Serunya Kompetisi PES Game dari Komunitas PESXWE.com di Electronic City Alam Sutera

Demam soccer game yang berbasis playstation sedang meningkat beberapa waktu belakangan ini. Hal ini didorong intensnya pertandingan sepak bola berbagai kompetisi di Eropa yang kerap ditayangkan beberapa stasiun TV.

Untuk menampung animo dari membernya dan juga penggemar PES Game, Komunitas PESXWE.com, sebuah komunitas penggemar game PES menggelar kompetisi PES game di Electronic City Alam Sutera pada Minggu, 30 Oktober 2016. 

Ide penyelenggaraan kompetisi ini ternyata mendapat sambutan positif dari pihak Electronic City yang sedang merayakan 15 tahun berdirinya, dengan memfasilitasi tempat pelaksanaan di Electronic City Alam Sutera, perangkat televisi dan hadiah bagi para pemenang. Sementara Komunitas PESXWE.com hanya perlu membawa perangkat playstation untuk digunakan pada kompetisi.

​Menurut Jeffri, pendiri dan penggiat Komunitas PESXWE.com, kompetisi ini digelar dari pukul 11.00-20.00 dengan menggunakan sistem Pilih Sendiri Lawan, bukan menggunakan sistem kompetisi penuh seperti umumnya sistem kompetisi pada pertandingan sepak bola maupun kompetisi game. Lebih lanjut Jeffri menjelaskan, Komunitas PESXWE.com sudah beberapa kali mengadakan kompetisi PES game. Kompetisi sebelumnya diadakan pada tahun 2014

Hal ini didasari pertimbangan waktu yang terbatas. Sistem Pilih Sendiri Lawan merupakan sistem dimana peserta dapat memilih lawan tandingnya secara bebas. Untuk bisa mengikuti kompetisi, setiap peserta harus mendaftar dan membayar biaya Rp. 50 ribu untuk mendapatkan stiker yg ditempel di baju peserta. Bila ia memenangkan pertandingan dengan lawannya dalam 1 game yang berlangsung selama 10 menit, maka yang kalah memberikan stikernya kepada lawannya. Si pemenang dapat memilih lawan lain untuk bertanding. Demikian seterusnya, sampai seluruh kompetisi berakhir pada pukul 20.00. Bila yang kalah sudah tidak memiliki stiker lagi, namun ingin tetap bermain, maka ia harus membayar lagi Rp. 50 ribu untuk mendapatkan stiker.

Pemenang kompetisi adalah yang mengumpulkan stiker terbanyak sampai berakhirnya waktu kompetisi. Pada sistem ini tidak mengenal istilah seri, jika pertandingan berakhir dengan kedudukan sama akan langsung dilanjutkan dengan adu pinalti.


Pihak Electronic City menyediakan hadiah 4,5 juta rupiah dalam bentuk voucher belanja yang dapat digunakan untuk berbelanja di Electronic City manapun. Juara 1 memperoleh Rp. 2 juta, juara 2 memperoleh Rp.1,5 juta dan juara 3 Rp. 1 juta.

Komunitas PESXWE.com saat ini memiliki anggota aktif berkisar 500-an, yang tersebar di Jabodetabek maupun beberapa kota. Komunitas ini mulai berdiri sejak 2012, yang diawali dengan kompetisi di satu kafe di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Anggotanya berusia antara 13-30 tahun, dari mulai pelajar sampai dengan karyawan. 

Kegiatan yang dilakukan komunitas ini adalah kompetisi-kompetisi PES, seperti yang pernah dilakukan. Beberapa event kompetisi yang pernah diadakan seperti event Nobar dan event Sambaforia pada tahun 2014 di Cilandak Town Square dengan sponsor dari Blibli.com dan Djarum. Untuk kegiatan rutin off-air tidak ada, karena komunitas ini berkomunikasi secara intens melalui grup di sosmed.

Untuk diketahui, PES merupakan singkatan dari Pro Evolution Soccer, sedangkan WE adalah singkatan dari Winning Eleven. Keduanya menyatakan sebuah game soccer berbasis playstation, dengan perbedaan hanya dari sisi market. PES memiliki market internasional, sedangkan WE hanya di Jepang. Sehingga nama komunitas PESXWE.com mengacu pada arti PES X(versus atau vs) WE dan dotcom. Sehingga PESXWE.com merupakan nama komunitas sekaligus alamat website dari komunitas ini.

Ke depannya Jeffri memiliki keinginan kompetisi seperti ini dapat secara rutin diadakan setiap tahun untuk menampung animo kaum muda dengan PES game.

Pada pukul 20.00, kompetisi PES game pun berakhir, adapun juara-juara kompetisi ini adalah: Juara 1 : Mahendra, Juara 2 : Hafiz dan Juara 3 : Yoga. Penyerahan hadiah dilakukan oleh perwakilan dari Electronic City yang sekaligus menutup keseluruhan kompetisi.

pes_game_juara_info_bintaro
Penyerahan hadiah kepada para juara oleh pihak Electronic City

Bagi yang ingin bergabung dengan komunitas PESXWE.com dapat mengakses langsung websitenya di www.pesxwe.com dan mendaftar secara online. Nantinya pihak admin akan mengundang pendaftar untuk bergabung pada grup dan mendapatkan berbagai update informasi termasuk kompetisi-kompetisi off-line seperti ini.

(ES)

Leave a Comment