Berita Utama

SemuanyaAdaDisini, Kemenperin Kampanyekan IKM Masuk e-Commerce

Kementerian Perindustrian semakin serius memacu pengembangan industri kecil dan menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang dijalankan adalah mengoptimalkan pemasaran produk IKM melalui platform e-commerce untuk menggantikan cara penjualan offline yang sulit dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk mempercepat transformasi digital. Sebab, transaksi produk mengalami perubahan dengan penetapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penjualan produk yang sebelumnya didominasi transaksi offline beralih ke online.

“Dengan adanya social distancing yang dilakukan masyarakat untuk menghindari penyebaran Covid-19, transaksi di e-commerce mengalami peningkatan. Selain itu, pemerintah dan platform e-commerce juga berperan dengan menginisiasi kampanye belanja dari rumah,” tuturnya di Jakarta, Rabu (17/6).

Pada 14 Mei 2020, Presiden Joko Widodo meluncurkan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia sebagai salah satu upaya dalam memulihkan perekonomian Indonesia akibat pandemi Covid-19. “Kemenperin sangat mendukung gerakan nasional ini sebagai langkah untuk menggerakkan kembali roda perekonomian nasional khususnya bagi para pelaku IKM,” ujar Agus.

Seiring dengan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia, Kemenperin ikut berkontribusi dengan menggelar kampanye #SemuanyaAdaDisini yang akan berlangsung pada 1-15 Juli 2020. Kegiatan tersebut bertujuan membangun kesadaran masyarakat akan kemampuan industri nasional dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan kualitas yang mumpuni.

“Produk IKM dalam negeri memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Dengan menggelar #SemuanyaAdaDisini, Kemenperin mendukung promosi produk-produk IKM dengan memanfaatkan sarana digital,” papar Menperin. Program ini rencananya melibatkan beberapa platform digital seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Grab dan Go-jek.

Adapun sektor IKM yang menjadi target program tersebut antara lain yang menghasilkan produk makanan dan minuman dalam kemasan, produk herbal, olahan bumbu masak, furnitur, fesyen, masker nonmedis dan alas kaki, aksesoris dan perhiasan, serta kosmetik.

Selanjutnya, IKM yang memproduksi hand sanitizer dan homecare, mainan anak, peralatan makan, peralatan kebersihan, home decor dan kerajinan, peralatan masak dan perlengkapan dapur, mesin pertanian dan industri, perkakas tangan berkebun dan bertani, askesoris otomotif, produk elektronik, serta alat kesehatan dan olahraga.

Upaya Kemenperin mendukung pemasaran produk IKM secara online telah dilakukan sejak 2017 melalui program e-Smart IKM. Program tersebut dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku IKM untuk mampu memasarkan produknya lewat platform digital. Hingga saat ini, e-Smart IKM sudah diikuti sebanyak 11.167 pelaku IKM di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih menjelaskan, Kemenperin bekerja sama dengan ekosistem digital di Indonesia untuk mewujudkan dukungan bagi IKM di tanah air melalui program tersebut. “E-Smart IKM bekerja sama dengan seluruh ekosistem digital di antaranya adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli, Blanja, Ovo, Dana dan Imoji. Selain itu juga melibatkan berbagai macam perusahaan pendukung seperti Si-Cepat dan JNE,” paparnya.

Gati menyampaikan, IKM yang menjadi bagian kampanye #SemuanyaAdaDisini juga akan mengikuti program e-Smart IKM serta memperoleh pelatihan, pendampingan, dan fasilitasi untuk meningkatkan cakupan pemasarannya secara online. “IKM memperoleh benefit berupa pembinaan yang berkesinambungan, juga setelah #SemuanyaAdaDisini selesai,” ujar Gati.

IKM yang mengikuti program ini akan mendapatkan fasilitas capacity building dalam periode pra dan pasca-on boarding di media pemasaran online, serta mendapatkan pendampingan selama masa berlaku program.

Manfaat lain yang didapat, antara lain fasilitasi terkait hak kekayaan intelektual (pendaftaran merek), desain kemasan, branding material, sertifikasi halal dan SNI, akses KUR, serta restrukturisasi mesin dan peralatan. “Selain itu, akan difasilitasi pembuatan aset digital berupa akun marketplace, media sosial dan website serta berkesempatan untuk menembus pasar luar negeri melalui berbagai program pendampingan,” ujarnya.

