Sharing, Art, Fun & Moment di Hoki Poki

Dunia anak adalah dunia bermain. Dalam bermain itu seorang anak dapat belajar berbagai hal yang diperoleh dari pengalamannya sendiri. Anak dapat mengalami berbagai pengalaman yang dapat meningkatkan pengetahuannya dan kreativitasnya.

Namun terkadang ada sikap ‘over protective’ dari sebagian orang tuanya, dengan membatasi buah hatinya bermain karena dianggap anak bisa terluka, kotor atau keasyikan bermain. Untuk membatasi anak bermain, pada sebagian orang tua, anak diberikan berbagai fasilitas yang dirasakan aman bagi sang buah hati, misalnya gadget. Padahal, berbagai penelitian menyatakan gadget tidak memiliki dampak positif sama sekali bagi anak.

 

hoki_poki_info_bintaro_2

Berangkat dari keinginan untuk memberikan kesempatan bagi buah hatinya untuk bermain sambil belajar, Indri, seorang ibu rumah tangga warga Bintaro, mengajak anaknya untuk mengeksplorasi berbagai hal melalui permainan. Aktivitas-aktivitas ini kemudian dipostingnya di Instagramnya. Tidak disangka ternyata postingan-postingannya menarik perhatian banyak orang tua yang menanyakan apakah anaknya dapat bermain bersama Indri dan anaknya.

Melihat hal ini, Indri bersama ketiga saudaranya melihat perlunya ada sarana bagi anak-anak untuk bermain, sarana yang juga bisa menjadi tempat bagi para orang tua untuk mengawasi anaknya bermain dan bersosialisasi dengan sesama ibu-ibu lainnya. Akhirnya pada Agustus 2016, Indri dan saudar-saudaranya membuka Hoki Poki dengan mengambil tempat di rumahnya di Jl. Mandar XVII, Sektor 3A.

Indri menjelaskan, Hoki Poki bukanlah satu bentuk sekolah, misalnya play group atau taman kanak-kanak. Hoki Poki juga bukan tempat penitipan anak (daycare). Untuk itu Hoki Poki tidak memiliki kurikulum standar seperti lembaga-lembaga pendidikan. Namun bukan berarti Hoki Poki tidak memiliki program yang terarah. Aktivitas Hoki Poki yang berlangsung setiap Sabtu pukul 09.00-11.00 ini memiliki program-program yang sudah disusun setiap minggu berdasarkan tema-tema tersendiri. Program mingguan ini memiliki alur (flow) yang tidak terlepas dari tagline Hoki Poki: Sharing, Art, Fun & Moment.

hoki_poki_info_bintaro_1

Untuk setiap minggunya peserta dibatasi hanya maksimum 15 orang saja, hal ini berdasarkan pertimbangan karena keterbatasan tempat dan secara interaksi agar anak dapat mendapatkan perhatian cukup dari teacher-teacher-nya (Indri dan ketiga saudaranya). Untuk mengikuti program Hoki Poki setiap minggu cukup dengan mem-follow akun Instagram Hoki Poki (@hokipoki_art). Dari situ Indri akan memposting program yang akan berlangsung pada minggu itu. Bila orang tua ingin mengikutkan buah hatinya pada program Hoki Poki pada minggu itu, para orang tua cukup menghubungi Hoki Poki melalui whatsapp di 0819 3227 3160 untuk mengkonfirmasikan keikutsertaannya dan membayar Rp. 75 ribu. Mengingat keterbatasan jumlah peserta, Indri membatasi konfirmasi keikutsertaan bisa dilakukan maksimum hari Kamis. Tentunya jika pada saat itu jumlah peserta telah mencapai 15 orang, Indri tidak dapat menerima tambahan peserta.

Indri menambahkan program Hoki Poki bukan untuk menggantikan peran sekolah formal, namun dapat menjadi opsi bagi orang tua sebelum mendaftarkan buah hatinya ke sekolah. Karena orang tua bisa lebih mengenal karakter anaknya serta kelebihan dan kekurangan anaknya.

Secara garis besar alur dari program bermain Hoki Poki terdiri dari sesi-sesi Story Telling, Art, Cooking dan Messy Play. Pada sesi Story Telling, anak diajarkan untuk fokus mendengarkan yang disampaikan. Tidak hanya itu, anak pun diajak untuk berani berkomentar melalui pengulangan-pengulangan pertanyaan. Pada sesi Art, anak dilatih motoriknya dengan mewarnai dan menempel. Seperti kita ketahui, anak usia 1-3 tahun umumnya belum dapat menggunakan motoriknya dengan baik, misalnya dalam menggenggam sesuatu, menggerakkan tangannya untuk melakukan sesuatu, dll.

Pada sesi Cooking, anak akan dikenalkan dengan berbagai jenis buah, sayuran dan hewan, serta apa yang harus dilakukan sebelum makan sayur dan buah, misalnya harus dicuci terlebih dahulu.

Sedangkan sesi Messy Play, anak-anak akan diajak bermain yang kotor, misalnya bermain pasir, air, dsb. Pada sesi ini akan terlihat karakter dasar setiap anak, misalnya ada anak yang sifatnya bersih sehingga tidak mau bermain yang menyebabkan ia kotor, anak yang lain mungkin karakternya takut, termasuk disini akan terlihat bagaimana anak tersebut berinteraksi dengan teman-temannya maupun orang lain.

Setelah Messy Play, program hari itu akan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing anak. Sertifikat ini merupakan satu bentuk pendidikan bagi anak yaitu apresiasi. Setiap anak akan mendapatkan sertifikat yang diterimanya langsung. Sertifikat itu mencantumkan nama sang anak serta tema yang diikutinya.

hoki_poki_info_bintaro

Indri melanjutkan, program Hoki Poki setiap minggu juga menjadi ajang bagi para ibu untuk bertemu dengan teman-temannya, atau saling bertukar pengalaman dalam mendidik anak. Tidak hanya menjadi sarana bagi para ibu untuk bersosialisasi, dengan Hoki Poki ternyata juga juga membuat sang ayah juga menjadi lebih mengenal buah hatinya melalui sesi-sesi yang diikuti. Bahkan sering juga kakek dan nenek atau keluarga lainnya ikut menemani sang anak selama mengikuti program Hoki Poki.

Ke depannya Indri dan saudar-saudaranya berencana untuk menambah frekuensi hari bermain di Hoki Poki, tidak hanya pada hari Sabtu melainkan juga pada hari kerja (Senin-Jumat). Semoga hal ini bisa terwujud pada waktu mendatang.

 

(ES)

Leave a Comment