Showcase Anda Tidak Dingin? Simak Tips Berikut

Showcase merupakan salah satu alat eletronik. Bentuknya mirip dengan kulkas, hanya saja pintu showcase terbuat dari kaca sehingga kita dapat melihat bahan makanan atau minuman yang ada di dalam showcase.

Selain kaca, perbedaan showcase dengan kulkas juga terletak pada kabin. Showcase tidak dilengkapi dengan freezer.  Kabin dalam showcase terdiri dari rak susun yang biasanya terdiri dari dua sampai empat susun.

Beberapa merek minuman dingin menggunakan showcase sebagai sarana penjualan mereka. Minimarket pun saat ini menggunakan showcase untuk menjajakan produk minuman dingin yang mereka jual. Untuk menjaga kesegaran produk yang ada di dalamnya, showcase akan dinyalakan selama 24 jam nonstop.

Untuk memastikan showcase dapat bekerja maksimal, berikut adalah tips agar showcase yang kita miliki tetap dingin:

Pastikan tegangan listrik stabil pada posisi 220 Volt. Perangkat elektronik yang berada di pasaran dirancang agar dapat berjalan optimal pada tegangan listrik 220 Volt. Namun, tegangan listrik acapkali tidak stabil. Kadang berada pada posisi lebih rendah atau lebih tinggi dari 220 Volt. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tidak seimbangnya antara pasokan dengan beban listrik, usia kabel, dan lain-lain.

Salah satu cara untuk menstabilkan tegangan listrik adalah dengan menggunakan stabilizer. Di pasaran sudah banyak beredar stabilizer siap pakai.

Jangan letakkan produk minuman secara bertumpuk ataupun terlalu rapat. Beri jarak antara 2 – 5cm agar terdapat ruang untuk sirkulasi udara di dalam ruangan showcase. Hal ini sangat penting agar kipas evaporator dapat bekerja maksimal.

Pastikan pintu showcase tertutup rapat. Hal ini mungkin terdengar sepele bahkan seringkali kita acuh. Namun, pintu showcase yang tidak tertutup rapat akan menghambat proses pendinginan. Udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator akan terbuang percuma. Dan tentunya produk minuman yang  kita letakkan di dalam showcase tidak akan dingin.

Kadangkala hal ini luput dari pengamatan pemilik showcase. Pembeli biasanya tidak akan terlalu memperhatikan tertutup rapat atau tidaknya pintu showcase. Maka sebagai pemilik showcase, kita sebaiknya sering memerhatikan pintu showcase tertutup rapat atau tidak.

Jangan letakkan showcase terlalu rapat dengan dinding. Di bagian belakang showcase terdapat ruang mesin yang dilindungi oleh grill. Didalamnya terdapat kompresor, kondensor dan komponen lainnya. Sirkulasi udara yang bagus dibutuhkan agar komponen-komponen tersebut dapat bekerja secara maksimal.  Beri jarak sekitar 10-20 cm dari dinding.

Jauhkan showcase dari sinar matahari langsung.  Pancaran sinar matahari langsung dapat menurunkan kinerja showcase, akibatnya showcase akan sulit mencapai suhu optimal. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kesegaran produk yang Anda jual. Oleh karena itu, letakkan showcase didalam ruangan bersuhu sejuk.

Tips ini dipersembahkan oleh PT. Sadhana Ekapraya Amitra, produsen mesin pendingin yang berdiri sejak 1991.

Terkenal dengan hashtag #JagoanDingin, perusahaan ini merupakan pemegang merek Aurora, Atiz, Fresta dan Gofner serta telah berhasil menjual ratusan ribu mesin pendingin di seluruh penjuru nusantara.

Produk yang dihasilkan seperti showcase, chest freezer, upright freezer, curve glass freezer, juice dispenser serta ice cream scooping freezer.

Informasi lengkap mengenai  PT. Sadhana Ekapraya Amitra dapat Anda peroleh melalui website www.sadhanas.co.id atau akun Instagram @Sadhanasid.

(BON)