Berita Utama

SemuanyaAdaDisini, Kemenperin Kampanyekan IKM Masuk e-Commerce

Kementerian Perindustrian semakin serius memacu pengembangan industri kecil dan menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang dijalankan adalah mengoptimalkan pemasaran produk IKM melalui platform e-commerce untuk menggantikan cara penjualan offline yang sulit dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk mempercepat transformasi digital. Sebab, transaksi produk mengalami perubahan dengan penetapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penjualan produk yang sebelumnya didominasi transaksi offline beralih ke online.

“Dengan adanya social distancing yang dilakukan masyarakat untuk menghindari penyebaran Covid-19, transaksi di e-commerce mengalami peningkatan. Selain itu, pemerintah dan platform e-commerce juga berperan dengan menginisiasi kampanye belanja dari rumah,” tuturnya di Jakarta, Rabu (17/6).

Pada 14 Mei 2020, Presiden Joko Widodo meluncurkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia sebagai salah satu upaya dalam memulihkan perekonomian Indonesia akibat pandemi Covid-19. “Kemenperin sangat mendukung gerakan nasional ini sebagai langkah untuk menggerakkan kembali roda perekonomian nasional khususnya bagi para pelaku IKM,” ujar Agus.

Seiring dengan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia, Kemenperin ikut berkontribusi dengan menggelar kampanye #SemuanyaAdaDisini yang akan berlangsung pada 1-15 Juli 2020. Kegiatan tersebut bertujuan membangun kesadaran masyarakat akan kemampuan industri nasional dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan kualitas yang mumpuni.

“Produk IKM dalam negeri memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Dengan menggelar #SemuanyaAdaDisini, Kemenperin mendukung promosi produk-produk IKM dengan memanfaatkan sarana digital,” papar Menperin. Program ini rencananya melibatkan beberapa platform digital seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Grab dan Go-jek.

Adapun sektor IKM yang menjadi target program tersebut antara lain yang menghasilkan produk makanan dan minuman dalam kemasan, produk herbal, olahan bumbu masak, furnitur, fesyen, masker nonmedis dan alas kaki, aksesoris dan perhiasan, serta kosmetik.

Selanjutnya, IKM yang memproduksi hand sanitizer dan homecare, mainan anak, peralatan makan, peralatan kebersihan, home decor dan kerajinan, peralatan masak dan perlengkapan dapur, mesin pertanian dan industri, perkakas tangan berkebun dan bertani, askesoris otomotif, produk elektronik, serta alat kesehatan dan olahraga.

Upaya Kemenperin mendukung pemasaran produk IKM secara online telah dilakukan sejak 2017 melalui program e-Smart IKM. Program tersebut dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku IKM untuk mampu memasarkan produknya lewat platform digital. Hingga saat ini, e-Smart IKM sudah diikuti sebanyak 11.167 pelaku IKM di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih menjelaskan, Kemenperin bekerja sama dengan ekosistem digital di Indonesia untuk mewujudkan dukungan bagi IKM di tanah air melalui program tersebut. “E-Smart IKM bekerja sama dengan seluruh ekosistem digital di antaranya adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, Blanja, Ovo, Dana dan Imoji. Selain itu juga melibatkan berbagai macam perusahaan pendukung seperti Si-Cepat dan JNE,” paparnya.

Gati menyampaikan, IKM yang menjadi bagian kampanye #SemuanyaAdaDisini juga akan mengikuti program e-Smart IKM serta memperoleh pelatihan, pendampingan, dan fasilitasi untuk meningkatkan cakupan pemasarannya secara online. “IKM memperoleh benefit berupa pembinaan yang berkesinambungan, juga setelah #SemuanyaAdaDisini selesai,” ujar Gati.

IKM yang mengikuti program ini akan mendapatkan fasilitas capacity building dalam periode pra dan pasca-on boarding di media pemasaran online, serta mendapatkan pendampingan selama masa berlaku program.

Manfaat lain yang didapat, antara lain fasilitasi terkait hak kekayaan intelektual (pendaftaran merek), desain kemasan, branding material, sertifikasi halal dan SNI, akses KUR, serta restrukturisasi mesin dan peralatan. “Selain itu, akan difasilitasi pembuatan aset digital berupa akun marketplace, media sosial dan website serta berkesempatan untuk menembus pasar luar negeri melalui berbagai program pendampingan,” ujarnya.

