Seminar Parenting: How to Start Effective Communication with Children Through Books

Hubungan yang dekat antara orang tua dan buah hatinya perlu dibangun melalui komunikasi yang intens, sehingga anak tidak merasa canggung dan berjarak dengan orang tuanya.Kesibukan para orangtua seringkali membuat orangtua jarang bertemu dengan anaknya sehingga anak pun tumbuh dengan tidak memiliki kedekatan dengan anak-anaknya. Problem ini umum terjadi pada masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Untuk memberikan pemahaman kepada para orang tua bagaimana cara membangun komunikasi yang efektif kepada buah hatinya melalui buku, Musicafe, sebuah kafe bernuansa lifestyle di Bintaro Entertainment Center menggelar Parenting Seminar dengan tema How to Start Effective Communication with Children through Books pada Sabtu, 5 Agustus 2017, dengan mengambil tempat di Musicafe, BEC Lantai 1.

Sebagai narasumber dari seminar ini adalah Gloria Siagian, Psi., seorang psikolog dan pengajar, Arif Didu, komedian pemeran Mang Didu di sinetron komedi OKJek dan sekaligus sebagai orang tua, serta Robyn Sutikno, penulis buku-buku psikologi.

Gloria Siagian menjelaskan 4 hal yang harus diperhatikan para orangtua untuk menciptakan komunikasi yang efektif: orang tua perlu meluangkan waktu untuk berbicara, melibatkan mereka, menggunakan kalimat pendorong anak untuk berbuat baik dan jangan berkomunikasi di saat marah. Dengan berhasil membangun komunikasi yang efektif orang tua mendapatkan keuntungan berupa bisa mengenal anak, penanaman nilai dan bisa membicarakan isu-isu sensitif.

Buku bisa digunakan sebagai tools untuk membangun komunikasi. Arif Didu membagikan pengalamannya dengan mencari buku bersama anak ke toko buku. Ia melihat pentingnya orang tua harus memastikan isi buku yang akan diberikan pada anak. 

Hal ini senada disampaikan Gloria bagaimana orang tua menjadikan buku sebagai sarana membangun komunikasi dengan anak, caranya: pilihlah buku yang tepat, orangtua perlu membaca dulu sebelum diberikan dan orang tua juga bukan sekedar membelikan buku tapi juga harus meluangkan waktu untuk berdiskusi. 

Diskusi bisa dilakukan dengan berbagai cara, utamanya adalah membahas isi buku yang telah dibaca. Melalui diskusi inilah orang tua bisa membangun kedekatan dengan buah hatinya.

Ada 1 poin menarik yang diungkapkan Arif Didu mengenai bagaimana menumbuhkan minat baca dari anak yang orang tuanya tidak memiliki hobi membaca. Hal ini dijelaskan oleh Gloria, orang tua bisa memulai berdiskusi dengan buah hatinya dengan buku-buku bergambar menarik. Yang terpenting disini orangtua harus menunjukkan minat membaca, karena bagaimana pun anak akan mencontoh yang dilakukan orangtuanya.

(ES)

Leave a Comment