Kuliner

Serbu Daging Sapi Asap di Se’i Sapi Kana, Graha Bintaro

Apa istimewanya daging asap khas dari Nusa Tenggara Timur? Kuliner Bintaro Se’i Sapi Kana yang baru dibuka tanggal 6 Juni 2020 lalu terletak di kawasan yang sangat strategis, tepat di sebelah Pompa Bensin Graha Raya. Menempati lantai atas dari mini market Indomaret dan di dekatnya ada tempat cuci mobil. Bila Anda datang di malam hari tentu Anda dapat menjumpai pengalaman dramatis melihat lalu lalang kendaraan di jalan utama Graha Raya. Beroperasi setiap hari dari jam 11 siang hingga 10 malam.

Ini menjadi alternatif baru bagi warga Bintaro yang ingin wisata kuliner setelah sekian lama ada di rumah di masa PSBB. Anda dapat bersantap bersama keluarga maupun sahabat. Di outlet ini telah diterapkan protokol kesehatan di mana diterapkan jarak aman antar meja. Tiap meja hanya untuk 2 orang.Dan ada tempat duduk yang diberi tanda silang, artinya tidak boleh diduduki untuk menjaga jarak aman.

Lalu semua karyawan/pelanggan yang akan masuk ke outlet, dicek suhu tubuh dan diberikan handsanitizer. Disediakan wastafel untuk cuci tangan dengan air & sabun begitu Anda tiba di outlet. Kuliner Bintaro ini menerapkan aturan ketat yakni tidak boleh ada pelanggan yang masuk ke outlet jika semua meja sudah terisi. Ini mencegah kerumunan di dalam outlet). Jangan khawatir, disediakan kursi tunggu di luar outlet.

Tempat kuliner Bintaro ini cukup luas dan dapat menampung sekitar 40 orang. Bila Anda tidak suka suasana panas atau gerah, jangan datang di siang hari karena matahari datang cukup leluasa ke dalam ruangan Sei Sapi Kana yang dikelilingi banyak dinding kaca.Buat Anda yang mager alias males gerak, bisa order via go food atau grab food. Sekarang lagi ada promonya lho.

Sekarang mari kita mengenal apa itu daging sei.

Pengasapan adalah salah satu teknologi yang telah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk mempertahankan kualitas daging sapi atau babi. Se’i (bahasa daerah Rote) yang artinya daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang , lalu diasapi dengan bara api sampai matang.

Proses pembakaran menggunakan kayu kosambi yang tumbuh di NTT. Kayu inilah yang menyebabkan daging sapi berwarna merah dan harum. Simak cara pembuatan daging se’i di https://www.youtube.com/watch?v=NpB5Ohf1_uw

Se’i adalah makanan khas suku rote yang kemudian merambah selera masyarakat Nusa Tenggara Timur. Kemudian dikenal juga Se’i babi pertama di Teunbaun kurang lebih 40 KM atau 45 menit dari kota Kupang (terkenal dengan Se’i Baun) yang dikelola oleh Oni Ba’i (Gaspar Tiran) awalnya berjualan daging babi keliling pada tahun 1980-an pada 1997 merintis usaha Se’i babi yang mulai dikenal luas pada tahun 2000.

Produk daging Se’i memiliki keunikan dan spesifikasi , baik aroma warnanya yang merah maupun tekstur yang empuk dan rasanya yang lezat. Pengolahan Se’i juga bertujuan untuk memperpanjang daya tahan simpan serta meningkatkan nilai gizi dan nilai ekonomi daging sapi maupun daging babi, Se’i begitu populer dikalangan masyarakat Nusa Tenggara Timur bahkan sampai tamu dari luar negeri.

Bila di NTT, daging se’i kebanyakan terbuat dari daging babi, di Se’i Sapi Kana, hanya menyajikan menu yang halal seperti daging sapi dan ayam serta lidah sapi. Mengapa diberi nama Se’i Sapi Kana? Kana adalah singkatan dari Kaka-Nona, panggilan untuk laki-laki dan perempuan diambil dari bahasa NTT. Kita bisa baca sapaan Kaka-Nona ditulis di dinding outletnya.

