Sisterhoodgigs Movement – Live in Harmony Concert, Konser Musik Tanpa Asap Rokok

Untuk menyambut ulang tahun ke-2 berdirinya, Sisterhoodgigs Movement, sebuah komunitas musisi wanita tanah air yang memiliki kepedulian dalam hal sosial kemanusiaan menyangkut eksistensi wanita akan mengadakan satu event yang bertajuk Live in Harmony Concert pada Jumat, 28 Oktober 2016, mulai pukul 16.00-23.00 dengan mengambil tempat di District 7, Bintaro Sektor 7 (baca juga: Nongkrong, Makan, Live Music & Zumba, Semua bisa di District 7).

Event yang berkonsep “garden music festival” ini rencananya akan diisi oleh para pesohor musisi wanita tanah air, seperti Astrid, Melanie Subono, Kikan, Apel, SHE Revelation feat Melly Mono, Yura Yunita, Sheryl Sheinafia, Nadya Fatira, Chiki Fawzi, PopRock, Pop The Disco, PIA, You Are Not Alone, Aiyu Lady on Ukulele, Nathania Jualim, Nia Aladin, Tara Adia dan masih banyak lagi. Selain konser musik, event ini juga akan diisi dengan berbagai acara seperti Fashion Show, Garage Sale, Sisterhoodgigs Award dan Song Auction.

sisterhoodgigs_movement_live_in_harmony_concert_info_bintaro

Berdirinya Sisterhoodgigs Movement diawali oleh sebuah event spontan pada tanggal 28 Oktober 2014 di Kafe Earhouse di daerah Pamulang, milik musisi indie Endah dan Rhesa, yang mengajak sejumlah musisi perempuan seperti Kikan, Melanie Subono, tERe, PIA (ex vokalis Utopia) dan duo Pop The Disco FiA dan Sara, untuk manggung bersama pada saat itu. Setelah manggung dadakan itu, tERe yang masih terinspirasi dengan semangat kebersamaan yang terbangun, lantas mengajak FiA, dan sejumlah musisi perempuan, baik yang sudah dikenal publik seperti Endah, Melanie, Kikan, Astrid, band musisi perempuan SHE, Sheryl Sheinafia, Enno Lerian, Dea Ananda, Sita Nursanti, Yacko, maupun musisi perempuan yang lain yang bertalenta, untuk membuat sebuah komunitas para musisi wanita yang dinamai Sisterhoodgigs Movement.

Disebut sebagai Movement karena sifat awalnya yang organik, inklusif, dan berbasis kerelawanan (volunteer-based community). Siapapun boleh menjadi bagian dari komunitas ini, apakah ia musisi perempuan yang sudah memiliki rekam jejak di industri (well-known sista) maupun talenta baru yang ingin menemukan ruang bermusik (awesome sista). Disini para musisi bisa Sharing and Jamming, saling mengenal, berbagi pengalaman, motivasi, bertukar ilmu dan referensi, bahkan saling menginspirasi dalam berbagai hal, khususnya di bidang musik dan kemanusiaan.

Sisterhoodgigs Movement membagi aktivitas utamanya dalam 2 orientasi: Orientasi Sosial (sub-brand Sisterhoodgigs): untuk kegiatan bermusik yang bersifat kerelawanan, workshop, charity, dan tujuan kampanye sosial yang sejalan dengan spirit Sisterhoodgigs Movement dan Orientasi Komersil (sub-brand Sisterhood Collaboration): untuk memenuhi permintaan publik atas kebutuhan penampilan musik dari musisi perempuan yang berkualitas.

sisterhoodgigs_movement_live_in_harmony_concert_info_bintaro_1

Dalam perkembangannya, komunitas Sisterhoodgigs Movement giat mengkampanyekan ruang kreatif dalam musik yang bersahabat bagi kaum perempuan dan peduli anak dengan campaign-nya yang menggunakan taggar #FriendlyMusicZone dan #NonSmokingMusic. Disamping pada setiap jam session-nya, pemusik dan pengunjung tidak diperbolehkan merokok, komunitas yang rutin mengadakan jam session kecil-kecilan setiap Jumat akhir bulan ini rajin mengangkat tema-tema lain menyangkut sosial kewanitaan dan anak-anak, sebut saja: stop kekerasan pada wanita, selamatkan lagu-lagu anak-anak. dll.

Pada ulang tahunnya yang pertama pada tahun 2015 yang lalu, Sisterhoodgigs Movement yang merayakan ulang tahunnya di kawasan Pondok Indah merilis single yang berjudul Bersinarlah. Hasil dari penjualan single ini digunakan untuk mendukung operasional Sisterhoodgigs Movement dan membantu sesama.

Kita tunggu saja langkah sosial yang dilakukan Sisterhoodgigs Movement pada Live in Harmony Concert. Penasaran? Datang saja yuk, catat tanggal dan tempatnya.

sisterhoodgigs_movement_live_in_harmony_concert_info_bintaro_2

 

(ES)

Leave a Comment