Seminar Ibu dan Anak Bintaro Woman Children Clinic (BWCC)

Sebagai keluarga, ayah dan ibu tentu ingin memberikan yang terbaik bagi putra/putrinya termasuk soal kesehatannya. Untuk memberikan pemahaman kepada para orang tua bagaimana cara mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak, Bintaro Woman Children Clinic (BWCC), sebuah klinik bagi ibu dan anak di Bintaro Sektor 9 akan menggelar seminar yang bertajuk SMART PARENTS, SMART KIDS “How to Optimize Your Child’s Growth dan Development” pada tanggal 13 Agustus 2017 dari pukul 08.00-13.00, berlokasi di Griya CIMB Niaga, Bintaro Sektor 7.

Seminar ini penting diikuti oleh orang tua yang memiliki anak di bawah 3 tahun karena dalam seminar ini akan dibahas oleh dr Novitria Dwinanda cara mengoptimalkan tumbuh kembang pada 1000 hari kehidupan anak.

Tumbuh kembang optimal adalah tercapainya proses tumbuh kembang yang sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh anak. Dengan mengetahui penyimpangan tumbuh kembang secara dini sehingga upaya-upaya pencegahan, stimulasi dan penyembuhan serta pemulihannya dapat dibenarkan dengan ini yang jelas sedini mungkin pada masa-masa peka proses tumbuh kembang anak sehingga hasilnya dapat diharapkan akan tercapai.

Dalam seminar BWCC ini dr. S Dyah R. Tjokronegoro akan membahas deteksi dan penanganan dini kelainan tumbuh kembang. Sesuai dengan proses tumbuh kembang, pemantauan perlu dilakukan sejak awal yaitu sewaktu dalam kandungan sampai dewasa.

Dengan pemantauan yang baik akan dapat dideteksi adanya penyimpangan secara, dini sehingga tindakan koreksi yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Dengan kata lain bila penyimpangan terjadi pada usia dini dan dideteksi sedini mungkin, maka tindakan koreksi akan memberikan hasil yang memuaskan, sedangkan bila penyimpangan terjadi pada usia dini namun baru terdeteksi pada usia yang lebih lanjut, hasil koreksi akan kurang memuaskan. Upaya untuk membantu agar anak tumbuh kembang secara optimal dengan cara deteksi adanya penyimpangan dan intervensi dini perlu dilaksanakan oleh semua pihak sejak mulai dari tingkat keluarga.

Diharapkan setelah seminar ini para orang tua pun dapat belajar dari dr. Angelina yang akan memberikan tips bagaimana memberikan stimulasi yang tepat agar anak tumbuh cerdas. Sebagai contoh adalah makanan yang dikonsumsi anak. Gizi yang baik sejak dini akan membantu anak tumbuh menjadi anak cerdas. Dalam tahap pertumbuhan sejak bayi hingga berusia lima tahun, anak sangat membutuhkan banyak protein, karbohidrat, dan lemak untuk membantunya tumbuh dengan baik.

Pertumbuhan yang baik pada anak inilah yang akan membentuk anak menjadi cerdas dan sehat. Bahan makanan yang membantu meningkatkan kecerdasan anak, antara lain yaitu mengonsumsi ikan yang cukup, pemberian ASI eksklusif, dan pemenuhan akan kebutuhan vitamin dan mineral. Semua jenis makanan tersebut merupakan penunjang utama bagi perkembangan otak anak sehingga anak-anak tumbuh menjadi anak yang cerdas, jenius, kreatif, dan pintar

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Dalam seminar ini dr Diah Prasetyawati akan membahas terapi okupasi bagi anak berkebutuhan khusus dan para orang tua yang memiliki ABK dapat berbagi cerita kepada sesama orang tua ABK. Terapi okupasi adalah profesi kesehatan yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan melalui aktivitas. Tujuan utama terapi okupasi adalah memungkinkan individu untuk berperan serta dalam aktivitas keseharian.

Dalam memberikan pelayanan kepada individu, terapi okupasi memerhatikan aset (kemampuan/ potensi) dan limitasi (keterbatasan/ “kecacatan”) yang dimiliki individu, dengan memberikan aktivitas yang purposeful (bertujuan), meaningful (bermakna), dan disenangi, misal: hobi agar pasien merasa senang dan nyaman selama melakukan terapi. Diharapkan individu tersebut dapat mencapai kemandirian dalam aktivitas produktivitas/pekerjaan atau pendidikan (seperti bekerja), kemampuan perawatan diri/selfcare (seperti: menyikat gigi, mandi, BAB/BAK, dll), dan kemampuan penggunaan waktu luang/leisure (melakukan hobi seperti berkebun, menjahit, menyulam, dll).

Terapi okupasi juga dapat dikatakan sebagai terapi yang menggunakan aktivitas kehidupan sehari-hari sebagai media terapinya (misal latihan repetitif meremas bola untuk menambah kekuatan dan massa otot, latihan memindahkan Cone untuk menambah luas Lingkup Gerak Sendi). Bukan hanya secara fisik dan mental pasien yang diterapi, terapi okupasi juga menganalisis lingkungan (arsitektur dan letak furnitur rumah, lingkungan sosial, lingkungan kerja, dll) apakah berbahaya dan rentan menyebabkan kecelakaan: lantai kamar mandi licin akibatnya saat mandi pasien bisa terjatuh sehingga akan dimodifikasi agar lebih aman terhadap pasien. terapi okupasi juga mengedukasi tentang langkah promotif, preventif, rehabilitatif, dan sebagainya kepada pasien dan keluarga, serta masyarakat.

Untuk seminar ini dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp.175.000, untuk 1 orang dan untuk suami istri dikenakan biaya Rp.300.000,. Anda dapat mendaftarkan diri dengan menghubungi nomer WA: 0877-7183-5717 (Mbak Eureka)

Info lebih lanjut:
Bintaro Woman Children Clinic (BWCC)
Jl. Maleo Raya Blok JC 1 No. 6
Bintaro Sektor 9
Phone: (021) 7450873
Website: www.bwcc.web.id

 

(EGS)

Leave a Comment