BACA JUGA  Jalur Alternatif Keluar Area Taman Jajan Bintaro Telah Dibuka

Dirjen IKMA menambahkan, Kemenperin juga berupaya membangun jejaring antara pelaku IKM sebagai bagian dari supply chain dengan industri besar. “Dengan mendekatkan IKM dengan industri berskala besar, akan memberikan peluang bagi IKM untuk makin berkembang dan berkontribusi sebagai rantai pasok industri dalam negeri,” paparnya. Untuk ikut serta dalam #SemuanyaAdaDisini, para pelaku IKM berkesempatan mendaftar melalui tautan http://esmartikm.id/ hingga 21 Juni 2020.

(BON)

 

Baca Juga

  • Arti Nama Hamburger

    Arti Nama Hamburger

    Nama hamburger sendiri bukan berasal dari “ham” atau daging asap dalam bahasa Inggris, melainkan berasal dari nama kota Hamburg di negara Jerman yang menjadi awal mula daging di dalam burger berasal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa arti kata hamburger berarti “makanan yang berasal dari Hamburg”. Kemudian dari kota kedua terbesar di Jerman ini banyak penduduknya yang berimigrasi ke Amerika dan […]
  • Goethe-institut Indonesien Melanjutkan Kembali Kursus lewat Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Koronavirus

    Goethe-institut Indonesien Melanjutkan Kembali Kursus lewat Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Koronavirus

    Goethe-Institut Indonesien melanjutkan kembali kursus bahasa Jerman secara jarak jauh mulai Senin, 23 Maret hingga 13 April 2020 atau sampai pemberitahuan lebih lanjut. Kelas-kelas diadakan dalam format pengajaran dan pembelajaran digital, sehingga peserta kursus dapat belajar dari rumah demi menjaga jarak interaksi fisik dan tetap aman di tengah wabah koronavirus Sebelumnya, Goethe-Institut Indonesien mengumumkan penutupan […]
  • 5 Tips Memilih Sepatu Bot Yang Terlihat Keren Dan Terasa Nyaman Di Kaki

    5 Tips Memilih Sepatu Bot Yang Terlihat Keren Dan Terasa Nyaman Di Kaki

    Segarkan gaya di 2019 dengan bot, sebuah tipe sepatu yang sangat fleksibel untuk dipadupadankan dengan gaya pakaian apapun, baik casual ataupun formal. Karena bisa dipakai di banyak kesempatan, bot harus nyaman di kaki agar pemakai bisa menggunakannya kemanapun ia pergi. Selain itu, sepatu bot nyaman yang menyangga kaki dengan sempurna juga baik bagi kesehatan kaki. Karena itu, jadikan […]
  • Pepsodent Ajak Masyarakat Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Sembari Berbagi melalui Peluncuran Pepsodent Siwak

    Pepsodent Ajak Masyarakat Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Sembari Berbagi melalui Peluncuran Pepsodent Siwak

    Mengawali tahun baru dengan kebaikan, Pepsodent, brand dari Unilever Indonesia, meluncurkan inovasi terbarunya, Pepsodent Siwak. Bahan ekstrak kayu siwak dalam produk ini mengandung begitu banyak kebaikan untuk kesehatan gigi dan mulut, dan sudah dikenal oleh umat Muslim sejak dahulu kala. Lebih dari itu, peluncuran Pepsodent Siwak juga mengajak masyarakat untuk berbagi melalui program donasi yang […]
  • Di Tengah Pandemi Covid-19, Kemenperin Tetap Pacu Pengembangan IKM

    Di Tengah Pandemi Covid-19, Kemenperin Tetap Pacu Pengembangan IKM

    Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus mendorong pengembangan sektor industri kecil menengah (IKM) di tengah menghadapi dampak pandemi Covid-19. Berbagai langkah strategis telah disiapkan agar sektor IKM dapat menjalankan usahanya dengan baik sehingga masih memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. “Salah satu upayanya adalah kami melakukan realokasi anggaran di seluruh satuan kerja, yang kemudian juga ditujukan […]
  • Tips Memilih Taman Bermain Anak

    Tips Memilih Taman Bermain Anak

    Berapa usia putra putri Anda? Bila sudah memasuki usia sekolah, Anda pasti mulai sibuk mencari informasi sekolah terbaik bagi sang buah hati. Mari simak tips cara memilih taman bermain anak dari Ayahbunda.com. Mulai pilih-pilih Taman Bermain yang oke untuk si Batita? Jangan sembarangan memilih Taman Bermain lho. Pilih yang benar-benar sesuai dengan minat dan berkualitas […]
  • Bernostalgia Melalui Lidah, Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya

