan student company competition.

Melalui Permata Student Entrepreneurship Program dan Job Shodow, kami berharap akan tercipta generasi muda yang memiliki pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang mumpuni serta berkarakter profesional sehingga akan sukses dalam mencapai kariernya di masa depan.”


Seputar JA Job Shadow

JA Job Shadow memperkenalkan siswa pada tempat kerja dan peluang karir yang tersedia. Siswa diajak untuk bertemu dan berdiskusi seputar dunia kerja dan peluang karir dengan tenaga professional di perusahaan yang dituju. Pengalaman Job Shadow menginspirasi siswa tentang dunia usaha dan peluang karir yang tersedia dengan cara memperlihatkan secara langsung kepada siswa pada dunia kerja sesungguhnya, diantaranya dengan memberikan penjelasan tentang penyelesaian masalah yang inovatif dan kreatif di dunia kerja. Disini siswa belajar juga tentang kemampuan – kemampuan dasar yang harus dimiliki sebagai asset bernilai yang menjadi bekal agar sukses dengan karir/pekerjaannya.

Tentang PJI

Prestasi Junior Indonesia (PJI) merupakan afiliasi dari organisasi terbesar di dunia yang bergerak di bidang pendidikan bisnis dan ekonomi yaitu Junior Achievement (JA) Worldwide (1919) yang berpusat di Boston, Amerika Serikat. Misi PJI adalah untuk menginspirasi dan mempersiapkan generasi muda Indonesia agar sukses memasuki ekonomi global. PJI memiliki tiga pilar fokus pendidikan: Pendidikan kewirausahaan, melek keuangan, dan kesiapan kerja. Untuk mencapai misi ini, PJI bekerjasasama dengan Dinas Pendidikan dan didukung oleh perusahaan nasional maupun multinasional yang menjadi sponsor program. Materi pembelajaran PJI disampaikan melalui metode pengajaran partisipatif. PJI juga melibatkan sukarelawan dari perusahaan dan akademisi untuk menyampaikan materi kepada peserta program.

Tentang Permata Hati

PermataBank pada akhir tahun 2010 memperkenalkan program Corporate Social Responsibility (CSR) PermataHati yang berfokus pada pendidikan, terutama financial literacy dan kewirausahaan. PermataHati dirancang dengan memadukan berbagai aktivitas dalam tiga pilarnya yaitu: pengembangan sumber daya manusia, perbaikan fasilitas, dan pemberdayaan masyarakat.

Partisipasi aktif dari para karyawan PermataBank sebagai relawan merupakan tulang punggung dan kunci keberhasilan dari semua kegiatan CSR yang dilakukan PermataBank, dimana karyawan PermataBank menyisihkan waktu dan tenaganya dalam menjalankan kegiatan CSR untuk mendapatkan Point Senyum. Untuk setiap 10 poin senyum yang terakumulasi, PermataBank akan memberikan beasiswa atau program senilai beasiswa bagi satu siswa kurang mampu di berbagai SD, SMP, dan SMU. Untuk mendukung program CSR ini, setiap karyawan PermataBank berhak untuk mendapatkan satu hari cuti CSR, diluar jatah cuti tahunannya. Untuk informasi kegiatan CSR PermataHati, dapat mengikuti akun twitter @PermataHatiCSR atau facebook fanpage PermataHati.

 

(Utami Anita Herawati – Program Manager Prestasi Junior Indonesia)

Leave a Comment