Dirjen IKMA menambahkan, Kemenperin juga berupaya membangun jejaring antara pelaku IKM sebagai bagian dari supply chain dengan industri besar. “Dengan mendekatkan IKM dengan industri berskala besar, akan memberikan peluang bagi IKM untuk makin berkembang dan berkontribusi sebagai rantai pasok industri dalam negeri,” paparnya. Untuk ikut serta dalam #SemuanyaAdaDisini, para pelaku IKM berkesempatan mendaftar melalui tautan http://esmartikm.id/ hingga 21 Juni 2020.

(BON)

 

Baca Juga

  • Dewi Perssik Terlihat di Kolam 16 Meter, Untuk Apa?

    Dewi Perssik Terlihat di Kolam 16 Meter, Untuk Apa?

    Dewi Perssik terpantau di kolam latihan selam di bilangan Jakarta Timur, belakangan ini. “Dewi sekarang berada di kolam yang dalam banget, aku pun belum pernah berada di kolam sedalam 16 meter, biasanya cuma 2 sampai 3 meter aja. Ternyata kolam ini biasa dipakai untuk latihan selam juga loh, mudah-mudahan aku kuat nafas dan fisik karena […]
  • Samsung Sediakan Bus Layanan Selama Asian Games

    Samsung Sediakan Bus Layanan Selama Asian Games

    Samsung sebagai official sponsor Asian Games 2018 menyediakan bus layanan (sevice bus) yang dapat dipergunakan bagi atlet maupun pengunjung bertempat di Gelora Bung Karno Jakarta selama kegiatan berlangsung. “Tidak hanya layanan bus di GBK Jakarta juga layanan pintar di booth Samsung GBK Jakarta dan Jakabaring Palembang, baik pengunjung maupun atlet, agar mendapatkan layanan yang prima […]
  • Selalu Terhubung dengan Orang Tercinta dengan Huawei Freebuds 3 Red Edition

    Selalu Terhubung dengan Orang Tercinta dengan Huawei Freebuds 3 Red Edition

    Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kita pun menemukan cara-cara baru untuk terhubung dengan orang yang dikasihi. Mulai dari berkirim surat, e-mail, hingga saat ini menjadi semakin mudah dengan adanya smartphone. Huawei FreeBuds 3 Red Edition, merupakan edisi eksklusif dengan pilihan warna merah yang stylish dan mampu menutup jarak ruang dan waktu dalam menciptakan […]
  • ITDC Gelar Pelatihan Online Berjualan Efektif dari Rumah

    ITDC Gelar Pelatihan Online Berjualan Efektif dari Rumah

    PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, mengadakan kegiatan pelatihan online tentang digital marketing “Berjualan Efektif dari Rumah” yang ditujukan bagi Paguyuban di Kawasan Pariwisata The Nusa Dua, Bali. Bertempat di Wantilan Kantor The Nusa Dua, Bali, kegiatan pelatihan […]
  • Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek, platform teknologi pelopor konsep super app karya anak bangsa, luncurkan inovasi layanan terbaru bernama GoSure. Bekerja sama dengan PasarPolis, penyedia platform asuransi digital inovatif terdepan di Indonesia. GoSure merupakan salah satu wujud komitmen Gojek untuk selalu memberikan solusi teknologi yang memudahkan keseharian pelanggan. Bertujuan membantu pelanggan beraktivitas tanpa resah, GoSure hadir dengan tiga keunggulan […]
  • Telkomsel Menggelar Acara “Millennials Talk”

    Telkomsel Menggelar Acara “Millennials Talk”

    Menghadapi perkembangan industri digital yang kian lekat dengan keseharian masyarakat, CEO Telkomsel hadir langsung menyapa dan mendengar berbagai masukan pelanggan di kota Bandung. Sebagai perusahaan yang terus bergerak menuju Digital Telecomunication Company, Telkomsel ingin lebih banyak mengembangkan digital lifestyle yang positif dan bermanfaat langsung untuk kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu Telkomsel menggelar acara “Millennials Talk” […]
  • Resiko Suami Istri Bekerja Dalam Satu Kantor

    Resiko Suami Istri Bekerja Dalam Satu Kantor

    Baru-baru ini Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi Pasal 153 Ayat 1 Huruf f Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Permohonan tersebut diajukan delapan pegawai, yakni Jhoni Boetja, Edy Supriyanto Saputro, Airtas Asnawi, Syaiful, Amidi Susanto, Taufan, Muhammad Yunus, dan Yekti Kurniasih. Dengan adanya putusan MK tersebut, sebuah perusahaan tidak bisa menetapkan aturan yang […]
  • Perayaan Harmanas Ketiga, Kopi Kenangan Resmikan Kenangan Academy

