Sel. Des 10th, 2019

Sering Konsumsi Kaldu, Bila Anda Ingin Cantik

Kaldu yang terbuat dari sari tulang ayam maupun sapi, lebih sering dimanfaatkan untuk memasak beragam makanan berkuah agar tercipta aroma dan rasa khas yang menggugah selera. Namun, tahukah Anda bahwa kaldu yang berasal dari tulang ini pun memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit Anda? Menurut Dr Frank Lipman, seorang pakar kedokteran integratif dan fungsional, kaldu tulang terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi setiap aspek di dalam tubuh Anda. Sebab, kaldu tulang mengandung gelatin dan kolagen. Kedua komposisi tersebut sangat bermanfaat bagi kulit.
“Kaldu tulang dapat menutrisi jaringan epidermis, dermis, dan lapisan yang mendasari jaringan ikat kulit dari dalam ke luar dengan kolagen dan elastin serta membantu memperhalus garis pada kulit dan menyembuhkan luka pada kulit,” ujar dr Lipman. Lebih lanjut, dr Lipman mengungkapkan, kaldu tulang juga kaya akan mineral, seperti kalsium, magnesium, potasium, silikon, sulfur, dan fosfor. Beberapa mineral tersebut kerap kali luput dari tubuh Anda saat Anda menjalankan diet.
Bila asupan mineral tersebut secara proporsional trerkandung di dalam tubuh Anda, kulit Anda pun senantiasa cerah, sehat, dan bebas dari masalah kulit kering. “Selain itu, glukosamin, kondroitin, kolagen, dan gelatin yang terkandung dalam kaldu tulang merupakan nutrisi penting untuk menjaga tulang dan mengurangi pembengkakan kulit. Berkurangnya risiko pembengkakan sangat bermanfaat bagi kulit, apalagi jika Anda memiliki masalah kulit, misalnya jerawat,” jelas dr Lipman.
Dr Lipman menyarankan, Anda mengonsumsi sup kaldu setidaknya segelas dalam sehari. Anda dapat meminumnya atau mencampurkannya ke dalam masakan Anda. Dr Lipman menjelaskan, campuran kaldu dengan sejumput garam, daun parsley, atau rumput laut dapat Anda jadikan alternatif formula untuk mempercantik kulit. Kolagen biasanya dimanfaatkan dalam industri kesehatan dan kecantikan sebagai serum untuk memperbaiki kulit, rambut, dan kuku. Kaldu ternyata juga dipercaya mampu mengurangi efek penuaan.
Ahli kesehatan lain, dr. Amy Myers, merekomendasikan kaldu sebagai diet bagi orang yang memiliki masalah kekebalan tubuh. Menurutnya, kaldu bermanfaat untuk mengurangi peradangan akibat stress. “Kaldu mengandung chondroitin dan glukosamin, yang bisa mengurangi peradangan, atritis, dan nyeri sendi. Selain itu, asam amino yang ada di dalam kaldu juga membantu menenangkan pikiran,” ungkap dr. Myers.
Mau membuat kaldu ayam sendiri nih?
(EGS)
 

Baca Juga

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.