Sienta Pop Up Playground, Ajang Bertemunya Para Pecinta Anjing

Anjing merupakan hewan peliharaan yang dikenal sebagai sahabat manusia. Tingkah lakunya yang lucu dan bersahabat membuat banyak orang yang menyukai anjing sebagai hewan peliharaan di rumah. Tidak heran dari waktu ke waktu pecinta anjing makin bertambah. Untuk menampung animo masyarakat pecinta anjing, Living World Alam Sutera dengan disponsori oleh Toyota Sienta mengadakan acara yang bertajuk Dog Jog, pada hari Minggu, 22 Januari 2017, mulai pukul 06.00-22.00. Turut mendukung event ini adalah komunitas perlindungan satwa, Animal Defenders Indonesia.

Acara ini diisi berbagai kegiatan seperti Dog Run, Dog Agility, Talk Show, Coaching Clinic, Grooming Lesson, Gathering Community, Eat Competition Dog dan Fashion Show. Tidak hanya itu, berbagai stan peserta bazaar ikut meraimaikan acara dengan menjual berbagai produk kebutuhan anjing maupun pemiliknya.

sienta_popup_playground_info_bintaro_1

Sejak pagi hari, para pengunjung dan peserta lomba mulai berdatangan ke lokasi event di sisi barat area parkir Living World. Para peserta lomba silih berganti datang dengan anjing-anjing kesayangannya. Sebagian menggunakan baju kaos dan celana pendek, karena akan mengikuti lomba-lomba yang diadakan. Berbagai tingkah lucu dari anjing-anjng dan penampilan unik dari anjing-anjing yang didandani pakaian terkadang mengundang perhatian dari pengunjung.

Pada salah booth peserta bazaar terlihat kerumunan pengunjung. Rupanya booth itu merupakan booth dari komunitas Animal Defenders Indonesia yang menampilkan anjing-anjing yang siap diadopsi. Pada event ini, Animal Defenders Indonesia membuka kesempatan bagi pengunjung untuk mengadopsi anjing-anjing yang ditampilkan di event ini tanpa dipungut biaya sepeser pun, setelah melewati serangkaian proses seperti pendaftaran, interview dan pengecekan terhadap keseriusan calon adopter. Anjing-anjing yang siap diadopsi ini merupakan anjing-anjing terlantar atau yang mengalami kekerasan, namun telah mengalami proses rehabilitasi oleh Animal Defenders Indonesia, sehingga sangat bersahabat. Terlihat keceriaan di wajah anak-anak yang ingin masuk pada area bermain anjing yang dibatasi oleh pagar triplek setinggi 1 meter.

Yang tak kalah mendapat perhatian pengunjung adalah kehadiran seekor anjing kepolisian bernama Rocky. Rocky yang merupakan seekor anjing labrador berusia 2 tahun dan berwarna hitam legam ini adalah seekor anjing yang diselamatkan oleh Animal Defenders Indonesia dan telah dihibahkan kepada kepolisian untuk membantu tugas-tugas kepolisian. Rocky telah dilatih untuk mendeteksi keberadaan bom. Menurut salah seorang pelatih Rocky yang juga merupakan petugas kepolisian, Rocky telah dilatih untuk mencari dan menemukan bom. Jika menemukan bom, Rocky yang dalam tugasnya diikuti oleh petugas kepolisian penjinak bom, akan duduk dan diam menunggu kedatangan petugas penjinak bom. Rocky memang tidak dilatih untuk bersikap agresif, karena yang dibutuhkan pada seekor anjing pada pencarian bom adalah menunjukkan keberadaaan bom tanpa mengusiknya. Untuk melindungi Rocky dan anjing-anjing pendeteksi bom, dilengkapi dengan rompi yang dipasangi sensor pendeteksi bom. Dengan sensor ini, anjing akan memperoleh tanda berupa bunyi dari sensor adanya bom, sehingga anjing tersebut tidak akan terlalu dekat dengan bom tersebut. Pengunjung event Dog Jog tidak berhenti datang untuk sekedar menyapa Rocky dan membelainya, maupun berfoto bersama.

sienta_popup_playground_info_bintaro_2

Yang tak kalah menarik pada acara ini adalah sesi talkshow yang menampilkan Doni Hendaru Tona, pendiri Animal Defenders Indonesia. Doni, panggilan akrabnya, menyampaikan berbagai hal dari mulai menceritakan awal mula keberadaan Animal Defenders Indonesia, cara-cara pemeliharaan anjing yang benar dan juga cara melatih anjing agar anjing dapat bersahabat dan patuh kepada tuannya.

Tidak hanya menjelaskan saja, Doni pun mempraktekan secara langsung bagaimana ia mengajarkan kepatuhan kepada anjing-anjingnya. Doni yang mengaku memelihara 26 ekor anjing di rumahnya ini, menunjukkan cara-cara mengajak anjing untuk masuk ke dalam mobil dengan mudah. 2 ekor anjing kesayangannya dengan mudah diajak masuk ke dalam sebuah mobil Toyota Sienta yang dipajang pada event ini. Padahal salah satu anjingnya berukuran sangat besar. Menurut Doni, kita harus membangun hubungan yang dekat dengan anjing-anjing peliharaan kita dengan cara memahami yangdipikirkan anjing, apa yang disukai anjing kita, apa yang tidak disukainya dan juga yang tak kalah penting untuk memahami karakternya.

Pada sesi tanya jawab, antusiasme terlihat dari pengunjung yang bergantian mengajukan berbagai pertanyaan kepada Doni dan dijawab dengan lugas dan cukup jelas. Tak lupa Doni pun mengajak pengunjung untuk mau mengadopsi anjing-anjing yang diselematkan oleh Animal Defenders Indonesia, ketimbang membeli anjing ras yang berharga sangat mahal.

Event Dog Jog ini juga merupakan event pertama bagi anjing di tahun 2017. Nantikan event-event selanjutnya bagi anjing-anjing kesayangan Anda.

sienta_popup_playground_info_bintaro

 

(ES)

Leave a Comment