Sen. Feb 24th, 2020

Si Kepal Bintaro, Onigiri yang Lezat dan Murmer

Dari literatur diketahui banyak manfaat rumput laut kering seperti mengontrol berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, pengganti garam, mencegah anemia, mempercepat penyembuhan luka, mencegah pengeroposan tulang, mencegah kanker dan mengobati diabetes. Manfaat rumput laut kering memang cukup banyak untuk menunjang kesehatan tubuh. Rumput laut kering ini sering kali digunakan untuk berbagai olahan pangan baik di rumah tangga maupun di pabrik.

Salah satu makanan Jepang yang memakai rumput laut adalah onigiri. Onigiri (おにぎり, 御握り) (bahasa Indonesia: nasi kepal) adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.

Onigiri juga dijual di toko kelontong di Hong Kong, daratan Cina, Taiwan, dan Korea Selatan. Dalam bahasa Korea, makanan ini disebut “jumeok bap” (Hangul: 주먹밥) atau “samgak gimbap” (Hangul: 삼각김밥), arti harfiah: “nasi kepal” atau “nasi segi tiga rumput laut”.

Onigiri ini merupakan nasi Jepang yang dibungkus dengan lembaran rumput laut yang disebut nori. Nori (海苔, のり?) adalah nama dalam bahasa Jepang untuk bahan makanan berupa lembaran rumput laut yang dikeringkan. Nori digunakan sebagai hiasan dan penyedap berbagai macam masakan Jepang, lauk sewaktu makan nasi, dan bahan makanan ringan seperti senbei. Bahan baku adalah alga jenis Porphyra seperti Porphyra pseudolinearis Ueda yang dikenal sebagai Iwanori dan Porphyra yezoensis Ueda.

Walaupun warna tidak dapat dijadikan pegangan kualitas, lembaran nori berkualitas tinggi umumnya berwarna hitam kehijauan, sedangkan nori berkualitas lebih rendah berwarna hijau hingga hijau muda.

Jepang, RRC, dan Korea merupakan produsen nori terbesar di dunia. Di RRC, nori disebut sebagai hǎitái (海苔), dan di Korea disebut gim (김).

Korea terkenal dengan nori berbumbu minyak wijen, cabai, dan butiran garam yang agak kasar sehingga berbau khas dan terasa agak pedas. Nori mengandung vitamin dan mineral untuk kesehatan terutama yodium dan zat besi

Si Kepal Bintaro

Sejak bulan Agustus 2017 di Villa Bintaro Indah, sudah ada onigiri yang dapat Anda pesan via akun instagramnya yakni Si Kepal Bintaro. Pemiliknya Fairuz Athoriq adalah mahasiswi jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 2016 di Universitas Pembangunan Jaya. Ia menjelaskan bahwa pertama kali ia menciptakan nasi segi tiga rumput lautnya dengan varian ayam original dan ayam pedas. Sama seperti lemper, kue tradisional Indonesia yang diisi suiran ayam, onigiri diisi dengan varian ayam original atau ayam pedas. Kemudian sejalan dengan waktu diciptakan juga beberapa varian baru.

BACA JUGA  Karubi-Tei, Tokyo Japanese Yakiniku Kini Hadir di Bintaro

Hingga saat ini sudah ada 5 varian: tuna mayo, tuna pedas, ayam ori, ayam mayo, ayam mayo mayo thousand island (best seller). Info Bintaro sempat mencicip tiap varian yang ada. Varian ayam mayo tidak pedas dan memakai mayonnaise berwarna putih. Sedangkan ayam mayo thousand island memiliki rasa pedas dan memakai mayonnaise berwarna orange. Untuk ayam original, sama sekali tidak memakai mayonnaise. Tuna mayo sesuai dengan namanya terdiri dari ikan tuna dan mayonnaise.

Yang recommended adalah tuna pedas. Campuran bahannya sangat gurih dan sedap rasanya. Tidak terlalu pedas. Ideal untuk disantap sebagai sarapan atau makan siang. Jadi baik Anda yang suka pedas maupun tidak, sama-sama dapat menikmati onigiri buatan Si Kepal Bintaro.

Murah Meriah

Harga satuannya pun sangat ekonomis. Tidak sampai Rp. 10.000,- Anda bisa bandingkan dengan produk serupa yang ada di pasaran saat ini di atas Rp. 15.000/pax. Setiap subuh Fairuz membuat onigiri bersama ibu kandungnya sebanyak 200 pax. Kemudian dia beserta ketiga adiknya membawa ke sekolah atau kampus. Masing-masing membawa 50 pax dan selalu laris manis setiap hari.

Special Order

Fairuz mengungkapkan bahwa pembeli dapat memesan hingga 400 pax sehari sebelum hari H. Patut dicatat bahwa onigirinya tidak memakai MSG dan pengawet sehingga hanya bertahan 12 jam. Kecuali bila dimasukkan ke dalam kulkas, bisa tahan sehari. Bisa dihangatkan kembali di microwave sebelum disantap.

Dikemas Dengan Cara yang Unik

Onigiri merupakan nasi Jepang yang dibungkus oleh nori (lembaran rumput laut) berbentuk segitiga. Uniknya adalah cara membungkus nasi tersebut, di mana nasi dan nori tidak bersatu sampai Anda  merobek plastik pembungkusnya sebelum makan. Jadi rumput lautnya akan tetap renyah! Masih bingung kog bisa demikian? Simak videonya berikut ini.

Free Delivery for Bintaro

Saat ini Fairuz sedang mendaftarkan usaha kulinernya agar bisa dipesan via GO FOOD. Untuk pemesanan daerah Bintaro, free ongkir untuk minimum 10 pesanan. Juga terbuka kesempatan bila Anda mau menjadi reseller nasi kepal ini.

BACA JUGA  5 Tempat Makan Sushi di Bintaro

Info lebih lanjut:
Si Kepal Bintaro
Villa Bintaro Indah
Instagram : @sikepal.bintaro
WA: 0857-7083-1669

 

(EGS

 

 

Baca Juga