Proses pembuatan dengan kayu bakar yang berjarak jauh, membuat bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Menurut Harun, pegawai operasional di Se’i Sapi Kana daging sapi yang digunakan di sana adalah daging sapi impor. Pernah mencoba menggunakan daging sapi lokal, namun dagingnya terasa kurang empuk. Daging sapi tersebut diasapi hingga 8 jam.

Menu utama

Ada tiga menu  utama di Se’i Sapi Kana. Pertama, Se’i Ayam dengan harga terjangkau hanya Rp. 15.000. Kedua, Se’i Sapi dengan harga Rp. 20.000 dan terakhir Se’i Lidah seharga Rp. 30.000. Jika Anda ingin porsi yang lebih besar dari porsi reguler, Anda dapat memesan porsi jumbo. Menu utama ini disajikan bersama kuah kaldu sapi yang gurih.

BACA JUGA  Menu Baru Kopi di Cozyfield Emerald Nan Menggoda

Tak hanya daging asapnya yang super lezat, pengunjung pun dapat memilih aneka sambal enak. Sambal matah, sambal rica rica, sambal lombok hijau, sambal lada hitam dan sambal lu’at. Rekomendasi buat yang tidak begitu suka pedas dapat memilih sambal lada hitam. Sedangkan yang paling pedas dan menjadi favorit pelanggan adalah sambal matah khas Sei Sapi Kana yang kering, dominan bawang merah dan cabe merah keriting. Sambal matahnya sama sekali tidak menggunakan minyak goreng.

Se’i Sapi Kana sangat memperhatikan kesegaran dari bawang merah mentah yang menjadi bahan sambal matah. Setiap beberapa jam sekali diganti dengan bawang merah yang baru dipotong-potong. Buat Anda yang tidak suka pedas, dapat memesan sambal lada hitam yang aman di lidah.

Info Bintaro mencoba daging se’i ini sangat tercium aroma asapnya. Istilah kerennya smoked beef-nya berasa banget. Sedangkan untuk menu se’i ayam tidak begitu terasa aroma asapnya.

Menu untuk 4-6 orang

Jika Anda suka makan bareng bersama keluarga atau teman-teman, dapat memilih menu ini. Cukup Rp. 80.000 untuk se’i ayam. Hemat bukan. Jenis sambalnya pun dapat dipilih.

Sambal lu’at khas NTT

Saat bersantap di sini, jangan lupa untuk mencicipi sambal lu’at khas NTT. Rasanya pedas, asam, manis, gurih dengan aroma daun kemangi, daun siba (yang hanya ada di NTT) dan jeruk nipis. Sambal ini biasa dimakan dengan daging se’i dan jagung bose, bubur jagung unik yang juga merupakan hidangan tradisional dari Nusa Tenggara Timur. Simak video pembuatannya di https://www.youtube.com/watch?v=uJSHgysk5yc

Nasi Jeruk

Keistimewaan dari nasi jeruk ini adalah wanginya yang menambah selera makan. Biasanya nasi daun jeruk ini diolah dengan santan, daun salam dan daun jeruk yang diiris tipis-tipis. Nasi ini nikmat disantap dengan tumis daun pepaya yang tidak pahit rasanya.

Minuman

Sebagai penutup santapan, Anda dapat memilih es jeruk, es teh, milkshake, teh tarik, fresh juice dan air mineral.

Franchise

Kuliner Bintaro ini merupakan franchise dari usaha Sei Sapi Kana yang ada di Jogjakarta. Sampai saat ini sudah ada 8 cabang di seluruh Indonesia. Cabang lain yang ada di Jakarta berada di kawasan Kelapa Gading. Mungkin ada tertarik untuk buka cabang serupa di tempat lain? Silahkan hubungi info kemitraan di bawah ini.

Info selanjutnya:

Sei Sapi Kana Graha Bintaro
Jl. Graha Raya Bintaro, Kav GB/GK 2-05, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Instagram: https://www.instagram.com/seisapikana.id/

Info kemitraan : 0812-4622-5615

(EGS)

 

Baca Juga

  • Waspada Pelecehan Seksual Pada Anak!

    Waspada Pelecehan Seksual Pada Anak!