    Bernostalgia Melalui Lidah, Lontong Balap Bioskop Ria Surabaya

    Surabaya, Surabaya, oh Surabaya. Kota kenangan, kota kenangan takkan terlupa… Itulah sepenggal lirik lagu berjudul Surabaya karya Titik Hamzah. Surabaya memang sering dianggap kota yang penuh kenangan. Berbagai peristiwa heroik pernah terjadi di kota tua ini dengan segala romantikanya. Tidak hanya kisah perjuangan para pahlawan saja yang membuat Surabaya menjadi penuh kenangan, berbagai bangunannya pun dikenal […]
  • 6 Tips Belanja Online Secara Hemat dan Cermat Selama Ramadan

    6 Tips Belanja Online Secara Hemat dan Cermat Selama Ramadan

    Bulan Ramadan memang baru berjalan beberapa hari, namun beberapa platform e-commerce dan marketplace sudah banyak yang menawarkan berbagai program promo menarik, untuk menarik konsumen. Dari beragam promo yang ditawarkan, tentunya para online shopper harus bijak dan cermat untuk mendapatkan harga terbaik serta mendapatkan manfaat dari program promo tersebut. Berikut adalah beberapa tips belanja di platform […]
  • Cermati Resiko Makan Daging Kambing Berlebihan

    Cermati Resiko Makan Daging Kambing Berlebihan

    Olahan daging kambing seperti sate, gulai, dan tongseng kerap disajikan dalam perayaan Idul Adha. Namun, jangan sampai berlebihan mengonsuminya karena berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut pakar saluran cerna dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indoneisa-RS Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB dampak langsung mengonsumsi daging kambing berlebihan […]
  • Secangkir Kopi Bagi Tanah Air dari Baracik Coffee

    Secangkir Kopi Bagi Tanah Air dari Baracik Coffee

    Indonesia memiliki ragam kekayaan kopi yang sangat kaya. Berbagai jenis kopi baik dari jenis Robusta dan Arabika bisa ditemukan di sebagian daerah di Indonesia dengan berbagai variannya. Namun di masa lalu kopi-kopi hasil pertanian dari petani-petani kita terpinggirkan, kalah pamor dengan berbagai kopi impor. Minum kopi dianggap sebagai kebiasaan kaum marjinal. Tidak heran kehidupan petani-petani […]
  • Baju Kulit Kayu Bukti Kekayaan Budaya Nusantara

    Baju Kulit Kayu Bukti Kekayaan Budaya Nusantara

    Di event Festival Budaya Nusantara UMN 2017 tanggal 11-15 September lalu terdapat satu stand yang menarik perhatian pengunjung. Ada satu boneka pajang (manequin) di stand NTT yang mengenakan baju dari kulit kayu. Hal ini dapat ditemukan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Dengan adanya pameran di kampus UMN Serpong tersebut, diharapkan generasi muda tetap menjaga […]
  • J&T Express Gelar Talkshow Edukasi Penjual Online dengan Tema Strategi Meningkatkan Bisnis Online

    J&T Express Gelar Talkshow Edukasi Penjual Online dengan Tema Strategi Meningkatkan Bisnis Online

    J&T Express selaku perusahaan jasa pengiriman ekspres di Indonesia kembali menggelar talkshow edukasi bertajuk Express Your Online Business untuk kedua kalinya dengan tema Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online. Talkshow kedua yang diadakan di Hotel Menara Peninsula – Slipi Jakarta Barat ini ditargetkan untuk para penjual online untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha online mereka agar […]
  • Mengisi Liburan Anak Dengan Kegiatan yang Bermanfaat di Gramedia Academy Memory Holiday Camp

    Mengisi Liburan Anak Dengan Kegiatan yang Bermanfaat di Gramedia Academy Memory Holiday Camp

    Sudahkah mendapatkan ide untuk mengisi liburan putra/putriAnda dengan kegiatan yang bermanfaat? Student Memory Course (SMC) yang didirikan oleh Yudi Lesmana, “Grandmaster of Memory” dari World Memory Sports Council yang bermarkas di Inggris, bekerjasama dengan Gramedia Academy mengadakan Gramedia Academy Holiday Camp tanggal 5-7 Januari 2017 di Wisma Kompas Gramedia Cipanas. Gramedia Academy Memory Holiday Camp […]
  • Menghias Ruang, Menata Hidup

