Sel. Sep 17th, 2019

Senior Festival 2017 – A Celebration of Seniors

Saat ini Indonesia mengalami peningkatan kelompok usia lanjut. Warga Senior Indonesia yang berusia di atas 60 tahun telah mencapai 9% dari populasi, sejumlah lebih dari 20 juta orang. Dengan perkembangan jaman, ekonomi, dan tingkat kesehatan, pertumbuhan populasi penduduk lanjut usia akan lebih pesat lagi hingga mencapai 25% dari populasi Indonesia di tahun 2050.

Di usia lanjut ini ancaman penyakit infeksi mulai berkurang. Namun ancaman penyakit degeneratif mulai meningkat salah satunya adalah penyakit jantung dan stroke. Terjadi perubahan fisiologik pada jantung di mana irama jantung turut menurun. Kaum lansia juga mengalami perubahan anatomi jantung.

Elastisitas pada pembuluh darah aorta akan menurun dengan bertambahnya usia. Resiko masalah jantung akan bertambah besar bila seseorang mengidap hipertensi, merokok, diabetes militus, obesitas.

Gejala, Tanda dan Diagnosis Penyakit Jantung

Kaum keluarga harus mulai waspada bila nenek atau kakek di rumah mengalami nyeri di dada, sesak nafas di tengah malam, mengalami rasa lekas lelah dan insomnia.

Penyakit Stroke

Stroke adalah kondisi serangan mendadak pada otak yang terjadi sebagai akibat pembuluh darah otak tersumbat atau pecah. Gangguan fungsi otak lokal dan luas yang terjadi secara mendadak dan cepat, berlangsung lebih dan 24 jam dan dapat menyebabkan meninggal karena gangguan peredaran darah otak (definisi WHO)

Peningkatan Penyakit Stroke Dari Tahun ke Tahun

Saat ini stroke merupakan pembunuh No. 3 setelah penyakit infeksi dan jantung koroner. Sebanyak 28.5% penderita stroke di Indonesia meninggal dunia. Sedangkan di Eropa stroke menjadi penyakit berbahaya no.2 setelah jantung koroner. Patut diketahui bahwa di antara 100 pasien rumah sakit, dua orang merupakan penderita stroke

Jenis Stroke

Stroke ada 2 macam, stroke iskemik dan stroke hemoragik. Stroke iskemik terjadi akibat proses arterio sklerosis atau darah terlalu kental yang membuat pembuluh darah tersumbat. Sedangkan stroke hemoragik merupakan pecahnya pembuluh darah akibat dinding pembuluh rapuh atau anomali anomali bawaan usia muda.

BACA JUGA  Manfaat Menari Untuk Anak

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang stroke dan pencegahannya pada usia lanjut, Anda dapat mengikuti workshop seminar stroke yang merupakan salah satu rangkaian dari acara Senior Festival 2017 – A Celebration of Seniors yang diadakan pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017 di Bintaro Entertainment Centre, Jl. Rasuna Said Kav B7/ A5 08, Sektor 7 pada jam 9:00 – 14:00 WIB.

Hadir sebagai pembicara adalah Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS, Ahli Penyakit Saraf dan Saraf intervensi. Beliau pernah menempuh pendidikan di fellow Interventional Neurology and Stroke therapy at SGRH New Delhi – India.

Senior Festival 2017 yang diadakan tahun ini mengambil tema “Menjadi Senior Sehat, Mandiri, dan Produktif”. Dalam acara ini akan digelar aneka kegiatan berupa bazar, kompetisi, seminar, dan workshop. Juga terdapat acara hiburan berupa live music dan “Senior Talent Show”. Ini merupakan rangkaian penampilan seni oleh warga senior (kaum lansia). Juga terdapat fashion show dan senior idol. Jadi jangan lupa ajak kakek dan nenek untuk ikutan hadir di acara ini ya.

Untuk informasi dan pendaftaran:
PT Global Ichsan Mandiri
Telp 021 2952 1668

 

(EGS)

 

Baca Juga