    Tahun baru seharusnya diawali dengan hal-hal positif beserta resolusi-resolusi baru. Namun sayangnya, awal tahun ini terdapat kabar yang memprihatikankan. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat selama 2018 ada 4.885 pengaduan kasus pelanggaran hak anak yang diterima pihaknya. Komisioner KPAI Putu Elvina menyebutkan pengaduan didominasi kasus anak berhadapan hukum sebanyak 1434 kasus.Adapun kasus hukum tersebut kebanyakan […]
  • Nantikan Event “Foods Jaman Now” di BXC Akhir Pekan Ini

    Nantikan Event “Foods Jaman Now” di BXC Akhir Pekan Ini

    Apakah Anda familiar dengan kids jaman now alias generasi masa kini? Kids jaman now dari kampus Universitas Multimedia Nusantara-Serpong bakal menggelar acara Foods Jaman Now yang akan diselenggarakan di Bintaro Exchange Mall pada tanggal 2-3 Desember mendatang. Buat para foodtizen! Kalau kalian penasaran sama makanan kekinian nih, solusinya cuma FOODS JAMAN NOW. Di sini, berbagai macam […]
  • Cita Rasa Indonesia di Typika Resto di Lotte Mall Bintaro

    Cita Rasa Indonesia di Typika Resto di Lotte Mall Bintaro

    Pernah mencoba resto Indonesia yang premium di Jakarta? Kira-kira seperti itulah cita rasa dari makanan yang ada di Typika. Resto ini baru dibuka di Lotte Mart Bintaro bulan Oktober lalu. Saat Info Bintaro berkunjung ke sana sore hari suasana resto lumayan ramai walaupun bukan jam makan siang maupun makan malam. Promo Opening Saat ini masih […]
  • BNI Syariah Luncurkan Program Nabung Haji Bisa Ngaji

    BNI Syariah Luncurkan Program Nabung Haji Bisa Ngaji

    BNI Syariah meluncurkan program Nabung Haji Bisa Ngaji bekerjasama dengan Askar Kauny yaitu lembaga non profit yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan serta berkhidmat dalam generasi penghafal Al-Qur’an. Hal ini sebagai salah satu bentuk value based reward kepada nasabah BNI Syariah. Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan program ini memberikan benefit bagi […]
  • Event Kampus Prasetiya Mulya: APMAC 2017, “The Next Level – Seek the Potential Within You”

    Event Kampus Prasetiya Mulya: APMAC 2017, “The Next Level – Seek the Potential Within You”

    Program S1 Akuntansi Universitas Prasetiya Mulya kembali menyelenggarakan event tahunan APMAC 2017 : The Next Level – Seek the Potential Within You.  Ini merupakan kompetisi akuntansi antar siswa/i SMA/SMK sederajat se-Indonesia. Menurut panitia penyelenggara antusiasme siswa/siswi SMA untuk menjadi bagian dari kompetisi ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, hal ini terbukti dari semakin banyaknya jumlah sekolah yang […]
  • Prudential Indonesia Berikan Perlindungan Jiwa Pada Relawan dan Tenaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

    Prudential Indonesia Berikan Perlindungan Jiwa Pada Relawan dan Tenaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memberikan apresiasi atas kontribusi para relawan dan tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat menangani pandemi COVID-19. Melalui kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak lebih dari 500 relawan dan tenaga kesehatan yang tengah berjuang di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran akan mendapatkan perlindungan […]
  • Kurang Gizi Karena Diet Mayo?

    Kurang Gizi Karena Diet Mayo?

    Pesta tahun baru biasanya penuh dengan acara makan-makan. Demikian juga bulan Februari, biasanya digunakan untuk merayakan momen kebersamaan di bulan penuh cinta. Apalagi kalo bukan Valentine’s Day. Makan-makan bersama kekasih, sahabat, pasangan dan keluarga menambah kemungkinan Anda gemuk. Baju-baju pun mulai terasa sesak. Kalau sudah begini, maka cara instan langsing pun ditempuh, yakni dengan diet. […]
  • Promo Belanja Online Akhir Tahun Makin Seru dengan Program Gosend Golucky dari Gojek

    Promo Belanja Online Akhir Tahun Makin Seru dengan Program Gosend Golucky dari Gojek