    Perayaan Harmanas Ketiga, Kopi Kenangan Resmikan Kenangan Academy

    Peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan merayakan bulan Agustus 2020 sebagai Hari Mantan Nasional (HARMANAS) ketiga, menandakan ulang tahun ketiga operasionalnya, dengan serangkaian kegiatan aktivasi konsumen yang ditutup dengan peresmian sebuah pusat pelatihan bernama Kenangan Academy. Pada rangkaian perayaan HARMANAS ke-3 yang berlangsung sepanjang bulan Agustus 2020 yang bertajuk “Terima Kasih Mantan”, Kopi Kenangan mengajak konsumen […]
  • Perkuat Konektivitas, Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Langsung Rute Jakarta – Nias PP

    Perkuat Konektivitas, Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Langsung Rute Jakarta – Nias PP

    Maskapai nasional Garuda Indonesia meluncurkan rute penerbangan terbaru Jakarta – Nias pp yang dioperasikan menggunakan armada CRJ Bombardier 1000 Next-Gen berkapasitas 96 penumpang. Adapun rute penerbangan Jakarta – Nias tersebut beroperasi sebanyak 3 kali seminggu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pembukaan rute penerbangan baru ke Gunung Sitoli tersebut efektif mulai 15 November 2018 yang […]
  • Perumahan Asya Gandeng Halodoc, Prudential, dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Berikan Rapid Test Gratis

    Perumahan Asya Gandeng Halodoc, Prudential, dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Berikan Rapid Test Gratis

    Asya, hunian terpadu di Jakarta Garden City yang dikembangkan oleh PT Astra Modern Land memberikan layanan rapid test Covid-19 gratis dengan konsep drive thru. Dalam pelaksanaan rapid test, Asya berkolaborasi dengan Halodoc, Pulse dari Prudential, dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, sebagai penyelenggara drive thru rapid test. Kegiatan yang dilaksanakan mulai 27 Mei 2020 ini, […]
  • Hendro Yulius Putro: Majukan Indonesia melalui Edukasi Teknologi

    Hendro Yulius Putro: Majukan Indonesia melalui Edukasi Teknologi

    Seorang pria berpakaian kemeja batik sedang menaiki anak tangga menuju lantai 3 di salah satu ruko Jalan Raya Mulyosari, Kota Surabaya. Biasanya, ruang kelas di sana ramai oleh anak-anak yang sedang belajar tentang robotika. Tapi, ruang kelas itu kini tampak lengang. Pengajar itu pun duduk di kursinya dan bergegas membuka laptop dan masuk ke sebuah […]
  • Grab Hadiahkan Layanan Gratis bagi Garuda Muda Selama 1 Tahun, Sebagai Apresiasi untuk Kemenangan Timnas di Piala AFF U-22

    Grab Hadiahkan Layanan Gratis bagi Garuda Muda Selama 1 Tahun, Sebagai Apresiasi untuk Kemenangan Timnas di Piala AFF U-22

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, turut merayakan kemenangan tim nasional (timnas) Indonesia U-22 yang baru saja meraih Juara di ajang Piala AFF U-22 2019 yang berlangsung di Kamboja. Sebagai apresiasi atas perjuangan tanpa kenal lelah dari ke 37 pemain Garuda Muda, tim official dan tim pelatih, Grab akan memberikan layanan Grab secara […]
  • Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

    Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

    Sebagai bagian dari kegiatan Youth Economic Summits 2016, Dewan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah mengadakan Seminar Nasional yang bertajuk Peningkatan Sumber Daya Kelautan Nasional sebagai Pilar Pembangunan Ekonomi Indonesia pada Jumat, 18 November 2016, pukul 08.00-11.30. Bertempat di Auditorium Harun Nasution, kampus UIN Ciputat seminar ini dibuka oleh Keynote Speaker Menteri […]
  • Gojek Dorong Pendapatan Mitra Merchant dan Driver Selama Masa Harkulnas Go-Food 2019

    Gojek Dorong Pendapatan Mitra Merchant dan Driver Selama Masa Harkulnas Go-Food 2019

    GO-FOOD, layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara yang merupakan bagian dari layanan super-app GOJEK, semakin mengukuhkan diri sebagai pemimpin di pasar layanan pesan-antar makanan terdepan yang berfokus pada pertumbuhan bisnis UMKM kuliner. Ini dibuktikan dengan hasil dari rangkaian program HARI KULINER NASIONAL (HARKULNAS) GO-FOOD yang diadakan dari 15 April hingga 5 […]
  • Peringati Hari Perempuan Internasional, Gojek Hadirkan Layanan Transportasi Makin Aman untuk Perempuan