    Menghias Ruang, Menata Hidup

    Mendekor sangat mudah bila Anda dapat menemukan produk dekorasi berkualitas terbaik. Tidak hanya manis di mata, tapi juga memiliki fungsi yang baik & berdampak positif bagi pengguna serta lingkungan sekitarnya. Namun terkadang kita bingung dan tidak ada waktu untuk memilih perabot rumah. Untungnya di jaman internet seperti saat ini sudah tersedia situs online yang menyediakan […]
  • Buah Hati Belum Bisa Baca Tulis? Kursus Baca Tulis di Mopi Arinda Saja

    Buah Hati Belum Bisa Baca Tulis? Kursus Baca Tulis di Mopi Arinda Saja

    Bila buah hati Anda akan segera masuk ke SD namun belum bisa baca tulis, tentunya Anda sebagai orang tua akan merasa kuatir. Seperti kita ketahui, persyaratan utama seorang anak bisa diterima di SD adalah sudah bisa baca tulis secara lancar. Dalam sistem pendidikan kita dinyatakan bahwa semua bentuk kegiatan pendidikan di Taman Kanak-Kanak harus disesuaikan dengan […]
  • Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

    Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

    Sembilan puluh tahun lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, sejumlah pemuda Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Di secarik kertas yang ditulis Moehammad Yamin termuat cita-cita bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu: Indonesia. Saat itulah imajinasi bangsa (national imaginary) pertama kali dideklarasikan. Baca juga: Mengenal Museum Sumpah Pemuda Hari itu, pemuda berbagai etnis menomorduakan keinginan jadi nomor satu sendiri […]
  • Nasi Kebuli Ibu Syeha, Salah Satu Jawara Kuliner Bintaro Sektor 9

    Nasi Kebuli Ibu Syeha, Salah Satu Jawara Kuliner Bintaro Sektor 9

    INFOBINTARO (IB) – Banyak sekali ragam kuliner Bintaro sektor 9 namun yang direkomendasikan IB kali ini nampaknya akan agak sedikit berbeda. Nasi Kebuli Bu Syeha adalah salah satu kuliner enak menurut Info Bintaro. Kantin Ibu Syeha Kuliner Bintaro Sektor 9 Di Pagi Hari Seperti pada judul bahwa Ibu Syeha ini merupakan salah satu kantin kuliner […]
  • Atraksi Baru Dubai yang Megah

    Atraksi Baru Dubai yang Megah

    Dengan perkembangan dan pertumbuhan yang cepat, Dubai terus memberikan kejutan melalui atraksi bintang lima dan pembangunan kelas dunia yang dibuka hampir setiap bulannya. Pada kuartal terakhir tahun 2018, Dubai menambah sejumlah atraksi menarik ke dalam daftar kunjungan wajib di kota dan kedepannya, akan ada banyak lagi yang akan datang pada tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya. […]
  • Jadwal Pertunjukan Barongsai di Tangerang Selatan

    Jadwal Pertunjukan Barongsai di Tangerang Selatan

    Dalam rangka hari raya Imlek kita akan banyak menyaksikan pertunjukan barongsai. Hari raya Imlek di Indonesia pertama-tama merupakan tradisi masyarakat Tionghoa yang telah dirayakan turun-temurun di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, seperti Jepang, Korea, Vietnam, dengan latar belakang berbagai agama atau kepercayaan, juga merayakannya. Bagi umat Khonghucu, Imlek juga merupakan hari […]
  • Warung Pringga : Masakan Jepang dan Eropa Bercitarasa Nusantara

    Warung Pringga : Masakan Jepang dan Eropa Bercitarasa Nusantara

    Masakan mancanegara mudah ditemukan di berbagai tempat. Berbagai resto dan gerai kuliner yang menyajikan menu mancanegara seolah berlomba-lomba menggoda lidah para konsumen lokal. Namun, dari berbagai interaksi yang Info Bintaro pernah lakukan di berbagai kesempatan, ada fenomena yang cukup mengejutkan, ternyata mayoritas masyarakat masih lebih menyukai masakan lokal, minimal bercitarasa lokal, ketimbang masakan yang betul-betul bercitarasa […]

Tinggalkan Balasan