    Menyambut promo belanja online akhir tahun yang diselenggarakan oleh para eCommerce di tanah air, Gojek lewat layanan logistik dan kurir GoSend menghadirkan pengalaman belanja menarik bagi pengguna setia dengan meluncurkan program “GoSend GoLucky”. “GoSend GoLucky” merupakan program undian yang diselenggarakan GoSend khusus bagi para pelanggan setianya yang telah mempercayakan GoSend sebagai layanan pesan antar dalam […]
  • Final Lomba Marawis dan Da’i Cilik Lotte Mart

    Final Lomba Marawis dan Da’i Cilik Lotte Mart

    Setelah melalui seleksi ketat, pada hari Minggu, 27 Juni 2016 berlangsung final dari Lomba Marawis dan Da’i Cilik yang diadakan oleh Lotte Mart. Acara ini berlangsung di Lantai 3, Lotte Mall Bintaro, CBD Bintaro Sektor 7. Acara yang merupakan program rutin tahunan dari Head Office Lotte Mart ini, sudah memasuki penyelenggaraan tahun ke-2. Untuk tahun […]
  • Foto : Kemeriahan Senior Festival 2017 di Bintaro

    Foto : Kemeriahan Senior Festival 2017 di Bintaro

    Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI) menggelar salah satu bagian dari rangkaian acara Festival ASLI tahun 2017, pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017 di Bintaro Entertainment Center (BEC). Festival ini diselenggarakan di tiga tempat yang berbeda yakni pertama kali pada tanggal 8 April 2017 di RUKUN Senior Living – Sentul Bogor, dilanjutkan pada tanggal 22 Juli […]
  • Kemenparekraf Ajak Masyarakat Selalu Jalankan Langkah #BersamaJagaKebaikan

    Kemenparekraf Ajak Masyarakat Selalu Jalankan Langkah #BersamaJagaKebaikan

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak masyarakat untuk selalu memberikan semangat positif, inspirasi, kebaikan, serta saling mendukung di tengah pandemi dan situasi yang tidak menentu saat ini. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya dalam keterangannya, Jumat (22/5/2020) mengatakan, ajakan tersebut salah satunya diwujudkan dalam tantangan #BersamaJagaKebaikan yang digulirkan beberapa waktu lalu […]
  • Lagi! Pembukaan dan Peresmian Cabang Baru Mobilkamu di Tangerang!

    Lagi! Pembukaan dan Peresmian Cabang Baru Mobilkamu di Tangerang!

    PT. Mobilkamu Group Indonesia kembali melakukan pengembangan dan juga perluasan jaringan nya. Pada tanggal 16 Maret 2019 PT. Mobilkamu Group Indonesia menyelenggarakan kembali acara peresmian kantor cabang baru lainnya yang sekarang berada di area Tangerang yang tepatnya berada di Ciputat – Tangerang Selatan. Kantor Mobilkamu di Ciputat sebenarnya merupakan kantor cabang pertama Mobilkamu di seluruh […]
  • Salah Satu Tempat Makan Enak Bintaro, Warung Kemangi!

    Salah Satu Tempat Makan Enak Bintaro, Warung Kemangi!

    INFOBINTARO – Bingung cari tempat makan enak Bintaro untuk lunch atau dinner? Nyari tempat yang asyik sekaligus menyajikan makanan berat yang enak? Ada satu tempat yang bisa jadi pilihan sobat Bintaro nih! Warung Kemangi…….. Tempat Makan Enak Bintaro Yang Menyajikan Olahan Ikan Maknyusss Memang sekarang banyak tempat makan enak Bintaro tapi di Warung Kemangi kalian […]
  • April Didi Kempot Gelar Konser Millenial Ambyar 2020 di Bekasi

    April Didi Kempot Gelar Konser Millenial Ambyar 2020 di Bekasi

    Penyanyi Didi Kempot akan kembali menemui penggemarnya di Jabodetabek dalam pentas Didi Kempot Special Live in Concert bertajuk Millenial Ambyar 2020 di Rooftop, Revo Town Mall, Bekasi. Pada Jumat, 03 April 2020. Ingin mengulang kesuksesan konsernya di Bekasi tahun lalu yang dihadiri 9.500 penonton, di lokasi yang sama. Tahun ini, panitia menargetkan 13.000 penonton bakal […]
  • Tanam Sendiri, Panen Sendiri