    Peringati Hari Perempuan Internasional, Gojek Hadirkan Layanan Transportasi Makin Aman untuk Perempuan

    Peningkatan standar keamanan merupakan salah satu prioritas utama Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara. Melalui inisiatif #AmanBersamaGojek yang diluncurkan dua pekan lalu, dan bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional, Gojek pertegas komitmennya dalam menghadirkan layanan transportasi daring paling aman melalui pilar teknologi, proteksi, dan edukasi. Dari pilar teknologi, Gojek memastikan keamanan perempuan saat menggunakan […]
  • Ingin Mengundang WWF Panda Mobile Hadir ke Tempat Anda?

    Ingin Mengundang WWF Panda Mobile Hadir ke Tempat Anda?

    Pada event Tanah Tingal Family & Culture Festival pada tanggal 18-19 November 2017 lalu, Info Bintaro meliput kegiatan WWF Panda Mobile yang ada di lokasi Tanah Tingal. Ini  merupakan truk enam roda yang digunakan WWF-Indonesia untuk melakukan kegiatan konservasi di area publik. Seperti apa bentuknya, simak di video berikut Tujuan adanya WWF Panda Mobile adalah […]
  • DBS Dorong Wirausaha Sosial dan UKM Optimalkan Bisnis Serta Dampak Sosial lewat SE Bootcamp 2018

    DBS Dorong Wirausaha Sosial dan UKM Optimalkan Bisnis Serta Dampak Sosial lewat SE Bootcamp 2018

    DBS Foundation kembali menghadirkan program Social Enterprise (SE) Bootcamp 2018, suatu program akselerasi untuk para pebisnis muda Indonesia yang berfokus pada penyelesaian masalah sosial melalui inovasi bisnis. SE Bootcamp diselenggarakan secara berkelanjutan bagi wirausaha sosial yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan finansial peserta, serta mengoptimalkan dampak sosial terhadap masyarakat. Penampakan berbeda terjadi karena Bootcamp […]
  • Luncurkan Situs Kampanye Save Our Sharks, WWF-indonesia Ajak Masyarakat dan Pelaku Usaha Berhenti Konsumsi Hiu

    Luncurkan Situs Kampanye Save Our Sharks, WWF-indonesia Ajak Masyarakat dan Pelaku Usaha Berhenti Konsumsi Hiu

    WWF-Indonesia meluncurkan sosharks.wwf.id sebagai situs kampanye Save Our Sharks (“#SOSharks”) pada Selasa, 12 Mei 2020. Situs ini digagas untuk mengajak publik, penyedia jasa pariwisata, dan pelaku industri hidangan laut agar menghentikan perdagangan dan konsumsi hiu. Peluncuran situs dibarengi dengan penyelenggaraan diskusi daring bertajuk “Tren Hiu: Konsumsi atau Konservasi? Webinar yang dimoderasi oleh presenter sekaligus #SOSharks […]
  • Di Cubite Street Food Bintaro, Bisa Nongkrong Menikmati Berbagai ‘Cubitan’ Menggoda Selera

    Di Cubite Street Food Bintaro, Bisa Nongkrong Menikmati Berbagai ‘Cubitan’ Menggoda Selera

    Jika kita ke Taman Jajan Bintaro, kita akan menjumpai berbagai gerai kuliner yang menyajikan ‘makanan berat’, padahal mungkin saja tujuan kita bukan untuk menyantap hidangan yang mengenyangkan, melainkan untuk nongkrong sambil ngobrol santai. Di Cubite Street Food Bintaro Anda akan menemukan berbagai pilihan menu yang pas untuk teman nongkrong. Cubite Street Food Bintaro berlokasi di Blok […]
  • Luncurkan GoPlay Live, Gojek Hadirkan Pengalaman Nonton Live Streaming Secara Interaktif

    Luncurkan GoPlay Live, Gojek Hadirkan Pengalaman Nonton Live Streaming Secara Interaktif

    GoPlay, platform video on-demand Indonesia terdepan, hari ini meluncurkan fitur GoPlay Live yang menayangkan secara langsung (live streaming) berbagai program atau konten online interaktif berkualitas. Kehadiran GoPlay Live yang akan memudahkan para pengguna dalam menggunakan beragam opsi untuk berinteraksi langsung dengan pembuat konten ini semakin melengkapi fitur-fitur yang terlebih dahulu sudah dapat dinikmati, seperti GoPlay […]

Tinggalkan Balasan