    Tanam Sendiri, Panen Sendiri

    Urban farming atau berkebun di tengah perkotaan kini menjadi tren gaya hidup di kota-kota besar di dunia termasuk di Jakarta. Biasanya orang memanfaatkan lahan rumahnya untuk menghasilkan berbagai sayuran dan buah-buahan. Selain dikonsumsi sendiri, panen tersebut juga dapat dijual. Simak video berikut ini: https://www.suara.com/video/2019/02/23/155553/mengembangkan-tren-urban-farming-di-jakarta Makanan sehat Makanan sehat terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Makan sayur pasti lebih menyehatkan dan kaya akan […]
  • PTPN dan FHCI Gelar Webinar Dihadiri 1.000 Penggiat SDM BUMN dan Swasta

    PTPN dan FHCI Gelar Webinar Dihadiri 1.000 Penggiat SDM BUMN dan Swasta

    Holding Perkebunan Nusantara (PTPN) yang diwakili Direktur SDM Holding PTPN Wing Antariksa dan LPP Agro Nusantara yang dipimpin oleh Triaji Prio Pratomo pada tanggal 22 Juni 2020 menggelar acara mega-webinar yang diikuti oleh 1000 peserta mulai dari Direktur SDM BUMN dan swasta, serta penggiat SDM lainnya dengan tema Building Agility For The Next Generation Organizations […]
  • Apakah Arti Nama Laksa?

    Apakah Arti Nama Laksa?

    Laksa adalah makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal adalah yang berjenis Laksa Penang, bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal. Di Indonesia juga terdapat beberapa jenis laksa seperti Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Nama Laksa diambil dari bahasa […]
  • Pameran Indocraft 2020 Gelar Produk Etnik Milenial Batik dan Craft, Semarak dengan Demo Make Up, Fashion Show dan Workshop

    Pameran Indocraft 2020 Gelar Produk Etnik Milenial Batik dan Craft, Semarak dengan Demo Make Up, Fashion Show dan Workshop

    Memasuki  tahun  penyelenggaraan  yang  ke-17,  INDOCRAFT  2020  kembali  menghadirkan  ragam terbaru  produk-produk  batik  dan  craft,  yang  merupakan  kategori  produk  andalan  ekonomi  kreatif Indonesia.    Di  tengah  maraknya  isu  dunia virus korona,  Pameran  Indocraft  2020  tetap  digelar  sesuai jadwal,  11-15  Maret  di    Cendrawasih  Hall  Jakarta  Convention  Center  (JCC),  demi  memberikan  solusi kepada  para  pecinta  batik  dan  produk  […]
  • Qualcomm Luncurkan Tiga Snapdragon Mobile Platform Baru untuk Menjawab Permintaan Ponsel Pintar 4G Saat Ini

    Qualcomm Luncurkan Tiga Snapdragon Mobile Platform Baru untuk Menjawab Permintaan Ponsel Pintar 4G Saat Ini

    Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan peluncuran tiga mobile platform terbaru, yaitu Qualcomm® Snapdragon™ 720G, 662 dan 460 yang akan meningkatkan pengalaman pengguna di bidang konektivitas, gaming dan hiburan. Tiga mobile platform ini mendukung konektivitas cepat 4G, menggunakan fitur kunci Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1 terintegrasi dengan teknologi audio canggih melalui subsistem Qualcomm® FastConnect™ seri 600, mendukung […]
  • Memahami Liku-Liku Amnesti Pajak : Layanan Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

    Memahami Liku-Liku Amnesti Pajak : Layanan Amnesti Pajak KPP Pratama Pondok Aren

    Dalam situasi perekonomian dunia yang mengalami kelesuan seperti saat ini, untuk menggerakkan roda pembangunan dibutuhkan biaya yang salah satunya bersumber dari pajak. Dari porsi kemungkinan pendapatan negara, pajak memiliki porsi terbesar. Pajak merupakan kewajiban setiap warganegara yang telah memiliki penghasilan maupun badan usaha yang mendapatkan keuntungan dari bisnisnya. Namun sayangnya, jumlah wajib pajak yang terrdaftar pada […]

Tinggalkan Balasan